10 Merk Mesin Cutting Sticker

Posted on

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis percetakan tentu sedang mencari merk mesin cutting sticker yang bagus. Mesin cutting sticker ini dapat digunakan untuk memotong berbagai jenis bahan, misalnya cutting sticker, vinyl, stensil, dan bahan lainnya.

Tips Memilih Merk Mesin Cutting Sticker

Bagi Anda yang baru pertama kali membeli mesin cutting sticker, Anda perlu tahu cara memilih mesin yang sesuai dan berkualitas. Berikut beberapa tips dalam memilih mesin cutting sticker, yaitu:

1. Memilih mesin dengan daya tekan yang besar

Memilih-mesin-dengan-daya-tekan-yang-besar

Daya tekan mesin cutting sticker yang besar artinya mesin tersebut mampu memotong bahan yang tebal. Apabila pisau pemotong mulai tumpul maka tekanan yang diperlukan menjadi lebih besar. Sehingga, mesin dengan daya tekan besar akan menghasilkan kualitas yang lebih bagus.

2. Mengetahui kekuatan hasil pemotongan

Mengetahui-kekuatan-hasil-pemotongan

Ketika Anda membeli mesin cutting langsung ke penjual, mintalah untuk pengetesan mesin. Hal ini perlu dilakukan agar Anda bisa mengetahui tingkat keakuratan dari mesin saat digunakan untuk memotong. Semakin kecil, rapi, dan rumit pola yang dipotong berarti kualitas semakin bagus.

3. Menghitung kecepatan pemotongan

Menghitung-kecepatan-pemotongan

Agar pekerjaan semakin efisien dan tepat maka pilih mesin cutting sticker dengan lebar range kecepatan pemotongan. Mesin dengan jenis ini umumnya bisa menyesuaikan keperluan pekerjaan yang lambat atau cepat.

4. Memakai software cutting

Memakai-software-cutting

Merk mesin cutting sticker dengan software akan memiliki nilai lebih dibandingkan mesin yang belum bisa menggunakan software. Umumnya, software yang dipakai adalah CorelDraw. Oleh karena itu, Anda bisa memilih mesin cutting yang telah terinstall dengan software cutting.

Rekomendasi Merk Mesin Cutting Sticker

Pilihan mesin cutting sticker yang bisa digunakan untuk bisnis percetakan sangat banyak dan bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan. Beberapa rekomendasi mesin cutting sticker yang berasal dari beberapa negara, yaitu:

1. Roland

Roland

Merk Roland sudah banyak dipercaya banyak orang sebagai mesin cutting sticker yang berkualitas. Beberapa kelebihan dari mesin cutting sticker Roland adalah didukung servo motor dan bisa langsung memotong menggunakan CorelDraw.

Mesin cutting Roland juga menghasilkan cutting yang presisi dan berkualitas serta dilengkapi sensor yang mampu memotong langsung hasil print.

Jika dibandingkan dengan merk mesin cutting lainnya yang berasal dari Jepang, harga Roland terbilang lebih mahal dengan area potong di bawah merk Graphtec atau Mimaki.

2. Graphtec

Graphtec

Awalnya mesin cutting Graphtec adalah mesin pabrikan Amerika, tetapi saat ini telah diakuisisi oleh Jepang. Mesin cutting Graphtec dijual dengan harga yang  lebih terjangkau dibandingkan Roland dan Mimaki, namun kualitas mesin tetap berkualitas.

Mesin cutting sticker Graphtec memiliki kemampuan automatic panelling yang bisa memisahkan gambar besar menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Mesin cutting Graphtec juga bisa digunakan dari CorelDraw atau Adobe Illustrator.

Untuk kelemahannya, mata pisau mesin cutting Graphtec CE6000 dijual dengan harga yang cukup mahal karena terbuat dari baja.

3. Mimaki

Mimaki

Mimaki adalah mesin cutting sticker dengan kualitas baik yang berasal dari Jepang. Kelebihan dari Mimaki adalah harga mesin yang lebih murah daripada merk Roland.

Mesin Mimaki juga dapat langsung memotong dari CorelDraw dan memiliki kedalaman mata pisau sampai 500 gf sehingga cocok untuk memotong bahan yang lumayan tebal.

Kekurangan dari merk Mimaki adalah sparepart mesin dijual dengan harga yang lebih mahal daripada merk mesin cutting lainnya. Selain itu, mata pisau original juga tidak dijual secara satuan, melainkan dijual per box.

4. Jinka

Jinka

Jinka adalah mesin cutting sticker buatan China yang terkenal dengan kualitas yang bagus di kelasnya. Apabila dibandingkan dengan mesin cutting sticker buatan Jepang, harga Jinka lebih murah. Mesin yang digunakan terkenal tahan lama dan bandel.

Mesin cutting sticker Jinka juga banyak dipakai oleh pengusaha, sehingga dipercaya oleh banyak orang. Perlu Anda ketahui, bahwa untuk print dan cut menggunakan Jinka Anda perlu membeli software cut contour secara terpisah.

Selain itu kekurangan dari Jinka adalah ketika melakukan print dan cut hasilnya kurang presisi.

5. Silhouette Cameo

Silhouette-Cameo

Merk Silhouette Cameo adalah merk Amerika yang cukup dikenal oleh pebisnis percetakan. Kelebihan dari mesin Silhouette Cameo memiliki kualitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan merk China.

Silhouette Cameo juga telah didukung dengan software yang cukup baik, hasil potong presisi, dan mendukung contour cut. Kekurangan mesin cutting ini adalah ukuran area potong yang hanya 30 cm saja dengan harga yang cenderung mahal.

Sparepart Silhouette Cameo juga harus dibeli di tempat pembelian saja.

6. Teneth

Teneth

Teneth adalah mesin cutting sticker yang sudah terkenal di China. Kelebihan dari mesin cutting sticker Teneth adalah mesinnya yang bandel dan tahan lama dengan kualitas yang bisa dibandingkan dengan Jinka XL. Mata pisau yang digunakan juga memakai merk Roland.

Salah satu keunggulan dari Teneth adalah tampilan fisik mesin yang terlihat berkelas dan eksklusif. Teneth juga memiliki banyak pilihan area potong yaitu 30 cm, 60 cm, dan 120 cm.

Salah satu kelemahan dari mesin Teneth adalah dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan Jinka dan Redsail yang sama-sama berasal dari China.

7. Redsail

Redsail

Redsail bisa dikatakan sebagai mesin cutting pabrikan China yang masuk ke Indonesia pertama kali. Hal ini membuat merk Redsail sering dikatakan lebih baik daripada Jinka.

Jika Anda ingin mencari mesin cutting dengan harga yang lebih murah daripada mesin pabrikan Jepang, merk Redsail bisa menjadi alternatifnya. Mesin yang dipakai juga memiliki kualitas yang bagus dan tahan lama dengan mata pisau merk Roland.

Redsail juga hadir dengan banyak pilihan area potong, yaitu area potong 40 cm, 60 cm, dan 120 cm. Walaupun merk Redsail termasuk mesin cutting sticker generasi pertama asal China, namun kualitasnya masih dibawah dari mesin Jepang.

8. Expert

Expert

Bagi pebisnis yang menginginkan mesin tahan banting, kualitas baik, dengan performa kerja yang baik maka mesin cutting sticker Expert bisa menjadi pilihan.

Kelebihan dari mesin Expert adalah hasil cutting bisa disamakan dengan hasil cutting mesin pabrikan Jepang dan dijual dengan harga lebih murah. Selain itu, Expert juga dapat memotong langsung dari CorelDraw.

Kekurangannya adalah merk Expert ini belum terlalu terkenal di pasaran, sehingga banyak orang yang ragu-ragu untuk membelinya. Selain itu, apabila dibandingkan dengan mesin cutting sticker China, Expert pabrikan Taiwan ini dijual dengan harga yang lebih mahal.

9. I Craft

I-Craft

Merk I Craft dikatakan bisa disejajarkan dengan Silhouette Cameo. Kelebihan dari I Craft keluaran terbaru adalah bisa memotong langsung dari CorelDraw tidak seperti Silhouette Cameo.

Namun, kekurangannya adalah I Craft memiliki tampilan yang kurang menarik dibandingkan dengan Silhouette Cameo.

10. Puma

Puma

Puma adalah mesin cutting sticker yang termasuk ke dalam kategori Elite. Puma memiliki kualitas yang baik dengan harga yang relatif lebih terjangkau. Saat ini Puma cukup banyak digunakan oleh bisnis percetakan di Indonesia.

Tentu saja, jika dibandingkan dengan merk dari China harga mesin cutting sticker Puma dijual dengan harga yang lebih mahal sekitar Rp18 juta dan Rp34 juta.

 

Ada banyak merk mesin cutting sticker yang dijual di Indonesia. Anda bisa memilih mesin cutting sticker sesuai kebutuhan dan keunggulan yang diharapkan. Jika masih ragu, Anda bisa melakukan tes mesin terlebih dahulu di tempat pembelian mesin cutting sticker.

 

Lihat Juga :

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan