10 Merk Piano Digital

Posted on

Piano digital hadir untuk memfasilitasi pemain piano yang senang berlatih di malam hari. Kini Anda bebas bermain sepuasnya tanpa mengganggu istirahat anggota keluarga karena piano bisa dihubungkan dengan headphone. Lalu, merk piano digital apa saja yang direkomendasikan?

Daripada penasaran, yuk simak simak penjelasannya dalam ulasan di bawah ini. Anda juga dapat belajar bagaimana cara untuk memilih piano yang bagus dan berkualitas.

Tips Memilih Piano Digital

1. Sesuaikan Dengan Kemampuan

Sesuaikan-Dengan-Kemampuan

Harga piano sangat bervariasi dan bergantung dari fungsi dan keunggulan setiap merk. Ada piano digital yang suaranya seperti piano akustik, berfungsi untuk recording dan lain-lain.

Kemudian, tentukan tujuan Anda membeli apakah untuk mempercantik rumah, bermain musik, berbisnis  atau investasi. Jika hanya sekedar hobi saja atau baru awal-awal belajar sebaiknya pilih yang harganya terjangkau.

Sedangkan, untuk para profesional dan musisi disarankan memilih piano dengan suara maupun touch seperti grand piano akustik. Meskipun mahal namun sangat menunjang kebutuhan Anda.

2. Memilih Berdasarkan Suara

Memilih-Berdasarkan-Suara

Cara mengetahui suaranya yaitu Anda mencoba menekan tuts baik di sisi kanan maupun kiri. Selanjutnya, Anda mainkan jenis lagu keras maupun lembut. Dengan demikian, Anda akan menemukan karakter suara yang diinginkan.

3. Piano lebih Dari 64 Notes-polyphony

Piano-lebih-Dari-64-Notes-polyphony

Saat lagu dimainkan, jumlah not yang ditekan bersamaan banyak. Notes-polyphony pada piano digital memperlihatkan banyak not, pedal dan speaker sehingga suara yang muncul bisa serentak.

Sebaliknya, jika menggunakan di bawah 64 maka berpotensi dijumpai suara yang hilang sehingga terdengar kurang natural.

4. Mengecek Semua Bagian

Mengecek-Semua-Bagian

Anda lihat secara detail masing-masing bagian dengan detail, pastikan bentuk fisiknya bagus dan tidak ditemukan lecet atau lainnya. Hal ini penting agar penampilan piano Anda selalu sempurna.

5. Mengecek Garansi

Mengecek-Garansi

Garansi memberi jaminan terhadap kualitas piano. Jangan lupa Anda tanyakan garansi tersebut mencakup apa saja dan berlaku berapa lama.

6. Perhatikan Jumlah Pedal

Perhatikan-Jumlah-Pedal

Pedal piano akustik berjumlah 3 buah, yaitu soft pedal, sustain pedal dan sustenuto pedal. Sedangkan, untuk piano digital jumlahnya bermacam-macam ada yang hanya 1, 2 atau 3 pedal.

7. Menanyakan Nomor Seri

Menanyakan-Nomor-Seri

Nomor seri akan memberi informasi mengenai tahun piano diproduksi. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui umurnya.

Rekomendasi Merk Piano Digital Terbaik

1. Yamaha Clavinova CLP-565GP

Yamaha-Clavinova-CLP-565GP

Produk piano dari Yamaha ini bisa menyalurkan hobi Anda dan membuat penampilan rumah semakin mewah. Selain itu, desainnya yang menyerupai grand piano akustik menjadikan rumah tampak elegan.

Keistimewaan lain yang dimiliki Yamaha Clavinova CLP-565GP adalah tutup atas dapat  dibuka agar tercipta suara yang lebih dalam dan menggema.

Piano dilengkapi fitur USB audio recorder, multi track song recorder dan dapat memutar ulang permainan. Dana yang dibutuhkan untuk memilikinya adalah Rp 34.500.000,00.

2. Roland RP401R

Roland-RP401R

Roland RP401R didesain memiliki teknologi yang tinggi dengan berbagai fitur yang cukup lengkap. Contohnya adalah fitur half pedaling yang disertai teknologi progressive, beragam suara yang dapat Anda eksplor, fitur ritmik dan lain-lain.

Piano juga dilengkapi colokan USB,  Anda dapat merekam setiap permainan menggunakan USB memory. Anda pun bisa mendengarkan kembali rekaman tersebut menggunakan headphone.

Demi meningkatkan semangat bermain, kini Anda dapat mendownload dan menambahkan  aplikasi piano partner dan air performer. Harga piano tersebut adalah Rp 15.000.000,00.

3. Korg LP-380

Korg-LP-380

Piano asal Jepang ini turut mewarnai dunia musik dengan tampilannya yang stylish dan slim. Meskipun didesain ramping akan tetapi bisa mengeluarkan suara yang hampir sama dengan jenis piano akustik.

Bentuknya yang simpel membuatnya mudah untuk ditempatkan karena tidak memakan banyak ruang. Tipe ini banyak diminati karena mempunyai 3 buah pedal berkualitas premium.

Selain itu, menyuguhkan pilihan warna yang cukup variatif. Alhasil, bagian interiornya tidak hanya stylish namun juga terlihat ceria. Harganya Rp 13.500.000,00.

4. Kawai CA97

Kawai-CA97

Fitur unggulan dari Kawai CA97 adalah adanya soundboard speaker system yang membuat treble semakin menggema dan bass lebih deep layaknya piano akustik yang asli.

Kehadiran piano ini memberi Anda kebebasan untuk mengekspresikan mood karena dilengkapi 80 macam suara dan colokan USB.

Masih ada lagi fitur lainnya yaitu grand feel pedal system. Fitur tersebut menjadikan pemakain pedal lebih bervariatif. Piano berdesain elegan seharga Rp 34.500.000,00 ini akan menciptakan kesan mewah pada bagian interior rumah.

5. Casio Privia PX 760

Casio-Privia-PX-760

Merk piano dengan teknologi Air Sound Source ini mempunyai suara yang lebih kaya serta  bervariasi. Teknologi tersebut membantu Anda untuk mengekspresikan berbagai nada dari lembut hingga paling keras seolah seperti memainkan sebuah piano akustik.

Pada Casio Privia PX 760 juga terdapat fitur recording, tuts lembut mirip pada tuts milik grand piano. Hal ini didukung dengan keberadaan tri-sensor scaled hammer action keyboard II yang dipadukan lapisan kayu arang dan juga gading. Anda harus memiliki dana sebesar Rp 7.600.000,00 untuk membelinya.

6. Yamaha Arius YDP-143

Yamaha-Arius-YDP-143

Impian Anda mempunyai piano digital berstandar hampir seperti piano akustik akan terwujud dengan membeli Yamaha Arius YDP-143. Banyak fitur menarik yang ditawarkan seperti touch control dengan 4 tingkat, graded hammer standard keyboard dan masih banyak lagi.

Anda dapat bereksperimen dengan musik yang memiliki tingkat kesulitan tinggi tanpa khawatir ada satu not lagu yang hilang karena dilengkapi 192 notes-polyphony. Harganya Rp 8.600.000,00.

7. Kawai MP11SE

Kawai-MP11SE

Bagi pianis profesional memilih Kawai MP11SE adalah pilihan terbaik. Pasalnya piano yang populer dengan nama “The pianist’s stage piano” ini mempunyai variasi suara dari piano elektrik maupun akustik yang riil.

Jari tidak akan mudah lelah meskipun bermain dalam durasi panjang karena tuts piano berbahan kayu. Fitur lain yang menjadi kelebihan piano yaitu virtual technician yang mempunyai 129 effect dan 6 tipe reverb. Harganya Rp 24.750.000,00.

8. Kawai Digital Piano CN27 With Bluetooth

Kawai-Digital-Piano-CN27-With-Bluetooth

Berbicara mengenai piano keluaran Kawai ini tidak lepas dan fitur dan fasilitasnya yang menarik. Contohnya adalah terdapat simulasi let-off dan 88 weighted keys.

Piano yang canggih ini bisa dimanfaatkan untuk memainkan banyak aliran musik seperti jazz, modern, klasik, organ dan lain-lain. Harganya Rp 14.000.000,00.

9. Yamaha Digital Piano DGX-660 B/W

Yamaha-Digital-Piano-DGX-660-BW

Ciri khas piano ini adalah terdapat fasilitas bawaan berupa perekam audio USB yang dapat menangkap inspirasi suatu aliran musik karya Anda. Oleh karena itu, pianis yang akan memulai belajar sebaiknya membeli merk ini.

Uniknya, dengan Yamaha Digital Piano DGX-660 B/W permainan musik menggunakan band dapat terdengar profesional. Harganya Rp 9.500.000,00.

10. Roland RP102

Roland-RP102

Keistimewaan Roland RP102 adalah dijumpai adanya software Mixensia-Lite yang menghasilkan sebanyak 16 layer suara. Tidak hanya itu saja, ada fitur 88 keys, supernatural dan lain-lain. Harganya dipatok sebesar Rp 8.200.000,00.

Di antara sepuluh merk piano yang telah dijabarkan, dapat diketahui bahwa semua mempunyai banyak fitur unik yang menjadi  keunggulan dan ciri khas masing-masing. Anda sebaiknya membeli berdasarkan budget dan keperluan.

 

Lihat Juga :

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan