10 Merk Bata Ringan Kualitas Paling Bagus dan Terbaik (Murah)

Posted on

Sejatinya, bata itu ada yang disebut dengan bata merah atau bata konvensional dan ada juga yang disebut bata ringan. Keduanya sama-sama bisa digunakan sebagai bahan material bangunan. Bahkan kalau Anda mau, sebenarnya merk bata ringan sekarang sudah banyak macamnya.

Jadi pilihannya juga lebih banyak. Sesuai dengan namanya, bata ringan ini adalah batu bata yang mempunyai bobot lebih ringan dibanding bata merah, Karena kelebihannya tersebut, tidak heran bila penggunaan bata ringan sekarang mulai menyaingi bata merah.

Tips Memilih Bata Ringan

1. Pilih yang SNI dan Warnanya Putih

Pilih-yang-SNI-dan-Warnanya-Putih

Kualitas bata ringan akan terjamin kalau bata tersebut memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Dengan memenuhi standar ini, artinya bata ringan telah melalui uji laboratorium yang meliputi uji ketahanan cuaca dan juga uji kekuatan tekanan.

Untuk mengetahui apakah bata ringan sudah SNI atau belum, Anda bisa menanyakan langsung pada si penjualnya. Kemudian, disarankan untuk Anda memilih bata ringan yang warnanya putih bersih. Karena bata yang seperti ini yang matang dengan sempurna.

2. Pastikan Jika Bata Ringan itu Keras

Pastikan-Jika-Bata-Ringan-itu-Keras

Bata ringan yang bagus pastinya sangat keras dan susah untuk ditembus. Anda bisa melakukan percobaan kecil untuk mengetahuinya dengan cara menusukkan sebuah paku ke bata tersebut.

3. Pilih yang Bobotnya Ringan dan Coba Tes dengan Air

Pilih-yang-Bobotnya-Ringan-dan-Coba-Tes-dengan-Air

Sesuai dengan namanya, pilih bata ringan yang bobotnya juga ringan. Bata ringan mempunyai bobot demikian karena memiliki banyak pori. Pori ini memang sengaja dibuat ya sehingga kalau Anda memegang bata ringan tapi ternyata kok berat, ini wajib dicurigai.

Di samping itu, coba masukkan bata dalam air. Karena bobotnya ringan, sudah pasti bata ringan akan mengapung jika dimasukkan ke dalam air. Berbeda dengan bata biasa yang akan tenggelam.

Rekomendasi Merk Bata Ringan yang Kualitasnya Oke

Dalam memilih bata ringan, pastikan memilih yang ukurannya presisi dan memenuhi standar, yakni tebal antara 7,5 – 10 cm, tinggi 20 cm dan panjang 60 cm. Selanjutnya, beberapa merk bata ringan yang layak dipertimbangkan untuk dipilih saat ingin mendirikan bangunan ialah sebagai berikut.

1. Priority One

Priority-One

Dibuat dengan teknologi yang tinggi asal Jerman, bata ringan merk Priority One pastinya memiliki kualitas yang bagus. Karakteristiknya kuat namun bobotnya ringan, sehingga bisa menjadi salah satu bata ringan yang bisa diandalkan.

Selain itu, ukuran Priority One yang sangat presisi, tahan terhadap panas, tahan terhadap air dan ramah lingkungan. Satu hal lagi, bata ringan Priority One mampu meredam suara karena juga bersifat kedap suara.

2. Focon

Focon

Focon juga termasuk dalam jajaran bata ringan yang pas untuk bangunan bertingkat. Bata ringan ini mempunyai karakteristik yang kuat, tahan air, tahan api, kedap suara dan berpori. Bata ringan Focon sebelumnya telah mendapat sertifikasi dan pengujian Laboratorium Indonesia.

Jadi soal keamanan, ketahanan dan kualitas lebih terjamin. Selain disertai sertifikasi, bata ringan Focon juga mempunyai ukuran yang presisi, jadi Anda bisa lebih mudah menerapkannya untuk membangun sebuah bangunan.

3. Gracon

Gracon

Bukan hanya populer di dalam negeri, Gracon juga terkenal di luar negeri. Hal ini menunjukkan bahwa Gracon mempunyai berbagai kelebihan dan terbukti berkualitas. Bahan dasarnya adalah semen khusus, kapur, pasir silika dan juga aluminium pasta yang berkualitas tinggi.

Bahan-bahan tersebut juga tidak mengandung racun dan mempunyai karakteristik yang kuat. Kekuatannya itu bahkan membuatnya cocok dijadikan pilihan saat ingin membangun bangunan bertingkat.

Gracon juga merupakan bata ringan non fly ash. Sedangkan fly ash sendiri merupakan limbah pembakaran batu bara yang membuatnya termasuk dalam kategori limbah B3. Dengan tidak adanya hal tersebut, bata ringan Gracon menjadi bata ringan yang amab dan juga ramah lingkungan.

4. Mercusuar

Mercusuar

Bata ringan merk Mercusuar juga hadir dengan teknologi Jerman. Selain dibuat dengan mesin yang berteknologi tinggi, bata ringan satu ini juga memenuhi standar Deutsche Industrie Norm atau DIN yang membuat kualitasnya lebih terjamin. Selain itu, bata ringan Mercusuar dibuat oleh tenaga ahli

5. Falcon

Falcon

Jika Anda menginginkan bata ringan yang bebas dari racun, Falcon adalah salah satu jawabannya. Sebab, bata ringan satu ini dibuat dari bahan-bahan yang berkualitas. Kelebihan lainnya adalah bata ringan Falcon lebih ramah terhadap lingkungan.

Selain ramah lingkungan, bata ringan Falcon juga mempunyai kekuatan yang bagus. Jadi saat terjadi goncangan akibat gempa, bata ringan ini mampu menahannya.

6. Brix

Brix

Brix adalah bata ringan yang mempunyai ukuran presisi yang akan membuat pemasangannya menjadi lebih mudah. Dengan ukuran yang presisi pula, Brix akan membuat pemasangan menjadi lebih rapi. Bobotnya juga ringan sehingga proses pemasangan bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Tidak sampai disitu, Brix sekaligus mempunyai kekuatan yang bagus, jadi lebih tahan terhadap goncangan. Brix juga mampu menahan panas sehingga bangunan bisa lebih nyaman untuk dihuni. Brix hadir dengan struktur mikropartikel yang amat kuat yang membuatnya bisa meminimalisir keretakan.

7. Bricon

Bricon

Satu lagi bata ringan yang ramah lingkungan ialah Bricon. Oleh karena mempunyai keunggulan tersebut, Bricon lebih aman digunakan. Bricon dibuat dengan proses aerasi serta sistem curing dengan tekanan yang tinggi.

Tidak hanya kuat, bobot Bricon pun sangat ringan. Selain itu, Bricon juga tahan gempa, tahan api dan juga tahan panas. Soal suara, Bricon diketahui memiliki ketahanan yang bagus terhadap suara berisik. Ditambah lagi Bricon ini mempunyai daya serap air yang rendah.

8. Ecoblok

Ecoblok

Bata ringan satu ini dibuat dengan proses aerasi yang homogen. Proses pembuatannya tersebut juga dikendalikan dengan komputer namun kekuatannya tetap terjamin.

Walaupun sangat kuat, namun bata ringan ini juga memenuhi karakteristik pada umumnya, yakni bobotnya sangat ringan. Produk ini mempunyai ukuran yang tepat, tahan terhadap panas dan juga tahan terhadap api.

9. Grand Elephant

Grand-Elephant

Grand Elephant memang mempunyai pori-pori yang lebih besar. Namun dengan adanya pori-pori ini, Grand Elephant jadi lebih hemat perekat dan juga plester karena tidak membutuhkan lapisan yang tebal di bagian permukaannya.

Bobotnya juga tidak kalah ringan dibanding dengan yang lainnya. Walaupun demikian, soal kekuatan, Grand Elephant juga sangat bagus. Jadi bisa membuat bangunan lebih kokoh tatkala digunakan. Grand Elephant juga diketahui mempunyai kemampuan yang bagus dalam hal meredam suara bising.

Sebab, merk bata ringan satu ini mempunyai daya insulasi suara yang mencapai rata-rata 41 db. Daya tahannya terhadap api juga sangat bagus.

10. Citicon

Citicon

Bisa dikatakan bahwa Citicon adalah salah satu bata ringan yang namanya sudah cukup terkenal di kalangan kontraktor bangunan. Bata ringan satu ini dibuat dari semen dan pasir silica yang berkualitas bagus yang membuatnya lebih ramah lingkungan.

Citicon dibuat dengan teknologi aerasi yang membuatnya lebih kuat. Bahkan konon kekuatannya ini setara dengan beton. Walaupun demikian, soal bobot, Citicon juga termasuk ringan sehingga lebih mudah digunakan.

Intinya, bersikaplah teliti dalam membeli bata ringan supaya Anda tidak menyesal. Anda bisa memilih salah satu dari merk bata ringan di atas, atau bisa juga dengan meminta rekomendasi dari teman atau saudara. Namun ketika memilih nanti, pastikan untuk menerapkan berbagai tips di atas ya.

 

Lihat Juga :

  1. 6 Merk Gypsum Terbaik (Lokal dan Impor) di Indonesia

  2. 6 Merk Plafon PVC Terbaik

  3. 8 Merek Cat Besi Anti Karat yang Bagus dan Awet

  4. 8 Merek Cat Kayu yang Bagus dan Awet

  5. 5 Merk Granit Terbaik yang Bagus dan Berkualitas

  6. 7 Merk Baja Ringan Standar SNI Terbaik

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan