10 Merk Drum Terbaik

Posted on

Bermain drum selain menyalurkan hobi bermusik, Anda juga bisa menjadikannya sebagai profesi. Banyak drummer profesional yang namanya telah melambung berkat merk drum yang dipakai berkualitas sangat baik dan diiringi latihan rutin untuk meningkatkan skill.

Berikut juga akan dibagikan tips yang akan memperkaya pengetahuan Anda mengenai drum. Tidak hanya itu, Anda akan diajak mengenal berbagai merk sebagai referensi.

Tips Memilih Drum Terbaik

1. Mencari Informasi Harga

Mencari-Informasi-Harga

Harga drum sangat dipengaruhi oleh merk dan kualitas. Jika drum hanya untuk latihan sebaiknya Anda membeli dengan harga standar. Di pasaran banyak drum yang bagus dan harganya bersahabat.

2. Bergaransi

Bergaransi

Informasi mengenai ada tidaknya garansi dalam produk yang dibeli sangat penting untuk ditanyakan. Jika suatu perusahaan berani memberi garansi pada produknya maka sudah jelas kualitasnya terpercaya.

Dengan demikian, saat dipakai tidak akan dijumpai kendala atau kerusakan. Anda tanyakan juga masa berlaku garansinya. Tentunya jika waktunya lama maka akan semakin baik.

3. Suara Berkualitas

Suara-Berkualitas

Test drive wajib Anda lakukan agar mengetahui karakteristik suaranya. Suara juga ditentukan oleh material yang dipakai untuk membuat drum. Oleh karena itu, Anda gali informasi selengkap mungkin.

4. Perhatikan Komponennya

Perhatikan-Komponennya

Satu set drum yang berisi 4 buah cukup untuk digunakan latihan. Komponen di dalamnya wajib ada tom, bass, snare dan floor tom. Ketika sudah mahir Anda bisa mulai menyesuaikan dengan kebutuhan.

Banyak hal yang harus diperhatikan, misalnya posisi tom dan snare. Agar posisi tubuh nyaman, sebaiknya kedua komponen tersebut diletakkan berdekatan.

Drum set mampu menunjukkan gaya dari seorang musisi dalam hal ini drummer. Contohnya drum set kecil direkomendasikan untuk musik jazz. Sedangkan, drum set besar lebih cocok untuk memainkan musik-musik yang kuat.

10 Rekomendasi Merk Drum Terbaik untuk Drummer

1. Drum Pearl Export

Drum-Pearl-Export

Penampilannya menyerupai drum Pearl seri master. Keduanya sama-sama memakai ISS tom mount yang berfungsi sebagai pemisah antara badan tom dan tom holder agar suara menjadi lebih bulat. Selain itu, stand hihat ukurannya cukup besar dan bagian kakinya bisa diputar.

Kondisi seperti ini mempermudah Anda dalam meletakkan pedal. Dengan demikian, ketukan maupun entakkan kakinya semakin leluasa untuk mengontrol setiap alunan musik.

Namun, suaranya kurang bulat dan tebal. Tom mount kaku sehingga kurang fleksibel. Harganya Rp 8.800.000,00 – Rp 10.500.000,00.

2. Drum Sonor Force 2001

Drum-Sonor-Force-2001

Keistimewaan drum ini adalah memiliki tone suara cukup bagus, suara snare juga besar dan suara tom-tom tergolong tebal. Ditambah lagi desainnya sangat unik dan menampilkan kesan futuristik.

Jika Anda masih pemula sebaiknya belajar dengan drum tersebut. Adanya suara bass drum yang powerful membuat Anda bisa menghasilkan suara entakan yang luar biasa.

Selain itu, pedalnya lincah dan halus. Seri ini memiliki tuner rod yang biasa, dengan demikian cocok untuk semua jenis drum key. Kisaran harganya Rp 4.800.000,00 – Rp 8.600.000,00.

Tom mount pada Sonor Force 2001 memang fleksibel namun bagian tom-tom masih sulit diletakkan. Anda tidak bisa memutar stand hihat sehingga akan menemukan kesulitan dalam penggunaan double pedal.

3. Drum Tama Rockstar

Drum-Tama-Rockstar

Secara keseluruhan drum Tama Rockstar masih seperti jenis drum dengan level pemula meskipun telah dilengkapi fitur profesional. Pasalnya drum menggunakan bahan berupa kayu layaknya drum kelas menengah ke bawah.

Meski demikian, performanya cukup baik dan memuaskan serta tersedia dalam ukuran Fusion set. Suaranya juga lebih bulat karena adanya RIMS yang menyebabkan posisi tom holder dan badan tom terpisah. Harga drum antara Rp 6.800.000,00 – Rp 8.400.000,00.

4. Drum Gretsch 5 Energy

Drum-Gretsch-5-Energy

Gretsch sudah mewarnai industri drum dari tahun 1883 silam. Kelebihan drum antara lain cocok dengan musik klasik dan suaranya yang punchy menjadikan semua alunan musik bisa dimasukkan ke ritmenya.

Kualitas pedal drum bass sudah ditingkatkan sehingga sudut beater dapat Anda sesuaikan sendiri. Selain itu, terdapat two way beater dan bagian footboard halus. Harganya yaitu Rp 7.840.000,00 – Rp 8.300.000,00.

5. Drum Mapex Mars

Drum-Mapex-Mars

Mapex Mars sengaja dibuat untuk pemula hingga semi profesional. Banyak kelebihan yang dimiliki antara lain Anda dapat mengubah ketegangan pegasnya dan stand hihat yang digunakan ringan.

Penampilannya tampak lebih klasik dan vintage karena penggunaan lugs dengan bentuk tub.  Harganya  antara Rp 10.600.000,00 – Rp 11.500.000,00.

6. Drum Yamaha Stage Custom Advantage

Drum-Yamaha-Stage-Custom-Advantage

Yamaha Stage Custom Advantage adalah satu-satunya drum di levelnya yang dibuat dengan memadukan kayu Birch, Mahogany dan Falkata. Namun, harga satu setnya terbilang mahal, yaitu Rp 14.150.000,00 – Rp 15.680.000,00.

Akan tetapi kelebihan yang dimilikinya sangat banyak, antara lain adalah:

  • Di antara drum lain di kelasnya merk drum ini suaranya penuh, menendang, bulat dan sangat memuaskan.
  • Terdapat ukuran Fusion.
  • Suara ngerock dan lebih tebal.
  • Drumhead gampang untuk di tune dan sangat kuat.
  • Ukuran stand hihat besar dan Anda bisa memutar bagian kakinya sehingga pedal dapat diletakkan dengan mudah di mana saja.
  • Bagian hardware lebih fleksibel, kuat dan memuaskan.
  • Shell snare berbahan kayu, akibatnya suara yang tercipta lebih natural dan terdengar profesional.
  • Beberapa optional yaitu tom 8” – 18”, bass drum 20” – 24”, cymbal stand, snare 10” 14” dan double pedalnya tidak sulit untuk dicari. Harga dari masing-masing optional juga terjangkau.

7. Drum Ludwig Breakbeats

Drum-Ludwig-Breakbeats

Ludwig Drums merupakan salah satu produsen instrumen dari USA. Popularitasnya sangat signifikan di era 1960 an berkat dukungan dari drummer Beatles, Ringo Starr.

Dari segi suara, seri Breakbeats ini cukup tebal, bulat dan memberi kemudahan untuk mendapatkan beat yang halus. Tidak heran kiprah Ludwig dalam dunia produksi drum khususnya bisa bertahan hingga 100 tahun lebih. Kisaran harganya Rp 6.550.000,00 – Rp 25.000.000,00.

8. Drum PDP Mainstage

Drum-PDP-Mainstage

PDP Mainstage ini memang diperuntukkan bagi pemula yang akan bermain drum. Suaranya sudah lumayan bagus meskipun menggunakan head original. Namun suara (tom-tom) yang dihasilkan  masih sedikit tipis.

Alasan mengapa Anda harus memilihnya adalah seluruh komponen dan konstruksinya sangat bagus. Di lain sisi harga relatif murah, yaitu Rp 8.855.000,00 – Rp 10.700.000,00.

9. Drum Peace

Drum-Peace

Eksistensi Peace sudah ada dari tahun 80 an namun mulai baru mulai memakai komponen sendiri untuk menghasilkan sendiri alat musik drum pada tahun 1998. Keunggulannya terletak pada suaranya yang pas untuk berbagai jenis genre.

Meskipun harganya murah namun drum Peace ini layak disandingkan dengan deretan produk-produk terkenal lainnya. Harganya dipatok Rp 6.100.000,00 – Rp 7.900.000,00.

10. Drum Rolling

Drum-Rolling

Jenis drum Rolling merupakan produk lokal yang mendapat respon bagus sejak awal muncul. Drum didesain dengan harga miring karena hanya Rp 3.700.000,00 – Rp 5.500.000,00 saja.

Jika masih belajar, drum rolling sangat direkomendasikan. Kualitasnya pun tidak kalah dibandingkan produk luar. Selain itu, bisa dipakai untuk jangka panjang.

Setiap drum memiliki kelebihan dan ciri khas. Berbagai tips dan daftar drum yang telah disebutkan dapat membekali Anda ketika akan membelinya. Kini Anda telah mempunyai gambaran bukan mengenai merek drum yang tepat sesuai dengan keperluan.

 

Lihat Juga :

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan