7 Merk Kompor Listrik yang Paling Bagus dan Berkualitas

Posted on

Bagi Anda yang suka memasak, tentu tidak jauh dari yang namanya kompor. Salah satu jenis kompor yang dapat membantu Anda dalam menyiapkan makanan adalah kompor listrik. Dewasa ini, kompor listrik dikenal lebih aman dan praktis. Beratnya yang ringan dapat memudahkan Anda untuk memasak secara fleksibel.

Kompor listrik dilengkapi berbagai macam fitur modern yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa tipe kompor listrik dapat dipilih berdasarkan ukuran, metode pemanasan, hingga cara instalasi. Apakah saat ini Anda bingung memilih kompor listrik yang tepat? Kami akan memberikan beberapa tips dan rekomendasi dalam menentukan merk kompor listrik untuk Anda.

Tips Memilih Merk Kompor Listrik

1. Mengenal Jenis Kompor Listrik Melalui Metode Pemanasannya

Mengenal-jenis-kompor-listrik-melalui-metode-pemanasannya

Terdapat 3 jenis kompor listrik berdasarkan metode pemanasan, yaitu kompor elektrik, induksi, dan infrared. Sebaiknya, Anda amati dahulu mekanisme dan cara kerja dari masing-masing jenis kompor listrik.

a. Kompor Elektrik

Kompor-elektrik

Kompor elektrik menggunakan resistor ukuran besar yang terbuat dari kawat nikrom. Bentuk dan susunannya melingkar, dan berfungsi untuk menyalurkan panas. Kawat nikrom dibungkus dengan isolator, kemudian diletakkan di dalam pipa logam. Umumnya, hal ini menyebabkan waktu pemanasan menjadi lebih lama.

c. Kompor Induksi

Kompor-induksi

Waktu pemanasan kompor induksi relatif lebih singkat daripada kompor elektrik. Kompor induksi memberikan fitur permukaan yang tidak panas oleh sistem induksi. Kompor induksi dilengkapi pengatur suhu dan fitur mematikan secara otomatis, apabila suhu telah melebihi batas.

Peralatan yang dapat digunakan ketika Anda memakai kompor induksi hanyalah alat yang bersifat magnetik, contohnya seperti stainless steel dan baja. Kompor induksi terdiri dari dua tipe, yaitu tanam dan portable.

d. Kompor Infrared

Kompor-infrared

Kompor infrared memanaskan dengan waktu yang cepat seperti kompor induksi. Sinar infrared menghantarkan panas pada peralatan masak material apa saja. Kompor infrared memiliki fitur pengatur suhu, namun permukaannya mudah menjadi sangat panas.

2. Sesuaikan dengan Penggunaan Listrik Anda

Sesuaikan-dengan-penggunaan-listrik-Anda

Kompor listrik mempunyai tiga tahap daya ketika digunakan. Daya sebesar 300 Watt mampu memberikan panas pada bagian dalam. Pada tahap kedua, daya 300 Watt dipakai untuk memanaskan bagian dalam. Tahap terakhir menggunakan daya sebesar 600 Watt untuk memanaskan seluruh bagian.

Namun, apabila Anda lebih menyukai sistem pemanasan yang lebih cepat, tidak ada salahnya untuk mencoba kompor listrik dengan daya 1000 Watt. Hal tersebut menyebabkan waktu pemanasan menjadi lebih efisien.

3. Pertimbangkan Pula Panjang Kabel yang Cocok dengan Kebutuhan

Pertimbangkan-pula-panjang-kabel-yang-cocok-dengan-kebutuhan

Pilih kompor listrik dengan kabel yang mampu mencapai sumber listrik. Sangat disayangkan apabila Anda sudah terlanjur membeli, namun Anda lupa memeriksa kondisi di lapangan. Pastikan kompor listrik Anda mudah menjangkau sumber listrik, agar dapat digunakan dengan nyaman.

Sebaiknya, Anda memilih kompor listrik dengan kabel sepanjang 1-1,8 meter. Penggunaan portable dapat menyesuaikan dengan ukuran yang lebih panjang, yaitu sekitar 2 meter. Dengan begitu, Anda jadi tidak perlu kebingungan ketika mengadakan acara outdoor yang memerlukan kompor listrik.

4. Apakah Anda butuh Fitur Tambahan Lain?

Apakah-Anda-butuh-fitur-tambahan-lain

Pikirkan kembali fitur ekstra yang ingin Anda dapatkan. Beberapa fitur tambahan berikut mungkin dapat menjadi referensi:

  • Automatic pan size recognition, secara otomatis mendeteksi ukuran dan bentuk alat masak, sehingga daya yang dikeluarkan menjadi sesuai dan hemat.
  • Child lock, diperuntukkan bagi Anda yang memiliki anak kecil di rumah. Ketika anak bermain dengan kontrol, kompor tidak akan menyala karena fitur Child Lock yang aktif.
  • Timer, mengatur suhu pada derajat dan waktu tertentu, serta mematikan kompor secara otomatis.
  • Boost, menolong Anda menciptakan waktu penggunaan yang lebih efisien. Gunakan fitur ini ketika ingin memasak atau memanaskan dengan waktu yang cepat.
  • Automatic safety shut off, fitur yang jarang ditemukan namun menguntungkan. Fitur ini dapat mendeteksi masakan atau air yang sudah mendidih dan mematikan kompor sesegera mungkin.

 

Rekomendasi 7 Merk Kompor Listrik yang Paling Bagus dan Berkualitas

1. Philips HD4932 Viva Collection Induction Cooker

Philips-HD4932-Viva-Collection-Induction-Cooker

Merk kompor listrik ini memiliki berbagai manfaat di satu tungku. Kompor induksi ini berbahan dasar full glass panel dan mudah dibersihkan. Philips HD4932 Viva Collection Induction Cooker menghemat waktu memasak menjadi 30%, dengan daya 2100 Watt. Kompor juga dilengkapi dengan layar sentuh digital yang mudah dibaca.

Kompor ini sudah menyediakan 6 pilihan tingkat pemanasan. Anda juga tidak perlu khawatir ketika membiarkan anak bermain di rumah, karena kompor ini sudah dilengkapi dengan child safety lock. Fitur automatic off function akan mematikan kompor ketika pemanasan sudah selesai.

Kompor induksi dari Philips ini membantu menjaga nutrisi setiap bahan makanan, agar tidak hilang akibat proses pemanasan. Apabila tertarik dengan Philips HD4932 Viva Collection Induction Cooker, Anda dapat merogoh kocek sekitar Rp1.100.000. Harga tersebut sangat cocok dengan berbagai fitur beragam dan menguntungkan.

2. Azalea Kompor Tanam AIC72B

Azalea-Kompor-Tanam-AIC72B

Merupakan salah satu best seller merk kompor yang berlistrik induksi jenis tanam. Penampakannya yang ramping dan elegan akan menarik perhatian Anda. Kompor ini memakai tenaga sebesar 2300 Watt dengan dua tungku. Anda akan mampu memasak dengan waktu singkat dan hasil cepat matang.

Layar sentuh atau touchscreen mempermudah Anda untuk mengaktifkan beberapa fitur tambahan, yaitu safety child function, switch off pengaman otomatis, timer, dan indikator cek apabila kompor masih terasa panas.

Fitur tambahan mendukung keselamatan dan keamanan selama Anda bekerja di dapur. Anda harus menyiapkan uang sebesar Rp6.300.000 untuk satu set Azalea Kompor Tanam AIC72B yang pasti nyaman, mewah, aman, dan sudah dilengkapi banyak manfaat ini.

3. Maspion S300 Kompor Listrik Portable

Maspion-S300-Kompor-Listrik-Portable

Masih mencari kompor listrik portable? Mungkin, Anda bisa menimbang Maspion S300 Kompor Listrik Portable. Ukuran yang ringkas menjadikannya mudah untuk dipindah ke mana saja. Kompor ini juga terbuat dari plat baja, dengan daya listrik hanya sebesar 300 dan 600 Watt.

Kompor ini cocok untuk anak kos yang suka memasak makanan sederhana. Cara menggunakannya juga mudah bagi pemula. Anda harus menunggu permukaan memanas sebelum memasak sekitar 5-10 menit karena sifatnya elektrik.

Namun, Anda tidak perlu khawatir mudah terjadi kerusakan, karena merk kompor berlistrik portable ini tetap bagus dan berkualitas untuk digunakan. Harganya terbilang murah dan terjangkau, yaitu sekitar Rp150.000 saja.

4. Cyprus KL-0071 Low Watt

Cyprus-KL-0071-Low-Watt

Kompor ini termasuk kompor induksi yang hanya dapat menggunakan panci bahan stainless steel dan datar. Daya 100 hingga 700 Watt, membuat Anda lebih hemat listrik. Permukaan dari kaca kristal sangat mudah dibersihkan dengan lap.

Cyprus KL-0071 dilengkapi dengan 7 pilihan temperatur untuk masakan berbeda dan timer yang mati sesuai waktu yang ditentukan. Kompor ini mampu mendeteksi pemanasan yang sudah matang, untuk mematikan kompor secara otomatis. Anda dapat membeli kompor induksi ini dengan harga Rp360.000 saja.

5. Oxone OX-655D Double Ceramic Stove

Oxone-OX-655D-Double-Ceramic-Stove

Salah satu kompor listrik portable yang cocok untuk penggunaan fleksibel. Memiliki bahan dasar stainless steel dan keramik, sehingga mudah dibersihkan dan bersifat tahan lama. Oxone OX-655D Double Ceramic Stove bertungku dua, dan dapat bekerja dengan daya sebesar 800 dan 600 Watt.

Terdapat fitur pengaman otomatis saat menyalakan atau mematikan kompor dan thermal yang melindungi dari suhu terlalu panas. Anda tidak perlu takut dan was was, karena keamanan kompor listrik ini sangat diutamakan.

Desain elegan dan stylish akan memunculkan kesan mewah ketika dilihat. Cocok bagi Anda yang suka dengan barang yang terlihat mewah, namun tetap terjangkau. Kompor listrik Oxone ini dapat Anda miliki hanya dengan harga Rp800.000-an saja. Cukup terjangkau untuk sebuah kualitas, bukan?

6. Modena Built in Hob BE-1325

Modena-Built-in-Hob-BE-1325

Kompor induksi portable yang memiliki permukaan datar dan fungsi efisien. Permukaan datar membantu penyebaran panas menjadi lebih merata. Kompor ini terbuat dari stainless steel pilihan, sehingga terlihat mewah dan sudah pasti awet tahan lama.

Terdiri dari dua tungku yang tetap aman, apabila disentuh karena tidak terasa panas. Anda akan melihat 6 temperatur berbeda yang dapat diatur sesuai jenis makanan yang sedang dibuat. Berdasarkan manfaat yang diberikan, Anda dapat membelinya dengan harga Rp2.400.000. Tidak heran, Modena merupakan merk yang terkenal di kalangan chef dan para profesional di bidangnya.

7. Idealife IL 402-N

Idealife-IL-402-N

Kompor dua tungku dari Idealife ini dilengkapi dengan Various Heat Setting Operation, untuk mendukung kemampuan goreng dan kukus. Kompor ini juga mempunyai thermal untuk mengatur suhu dengan kontrol otomatis. Kompor ini dilengkapi daya sebesar 1000 dan 800 Watt untuk memasak yang efisien.

Anda dapat memanaskan berbagai macam masakan menggunakan Idealife IL 402-N. Namun, penggunaannya hanya boleh di dalam ruangan. Anda dapat memiliki satu set kompor dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp600.000 saja. Efektif untuk digunakan ketika menginap di villa.

Kesimpulan

Beberapa aspek harus Anda pertimbangkan sebelum menentukan kompor listrik yang sesuai. Sesuaikan pemilihan kompror dengan kebutuhan, dan jangan sampai Anda salah pilih. Rekomendasi merk kompor listrik di atas dapat membantu Anda dalam memilih kompor listrik yang pasti bagus dan terjamin kualitasnya.

 

Lihat Juga :

  1. 7 Merk Cat Plitur Kayu dan Cat Duco Terbaik & Tahan Lama
  2. 10 Merk Microwave Terbaik yang Bagus dan Hemat Listrik
  3. 10 Merk Kompor Gas Terbaik yang Bagus dan Awet
  4. 10 Merk Kasur Busa Terbaik yang Bagus dan Nyaman Dipakai
  5. 8 Merk Bed Cover yang Bagus dan Adem Dipakai
  6. 10 Merk Sprei Katun Jepang yang Bagus Dan Adem Dipakai
Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan