10 Merk Busur Panah Terbaik

Posted on

Panahan merupakan salah satu cabang olahraga yang peminatnya belum begitu banyak. Jika Anda ingin mendalami hobi panahan, Anda harus mengetahui merk busur panah yang berkualitas dan tentunya cocok untuk pemula.

Memilih busur panah beserta dengan merknya bisa jadi akan membingungkan untuk Anda, apalagi jika masih pemula. Untuk dapat membantu Anda, kami akan memberikan tips memilih peralatan panahan dan juga rekomendasi merk dari busur panah yang cocok dengan pemula. Jangan sampai ada yang terlewat, ya!

Tips dan Cara Memilih Peralatan Panahan untuk Pemula

Sebelum Anda terjun dan mendalami olahraga panahan, akan lebih baik jika Anda memiliki peralatan panahan sendiri. Tentunya agar dapat melaksanakan latihan kapanpun Anda inginkan. Untuk dapat memilih peralatan panahan yang berkualitas, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, yaitu:

1. Menentukan Jenis Busur Panah yang akan Digunakan

Menentukan-Jenis-Busur-Panah-yang-akan-Digunakan

Umumnya busur panah terbagi atas 3 jenis, yaitu horse bow (busur panah tradisional), recurve bow (busur panah standar), dan juga compound bow. Untuk Anda yang masih pemula, lebih baik untuk menggunakan recurve bow atau busur panah standar.

Hal ini dikarenakan, akan lebih mudah untuk menemukan jenis busur panah standar dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Selain itu, Anda akan lebih mudah untuk menggunakan busur panah jenis ini, karena sudah tersedia tempat meletakkan anak panah (arrow rest).

2. Menentukan Anak Panah yang Akan Digunakan

Menentukan-Anak-Panah-yang-Akan-Digunakan

Anak panah harus menyesuaikan dengan busur panah yang Anda miliki. Jika draw weight (berat tarikan) dari busur panah Anda berat, maka harus memilih anak panah yang lebih kaku dan begitu juga sebaliknya.

Anda dapat memilih anak panah dengan berbagai macam bahan, misalnya kayu, bambu, aluminium, atau juga fiberglass. Sebagai pemula, Anda tidak harus langsung memiliki anak panah dengan kualitas tinggi. Pasalnya, anak panah relatif lebih mudah rusak dibandingkan peralatan panahan lainnya.

Rekomendasi Merk Busur Panah Berkualitas untuk Pemula

Lebih baik Anda fokus terhadap busur panah terlebih dahulu saat ingin mulai menekuni hobi panahan, karena busur panah merupakan peralatan yang dasar dan menjadi pusat dari peralatan lainnya. Setelah memiliki busur panah, Anda dapat menyesuaikan anak panah dengan busur panah tersebut.

Adapun beberapa merk dari busur panah yang kami rekomendasikan bagi para pemula di antaranya adalah:

1. BP11 Busur Logam Laminasi 24

BP11-Busur-Logam-Laminasi-24

Master Bow Indonesia atau lebih dikenal dengan MBI meluncurkan merk busur yang dapat dikategorikan ke dalam jenis recurve. BP11 Busur Logam Laminasi 24 sangat cocok bagi pemula karena ringan namun juga akurat.

Bahan yang digunakan untuk membuat busur panah ini adalah kayu yang kemudian dilapisi dengan menggunakan fiberglass. Dengan kualitas yang mumpuni, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan busur panah ini.

2. Junxing F179 Recurve Bow

Junxing-F179-Recurve-Bow

Busur panah selanjutnya yang berasal dari Junxing juga memiliki tingkat akurasi yang dapat dikategorikan sangat tinggi karena jarang meleset. Hal ini dikarenakan riser, limbs, dan juga string dari busur panah ini dibuat dengan tingkat presisi yang tinggi.

Selain tingkat akurasi tinggi, busur panah ini juga ringan meskipun kuat, powerfull, dan juga tahan terhadap air, sehingga banyak kalangan yang menyukai busur panah ini.

3. Black Recurve Bow R40

Black-Recurve-Bow-R40

Dengan berat busur sekitar 1,4 kg saja, busur panah ini cocok untuk digunakan oleh pemula baik itu pria maupun wanita.

Busur panah ini dapat dibongkar pasang, sehingga dapat memudahkan saat Anda ingin membawanya karena praktis dan juga simple. Anda bisa mendapatkan busur ini dengan harga yang relatif murah, yaitu di bawah 500 ribu rupiah.

4. Junxing M110

Junxing-M110

Busur panah dari Junxing selanjutnya inikami rekomendasikan untuk para wanita atau juga anak-anak yang ingin menekuni olahraga panahan, karena ringan dan juga mudah untuk digunakan. Material yang digunakan adalah fiberglass sehingga busur masih tetap ringan meskipun kuat.

5. Straight Archery Shortbow JH401

Straight-Archery-Shortbow-JH401

Material fiberglass yang digunakan pada Straight Archery Shortbow JH401, membuat busur panah yang memiliki keakuratan tinggi ini tidak mudah rusak.

Bahan magnesium alloy yang digunakan pada riser dan fiber yang digunakan pada limb membuat busur panah ini ringan dan mudah untuk dibawa.

6. Master Bow Indonesia (MBI) Horse Bow Full Fiber

Master-Bow-Indonesia-MBI-Horse-Bow-Full-Fiber

Sebagai produsen peralatan panahan dari dalam negeri yang terkenal dan juga berkualitas, MBI merilis busur panah dengan berbagai jenis, misalnya Horse Bow Full Fiber ini. Sesuai dengan namanya, bahan yang digunakan untuk memproduksi busur panah ini adalah full fiber high quality.

Anda dapat menggunakan busur panah ini sambil berkuda, sehingga akan memunculkan kesan elegan dan juga Anda dapat merasakan hidup di zaman dahulu.

7. MBI Laminasi Recurve Black Doff Bow

MBI-Laminasi-Recurve-Black-Doff-Bow

Draw weight atau berat tarikan dari busur panah produksi MBI selanjutnya ini termasuk ke kategori medium, dengan kisaran full draw 27 hingga dengan 30 lbs. Dengan sistem bongkar pasang, Anda dapat membawa busur panah ini kemana-mana.

8. MBI Laminasi Recurve Bow Nusantara 40 Lbs

MBI-Laminasi-Recurve-Bow-Nusantara-40-Lbs

Jika Laminasi Recurve Black Doff Bow sebelumnya masuk ke dalam kategori draw weight medium, produk Laminasi Recurve Bow Nusantara 40 lbs dari MBI ini data dikategorikan ke dalam heavy. Pasalnya, draw weight yang dimiliki adalah sekitar 40 lbs.

Bahan yang digunakan pada busur panah ini adalah kayu pilihan dengan kualitas tinggi, laminasi kayu untuk bagian riser, dan juga fiberglass untuk bagian limb. Sehingga akan membuat busur panah ini ringan namun memiliki tingkat akurasi yang tinggi.

9. Junxing F168C

Junxing-F168C

Jika sudah mulai terbiasa dengan olahraga panahan, Anda bisa mulai meningkatkan permainan dengan menggunakan F168C Bow dari Junxing ini. Didesain dengan menggunakan material yang berkualitas dan juga riser kayu, Anda bisa memanah dengan akurasi yang tinggi.

Busur panah ini nyaman untuk Anda pegang dan juga gunakan, namun juga tetap kokoh. Dengan draw weight yang masuk ke dalam kategori medium, akan membuat arah anak panah Anda dapat lebih terarah. Pasalnya, busur panah tidak akan bergoyang dan tenaga yang Anda keluarkan tidak begitu besar.

10. Mbi Turkish Bow

Mbi-Turkish-Bow

Produk busur panah rekomendasi kami yang terakhir di MBI ini cocok untuk Anda gunakan saat berkuda, karena sangat ringan dan juga memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Dengan desain yang simple dan juga ringkas, Anda dapat dengan mudah membawa busur panah ini sambil berkuda.

Dengan kulit original dan juga string alpine yang melapisi handle dari busur panah ini, memberikan efek anti selip sehingga tidak mudah lepas, meskipun Anda sedang mengendarai kuda.

Setelah mengetahui tips untuk memilih peralatan panahan dan juga rekomendasi merk busur panah yang berkualitas untuk pemula, Anda dapat langsung memilih dan kemudian berlatih panahan. Pastikan memilih merk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

 

Lihat Juga :

 

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan