3 Merk Shockbreaker Mobil Terbaik yang Bagus dan Nyaman

Posted on

Kenyamanan saat berkendara dipengaruhi oleh berbagai komponen yang dimiliki oleh kendaraan, salah satunya adalah shockbreaker. Fungsi utamanya adalah sebagai peredam guncangan saat kendaraan dipacu baik dalam kecepatan normal maupun tinggi terutama di jalanan yang tidak rata atau berlubang. Selain itu, shockbreaker juga berfungsi menjaga kestabilan kendaraan dengan menahan ayunan yang beratnya ratusan kilo.

Agar menjamin kenyamanan dan keselamatan berkendara, maka memilih merk shockbreaker mobil terbaik harus dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai hal, misalnya karakteristik, cara kerja, dan desain shockbreaker. Mengingat tidak semua shockbreaker dapat bekerja maksimal pada kendaraan, maka penting untuk mengetahui secara persis karakteristik shockbreaker yang dibutuhkan oleh kendaraan Anda.


Tips Memilih Merk Shockbreaker Mobil Terbaik

1. Sesuaikan karakteristik shockbreaker dengan jenis kendaraan Anda.

Terdapat dua shockbreaker yang dijual di pasaran yaitu shockbreaker single action yang dapat memiliki tekanan tinggi/rendah dan double action yang dikenal memiliki tekanan tinggi. Shockbreaker single action lebih cocok untuk kendaraan berbobot ringan sedangkan double action untuk kendaraan bermuatan banyak.


2. Jenis Material

Ketahui jenis material apa yang digunakan untuk mengisi shockbreaker karena dapat mempengaruhi performa kendaraan. Apabila isinya didominasi oleh oli, maka shockbreaker cenderung lebih empuk dan nyaman digunakan. Sebaliknya, shockbreaker yang menggunakan material gas memiliki karakteristik yang lebih keras. Cara mudah untuk mengetahui isinya adalah dengan cara menarik dan mendorong ujung shockbreaker.


3. Ketahui karakteristiknya

Shockbreaker yang terisi oli tidak akan terasa lembek saat Anda menekannya, dan saat ditarik akan terasa berat. Sedangkan shockbreaker yang menggunakan gas sebagai material utamanya akan terasa berat baik saat Anda menekan permukaannya maupun menarik ujungnya. Apabila menginginkan kendaraan dengan performa lebih agresif, maka shockbreaker berisi gas lebih disarankan.


4. Cek kondisi fisiknya

Pastikan Anda mengecek kondisi fisik shockbreaker sebelum membeli untuk menghindari shockbreaker yang ternyata bekas. Tanda- tanda shockbreaker masih baru dan bagus adalah tidak adanya bekas titik las, cat pada permukaannya merekat kuat tanpa mengeluarkan bau, stiker dan cetakan huruf terbaca jelas, dan lubang pada bagian baut rapi tanpa ada tambahan dempul penutup.


Rekomendasi 3 Merk Shockbreaker Mobil Terbaik

1. Bilstein

Bilstein

Salah satu merk shockbreaker mobil terbaik yang sudah menjadi pemain lama sejak 50 tahun lalu adalah Bilstein. Spesialisasi dari shockbreaker produksi Jerman ini adalah damping yang tergolong keras dengan rebound yang cepat. Berkat penggunaan teknologi yang canggih, Bilstein terasa nyaman dan empuk saat mobil dipacu dalam kecepatan yang tinggi sekalipun.

Beberapa kelebihan lain yang dimiliki oleh shockbreaker ini antara lain mampu menjaga kendaraan tetap stabil ketika kecepatan tinggi, mampu menahan beban berat dan meredam guncangan dengan maksimal saat mobil dipacu di jalanan yang tidak rata atau berlubang. Sedangkan kekurangan dari Bilstein adalah tingkat kekerasan dan keempukannya tidak bisa diatur karena sudah paten dari produsen.

Shockbreaker Bilstein memiliki banyak jenis yang semuanya memiliki karakteristik cukup keras. Jenisnya antara lain BMW 3 series, BMW 1 series, BMW 5 series, BMW X5, Volvo S70, Mercedes W203, Mercedes Tiger W123, Mercedes 300E W124, Toyota Kijang Innova, Isuzu Panther, Toyota Avanza, Toyota Kijang Kapsul, dan Toyota Fortuner.

Jenis lain seperti Bilstein B8 juga tersedia khusus untuk mobil sporty. Minimal harga untuk shockbreaker Bilstein adalah 1 juta rupiah sedangkan harga paling tinggi mencapai 6 juta rupiah. Varian yang termahal biasanya digunakan oleh mobil mewah seperti Mercedes Benz dan BMW. Walaupun harus mengeluarkan uang lebih namun kualitas Bilstein tidak akan mengecewakan.


2. Kayaba Ultra

Kayaba-Ultra

Rekomendasi shockbreaker lainnya adalah Kayaba Ultra yang termasuk jenis heavy duty. Artinya, shockbreaker ini dikhususkan untuk kendaraan yang kerap mengangkut beban berat atau kendaraan pribadi yang sering melalui medan yang non-aspal dan rusak parah. Karakteristik utama dari Kayaba Ultra adalah memiliki bantingan yang esktra keras dengan pengisi berupa gas 75% dan oli 25%.

Saat ditarik kedua ujungnya, Kayaba Ultra akan terasa berat karena efek dari double action yang diusung. Sebagai shockbreaker heavy duty, ketangguhan yang dimiliki tergolong sangat kuat sehingga membuat kendaraan yang aktifitasnya berat menjadi lebih awet. Namun, untuk kendaraan pribadi jenis MPV yang hanya dipakai di jalanan kota, Kayaba Ultra tidak cocok.

Apabila ingin menggunakan shockbreaker Kayaba yang cocok untuk penggunaan ringan, sebaiknya pilih Kayaba Premium. Jenisnya tergolong single action karena hanya terasa berat saat ditarik sedangkan terasa ringan saat didorong. Karakteristik bantingan shockbreaker ini cenderung empuk sehingga saat mobil melewati jalanan berlubang atau tidak rata akan terasa memantul.

Oleh sebab itu, shockbreaker yang didominasi oleh oli ini tidak cocok dipasang pada kendaraan coil spring yang sering membawa banyak muatan. Nantinya, kendaraan akan kandas saat melewati jalan yang bergelombang atau polisi tidur. Selain itu, suspensi kendaraan yang terlalu memantul akan membuat muatan terancam jatuh apalagi jika terlalu penuh.


3. Kayaba Excel-G

Kayaba-Excel-G

Merk shockbreaker mobil terbaik selanjutnya masih dari Kayaba dengan nama Kayaba Excel-G. Spsesialisasi dari shockbreaker ini adalah untuk penggunaan jarak jauh baik itu kendaraan pribadi maupun kendaraan niaga. Karakteristik bantingan Kayaba Excel-G tergolong keras namun intensitasnya masih di bawah Kayaba Ultra. Namun, sama-sama termasuk jenis double action.

Material pengisinya terdiri dari dua jenis yaitu gas yang kisarannya antara 40 hingga 50% dan oli yang berkisar antara 50 hingga 60%. Alasan Kayaba Excel-G cocok mendampingi kendaraan jarak jauh adalah karakteristik suspensi yang keras namun tetap empuk sehingga mampu mencegah bodyroll kendaraan. Selain itu, Kayaba Excel-G mampu menjaga kestabilan dan performa kendaraan.

Hanya saja, tidak semua jenis kendaraan akan cocok dengan shockbreaker ini. Sebagai contoh, kendaraan pribadi jenis LCGC tidak disarankan menggunakan Kayaba Excel-G. Hal tersebut disebabkan oleh bobot yang dimiliki LCGC tergolong sangat ringan sehingga Anda sebagai pengendara akan merasakan bantingan keras setiap kali melewati medan yang kurang bersahabat.

Dapat disimpulkan bahwa posisi Kayaba Excel-G berada di tengah-tengah Kayaba Ultra dan Kayaba Premium. Shockbreaker ini mampu menunjang performa kendaraan pribadi dan kendaraan niaga khususnya untuk penggunaan jarak jauh. Hanya saja, kendaraan tersebut tidak memiliki bobot yang terlalu ringan ataupun terlalu berat. Tidak mengherankan apabila harganya lebih mahal.


Kesimpulan

Menggunakan merk shockbreaker mobil terbaik menjadi prioritas utama demi mendapatkan kenyamanan dan keselamatan selama berkendara. Selain itu, penggunaan merk yang tepat dapat membuat umur kendaraan Anda lebih panjang. Namun sebagus apapun shockbreaker, kinerjanya akan tetap melemah setelah beberapa waktu pemakaian. Oleh sebab itu, Anda harus jeli dalam mengenali kapan shockbreaker harus diganti.

Waktu penggantian yang disarankan adalah setiap 3 hingga 5 tahun sekali tergantung dari frekuensi pemakaian dan medan yang sering dilewati. Patokan lain adalah sata kendaraan sudah menempuh jarak lebih dari 60 kilometer. Selain itu, terdapat kondisi khusus yang mengharuskan penggantian shockbreaker seperti ban yang tidak rata, oli yang merembes pada shockbreaker, dan suara bising dari shockbreaker karena komponen yang terlepas.

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan