8 Merek Cat Kayu yang Bagus dan Awet

Posted on

Kayu merupakan salah satu bahan bangunan yang bisa dibilang cukup kuat dan tidak menguras biaya, dibandingkan dengan bahan bangunan lain seperti besi dan bata. Perawatan furniture kayu juga dipercaya lebih mudah dibandingkan dengan furniture berbahan lain. Hal ini membuat banyak orang akhirnya lebih memilih untuk menggunakan furniture atau bahan kayu sebagai bahan bangunan.

Bahan kayu akan terlihat lebih menarik jika diberikan efek perwarnaan yang juga cocok dan menarik. Tentu saja pewarnaannya ini dilakukan dengan menggunakan cat kayu khusus. Anda mungkin bisa menemukan beragam merek cat kayu yang dijual dengan keunggulannya masing-masing. Namun sebagai pengguna yang bijak tentu Anda masih perlu memperhatikan beberapa komponen pemilihan cat kayu yang tepat.


Tips Pemilihan Merek Cat Kayu Yang Tepat dan Berkualitas

1. Kenali jenis kayu dan cat kayu

Kenali-jenis-kayu-dan-cat-kayu

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa, ada beragam jenis kayu dengan sifat yang berbeda-beda. Entah dilihat dari serat kayunya, maupun dari kandungan kimianya. Dari sifat kayu yang berbeda-beda ini, maka setiap kayu akan menyesuaikan hasil pewarnaannya sesuai dengan sifat kayu tersebut.

Memilih cat kayu secara sembarangan tanpa mempertimbangkan jenis kayunya, akan membuat hasil pewarnaan menjadi buruk dan tidak sesuai dengan target ekspektasi Anda. Hal ini mengingat ada beberapa kayu yang kurang baik dalam menyerap cat, dan ada pula yang sangat mudah menyerap cat.


2. Sesuaikan jenis cat dengan penempatan kayu

Sesuaikan-jenis-cat-dengan-penempatan-kayu

Banyak orang tidak menyadari bahwa penempatan kayu dalam bangunan, juga akan sangat berpengaruh terhadap jenis cat kayu yang akan dipakai. Jika memang anda berniat menempatkan kayu pada bagian luar rumah, maka tentu jenis cat kayu yang dibutuhkan akan lebih dominan mengandung bahan penguat atau waterproof misalnya.

Kandungan waterproof pada cat yang diaplikasikan pada kayu yang dipasang di luar rumah akan membantu pewarnaan kayu agar tidak mudah luntur dan rusak karena hujan maupun panas. Dengan begitu, Anda juga bisa menyesuaikan merek cat yang memiliki kandungan waterproof terbaik sebagai pilihan Anda.


3. Sesuaikan tingkat transparansi

Sesuaikan-tingkat-transparansi

Jenis motif kayu yang akan Anda jadikan sebagai bahan bangunan atau furniture, membutuhkan penyesuaian dengan jenis cat kayu yang akan Anda pakai. Hal ini lebih ditekankan pada tingkat transparansi cat kayu tersebut.

Bagi Anda yang menginginkan motif kayu agar tetap terlihat meskipun sudah memakai lapisan cat penambah warna kayu, maka Anda bisa memilih cat kayu yang memiliki tingkat transparansi tinggi. Sebaliknya, jika Anda ingin motif kayu tertutup dengan sempurna, maka Anda bisa memilih cat kayu yang memiliki ketebalan tinggi atau dengan kata lain transparansinya rendah.


4. Pilihlah Warna Natural

Pilihlah-Warna-Natural

Secara umum kayu memang memiliki warna yang kecoklatan. Pada beberapa kasus, furniture yang terbuat dari kayu akan lebih terlihat eksotis jika memakai warna yang juga natural sesuai dengan warna kayu. Dengan pemilihan warna yang sesuai dengan warna kayu ini bukan berarti tidak memberikan efek apapun. Anda bisa memilih jenis cat yang fungsinya untuk melindungi kayu dari kerusakan akibat rayap atau karena kondisi pelapukan.


Memilih Rekomendasi Merek Cat Kayu Terbaik

1. High Gloss Enamel Avian

High-Gloss-Enamel-Milik-Avian

Avian memang dikenal sebagai salah satu merek cat ternama di Indonesia. Ada berbagai varian cat yang bisa Anda pilih dari produksi Avian ini. Salah satunya adalah varian High Gloss Enamel. Varian ini sangat cocok untuk mewarnai furniture kayu Anda. Cat Avian memiliki pigmen dan bahan warna cat yang cukup bagus.

Saat pigmen warnanya menyentuh bagian kayu, maka cat ini akan bisa melindungi kayu dari jamur dan rayap. Sehingga kayu akan tetap mempertahankan kilauan warnanya dan kayu jadi lebih awet.


2. High Gloss Enamel Yoko

High-Gloss-Enamel-dari-Yoko

Hampir sama dengan beberapa merek High Gloss Enamel lainnya, produk dari Yoko ini akan menutup sempurna permukaan kayu Anda dengan halus dan warna yang mengkilap. Ada 4 varian warna yang disediakan oleh Yoko pada jenis cat ini. Anda bisa menyesuaikan dengan selera Anda masing-masing.


3. Cat Kayu Glovin

Cat-Kayu-Glovin

Glovin masih tergolong produksi Avian. Bahan dasar yang dipakai adalah alkyd pilihan. Tidak menggunakan merkuri dan chromate, sehingga terbukti sangat ramah lingkungan. Produk ini juga memiliki pigmen warna yang akan membantu permukaan kayu tahan terhadap gangguan lingkungan sekitar. Produk cat kayu ini sangat recommended untuk Anda yang memiliki anak kecil di rumah.


4. V-Gloss Dulux

V-Gloss-dari-Dulux

Tidak mau kalah dari merek lainnya, Dulux juga cukup dikenal luas oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Produk V-Gloss Dulux sudah dilengkapi dengan formula teknologi v active, yang mana dengan formula ini cat yang dibalur akan cepat menyebar. Dengan begitu, Anda juga akan lebih hemat dalam penggunaan cat dan proses pengecatan akan lebih ringan Anda lakukan.


5. Wood Stain Biovarnish

Wood-Stain-dari-Biovarnish

Wood Stain Biovarnish merupakan jenis cat dengan warna transparansi yang berkualitas. Bahannya mengandung VOC dan tanpa racun, sehingga cat ini terbilang cukup ramah lingkungan. Jenis kayu apapun bisa Anda cat dengan cat kayu merek Biovarnish. Daya lekatnya cukup baik dan memiliki pigmen warna yang dapat membantu melindungi kayu dari gangguan rayap.


6. Primer Anti Karat Emco

Primer-Anti-Karat-dari-Emco

Satu lagi cat kayu dengan daya sebar yang bagus adalah cat primer dari Emco. Ketahanan cat ini akan cuaca juga terbilang cukup bagus. Pigmen pewarnaan yang dimilikinya dapat menutup pori-pori kayu dengan sempurna. Jenis cat primer anti karat dari Emco ini cocok untuk Anda yang membutuhkan cat kayu dengan tingkat transparansi rendah.


7. Woodstain Mowilex

Woodstain-dari-Mowilex

Bahan dasar cat kayu Woodstain Mowilex adalah water based dengan kualitas transparansi warna yang cukup berkualitas. Bahannya memiliki formula perlindungan sinar UV yang berasal dari matahari, sehingga cat akan menempel dengan lebih awet dan tahan lama. Selain itu, pori-pori kayu akan tetap terlihat dengan jelas, sehingga kayu yang sudah dibalur cat akan tetap terlihat lebih alami meskipun sudah dilapisi dengan cat kayu.


8. Super Synthetic Paint Glotex

Super-Synthetic-Paint-dari-Glotex

Cat kayu Super Synthetic Paint Glotex memiliki banyak sekali varian warna. Sekitar 70 an warna unik bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda. Unggulnya lagi, cat yang satu ini memililki kandungan anti merkuri dan sangat tahan terhadap cuaca. Cat ini bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang ingin membuat furniture kayu lebih berwarna-warni dengan pilihan warna beragam.


Kesimpulan

Bagi orang yang masih awam dengan dunia cat kayu, pastinya akan merasa sedikit kesulitan saat memilih cat yang bagus dan tahan lama. Namun dengan beberapa tips yang telah dijelaskan di atas, Anda bisa mulai belajar memahami apa yang seharusnya menjadi kebutuhan kayu Anda. Tidak terkecuali dari segi pewarnaannya. Apalagi beragam merek cat kayu terbaik kini mudah didapatkan di berbagai toko cat kayu.

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan