8 Merek Cat Besi Anti Karat yang Bagus dan Awet

Posted on

Agar terlihat lebih menarik dan berwarna, besi yang dipakai dalam sebuah bangunan memang perlu dilapisi dengan cat. Tentu saja cat yang akan dipakai adalah cat khusus besi. Jaman sekarang tidak sulit menemukan berbagai merek cat besi yang memiliki kualitas super. Ada beraneka ragam jenisnya pula. Namun sebagai calon pengguna yang baik tentu Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal.

Memilih cat besi tidak hanya bisa dipatok atau dibatasi dengan mempertimbangkan warna serta harganya. Akan tetapi lebih dari itu, Anda juga harus menyesuaikan dengan jenis dan bahan cat yang dipakai oleh suatu merek. Sehingga saat Anda mengaplikasikan cat terhadap besi, maka Anda akan mendapatkan hasil yang terbaik.


Tips Memilih Merek Cat Besi Dengan Yang Sesuai dan Berkualitas

1. Sesuaikan Tipe Cat

Sesuaikan-Tipe-Cat

Besi yang ada dipasaran umumnya memiliki beberapa perbedaan, entah dari segi tekstur maupun dari segi sifat dan lainnya. Untuk bisa mendapatkan cat besi yang sesuai, maka sudah menjadi keharusan Anda untuk mencari tahu bagaimana tipe cat yang harus diaplikasikan pada besi yang akan Anda cat. Tipe cat yang tidak sesuai dengan jenis besi akan berkemungkinan menghasilkan pewarnaan yang buruk.


2. Pilih Pigmen Warna Cat Berkualitas

Pilih-Pigmen-Warna-Cat-Berkualitas

Memang dalam hal pemilihan warna cat besi tidak ada yang perlu dipermasalahkan, mengingat tipe kesukaan warna orang yang satu dengan lainnya tentu berbeda-beda. Namun dalam hal ini Anda tetap harus memperhatikan pigmen warna. Pigmen warna inilah nanti yang akan memberikan pengaruh terhadap kekuatan cat dalam melapisi besi, sehingga besi jadi sulit berkarat.


3. Kenali Bahan Pada Merek Cat

Kenali-Bahan-Pada-Merk-Cat

Setiap merek cat besi memiliki keunggulannya masing-masing. Salah satunya adalah mengenai bahan yang digunakan. Dari sini Anda bisa mengenali bahan cat besi yang digunakan, apakah sudah sesuai standar ketahanan terhadap karatan atau belum. Dalam bahan cat dari beberapa merek tertentu biasanya tersedia bahan tambahan dengan keunggulannya yang unik.


4. Lebih Baik Pilih Merek Cat Dengan Bahan Ramah Lingkungan

Lebih-Baik-Pilih-Merek-Cat-Dengan-Bahan-Ramah-Lingkungan

Trik yang satu ini kerap kali tidak diperhatikan dengan baik oleh sebagian besar orang. Masih banyak sekali orang yang hanya melihat dari keunggulan cat itu sendiri tanpa mengindahkan keamanan bahan yang digunakan.

Maka sebagai pembeli yang baik, setidaknya Anda harus mengenali bahan cat yang ramah lingkungan. Sehingga hasil besi yang sudah di cat tersebut tidak membawa efek negatif untuk lingkungan sekitarnya.


5. Carilah Merek Yang Menyediakan Review Produk Cat

Carilah-Merek-Yang-Menyediakan-Review-Produk-Cat

Setiap produk cat dari merek tertentu, biasanya memiliki laman khusus yang di dalamnya tersedia beberapa review pemakai atau pelanggan. Mengetahui review dari produk cat, bisa menjadi cara yang cukup penting untuk Anda perhatikan guna mendapatkan car berkualitas.

Hal tersebut juga penting untuk mempertimbangkan bagaimana nantinya hasil cat yang akan Anda dapatkan saat sudah memilih menggunakan produk tersebut.


Rekomendasi Pilihan Merek Cat Besi Anti Karat

1. Emco Lux

Emco-Lux

Merek Emco Lux menyediakan kualiltas warna kilap dengan kelebihan akan tahan terhadap cuaca ekstrem. Sehingga besi akan sangat terlindungi dari karatan yang diakibatkan oleh ekstremnya cuaca. Merek ini menyediakan 3 jenis kualitas bertingkat. Mulai dari yang paling rendah, sedang, hingga kualitas tertinggi. Anda perlu mengenali jenis besi Anda terlebih dulu untuk menentukan varian kualitas catnya.


2. Kanzai Primer

Kanzai-Primer

Cat yang dibawa oleh Kanzai Primer memiliki ketahanan terhadap air dan kelembaban. Pigmen yang disuguhkan merupakan pigmen zinc chromate yang sangat terpercaya dapat menahan besi dari karatan. Daya lekatnya cukup baik dan cukup cepat mengering. Hasil pigmen zinc chromatenya mampu membuat ketahanan besi akan karatan menjadi lebih baik.


3. Glo-Tex

Glo-Tex

Varian dari merek ini yang direkomendasikan untuk Anda adalah cat Super Synthetic Paint. Cat ini selain bisa Anda aplikasikan menggunakan kuas dan roll, juga bisa diaplikasikan menggunakan spray. Penggunaan aplikator spray akan membuat proses pengecatan menjadi lebih praktis. Bahan dasar yang digunakan adalah alkyd synthetic.


4. High Gloss Enamel Dari Avian

High-Gloss-Enamel-dari-Avian

Sesuai dengan namanya, jenis cat Gloss Enamel dari Avian ini akan memberikan kesan glossy yang begitu menawan pada besi Anda. Daya tutup lapisan catnya dibuat dengan sangat bagus sehingga sangat kuat ketahanannya terhadap karatan.


5. Kansai Ftalit

Kansai-Ftalit

Produk Kansai Ftalit yang direkomendasikan untuk Anda adalah cat Synthetic Gloss Enamel, yang mana akan memberikan efek penutup berbahan substrat yang kuat dan tahan lama. Bahan dasarnya adalah resin alkyld yang membuat cat ini bisa Anda jadikan sebagai cat andalan, baik untuk besi interior maupun eksterior. Kandungan synthetic gloss nya juga akan memberikan efek warna glossy pada besi.


6. Dulux V-Gloss

Dulux-V-Gloss

Cat V-Gloss yang dihasilkan oleh Dulux memiliki daya sebar yang cukup baik, yakni mencapai 12 m2/liter. Dengan daya sebar yang bagus ini, dijamin akan memudahkan dan mempercepat kinerja Anda dalam mengecat besi Anda. Cat jenis ini sudah memakai teknologi formula V-Active.

Tidak hanya dapat diaplikasikan dengan kuas maupun roll, cat dari Dulux ini juga bisa Anda aplikasikan dengan menggunakan spray. Namun perlu Anda perhatikan bahwa setiap aplikator cat yang berbeda akan membutuhkan thinner yang berbeda-beda pula. Anda bisa menyesuaikan dengan penggunaan media applicant yang dipilih.


7. Seiv Paint Varian Flikote Undercover Anti Karat 007

Seiv-Paint-Varian-Flikote-Undercover-Anti-Karat-007

Cat dari Seiv Paint memiliki kekuatan anti karat sekaligus anti bocor. Bahannya yang terbuat dari bituminous membuat cat ini juga memilliki daya lekat yang cukup tinggi. selain itu juga memiliki daya kering yang cepat. Ketahanan panas yang dimiliki oleh cat ini mencapai 120 derajat celcius.

Tidak hanya bisa diaplikasikan pada besi, bahkan Anda juga bisa mengaplikasikan cat ini pada beton, mesin, baja, dan bahan lainnya. Unggulnya lagi, dengan pigmen warna yang mengkilap layaknya aspal, cat ini dapat membantu ketahanan terhadap resiko retaknya beton akibat keadaan cuaca.


8. Penlux

Penlux

Varian Cat dari Penlux yang ditawarkan kepada Anda ini tak lain adalah Synthetic High Gloss Enamel. Cat merek Penlux memiliki daya tahan yang cukup bagus, sehingga sering menjadi andalan banyak orang.

Namun untuk mendapatkan hasil terbaik, sebelum mengaplikasikan cat ini Anda bisa mulai memberikan cat dasar dari Penlux dengan varian lainnya seperti zinc chromate primer. Hal ini dilakukan agar ketahanannya terhadap karatan bisa jauh lebih baik.


Kesimpulan

Ada banyak sekali jenis cat besi dengan kekuatan atau daya tahan yang cukup bagus. Terutama ketahanan terhadap efek karatan pada besi. Beragam merek juga mulai berlomba-lomba memberikan keunggulan terbaik catnya, agar besi menjadi lebih awet dalam mempertahankan pigmen warnanya..

Namun tidak hanya perlu memperhatikan brand cat tersebut, Anda juga perlu memperhatikan bagaimana cat tersebut bisa teraplikasikan dengan baik sesuai dengan tipe besi yang akan menjadi target pengecatan Anda.

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan