5 Merk Cat Semprot Body Motor yang Bagus dan Awet

Posted on

Siapa bilang mengganti cat pada bodi motor harus melibatkan tenaga profesional? Anda sebenarnya juga bisa melakukannya sendiri di rumah, tapi tentu harus menggunakan merk cat semprot bodi motor terbaik agar hasilnya memuaskan. Dari sekian banyak merk yang dijumpai di pasaran, ada beberapa yang dipuji konsumen dan memang punya kualitas maksimal terutama soal hasil dan ketahanannya.

Kesalahan yang sering dilakukan pemilik motor saat mengganti cat pada bodi motor adalah, menggunakan cat dengan kualitas rendah sehingga impian membuat bodi lebih keren malah sia-sia. Makanya butuh tips memilih dan produk yang benar-benar tepat.


Tips Memilih Merk Cat Semprot Body Motor

Meskipun bisa melakukan sendiri di rumah, tapi Anda tetap harus memilih cat yang tepat, apalagi untuk bodi motor yang langsung terlihat saat Anda kendarai nanti. Beberapa tips berikut ini bisa Anda coba saat memilih cat semprot tersebut.


1. Warna

Warna Tentukan terlebih dahulu warna cat yang akan dibeli, karena tak semua merk cat semprot menyediakan warna yang Anda inginkan. Kalau bisa pilih warna yang beda dari biasa, sehingga motor terlihat lebih mentereng dan tidak pasaran.


2. Tahan Bensin

Tahan-Bensin

Percaya atau tidak, banyak produk cat semprot untuk bodi motor yang ternyata tidak tahan bensin. Alhasil setelah diaplikasikan jadi mudah luntur setiap Anda melakukan pengisian bahan bakar. Ini tentu akan membuat Anda kecewa kan? Makanya pastikan pada penjual bahwa merk tersebut tahan bensin, bila perlu minta tester untuk uji coba.


3. Lama Kering

Lama-Kering

Biasanya cat semprot memang lebih cepat kering dibandingkan jenis cat lainnya. Berdasarkan uji coba yang dilakukan pencinta motor, beberapa cat bisa langsung kering selang lima menit usai diaplikasikan, namun ada juga yang butuh waktu hingga 15 menit. Anda tinggal pilih, mau yang cepat kering atau lebih lama.


4. Daya Semprot

Daya-Semprot

Pastikan area semprot dari cat ini maksimal hanya dengan sekali semprot. Jika tidak maka bisa dipastikan banyak bagian bodi yang tidak mulus, karena harus disemprot berulang kali. Anda bisa meminta contoh hasil semprot cat pada penjual untuk memastikan kualitas semprot dari cat yang akan dibeli tersebut.


5. Harga dan Kualitas

Harga-dan-Kualitas

Jangan abaikan soal harga, karena tak selamanya harga mahal dari merk cat semprot bodi motor memberikan hasil cat yang berkualitas. Jadi Anda harus memadukan antara harga dan kualitas, caranya tentu dengan banyak bertanya pada orang yang sudah lebih dulu memanfaatkan cat semprot untuk mengganti warna bodi motor mereka.


5 Rekomendasi Merk Cat Semprot Body Motor

Untuk membantu Anda memilih produk cat semprot terbaik yang awetnya maksimal, ada lima rekomendasi produk. Kelimanya sudah teruji dan memiliki feedback positif dari para konsumen. Apa saja produknya?


1. Premium Enamel Spray Paint (ACE)

Premium-Enamel-Spray-Paint-ACE

Kalau Anda mau cat semprot yang pengaplikasian ruang sempitnya maksimal, produk ACE yang satu ini sangat direkomendasikan. Karena nozzle semprotnya bisa diputa hingga 360 derajat, jadi ruang sempit pada bodi motor dapat dicat dengan sempurna. Mau bidang vertikal, horizontal semua bisa disesuaikan.

Selain itu penyebaran cat sangat merata dalam sekali semprot, dan tidak menimbulkan tumpukan cat. Hal ini berdasarkan uji coba pada bidang besi sepanjang 5 sentimeter, dimana semua area langsung tertutupi cat dengan sekali semprot. Kelebihan lainnya adalah ketahanan cat terhadap bensin, yang membuatnya tidak mudah luntur.

Soal pilihan warna terbilang cukup banyak, sehingga memuaskan konsumen yang ingin memainkan banyak warna ada bodi motor mereka. Tapi soal durasi kering memang relatif lama yaitu berkisar 10 menit, dan harganya tergolong mahal jika dibanding cat sejenis lainnya yaitu berkisar Rp. 50 ribuan ke atas.


2. Paint Pylox (Nippon Paint)

Paint-Pylox-Nippon-Paint

Ternyata Nippon Paint tak hanya menyediakan cat tembok untuk kebutuhan bangunan, cat semprot untuk bodi motor juga ada. Kualitasnya juga terbilang mumpuni dengan penyebaran hingga 90 persen pada media sepanjang 5 sentimeter. Warnanya juga variatif jadi Anda tinggal pilih sesuai keinginan.

Soal waktu keringnya memang cukup lama yaitu sekitar 15 menit, sehingga butuh kesabaran ekstra jika ingin melanjutkan penyemprotan ke area lain. Tapi sama halnya dengan produk ACE di atas, paint pylox ini juga tidak mudah luntur jika terkena bensin, jadi tergolong awet dan berkualitas. Soal harga sangat murah yaitu Rp. 20 ribuan saja.


3. Spray Paint (Samurai)

Spray-Paint-Samurai Satu lagi merk cat semprot bodi motor yang banyak direkomendasikan karena kualitas, yaitu spray paint milik Samurai. Produk ini sudah teruji anti luntur walaupun terkena banyak bensin, soal waktu kering juga sangat cepat yaitu hanya lima menit saja. Jadi Anda bisa langsung mengoreksi penyemprotan jika masih ada bagian bodi motor yang belum ditutupi cat.

Produk ini memiliki isi lebih banyak dibandingkan jenis lain, dengan harga bersaing yaitu berkisar Rp. 35 ribuan ke atas. warna yang tersedia juga cukup variatif sehingga Anda tinggal memilih mana yang cocok untuk jadi warna baru bodi motor. Boleh dibilang jika Ace adalah produk terbaik saat ini, maka Samurai ada di urutan kedua dengan segala kelebihan yang dimilikinya.


4. Spray Paint (Now)

Spray-Paint-Now

Kebanyakan orang memang memilih kekuatan cat terutama ketahanan saat terkena bensin, dan produk Now yang satu ini bisa membuktikannya untuk Anda. Walau bukan “pemain” populer dalam produk cat semprot, tapi Anda tetap bisa menjadikannya referensi. Sebab cat ini juga menyebar sempruna di permukaan bodi motor hingga 85 persen.

Warna yang tersedia untuk cat ini cukup banyak, jadi tak perlu khawatir untuk bereksperimen. Sayangnya butuh waktu 15 menit untuk memastikan cat sudah kering, dan nozzle semprotnya tidak bisa diputar. Alhasil Anda perlu usaha ekstra keras untuk menyemprot bagian sulit pada bodi motor kesayangan. Soal harga masih tergolong murah yaitu kisaran Rp. 34 ribu saja.


5. Spray Paint (Aerox)

Spray-Paint-Aerox

Aerox merupakan salah satu merk cat semprot bodi motor terbaik saat ini yang banyak dipilih karena beberapa hal. Pertama karena nozzle semprotnya lembut dan fleksibel dengan kemampuan putar hingga 360 derajat, ini akan mempermudah dan mempercepat proses pengecatan.

Kedua adalah proses keringnya yang hanya lima menit saja dengan jarak semprot disarankan 10 sentimeter dari permukaan bodi motor. Keempat soal jangkauan semprot yang tergolong maksimal dengan butiran cat halus dan menempel sempurna. Kelima adalah harganya yang relatif terjangkau yaitu kisaran Rp. 650 ribuan.

Tapi ada kekurangannya yaitu cukup mudah luntur saat terkena bensin, sehingga Anda perlu cat pelapis jika ingin menggunakan cat ini pada bodi motor. Untungnya kekurangannya bisa disiasasti dengan banyak cara, sehingga tingkap penjualan produk ini masih sangat tinggi dibandingkan merk lainnya.

Dengan informasi lengkap seputar tips memilih dan beberapa rekoemndasi merk cat semprot bodi motor di atas, akan memudahkan Anda untuk menjatuhkan pilihan. Yang perlu diingat adalah cari cat dengan kelebihan maksimal dibandin kekurangannya, dan tidak membuat kantong bocor untuk mendapatkannya.