10 Merk Pianika Terbaik

Posted on

Kehadiran pianika membantu banyak orang untuk menciptakan sebuah melodi yang indah dan menstabilkan suara. Jika hanya dilihat secara sekilas seolah-olah semua bentuknya sama. Oleh karena itu,  Anda harus cermat karena merk pianika banyak dan spesifikasinya pun beragam.

Alat musik yang dimainkan dengan ditiup ini umumnya sering dipakai sebagai media belajar musik siswa di tingkat TK hingga SMP. Tujuannya untuk meningkatkan kreativitas peserta didik di bidang musik dan mahir dalam mengoperasikan.

Tips Memilih Pianika untuk Anak/Pelajar

1. Melihat Jumlah Tuts

Melihat-Jumlah-Tuts

Banyak sedikitnya tuts akan menentukan ukuran pianika. Pada umumnya, rentang tuts antara 25 sampai 44.

Pianika 32 tuts biasa dipakai di tingkat SD untuk memainkan lagu-lagu yang kompleks. Sedangkan, untuk 25 tuts atau 27 tuts lebih sesuai untuk anak kecil yang masih TK.

2. Pastikan Aksesoris Lengkap

Pastikan-Aksesoris-Lengkap

Salah satu aksesoris yang wajib ada adalah mouthpiece. Biasanya mouthpiece kurang awet dan gampang rusak apalagi pemakainya anak kecil. Oleh karena itu, pilihlah pianika yang mouthpiece mudah ditemukan dan bisa dibeli terpisah.

Selain itu, aksesoris lain yang tidak kalah penting adalah lap pembersih dan stiker identitas untuk menuliskan nama.

3. Tipe Pianika

Tipe-Pianika

Pianika terdiri atas 3 macam, yaitu bas, sopran dan alto. Pianika yang direkomendasikan untuk pelajar adalah tipe alto karena suaranya hampir mendekati jenis suara manusia. Dengan demikian, bisa dipakai untuk mengiringi paduan suara dan ansambel.

4. Perhatikan Jenis Case

Perhatikan-Jenis-Case

Perawatan pianika harus selalu Anda perhatikan karena penyimpanan yang kurang tepat bisa menjadi penyebab kerusakan. Solusinya dengan memilih case yang tepat. Ada dua jenis yang bisa dipilih, yaitu hard case dan soft case.

Anda bisa mempertimbangkan beberapa aspek sebelum memilihnya. Misalnya karena anak sangat aktif sehingga pianika membutuhkan pelindung yang kokoh. Contohnya hard case agar terhindar dari kerusakan sekaligus berfungsi menggantikan stand musik.

Soft case lebih ringan dan praktis dibandingkan hard case namun jika pianika tidak dirawat dengan baik maka berpotensi mengalami rusak. Anda dianjurkan tidak menumpuknya bersama barang-barang lainnya.

5. Tentukan Berdasarkan Tujuan

Tentukan-Berdasarkan-Tujuan

Apabila Anda ingin memakai dalam periode lama dan melakukan latihan terus menerus secara konsisten sebaiknya memilih produk yang menawarkan garansi. Biasanya dijumpai pada merk yang terkenal.

Harganya memang relatif mahal, namun selalu mengutamakan kualitas di setiap produk yang dikeluarkan. Jika hanya diperlukan dalam periode singkat maka dapat membeli pianika yang lebih murah.

Rekomendasi Merk Pianika dan Harganya

1. Yamaha P-37D

Yamaha-P-37D

Yamaha selalu menampilkan produk-produk instrumen terbaik sepanjang masa. Salah satunya pianika Yamaha P-37 yang mana material dan tone berkualitas high-end. Keputusan Anda sangat tepat ketika memilih pianika ini.

Pasalnya, selain suaranya clear dan merdu, volumenya bagus serta layak untuk dimainkan di berbagai tempat seperti ruang kelas, auditorium maupun aula. Dengan demikian, sangat sesuai untuk bermain solo maupun pentas musik di atas panggung.

Selain kualitasnya terpercaya, tuts ada 37 dan hard case. Produk berwarna merah marun ini dibandrol dengan harga sangat mahal, yaitu sebesar Rp 810.000,00.

2. Speeds LX 049-01

Speeds-LX-049-01

Keuntungan membeli Speeds LX 049-01 adalah membantu anak-anak mengenali jenis nada. Hal ini dikarenakan pianika dilengkapi huruf timbul yang menjelaskan nada di tuts sebanyak 32. Harganya cukup terjangkau hanya Rp 69.000,00 saja.

Variasi warnanya lebih beragam ada hitam, pink dan biru. Namun, pianika tersebut apabila jatuh mudah rusak karena pelindungnya berupa soft case. Oleh karena itu, dalam penggunaannya harus lebih berhati-hati.

3. IRIN Melodica 37 Key

IRIN-Melodica-37-Key

Desain logo IRIN Melodica 37 Key sangat lucu, warnanya juga menarik ada merah, hitam, biru, hijau dan pink. Pianika seharga Rp 394.000,00 mempunyai suara warm seperti akordeon dan tutsnya juga  banyak.

4. Joyko Pianica PNC-20

Joyko-Pianica-PNC-20

Merk yang satu ini memberi jaminan keamanan yang lebih tinggi karena dilindungi hard case. Alhasil, pianika menjadi tahan banting, awet dan tahan lama.

Oleh karena itu, Joyko Pianica PNC-20 cocok untuk anak-anak yang aktif bergerak dan gemar menjatuhkan suatu barang tanpa disengaja. Jumlah tutsnya adalah 32.

Pianika sangat mudah untuk dibawa ke mana-mana karena adanya tali selempang yang membuatnya bisa dijinjing seperti halnya tas atau disampirkan pada pundak. Warna yang tersedia hanya biru saja. Harganya Rp 135.000,00.

5. Suzuki Alto Melodion MX-32D

Suzuki-Alto-Melodion-MX-32D

Merk Suzuki menjadi pilihan paling bagus untuk memberikan edukasi musik kepada sang buah hati. Pianika kokoh karena bagian tubuh dan case berbahan ABS plastik sehingga lebih tahan terhadap benturan dan tidak gampang rusak.

Hasil suaranya tetap indah meskipun yang memainkan adalah anak-anak. Alhasil, akan mendorong anak untuk giat berlatih. Harganya dibandrol Rp 374.000,00.

6. Marvel Pianika Hard Cover

Marvel-Pianika-Hard-Cover

Merk pianika mempunyai tombol pembersih yang praktis. Anda bisa lebih tenang karena bagian dalam maupun luar alat musik tersebut selalu terjamin bersih. Caranya, Anda tekan tombolnya sembari ditiup agar semua cairan dan kotoran keluar.

Pianika berbahan plastik ini dilindungi dengan hard case sehingga selain higienis juga aman. Harganya  dipatok sebesar Rp 130.000,00. Pilihan warnanya ada pink dan biru.

7. Suzuki Student Melodion Study 32

Suzuki-Student-Melodion-Study-32

Pianika dirancang untuk semua kalangan baik pelajar maupun profesional meskipun namanya “Student Melodion”. Hal ini dikarenakan adanya reeds, yaitu sebuah pelat berbahan phosphor bronze yang berperan menciptakan suara lembut dan intonasinya konsisten.

Warnanya beragam ada kuning, biru, pink dan hitam. Harganya juga tidak mahal hanya Rp 289.000,00 meskipun hard case dan bahannya dari ABS plastik.

8. Ammoon 37 Keys Melodica

Ammoon-37-Keys-Melodica

Kelebihan Ammon 37 Keys Melodica adalah desainnya sangat keren. Tampilannya seperti piano sehingga semakin elegan. Anda tidak perlu membeli kain pembersih karena sudah tersedia dalam satu set pianika.

Sebaiknya setelah selesai digunakan Anda langsung membersihkannya. Pianika dengan tuts sebanyak 37 ini dilengkapi dengan hard case sehingga lebih aman. Harganya Rp 315.000,00. Namun, sayangnya hanya diproduksi dalam satu warna saja, yaitu hitam.

9. Yamaha Pianica P-32D

Yamaha-Pianica-P-32D

Salah satu seri Yamaha ini di bagian pelat penghasil suara dilengkapi fitur anti karat. Fungsinya memelihara kualitas pitch agar selalu stabil dan jernih meskipun telah dipakai bertahun-tahun.

Sayangnya  produk hanya dibuat dalam warna biru saja. Pelindungnya berbentuk soft case dan harganya Rp 279.000,00.

10. Marvel Pianika Hard Cover Versi 37 Tuts

Marvel-Pianika-Hard-Cover-Versi-37-Tuts

Keunggulan produk keluaran Marvel ini adalah jumlah tuts lebih banyak sehingga rentang nada yang bisa dipelajari lebih luas. Anak Anda dapat mengeksplorasi berbagai jenis nada.

Apalagi harganya relatif murah, yaitu Rp 155.000,00 sehingga tidak menguras kantong Anda. Pianika hard case ini tersedia dalam warna biru dan pink. Merk ini cocok juga dijadikan sebagai investasi.

Rentang harga yang ditawarkan dari merk pianika berbeda-beda. Oleh karena itu, agar Anda tidak salah pilih sebaiknya mempelajari kelebihan dan kelemahannya berdasarkan fitur, suara, seri, bentuk fisik dan bahan pembuatan.

 

Lihat Juga :

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan