10 Merk Panci Kukus yang Bagus dan Berkualitas Terbaik

Posted on

Panci kukus merupakan salah satu perabot dapur yang wajib dimiliki setelah kompor. Tahukah Anda cara kerja dari perabot dapur yang satu ini. Panci kukus bekerja dengan memanfaatkan uap panas dalam memasak makanan. Ada banyak sekali merk panci kukus yang di jual di pasaran dan setiap merk tentunya menawarkan keunggulan.

Memasak makanan dengan panci kukus memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Meskipun waktu memasaknya jauh lebih lama dibandingkan memasak dengan microwave, namun hasilnya makanan lebih lembut dan kandungan nutrisinya tidak hilang. Anda dapat menggunakan panci kukus untuk memasak berbagai jenis makanan, mulai daging, ikan, sayuran dan sebagainya.



Tips Memilih Merk Panci Kukus yang Berkualitas dan Awet

Menyajikan makanan yang sehat dan bergizi bagi keluarga menjadi suatu kaharusan. Dengan memasak memakai steamer akan menghasilkan makanan yang sehat karena tidak menghilangkan banyak nutrisi pada makanan. Berikut ini tips memilih panci steamer sebagai panduan agar mendapatkan produk terbaik:


1. Pilih Panci Kukus Berdasarkan Tipenya

Pilih-panci-kukus-berdasarkan-tipenya Panci kukus terdiri dari dua macam yaitu tipe plate dan pot. Sebaiknya Anda memilih panci kukus sesuai dengan tujuan penggunaan agar nantinya memberikan banyak manfaat.


  • Plate Type

Panci kukus tipe plate sangat cocok bagi Anda yang masih pemula karena bentuknya sangat praktis. Anda cukup menaruh semua bahan makanan pada plate dan memasukkannya ke dalam panci pengukus. Anda bisa membeli panci kukus jenis ini secara online

Meskipun begitu, panci kukus ini tidak dapat digunakan untuk memasak dalam jumlah porsi  besar dan memasak dalam waktu yang lama.


  • Pot Type

Pot Type sangat cocok jika Anda memiliki jumlah anggota keluarga yang banyak, pasalnya panci ini bisa menampung bahan makanan lebih banyak. Selain itu, juga bisa digunakan untuk mengukus dalam waktu yang lama karena tempat tampungan air jauh lebih besar ketimbang plate type.

Panci ini didesain secara unik, sarangan yang digunakan untuk mengukus bisa diangkat keluar dan panci bisa digunakan sebagai panci biasa.


2. Kenali Jenis Bahannya

Kenali-jenis-bahannya

Panci kukus terdiri dari beberapa bahan material. Sebaiknya Anda memilih jenis panci kukus sesuai dengan bahan makanan yang akan diolah sehingga bisa menjaga kualitas nutrisi dan rasa pada hidangan yang diolah.


3. Perhatikan Bentuk Dan Ukuran Panci

Perhatikan-bentuk-dan-ukuran-panci

Sebelum Anda memutuskan membeli panci kukus, sebaiknya Anda memperhatikan bentuk dan ukurannya. Pilihlah jenis panci sesuai dengan kebutuhan dan mudah cara penyimpanannya.


4. Sesuaikan dengan Ukuran Kompor

Sesuaikan-dengan-ukuran-kompor Tips yang terakhir yaitu memilih panci kukus dengan menyesuaikan ukuran kompor, terutama untuk kompor listrik. Karena dalam faktanya ada beberapa jenis panci kukus yang ukurannya tidak cocok untuk kompor listrik.


10 Merk Panci Kukus Berkualitas Terbaik

Di pasaran kini sudah banyak tersedia panci kukus dengan berbagai merk dan tentunya masing-masing menawarkan kualitas yang berbeda. Nah, Bagi Anda yang masih bingung mencari panci kukus yang nyaman digunakan. Yuk, simak 10 jenis panci kukus dengan kualitas terbaik berikut ini:


1. Maspion Panca Guna

Maspion-Panca-Guna

Produk Maspion memang sudah cukup familiar di kalangan masyarakat. Brand peralatan masak ini memiliki produk panci kukus yang didesain dari bahan alumunium berkualitas dan anti karat. Produk panci sudah dilengkapi dengan tutup kaca, sehingga memudahkan Anda saat mengecek masakan apakah sudah matang atau belum tanpa harus membuka tutup panci.

Harga berkisar Rp. 184.000  – Rp. 205.000


2. Maxim Dutch Oven & Steamer

Maxim-Dutch-Oven-amp-Steamer

Memiliki panci kukus dengan desain dan warna merah yang cantik tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Bahan teflonnya sangat klasik dan non-sticky sehingga menambah kenyamanan Anda saat memasak dan membersihkannya.

Tidak hanya itu, kelebihan dari panci kukus ini memiliki desain gagang anti panas yang terbuat dari bahan silikon berkualitas.

Harga berkisar Rp. 248.000 – Rp. 260.000


3. Ugo Milk Pot

Ugo-Milk-Pot Panci kukus brand Ugo memiliki diameter 18 cm dan sangat cocok digunakan untuk pembuatan MPASI. Dengan tinggi 10 cm dan panjang bagian 33 cm menjadikan panci ini sangat praktis ketika digunakan untuk memasak.

Panci kukus ini juga dilengkapi dengan tutup kaca, sehingga mudah untuk mengecek makanan dari luar dan tidak harus membuka tutup panci. Dapat menampung bahan makanan hingga 600 gram dalam sekali masak. Anda bisa menggunakan panci ini pada kompor listrik, induksi maupun kompor gas saat memasak.

Harga berkisar Rp. 75.000 – Rp.78.000


4. Rancage Klakat

Rancage-Klakat

Dibanding jenis panci kukus lainnya, panci kukus Rancage Klakat bentuknya cukup unik yaitu kotak yang dilengkapi dengan penutup berbentuk segitiga. Ukurannya cukup besar 30 cm x 30 cm, sehingga dapat menampung bahan makanan lebih banyak.

Pada bagian salah satu sisinya di desain dengan kaca agar memudahkan Anda untuk mengecek tingkat kematangan hasil masakan Anda.

Harga berkisar Rp. 185.000,-


5. Cookville Fancy Steamer Stainless

Cookville-Fancy-Steamer-Stainless

Panci kukus Cookville memiliki ukuran diameter 20 cm dan tinggi 13 cm, cocok digunakan untuk memasak berbagai jenis masakan. Karena terbuat dari bahan stainless berkualitas tinggi menjadikan bahan makanan menjadi matang lebih cepat dan merata.

Panci ini tidak hanya berfungsi untuk mengukus, namun juga bisa digunakan untuk merebus. Dengan begitu, Anda dapat menyajikan berbagai menu makanan yang lebih sehat.

Harga Rp. 235.000 – Rp. 255.000


6. Orchid Steamer

Orchid-Steamer

Jika Anda ingin mengukus makanan dalam porsi besar, Orchid Steamer bisa dijadikan sebagai solusi terbaik. Panci kukus ini didesain dengan 3 tingkatan yang bisa dilepas dan memudahkan Anda ketika memasak karena bisa menyesuaikan kapasitas bahan makanan yang akan dimasak. Dengan handle tahan panas akan membuat Anda lebih mudah saat mengangkatnya.

Harga Rp. 349.000,-


7. Vavinci Pot & Steamer

Vavinci-Pot-Steamer

Panci kukus ini didesain sangat elegan dari bahan stainless berkualitas tinggi sehingga tampak modern. Panci kukus ini mampu menyebarkan panas dengan lebih cepat dan merata sehingga makanan bisa matang sempurna.

Panci kukus multifungsi ini tidak hanya digunakan untuk mengukus saja namun bisa digunakan sebagai soup maker dan cooker.

Harga Berkisar Rp. 260.000 – Rp. 293.000


8. Japan Style Steamer

Japan-Style-Steamer Memiliki panci steamer dengan bahan stainless berkualitas dan anti karat menjadi investasi tersendiri. Pasalnya produk tersebut dapat digunakan dalam waktu jangka panjang dan Anda tidak perlu bolak balik membeli panci untuk kebutuhan memasak.

Dengan desain lubang yang kecil, panci ini sangat cocok digunakan untuk memasak berbagai jenis makanan termasuk mengukus jagung manis. Selain itu, harga yang ditawarkan cukup terjangkau, jadi produk panci kukus ini bisa dimiliki oleh siapa saja tanpa harus merogoh kocek yang dalam.

Harga berkisar Rp. 215.000 – Rp. 230.000


9. Supra Super Steamer 2

Supra-Super-Steamer-2

Jika Anda ingin memasak dengan kapasitas banyak, Supra Super Steamer sebagai solusi terbaik. Panci dengan desain 2 tingkat dan berukuran besar. Terbuat dari bahan stainless berkualitas dan anti karat sehingga mampu menghantarkan panas secara cepat ke seluruh lapisan. Jika dilihat dari bertanya memang jauh lebih berat dari merk lain, pasalnya beratnya mencapai 3 kg.

Harga Berkisar Rp. 280.000 – Rp.295.000


10. Bima Prima Pot & Steamer

Bima-Prima-Pot-Steamer Jika Anda menginginkan panci kukus yang bagus dan awet, steamer dari brand Bima menjadi jawaban terbaik. Panci kukus dengan ukuran diameter 20 cm dan berat 295 gram bisa Anda miliki. Bahan utamanya yaitu stainless berkualitas tinggi sehingga menjamin tingkat keawetannya. Meskipun memiliki bahan yang tebal, namun dapat meratakan panas secara cepat.

Harga Berkisar Rp. 245.000 – Rp. 368.000


Kesimpulan

Ada berbagai jenis dan type panci kukus yang dijual di pasaran. Mulai dari bahan alumunium hingga bahan stainless steel yang berkualitas sehingga dipercaya sangat kuat dan awet. Panci kukus memiliki banyak fungsi, karena dapat digunakan untuk mengukus, memasak, membuat kue sampai dengan pembuatan MPASI dan menghangatkan makanan.

Untuk itu, Anda harus pastikan membeli panci kukus yang berkualitas dan bermutu tinggi. 10 merk panci kukus di atas bisa Anda jadikan referensi terbaik. Anda bisa memilih jenis panci sesuai dengan kebutuhan Anda.