10 Merk Alat Masak

Posted on

Memasak tentu menjadi hal penting yang mesti dilakukan guna mencukupi kebutuhan perut. Diperlukan alat masak berkualitas yang mampu mendukung aktivitas di dapur. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara memilih  merk alat masak yang bagus agar makanan yang dihasilkan berkualitas.

Cara Memilih Alat Masak

Ada baiknya Anda ikuti cara memilih perlengkapan memasak di bawah ini, agar memasak menjadi lebih seru serta  menghasilkan makanan yang lezat dan sehat:

1. Pilih Alat Masak yang Aman

Pilih-Alat-Masak-yang-Aman

Ada banyak bahan yang digunakan sebagai alat dapur. Bagi Anda yang ingin alat dapur anti lengket, memilih stainless steel lebih disarankan. Selain itu, bahan ini juga dapat mengurangi resapan minyak yang berlebih, tetapi Anda juga perlu hati-hati dengan lapisannya yang mudah terkelupas.

Selanjutnya, alat masak berbahan kayu memiliki kelebihan mudah untuk dibersihkan, sedangkan kekurangannya tidak cocok disimpan di tempat yang lembab. Porselen atau keramik juga kerap digunakan sebagai bahan alat masak.

Porselen memiliki kelebihan mudah dibersihkan, anti lengket, dan dapat menyerap panas secara baik. Selain itu, ada bahan kaca aman untuk makanan dan minuman. Namun, tidak semua masakan cocok dengan bahan ini.

2. Pilih Alat Masak Sesuai Kebutuhan

Pilih-Alat-Masak-Sesuai-Kebutuhan

Jika akan membeli alat dapur, pastikan untuk membeli jenis alat dapur yang sesuai dengan kegunaannya. Misalnya, pakailah spatula yang kecil agar lebih mempermudah Anda untuk menggoreng daripada spatula yang besar.

3. Pilih Harga dan Kualitas yang Sebanding

Pilih-Harga-dan-Kualitas-yang-Sebanding

Mencari alat masak dengan harga murah atau terjangkau boleh saja, tetapi tetap perhatikan juga kualitas dari alat masak tersebut. Terkadang, terdapat alat masak yang murah tetapi berkualitas bagus. Sebaliknya, alat masak yang mahal tak jarang kualitasnya kurang bagus.

4. Pilih yang Mudah Dibersihkan / Dirawat

Pilih-yang-Mudah-Dibersihkan-Dirawat

Ketika sudah membeli alat masak, hal yang harus dilakukan adalah merawat alat dapur dengan cara yang aman dan tepat agar dapat digunakan hingga jangka waktu yang lama. Maka dari itu, cobalah pilih alat-alat masak yang sekiranya mudah dibersihkan agar bisa awet.

Rekomendasi 10 Merk Alat Masak Terbaik

1. Maxim Wajan Set

Maxim-Wajan-Set

Merk Maxim ini baik untuk mendukung gaya hidup sehat Anda. Lapisan permukaan wajan yang licin dapat memudahkan Anda memasak tanpa minyak, sehingga makanan Anda jadi lebih rendah lemak dan kolesterol.

Selain itu, alat masak Maxim yang terbuat dari aluminium ini menjadikannya tidak mudah berkarat dan hemat energi. Tak heran jika alat masak merk ini banyak digandrungi kalangan ibu rumah tangga.

2. Maspion

Maspion

Bagi Anda yang sedang mencari produk alat masak berkualitas tetapi dengan harga yang murah, merk Maspion patut menjadi pilihan Anda. Harga yang ditawarkan pun beragam, yang termurah mulai dari Rp 100.000,00 hingga Rp 350.000,00.

Maspion memiliki beragam produk alat dapur, salah satu jenisnya yakni wajan teflon yang dilengkapi dengan gagang anti panas. Hal tersebut menjadi kelebihan yang dimiliki wajan teflon merk ini. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari risiko yang tidak diinginkan.

3. Cosmos

Cosmos

Salah satu merk terkenal ini memproduksi alat masak dengan bahan terbaik, sehingga produk yang dihasilkan pun berkualitas. Harga jual merk alat masak Cosmos juga sesuai dengan kualitasnya. Selain itu, harganya beragam mulai dari Rp 41.900,00 sampai Rp 929.000,00 sesuai dengan jenis alat dan ukurannya.

4. Oxone

Oxone

Oxone dinilai menjadi merk alat masak terbaik pertama. Jika dibandingkan dengan merk alat memasak lainnya, kualitas dan model Oxone tampil dengan lebih berani. Maklum saja, hal tersebut karena Oxone menawarkan harga yang lebih mahal di pasaran.

Salah satu produknya yang menjadi best seller yakni Oxone Fry Pan 30 cm Diamond Coating. Jenis wajan penggorengan terbaik yang satu ini dilengkapi empat lapisan dengan ukuran yang besar. Harga jual produk tersebut sekitar Rp 230.000,00.

5. Victorinox

Victorinox

Merk satu ini unggul dalam produksi pisau dapur. Bagi Anda yang butuh pisau multifungsi dan berkualitas, pisau merk Victorinox patut menjadi pilihan Anda. Victorinox berpusat di Ibach, Swiss dan telah menjadi perusahaan pembuat pisau terkenal di dunia yang berdiri sejak tahun 1884.

6. IKEA Kavalkad

IKEA-Kavalkad

Pada umumnya, kebanyakan teflon mengandung PFOA atau perfluorooctanoic yakni senyawa karsinogenik yang memiliki sifat mematikan. Senyawa tersebut dapat membuat teflon Anda menjadi mudah terkelupas.

Maka dari itu, IKEA Kavalkad tanpa PFOA ini cocok menjadi pilihan Anda agar kesehatan keluarga tetap terjaga. Teflon ini bisa dibeli dengan harga Rp 69.900,00

7. Supra Rosemary Rainbow Set

Supra-Rosemary-Rainbow-Set

Frying pan dengan banyak pilihan warna ini disukai para ibu rumah tangga. Tak hanya karena warnanya yang menarik perhatian, frying pan ini memiliki 3 macam ukuran, mulai dari 18 cm, 22 cm, hingga 26 cm dengan tambahan sebuah spatula cantik sebagai bonus.

Frying pan yang terbuat dari bahan aluminium ini membuatnya tidak mudah lengket, sehingga mudah untuk digunakan. Namun, dalam penggunaannya, Anda mesti berhati-hati dan pandai mengatur besar kecilnya api.

Sebab, sifat penggorengan ini sangat mudah meresap panas. Harga satu set berisi tiga buah teflon adalah sebesar Rp 245.00,00.

8. AH Cookware Set

AH-Cookware-Set

Cukup dengan harga murah meriah, yakni Rp 80.000,00 saja, Anda sudah bisa membeli merk AH Cookware Set, lengkap dengan frying pan, wok, dan juga deep pan standar. Merk alat masak ini sangat disarankan untuk Anda yang sedang belajar memasak.

Selain itu, tak perlu khawatir alat masak Anda akan lengket atau berkarat. Pasalnya, merk ini dilengkapi dengan carbon steel food grade. Untuk perawatannya, Anda bisa mencucinya bahkan menggunakan dishwasher. Namun sayangnya, sambungan gagang pada cookware ini tidak terlalu awet.

9. Kangaroo Allu Cookware Set

Kangaroo-Allu-Cookware-Set

Merk frying pan yang satu ini memiliki kelebihan telah bersertifikasi food grade, dengan lapisan marmer yang mampu membuat masakan cepat matang dengan sempurna. Lapisan marmer mampu menjamin pan tidak mudah terkelupas, walaupun tergores spatula besi saat memasak.

Gagang pada frying pan Kangaroo Allu Cookware Set ini terbuat dari material Bakelite yang lembut sehingga terasa kokoh dan tidak licin. Selain itu, gagang pada pan ini juga didesain anti panas.

10. Dinemate Panci Set

Dinemate-Panci-Set

Panci berbahan stainless steel ini patut menjadi pilihan Anda. Kelebihannya yang anti karat, kuat, serta telah berlabel food grade menjamin kualitas produk ini. Panci set yang disertai gagang yang didesain secara ergonomis akan memudahkan Anda untuk menggenggamnya dengan nyaman.

Panci set ini memiliki bermacam ukuran, yakni 16 hingga 24 inch. Selain itu, tutup yang terbuat dari kaca transparan memudahkan Anda untuk memastikan tingkat kematangan pada masakan Anda, tanpa perlu repot untuk membuka-tutup panci.

Beberapa tips memilih dan rekomendasi merk alat masak di atas akan membantu Anda membeli kebutuhan alat dapur. Lakukan perawatan alat dapur menurut cara dan fungsi yang sesuai. Pastikan alat masak Anda awet digunakan dalam jangka waktu yang lama.

 

Lihat Juga :

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan