10 Merk Ukulele yang Berkualitas

Posted on

Bentuk ukulele menyerupai gitar hanya saja ukurannya lebih kecil. Cara untuk memainkannya dengan dipetik. Beberapa merk ukulele berikut sangat dominan di pasaran. Harganya bermacam-macam mulai dari standar hingga yang paling mahal.

Penentuan harga banyak dipengaruhi oleh jenis, ukuran, kualitas, merk dan juga bahannya. Oleh karena itu, Anda pelajari terlebih dahulu alat musik yang akan dibeli. Salah satunya dengan menyimak tips-tip berikut.

Tips Memilih Ukulele untuk Pemula

1. Perhatikan Jenis Dan Ukuran

Perhatikan-Jenis-Dan-Ukuran

Anda dianjurkan memilih ukulele berdasarkan kebutuhan. Maksudnya jika Anda sering membawanya kemana-mana maka sebaiknya membeli yang berukuran paling kecil dan ringan, yaitu tipe soprano.

Sebaliknya, jika dipergunakan untuk memainkan musik-musik profesional maka jenis tenor adalah pilihan yang tepat.  Pasalnya, suaranya lebih tebal dan bagus untuk para pemain solo.

Jika menghendaki ukuran paling ideal maka bisa memilih model concert. Jari-jari Anda dapat bergerak dengan lincah jika menggunakannya.

Selain itu, ada model baritone yang bentuknya paling besar dan nada-nadanya serupa dengan gitar akustik 6 senar. Biasanya digunakan untuk bermain secara instan.

2. Memilih Jenis Bahan

Memilih-Jenis-Bahan

Bahan yang umum dipakai adalah berbagai jenis kayu seperti rosewood, mahoni, cedar, akasia, kao dan monkeypod. Di antara beberapa kayu tersebut kao lebih sering digunakan karena suaranya tidak hanya indah tetapi juga hangat. Tidak heran harganya cukup mahal.

Rekomendasi kedua adalah mahoni. Selain mudah untuk didapatkan harganya juga cenderung lebih murah. Namun, suaranya tetap bagus seperti halnya ukulele dari kayu kao.

3. Pastikan Merk Berkualitas

Pastikan-Merk-Berkualitas

Merk bagus biasanya menjanjikan suara, body dan komponen penyusun lainnya berkualitas serta produk lebih terpercaya.

4. Mengecek Intonasi

Mengecek-Intonasi

Intonasi dapat dicek dengan penala atau turner. Intonasi bagus ditandai dengan besarnya notasi senar pada fret ke-12 dan notasi senar terbuka sama.

5. Mengecek Tuning Machine

Mengecek-Tuning-Machine

Apabila tuning machine bagus maka ketika melakukan setem ukulele akan cepat stabil sehingga Anda tidak akan menjumpai suara fales.

Jenisnya ada tipe modern, tradisional dan slotted. Pada tipe modern terdapat gigi atau gear. Rasio gear yang tinggi akan mempermudah proses setem.

Rekomendasi Merk Ukulele Terbaik

1. Ukulele Aloha

Ukulele-Aloha

Keuntungan memiliki ukulele bermerk Aloha adalah perawatannya mudah sehingga direkomendasikan untuk pemain pemula yang senang bermain musik dengan nada standar. Namun, jika dipakai untuk nada-nada tinggi hasilnya kurang maksimal.

Ciri khasnya adalah mampu membuat nada cerah dan ideal. Ukulele ini termasuk jenis soprano yang modelnya bervariasi, berkualitas dan murah. Harganya Rp 256.500,00 – Rp 290.000,00.

2. Ukulele Mahalo

Ukulele-Mahalo

Performa maupun desain ukulele Mahalo sangat unik dan mengagumkan. Keunikannya terletak pada bentuknya yang khas dan sangat tradisional. Adanya senar Aquila, membuat  suara yang dihasilkan ukulele semakin keras, nadanya terdengar indah dan lebih seimbang.

Bobotnya tidak berat dan densitasnya menengah sehingga memberi unsur kenyamanan tersendiri. Harganya Rp 360.500,00 – Rp 450.000,00.

3. Ukulele Shelby

Ukulele-Shelby

Shelby adalah produk lokal yang mempunyai berbagai keunggulan seperti lebih tahan lama sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan terkait perawatannya. Suaranya merdu ditambah lagi harganya  ramah di kantong.

Konstruksinya baik dan daya tahannya kuat termasuk terhadap benda yang keras. Ukulele tersebut sengaja menampilkan desain yang klasik dan elegan. Harga Rp 280.000,00 – Rp 330.000,00.

4. Ukulele Yamaha

Ukulele-Yamaha

Produk-produk Yamaha memang terkenal berkualitas. Begitu juga dengan ukulele yang lebih unggul dibandingkan merk lain. Hal ini terlihat pada suaranya yang bagus dan tingkat ketahanannya lebih lama.

Di sisi lain, tampilannya berbeda dan menyerupai gitar konvensional karena senarnya ada 6. Berbeda dengan ukulele pada umumnya yang hanya memiliki 3 atau 4 senar.

Desain dan warnanya yang simpel  menjadikan ukulele tampak elegan dan mewah. Hal ini menciptakan kenyamanan untuk siapa pun yang ingin belajar dengan sentuhan berbeda. Harganya dibandrol Rp 645.500,00 – Rp 690.000,00.

5. Ukulele Dreamwood

Ukulele-Dreamwood

Wujud Dreamwood menyerupai produk-produk ukulele lain yang harganya murah. Jenis ini cocok bagi yang telah mahir memainkan ukulele karena dilengkapi senar kuat dan memiliki nada-nada yang indah.

Dreamwood juga merupakan produk lokal yang dapat diandalkan karena kualitasnya tidak kalah bagus dengan produk dari luar. Harganya Rp 259.000,00 – Rp 299.000,00.

6. Ukulele Shen-shen

Ukulele-Shen-shen

Merk ukulele Shen-shen memang didesain memberi kemudahan dalam pemakaiannya  karena bisa dimainkan untuk semua genre musik. Apalagi harganya relatif murah, yaitu Rp 75.500,00 – Rp 120.000,00.

Keistimewaan lainnya adalah variasi motif dan warnanya banyak seperti motif simpel, ramai dan ada juga yang dikombinasikan dengan gradien. Terlebih suaranya juga dapat diandalkan.

7. Ukulele Grande

Ukulele-Grande

Ukulele Grande bersifat ikonik karena mempunyai suara kuat. Biasanya banyak digunakan untuk memainkan lagu jazz, pop dan klasik. Salah satu contoh seri dari Grande adalah ukulele concert.

Gitar mini ini tidak hanya awet melainkan suaranya juga baik. Semua itu terwujud karena bahan dasar pembuatannya dari kayu spruce yang terkenal kuat namun ringan. Harganya Rp 295.500,00 – Rp 325.000,00.

8. Ukulele Kuya

Ukulele-Kuya

Ukulele yang dirancang dengan mengkombinasikan antara papan dan kayu ini memiliki bentuk khas. Body dan neck tampak slim, kecil dan ringan. Guna mendukung terciptanya tone suara paling baik ukulele dilengkapi 4 buah senar.

Selain berkontribusi dalam menghasilkan lagu-lagu indah, produk garapan Kuya ini bisa dimanfaatkan untuk souvenir maupun pajangan. Anda harus menyiapkan biaya sebesar Rp 630.000,00 – Rp 995.000,00 untuk bisa memilikinya.

9. Ukulele Zebra

Ukulele-Zebra

Ukulele berkualitas impor ini hampir dimiliki oleh setiap musisi karena dipercaya menghasilkan suara yang tidak hanya berkualitas namun juga mengagumkan.

Konstruksi kayunya bagus dengan pondasi yang awet dan suara lebih baik dibandingkan merk pesaingnya. Harganya  Rp 595.500,00 – Rp 625.000,00.

10. Ukulele Cowboy

Ukulele-Cowboy

Di dalam deretan brand ukulele yang banyak direkomendasikan untuk pengguna baru terdapat nama Cowboy. Ukulele dengan harga ekonomis yaitu Rp 295.500 – Rp 345.000 ini mudah untuk dijumpai di mana-mana.

Ukulele keluaran Cowboy ini memiliki tipe tenor. Bisa dipastikan Anda tidak akan kecewa membelinya. Dengan suara memukaunya menjadikan aktivitas berlatih Anda semakin seru dan menyenangkan.

Suara dapat dijadikan sebagai indikator kualitas sebuah merk ukulele. Jika suaranya bagus tentu akan menghasilkan karya yang luar biasa dan banyak disukai masyarakat. Oleh karena itu, sebelum membeli pastikan Anda telah mencobanya dan telah mengetahui bahannya.

 

Lihat Juga :

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan