5 Merk Cat Tembok Yang Bagus dan Awet

Posted on

Anda sedang merencanakan ganti cat tembok di rumah atau kantor, tapi masih bingung mau pilih merk cat tembok apa? Apalagi sekarang sangat banyak cat yang katanya berkualitas, tapi saat diaplikasikan malah membuat tembok jadi kusam dan rusak. Agar tidak keterusan bingung, lebih baik baca informasi lengkapnya berikut ini, dijamin sukses mendapatkan cat terbaik!


Tips Memilih Merk Cat Tembok

Beberapa tips berikut wajib Anda lakukan sebelum membeli cat tembok, sebab memilih cat sama halnya dengan memilih pakaian untuk dikenakan. Harus cocok dari berbagai segi, bukan hanya sekadar pas di badan saja.


1. Tentukan Kesan yang Akan Dimunculkan

Tentukan-Kesan-yang-Akan-Dimunculkan

Saat akan mengganti cat, pastikan Anda sudah memikirkan kesan apa yang akan dimunculkan pada sebuah ruangan. Misalnya ingin kesan hangat maka pilihan catnya akan berkisar pada warna-warna natural yang menenangkan. Atau ketika ingin kesan ceria maka sebaiknya memilih warna cerah.


2. Dimana Cat Akan Digunakan?

Dimana-Cat-Akan-Digunakan

Cat untuk penggunaan dalam ruangan akan beda jenisnya dengan cat untuk di luar ruangan. Jadi Anda harus menentukan dulu mau mengganti cat di dalam rumah atau di luar, sehingga tidak salah pilih cat saat belanja.


3. Pastikan Kualitas Cat

Pastikan-Kualitas-Cat

Caranya dengan melakukan survei terlebih dahulu tentang cat-cat berkualitas yang ada di pasaran. Bisa dengan bertanya kepada orang yang sudah pernah berbelanja cat sebelumnya, atau bisa langsung pada penjual cat. Cari referensi sebanyak-banyaknya tentang merk cat tembok tersebut agar Anda mendapatkan yang terbaik.


4. Pastikan Harga

Pastikan-Harga

Soal harga memang jadi salah satu pertimbangan, tapi kalau Anda ingin cat berkualitas harus siap dengan harga mahal tapi ketahanannya sangat lama. Sedangkan jika Anda ingin beli cat murah, tentu harus siap juga dengan konsekuensinya yaitu mengganti cat lebih sering namun akan berimbas pada pengeluaran yang bertambah pula.


Rekomendasi 5 Merk Cat Tembok Paling Bagus dan Awet

Untuk referensi Anda, berikut ini ada lima merk cat yang masuk kategori paling bagus dan memiliki keawetan maksimal. Apa saja merknya?


1. Dulux

Dulux Boleh dibilang bahwa saat ini, Dulux adalah cat tembok yang punya kualitas paling bagus. Selain punya banyak varian, ketahanannya juga terbukti lebih lama dibanding cat sejenis lainnya. untuk kebutuhan interior dan eksterior juga sangat cocok, apalagi saat ini pilihan warnanya sangat lengkap yaitu mencapai 300 warna.

Tiga varian yang paling banyak dicari adalah Catylax bagi Anda yang ingin nuansa cerah pada ruangan. Karena varian ini mampu menampilkan warna cerah maksimal, tanpa bahan berbahaya seperti Merkuri atau Timbal. Teknologi Chroma-Brite yang diusungnya menjadi alasan cat ini sangat diminati.

Varian kedua yaitu ambience yang akan memberikan efek beda pada cat yang sudah diaplikasikan. Mulai dari kilau logam, tekstir dari kain beludru atau linen hingga bentuk marmer. Kemudian varian easy clean yang bahan dasarnya adalah air, sehingga mudah dibersihkan. Varia ini banyak dipakai untuk rumah yang dihuni oleh banyak anak kecil.

Soal harga, cat ini dibanderol dari kisaran Rp. 100 ribu ke atas, tergantung jenis dan ukuran. Semakina besar ukuran cat tentu harganya akan semakin mahal.


2. Nippon Paint

Nippon-Paint

Kalau merk cat tembok yang satu ini mengusung beberapa kelebihan seperti antu jamur, cepat kering, tidak mudah pudar dan tahan lebih lama. Produk asal Jepang ini sangat banyak dipakai untuk memoles interior rumah, karena sekali menempel di tembok, akan langsung menyatu dan membentuk perpaduan warna sempurna.

Jadi bagi Anda yang tinggal di pemukiman sempit rentan penyebaran virus dan bakteri sangat cocok untuk menggunakan Nippont Paint terutama jenis Spotless Plus untuk eksterior. Sedangkan untuk interior bisa memilih Weatherbond yang menjaga ketahanan warna tembok hingga bertahun-tahun walau kena hujan dan panas ekstrim.

Harganya tak jauh beda dengan Dulux, tergantung pada varian yang Anda butuhkan. Misalnya jenis Weatherbond ukuran 1 liter dengan harga Rp. 120 ribuan, sedangkan jenis Vinilex 25 kg dibanderol seharga Rp. 550 ribuan.


3. Jotun

Jotun Kelebihan dari Jotun adalah selain bisa diaplikasikan pada tembok, juga memberikan hasil bagus pada kayu dan besi. Mengusung teknologi true colour cat yang punya varian untuk interior dan eksterior ini, diklaim memberikan tekstur halus pada dinding usai pengaplikasiannya. Selain itu, anti jamur juga jadi kelebihannya, dengan harga berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Sebagai informasi tambahan, cat ini ternyata memiliki sertifikat Singapore Green Label untuk kategori ramah lingkungan. Jadi tak perlu lagi takut mengecat rumah sendiri, sebab dijamin tak akan menimbulkan gangguan kesehatan untuk jangka panjang, dan pastinya mudah untuk diaplikasikan.

Ada pula varian perfect beauty and care yang merupakan produk andalannya, untuk  mewujudkan dinding yang mudah dibersihkan dari noda jenis apapun. Selain itu juga mampu bertahan menjaga kondisi terbaik dinding hingga bertahun-tahun tanpa harus melakukan cat ulang.


4. Avitex

Avitex

Masuk dalam salah satu merk cat tembok  keluaran Avian, Aviatex banyak disukai masyarakat karena harganya yang murah. Hanya dengan membayar puluhan ribu saja Anda sudah bisa mendapatkan satu kaleng cat jenis ini ukuran 1 kg. Jenisnya juga lengkap, yaitu untuk pelapis tembok di dalam dan di luar rumah.

Keunggulan yang membuat konsumen tambah suka yaitu pilihan warna yang cukup banyak, yaitu mencapai 170 warna. Kemudian mudah untuk dibersihkan jika terkena noda, dan khusus untuk cat eksterior menggunakan teknologi anti panas yang disebut UV shield, dimana saat matahari terik, panasnya tak akan tembus ke dalam ruangan.


5. Aquaproof

Aquaproof Walaupun lebih dikenal sebagai cat untuk melapisi dinding agar tidak mudah bocor, Aquaproof juga menjadi cat yang banyak dicari saat ini. Sebab pilihan warnanya semakin lengkap dan menjawab kebutuhan masyarakat. Ditambah pula ukuran kalengnya juga banyak, sehingga Anda tinggal pilih mau ukuran 1 kilogram, 4 kilogram, atau 20 kilogram.

Soal harga, cat ini terbilang cukup murah karena beriksar Rp.100 ribuan ke atas. Tapi memang untuk mendapatkan hasil terbaik, dengan warna yang tepat Anda harus melakukan dua kali polesan. Pertama untuk anti bocornya, dan kedua untuk memaksimalkan fungsinya memberi warna terbaik di setiap ruangan.

Keistimewaan lain dari Aquaproof adalah tahan air sehingga tembok tidak mudah lembab akibat terkena hujan terlalu sering. Juga elastis sehingga mudah dalam penggunaannya di dinding dengan bahan apapun. Soal daya lekat juga sudah teruji dimana cat ini mampu melekat sempurna untuk waktu yang sangat lama.

Dari kelima merk cat tembok di atas tentu Anda bisa menyimpulkan sendiri, merk mana yang mau dipakai. Karena berdasarkan survei, semuanya memiliki karakter relatif sama, yaitu tahan lama, bagus dan banyak varian warna. Tugas Anda sekarang adalah terapkan tips memilih cat terlebih dahulu, baru tentukan mana yang terbaik diantara yang paling baik tersebut.