10 Merk Cat Akrilik yang Bagus, Murah, dan Tips Memilihnya

Posted on

Untuk Anda yang sedang mulai menekuni hobi melukis, cat Akrilik merupakan pilihan cat yang ideal. Pasalnya, Anda tidak harus menunggu lama untuk melakukan overcoating. Karena banyak permintaan, cat Akrilik sudah banyak beredar di pasaran. Namun, bisakah Anda memilih merk cat Akrilik yang bagus?

Agar Anda dapat memilih cat Akrilik yang bagus dan berkualitas, kami akan memberikan tips-tips yang berguna dan dapat membantu. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk cat acrylic yang berkualitas untuk Anda. Karena itu, simak artikel ini hingga akhir dan jangan sampai ada yang terlewat, ya!

Tips Memilih Cat Akrilik yang Bagus

Dibandingkan dengan jenis cat yang lain, cat acrylic ini lebih cepat untuk mengering dan mengeras, sehingga Anda akan lebih mudah untuk menimpa atau overcoating dengan warna yang lain. Namun, memilih cat acrylic yang bagus bukan merupakan hal mudah, terutama untuk Anda yang masih pemula.

Agar Anda yang masih pemula dapat terbantu untuk memilih cat acrylic, berikut kami berikan tips untuk memilih cat acrylic yang bagus:

1. Pilih Grade Cat Akrilik yang Sesuai dengan Kebutuhan

Pilih-Grade-Cat-Acrylic-yang-Sesuai-dengan-Kebutuhan

Cat Akrilik terbagi menjadi dua grade, yaitu artist quality dan student quality. Untuk Anda yang masih pemula, cat acrylic dengan student quality grade sangat cocok untuk dimiliki karena harganya yang murah.

Namun, jika menginginkan cat Akrilik dengan pilihan warna yang banyak dan juga pigmen yang halus, Anda dapat memilih cat acrylic dengan grade artist quality. Dengan begitu, hasil lukisan Anda akan menjadi lebih halus dan juga lebih hidup.

2. Pilih Cat Akrilik  yang Tahan di Media Lukis Setelah Mengering

Pilih-Cat-Acrylic-yang-Tahan-di-Media-Lukis-Setelah-Mengering

Ketahanan cat pada media lukis atau dalam bahasa teknisnya merupakan permanence atau lightfastness, adalah kemampuan pigmen untuk dapat mempertahankan warna saat terkena cahaya. Cat Akrilik memiliki tingkat permanence atau lightfastness yang lebih tinggi dari cat minyak atau cat air.

Anda dapat memilih permanence menurut beberapa standar. Misalnya American Society for Testing and Materials (ASTM) yang mengkategorikan permanence menjadi 3 grade, yaitu ASTM I untuk excellent, ASTM II untuk Very Good, dan ASTM III untuk Not Sufficient.

Rekomendasi 10 Merk Cat Akrilik yang Bagus

Jika sudah menentukan cat acrylic yang ingin Anda beli sesuai dengan grade dan permanence-nya, kami akan memberikan 10 merk rekomendasi cat acrylic yang bagus untuk Anda. Adapun 10 merk tersebut di antaranya adalah:

1. Reeves Fine Artist Acrylic Paint

Reeves-Fine-Artist-Acrylic-Paint

Merk asal Australia ini hadir dengan artist quality yang terdiri dari dua set pilihan, yaitu berisi 5 dan juga 10 warna. Cat Akrilik dari merk ini memiliki pigmen dan kualitas warna yang bagus serta hadir dengan warna yang menyala.

Setelah cat ini kering, tidak akan ada crack atau pecahan sehingga hasil lukisan Anda akan menjadi mulus. Meskipun cat ini bersifat washable atau dapat dicuci, Reeves Fine Artist Acrylic Paint memiliki tingkat ketahanan yang sangat baik sehingga tidak mudah luntur.

2. Fila Giotto Décor Acrylic Matt

Fila-Giotto-Decor-Acrylic-Matt

Cat Akrilik selanjutnya merupakan cat acrylic dengan kualitas student quality yang cocok untuk anak-anak, karena dibuat dengan formula yang non-toxic dan juga harmless. Cat dari Fila ini tidak memerlukan waktu yang lama untuk mongering, karena dibuat dengan formula yang water-based.

Untuk membersihkan cat yang terkena di tangan atau yang tersisa di kuas, Anda dapat menggunakan sabun dan air hangat dengan mudah.

3. Liquitex Heavy Body Acrylic Paint

Liquitex-Heavy-Body-Acrylic-Paint

Dengan viskositas dan juga pigmentasi yang tinggi, Anda akan lebih hemat cat saat melukis karena hanya memerlukan sedikit cat untuk menghasilkan warna yang jelas dan tajam. Finish atau hasil akhir dari cat ini adalah satin, yang akan tahan lama dan juga tahan akan air (water resistant).

4. Tesla Paints Acrylic

Tesla-Paints-Acrylic

Cat Akrilik dari merk lokal ini menawarkan kualitas tinggi yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang relatif murah, jika dibandingkan dengan produk lainnya. Produk dari Tesla yang tahan hingga puluhan tahun ini, membuat hasil lukisan Anda berwarna pekat.

5. Mr. Hobby Acrysion

Mr-Hobby-Acrysion

Merk asal Jepang memproduksi cat Akrilik yang lebih cepat kering dibandingkan dengan cat acrylic lainnya. Karena hal tersebut, Anda dapat menghemat waktu dalam menyelesaikan lukisan Anda. Berbeda dengan cat Akrilik lainnya, Anda dapat menggunakan kuas untuk mengaplikasikan cat acrylic ini.

6. Marie’s Acrylic Colours Set 12 Pcs

Maries-Acrylic-Colours-Set-12-Pcs

Cat acrylic ini sudah banyak digunakan oleh seniman yang handal dengan skala internasional, karena menyediakan berbagai macam warna yang indah. Cat ini juga memerlukan waktu yang singkat untuk kering serta tidak mudah pudar.

Anda dapat menggunakan cat Akrilik ini di berbagai media lukis, seperti kayu, kertas, semen, tekstil, dan juga bahkan bambu.

7. Angelus Acrylic Leather Paint

Angelus-Acrylic-Leather-Paint

Seperti namanya, cat Akrilik ini dibuat dengan formula khusus sehingga dapat diaplikasikan pada media lukis kulit. Dengan formula tersebut, cat ini tidak akan mudah mengelupas atau juga retak, meskipun kulit sebagai media lukis tersebut dilipat.

Cat ini biasanya banyak digunakan pada produk tas, dompet, ikat pinggang, sepatu, sofa, jaket kulit, atau juga produk-produk yang menggunakan kulit lainnya.

8. Sakura Acrylic Color

Sakura-Acrylic-Color

Dengan pigmen berkualitas tinggi yang menciptakan warna cerah, cat Akrilik ini bersifat transparan. Dengan demikian, cat dapat digunakan dengan Teknik melukis seperti menggunakan cat minyak. Finish atau hasil akhir dari penggunaan cat acrylic ini adalah glossy atau transparan.

Dengan rentang warna yang sangat luas yaitu 58 warna, kreativitas Anda saat melukis difasilitasi dan dapat menghasilkan lukisan dengan berbagai warna yang unik.

9. Faber-Castell 12 Acrylic Colours

FaberCastell-12-Acrylic-Colours

Merk yang sudah terkenal sebagai produsen alat tulis ini menyediakan cat acrylic dengan berbagai warna yang cerah, sehingga cocok dengan selera anak-anak. Anda atau anak dapat menggunakan cat Akrilik ini pada media lukis kanvas, kayu, kaca, kaos, tas, atau juga sepatu.

Dengan budget yang minim, Anda sudah bisa mendapatkan 12 warna cat Akrilik yang tidak akan luntur saat terkena air, bonus grip brush, dan juga bonus palette.

10. TiTi Acrylic Colors Set 12 Pcs

TiTi-Acrylic-Colors-Set-12-Pcs

Berasal dari Korea Selatan, produk cat Akrilik  dari merk TiTi ini memiliki tingkat pigmentasi yang tinggi. Dengan begitu, Anda hanya perlu menggunakan sedikit cat saja untuk menghasilkan warna yang menyala.

Hasil warna dari lukisan yang menggunakan cat acrylic ini mengeluarkan warna opaque. Jika merk premium lain biasanya hanya bisa ditemukan di toko buku terkenal, merk TiTi ini bisa Anda temukan di book store atau toko buku terdekat.

Daftar merk cat Akrilik yang bagus, yang telah kami ulas di atas merupakan merk-merk best seller. Dengan demikian, Anda tidak akan kecewa ketika membelinya. Namun, perlu Anda ingat, pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda!

 

Lihat Juga :

  1. 5 Merk Cat Tembok Yang Bagus dan Awet
  2. 5 Merk Cat Semprot Body Motor yang Bagus dan Awet
  3. 8 Merek Cat Besi Anti Karat yang Bagus dan Awet
  4. 8 Merek Cat Kayu yang Bagus dan Awet
  5. 7 Merk Cat Plitur Kayu dan Cat Duco Terbaik & Tahan Lama
Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan