10 Merk Pipa Air Dingin & Panas Tanpa Timbal (Rekomended!)

Posted on

Pipa air merupakan salah satu komponen kebutuhan rumah tangga yang cukup penting, baik itu pipa untuk aliran air bersih, maupun pipa untuk saluran pembuangan air. Ada berbagai merk pipa air yang bisa Anda jumpai di pasaran. Beragam jenis pipa juga memiliki keunggulan masing-masing.

Sebelum membeli pipa untuk kebutuhan di rumah Anda, ada baiknya untuk mengenal dulu berbagai jenis pipa beserta keunggulan dan fungsinya. Dengan begitu, Anda pun bisa menyesuaikan dengan mudah pipa mana yang akan dipakai di rumah Anda.

Tips Mudah Memilih Pipa Air

Anda yang belum pernah membeli pipa air, maka tentu akan sulit untuk memilih mana pipa yang tepat untuk dipakai sesuai dengan kebutuhan. Karenanya, di bawah ini ada beberapa tips mudah dalam memilih pipa air yang tepat. Di antaranya adalah:

1. Kenali Jenisnya

Kenali-Jenisnya

Secara garis besar, ada dua jenis pipa yang bisa Anda pilih. Yang pertama ada pipa HDPE, dan yang kedua ada pipa PVC. Pipa HDPE memiliki sifat yang lebih lentur jika dibandingkan PVC. Teksturnya juga jauh lebih lentur, sehingga Anda pun bisa menggulungnya.

Sedangkan, pipa PVC memiliki sifat yang berbanding terbalik dengan HDPE. Pipa jenis ini memiliki warna putih dengan tekstur yang jauh lebih keras dan kaku.

2. Sesuaikan Kekuatan Pipa dengan Kebutuhan

Sesuaikan-Kekuatan-Pipa-dengan-Kebutuhan

Mengenali kualitas kekuatan pipa, bisa dilakukan dengan cara menekan bagian atas pipa hingga bersentuhan dengan bagian bawah pipa. Dari situ, bisa dipastikan apakah pipa tersebut memang elastis atau tidak. Semakin elastis, semakin bagus kualitas kekuatan pipa tersebut.

3. Pilih Ukuran yang Sesuai

Pilih-Ukuran-yang-Sesuai

Setiap pipa pasti memiliki ukurannya sendiri-sendiri. Ukuran normal sebuah pipa untuk kebutuhan rumah tangga adalah berkisar ½ hingga 1 ½ inchi. Namun, ada yang juga membutuhkan ukuran lebih dari itu. Ukuran pipa ini juga bisa bergantung pada ukuran rumah Anda.

4. Tentukan Fitting dan Jenis Perekat

Tentukan-Fitting-dan-Jenis-Perekat

Fitting biasa juga disebut dengan penyambungan pipa. Untuk hasil terbaik dari proses fitting, sebaiknya kedua jenis pipa memiliki kriteria yang sama. Selain fitting, jenis perekat juga perlu diperhatikan dengan baik. Secara umum ada dua jenis perekat.

Perekat pertama adalah lem khusus pipa, sedangkan perekat kedua adalah solvent coment. Perekat kedua ini memanfaatkan proses kimiawi untuk bisa menyatukan pipa. Proses solvent coment umumnya butuh waktu hingga 6 jam.

5. Sesuaikan Saluran Pipa dengan Kondisi Air

Sesuaikan-Saluran-Pipa-dengan-Kondisi-Air

Suhu air yang akan melalui pipa, tentu berbeda-beda. Ada yang suhunya sangat tinggi, ada pula yang suhunya rendah alias dingin. Untuk memudahkan Anda dalam menyesuaikan, pipa PPR bisa jadi pilihan yang tepat. Jenis pipa ini sangat tahan pada suhu tinggi maupun rendah.

Pilihan Merk Pipa Air PVC Terbaik

Setelah mengetahui tips singkat dalam memilih pipa air terbaik, maka selanjutnya Anda akan dikenalkan dengan beragam merk pipa air yang memiliki kualitas bagus untuk jadi pilihan. Lebih tepatnya, Anda akan dikenalkan dengan beberapa merk pipa PVC. Di antaranya adalah:

1. Wavin

Wavin

Brand Wavin memiliki dua jenis tipe pipa yang bisa jadi pilihan Anda. Tipe tersebut adalah PVC AW dan PVC D. Pipa hasil produksi brand Wavin ini, memiliki dimensi dengan ukuran range 0,5 inci hingga 10 inci. Anda bisa sesuaikan ukuran yang tersedia ini dengan kebutuhan Anda.

Setiap pipa PVC dari Wavin dibuat dengan ukuran panjang sekitar 4 meter. Untuk harganya, disesuaikan dengan tipe dan ukuran yang dibutuhkan.

2. Champion

Champion

Selain Wavin, Champion juga dikenal sebagai salah satu brand pipa air PVC yang memiliki kualitas terbaik. Harga pipanya juga sangat bervariasi, sesuai tipe dan sizenya. Brand ini memiliki 3 jenis pipa air yang bisa Anda pilih, yakni pipa PVC D, AW, dan C.

Pipa PVC C dari Champion saat ini hanya ada satu tipe, yakni tipe PVC C 5/8. Setiap pipa PVC Champion dijual dengan satuan batang.

3. Rucika

Rucika

Bagi sebagian besar Anda, brand Rucika mungkin sudah sangat familiar. Brand ini sudah berkontribusi memproduksi pipa selama 40 tahun. Berbagai jenis pipa sudah berhasil diproduksi dengan kualitas tinggi.

Pipa air Rucika memiliki kekuatan dan daya tahan yang sangat bagus. Pipa Rucika bisa digunakan bertahun-tahun lamanya. Inilah sebabnya mengapa banyak orang yang mengandalkan brand ini sebagai pilihan pipa PVC. Ada dua jenis pipa dari brand Rucika, yakni PVC VP dan PVC VU.

4. Pacivic

Pacivic

Dibandingkan dengan jenis pipa lain, pipa air dari Pacivic ini memiliki harga jual yang relatif lebih murah. Unggulnya lagi, Anda tidak hanya bisa menggunakan pipa ini sebagai aliran air. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk menjadi media tanam hidroponik.

Pipa PVC Pacivic memiliki dua jenis pipa yang dijualnya, yakni PVC Pacivic D dan AW. Masing-masing jenis pipa tersebut memiliki tipe ukuran yang berbeda-beda. Harganya pun disesuaikan dengan tipe pipanya.

5. Vinillon

Vinillon

Brand pilihan selanjutnya adalah Vinillon. Bagi Anda yang tinggal di daerah bercuaca ekstrem, maka pilihan pipa dari brand Vinillon ini sangatlah tepat. Pasalnya, vinillon memproduksi pipa dengan kekuatan yang sangat bagus untuk dijadikan aliran air dengan berbagai kondisi suhu.

Bahkan, pipa ini juga dijadikan saluran untuk senyawa gas. Kualitasnya sudah bisa dijamin dengan sertifikasi SNI yang dimilikinya. Ada dua jenis pipa PVC keluaran Vinillon, yaitu PVC D dan PVC AW. Masing-masing memiliki tipe ukuran dan harga yang berbeda-beda.

6. Maspion

Maspion

Maspion hadir dengan 3 pilihan tipe pipa PVC, yaitu tipe PVC D, C, dan AW. Ketiga tipenya tersebut memiliki bervariasi ukuran dan harganya. Setiap pipa produksi Maspion ini sudah dijamin aman dan berkualitas digunakan. Standar pipanya juga sudah menyandang SNI.

7. Alderon

Alderon

Hampir sama dengan beberapa merk pipa yang lain, Alderon juga hadir dalam dua jenis tipe yang disebut dengan tipe AW dan tipe D. Pipa yang diproduksi oleh brand Alderon ini memiliki fitur anti UV yang akan melindungi ketahanan pipa dari kerusakan akibat sinar UV tersebut.

Selain itu, teksturnya juga cukup lentur dan tentunya tidak mudah pecah. Bahan yang dijadikan pipa juga merupakan bahan yang ramah lingkungan dan dapat didaur ulang. Setiap jenis pipanya juga dibuat dengan mengikuti standar JIS Alderon.

8. Supralon

Supralon

Kali ini, Supralon menyuguhkan berbagai tipe pipa PVC untuk beragam kebutuhan air Anda. Ada produk pipa untuk aliran air bersih, ada juga yang dibuat khusus untuk aliran limbah. Tentunya, kualitas pipanya sudah SNI.

9. Winlon

Winlon

Ada tiga macam pipa air yang ditawarkan Winlon untuk Anda, yaitu tipe pipa PVC AW, C, dan D. ukuran dari tiap tipe tersedia dalam range ½ inci hingga 12 inci.

10. Trilliun

Trilliun

Untuk Anda yang tengah mencari pipa dengan spesifikasi teknik tinggi, brand Trilliun menawarkan produk pipanya yang dibuat khusus untuk proyek konstruksi. Kualitasnya juga terbilang cukup bagus.

Dari beberapa pilihan merk pipa air di atas, Anda bisa pertimbangkan pilihan sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda. Pastikan Anda sudah mengenal dengan baik kriteria tipe pipa yang memang dibutuhkan, agar tidak kecewa nantinya.

 

Lihat Juga :

  1. 10 Merk Keran Air Berkualitas (Anti Karat) Terbaik dan Bagus
  2.  10 Merk Shower Kamar Mandi Terbaik, Anti Karat, dan Kuat
  3.  10 Merk Tandon Air Anti Lumut dan Tahan Panas yang Bagus
Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan