10 Merk Biola yang Bagus

Posted on

Alat musik yang dimainkan dengan cara digesek ini wajib dimiliki Anda yang ingin memainkannya karena di tempat latihan tidak disediakan. Namun, banyaknya merk biola yang tersedia di pasaran seringkali membuat bingung dalam memilihnya.

Oleh karena itu, Anda dapat mengikuti beberapa tips yang akan disajikan di bawah ini lengkap dengan merk-merk terpopuler. Anda dapat menggunakannya sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya.

Tips Memilih Biola yang Cocok

1. Memilih Toko Terpercaya

Memilih-Toko-Terpercaya

Membeli di toko yang sudah terpercaya tentu lebih aman karena sudah pasti berkualitas dengan harga yang sepadan. Sebelum membeli sebaiknya sudah memiliki gambaran tentang merk dan tipe terbaik dengan bertanya kepada ahlinya atau orang yang berpengalaman.

2. Bahan Berkualitas

Bahan-Berkualitas

Kualitas setiap kayu sangat penting diperhatikan karena akan mempengaruhi banyak hal seperti ketahanan, suara dan tentunya semakin bagus maka tidak gampang rusak.

Pada umumnya biola yang terbuat dari kayu jenis maple kualitasnya tidak perlu dipertanyakan lagi. Kayu tersebut diaplikasikan di bagian leher, samping dan belakang. Sisi depan menggunakan spurce. Berbeda lagi dengan fingerboard yang memakai ebony.

3. Kelengkapan

Kelengkapan

Anda cek kelengkapan biola dari rosin, senar, shoulder rest, bow dan bagian hardcase. Jika semua komponen tersebut lengkap baru Anda melakukan transaksi pembayaran.

4. Ukuran Disesuaikan Usia

Ukuran-Disesuaikan-Usia

Ukuran biola bervariasi, yaitu dari yang paling kecil 1/32 hingga full size atau 4/4. Bagi anak umur 2-6 tahun ukuran yang dianjurkan 1/3-1/8. Umur 4-7 tahun bisa memilih ukuran 1/4. Sedangkan, untuk dewasa tersedia ukuran 3/4 atau 4/4.

5. Mencoba Memainkan

Mencoba-Memainkan

Saat memilih pastikan Anda telah mencoba beberapa biola yang ada. Dengan demikian, bisa membandingkan suara mana yang terbaik.

Rekomendasi Merk Biola Terpopuler

1. Cremona

Cremona

Guangzhou adalah daerah asal biola Cremona yang didirikan tahun 1989. Kualitas maupun playability bagus dengan harga yang tetap terjangkau.

Tipe Cremona Debutte GCV.150 biasanya direkomendasikan untuk pemain baru. Ukurannya dari 1/10 sampai 4/4 sehingga  bisa digunakan untuk semua usia.

Sedangkan, jika Anda adalah pemain profesional, sebaiknya menggunakan Cremona SV-1220 Maestro. Biola yang dirangkai dari kayu cemara ini diukir dengan tangan dan dipernis menggunakan minyak terbaik sehingga harganya sangat mahal yaitu Rp 8.600.000,00.

2. Mendini

Mendini

Biola ini sangat ideal bagi pemain level pemula hingga menengah. Mendini sengaja dibuat guna memfasilitasi Anda yang mencari instrumen berkualitas dengan harga bersahabat.

Biola bukan handmade melainkan dibuat menggunakan mesin pabrik. Tipe yang direkomendasikan adalah Mendini 4/4 MV200. Bahannya terdiri atas kombinasi spruce  (bagian depan), maple (bagian samping dan belakang) dan ebony (bagian fitting dan pasak).

Bagian busurnya dibuat memakai bulu kuda yang berasal dari Mongolia karena kualitasnya tinggi. Tidak heran suaranya baik dan nadanya hangat. Harga dibandrol Rp 1.480.000,00.

3. Vienna 4/4

Vienna-44

Biola dari negeri tirai bambu China dan cocok bagi pelajar yang hendak berlatih biola. Selain karena harganya yang terjangkau, yaitu Rp 150.000,00 – Rp 1.300.000,00 Vienna memiliki ciri khas  yang tidak dijumpai pada merk lain.

Ciri khas biola 4/4 tersebut terletak pada nada-nada yang keluar bulat dan penuh. Ditambah bobotnya yang sangat ringan sehingga memberi kemudahan terutama bagi pengguna baru.

4. Stentor

Stentor

Instrumen yang dimiliki Stentor lebih tahan lama, terjangkau, berkualitas tinggi dan tergolong student grade violin sehingga cocok untuk belajar para siswa. Ukiran pada biolanya lebih halus dan detail karena bahannya dari kayu padat.

Tiang suara dan bridge dipasang secara hati-hati sehingga playbility sangat baik, nada dan kontrol kualitasnya juga konsisten. Tipe terbaik untuk brand ini adalah Stentor 1500 4/4 Size  yang mana nadanya jelas dan bright.

Bagian belakang dan samping berbahan maple, sedang bagian depannya dari kayu cemara atau spruce. Harganya Rp 2.410.000,00.

5. Cremona Cervini

Cremona-Cervini

Biola sengaja dirancang khusus Anda yang masih pemula. Bahannya dari kombinasi kayu cemara dan maple dengan kualitas terbaik sehingga saat digunakan Anda akan merasa nyaman.

Hal ini dapat terjadi karena jarak antara tali dan tinggi talinya telah didesain sedemikian rupa sehingga posisi jari tepat. Keuntungan membeli Cremona Cervini adalah mendapat kotak tempat menyimpan biola sehingga mempermudah Anda untuk membawanya ke mana pun.

Selain itu, kotak tersebut berfungsi melindungi biola dari benturan yang akan merusak setiap bagiannya. Harganya Rp 1.000.000,00 – Rp 2.000.000,00.

6. Skylark 4/4

Skylark-44

Merk biola ini disebut Skylark 4/4 karena mempunyai pengatur senar sebanyak 4 buah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan demikian, Anda dapat menentukan sendiri keluaran suara biola tinggi atau rendah.

Di sisi lain biola dilengkapi bantalan empuk berbahan nilon berfungsi menempatkan dagu Anda. Tali bahunya juga kuat dan tahan lama sehingga lebih gampang dibawa dan nyaman ketika dipakai. Harganya Rp 1.000.000,00 – Rp 2.000.000,00.

7. Makoa Acoustic Violin

Makoa-Acoustic-Violin

Makoa Acoustic Violin juga direkomendasikan untuk Anda pilih khususnya bagi pecinta genre musik akustik. Neck dan body berbahan kayu dari pohon maple. Kualitasnya terkenal bagus sehingga cocok dipakai latihan berulang-ulang.

Biola tersebut menghasilkan suara yang tidak hanya indah namun juga jernih dan resonansinya  sangat baik. Harganya dipatok Rp 750.000,00 – Rp 1.200.000,00.

8. Knilling

Knilling

Biola asal Jerman ini telah hadir sejak 1922 silam. Saat ini banyak diproduksi di Tiongkok maupun Korea namun masih menggunakan quality control dan pedoman ketat yang sama.

Tipe biola tersedia untuk semua level pemain dari pemula sampai profesional. Knilling School 4/4 adalah tipe terpopuler di kalangan pemula yang bahannya dari perpaduan spruce dan maple.

Sedangkan, untuk profesional dianjurkan memakai Knilling Maestro 4/4 berbahan spruce di bagian depannya dan flamed solid maple untuk bagian belakang. Keistimewaan tipe ini adalah terdapat cover dan deluxe case yang bisa dimanfaatkan untuk meletakkan busur, biola dan aksesoris lainnya.

9. Eastman

Eastman

Eastman cukup populer di kalangan para pelatih di tempat kursus biola. Kualitasnya sangat terpercaya karena dibuat oleh tangan ahli secara langsung. Bahan dasarnya adalah tonewood dan kayu maple.

Desainnya stradivari yang membuat body lebih kokoh. Selain itu, suaranya juga jauh lebih baik di levelnya. Dengan demikian, bagus untuk memperlihatkan contoh terbaik kepada peserta kursus. Harganya Rp 1.000.000,00 – Rp 2.000.000,00.

10. Cecilio

Cecilio

Penamaan brand diambil dari seorang musisi, santo sekaligus pelindung musik, yaitu St Cecilia. Cecilio sendiri menjadi biola favorit karena kualitas busurnya tinggi dan merupakan produk home made. Umumnya jenis kayu yang dipakai adalah ebony, cemara dan maple.

Harganya bervariasi, contoh yang paling murah ada Cecilio CVN-200 seharga Rp 2.070.000,00. Biola dari kayu rosewood tampak berkilau karena dipernis dan terkenal karena kokoh.

Apabila telah berpengalaman Anda disarankan menggunakan Cecilio CVN-500. Material penyusun bagian atas spruce, samping dan leher maple serta busurnya dari brazilwood. Biola seharga 3.250.000,00 ini tidak gampang patah dan kokoh.

Berbagai merk biola di atas tidak hanya menawarkan suaranya yang bagus saja melainkan juga memperhatikan material yang digunakan untuk memproduksinya. Pantas saja sangat populer di pasaran.

 

Lihat Juga :

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan