7 Merk Baja Ringan Standar SNI Terbaik

Posted on

Baja ringan hingga saat ini telah dimanfaatkan dalam banyak hal. Misalnya sebagai pembuatan rangka plafon, tiang, rangka atap, rak, pintu, partisi bahkan untuk kusen. Jika Anda ingin membuat salah satunya, harap memilih merk baja ringan yang kualitasnya sudah terbukti bagus ya.

Mencari baja ringan dengan keunggulan tersebut memang gampang-gampang susah. Apalagi sekarang pilihan merknya cukup banyak. Nah, agar pemilihan baja ringan ini bisa lebih mudah, ada baiknya Anda memperhatikan sejumlah tips di bawah ini sebelum membelinya.

Tips Memilih Baja Ringan Agar Hasilnya Tidak Mengecewakan

1. Pilih yang Dilengkapi dengan Pelindung Karat

Pilih-yang-Dilengkapi-dengan-Pelindung-Karat

Pertama, Anda harus memilih baja ringan yang sudah dilengkapi dengan pelindung karat. Pelindung karat ini akan lebih bagus bila mengandung Aluminium Zinc dibandingkan dengan hanya mengandung Zinc saja.

Selain itu, semakin tebal pelindung karat tersebut, maka akan semakin bagus pula ketahanannya. Lapisan pelindung karat ini juga mempunyai masa ketahanan yang bisa dilihat pada kode printing di bagian permukaan produk.

2. Pilih yang Ketebalannya Sesuai dengan SNI

Pilih-yang-Ketebalannya-Sesuai-dengan-SNI

Baja ringan mempunyai ketebalan yang beragam. Tentu saja di sini Anda bebas memilihnya. Akan tetapi yang harus dipahami ialah semakin tebal baja dasarnya, maka semakin kuat baja ringan itu dalam menopang bebannya.

3. Lakukan Uji Sederhana untuk Mengetes Kualitas Baja Ringan

Lakukan-Uji-Sederhana-untuk-Mengetes-Kualitas-Baja-Ringan

Soal ketebalan baja ringan bisa diketahui dengan mengamati kode printing. Namun bila kode ini tidak diketahui, Anda bisa melakukan uji sederhana, yakni uji berat. Ukur berat sampel baja ringan untuk memastikan beratnya itu sesuai dengan Standar Nasional Indonesia atau tidak.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan uji tekuk. Baja ringan yang bagus ialah yang susah ditekuk. Sedangkan baja ringan yang mudah ditekuk adalah baja ringan ringkih dan sebaiknya tidak Anda pilih.

Rekomendasi Merk Baja Ringan yang Bagus

1. Kencana Truss

Kencana-Truss

Salah satu baja ringan yang bagus ialah yang bermerk Kencana Truss. Baja ringan buatan Kencana Truss ini sudah terbukti kualitasnya, keawetannya dan ketahanannya terhadap karat. Untuk menjamin semua hal tersebut, Kencana Truss sudah memenuhi standar SNI.

Harganya memang sangat terjangkau. Namun dengan standar SNI tentu produk ini sudah bisa dijadikan bahan pertimbangan. Atau supaya lebih yakin lagi, tidak ada salahnya jika Anda mengecek kode printing yang ada di permukaan produk.

2. CBM

CBM

CBM juga termasuk baja ringan yang cukup familiar di tanah air. Bukan tanpa alasan, melainkan karena produk CBM memang kualitasnya apik.

Ukuran baja ringan yang ditawarkan juga beragam, namun ukuran panjangnya sama yakni 6 meter. Merk ini sudah memenuhi standar SNI dan harganya sangat terjangkau.

3. Cilegon Steel

Cilegon-Steel

Seperti yang sudah bisa ditebak, ini adalah baja ringan yang asli dari Indonesia. Baja ringan bermerk Cilegon Steel ini sudah banyak digunakan di tanah air. Hal tersebut tentu tidak begitu mengherankan mengingat Cilegon Steel juga sesuai dengan standar SNI.

Ukuran produknya beragam dengan manfaat yang juga beragam. Harganya pun terhitung terjangkau namun kekokohannya tetap terjamin.

4. Andal Prima

Andal-Prima

Andal Prima menyajikan dua pilihan baja ringan, yakni truss dan reng. Kedua pilihan tersebut hadir dengan spesifikasi dan ukuran yang beragam. Produk-produk dari Andal Prima ini dibuat dari bahan galvalum, jadi sangat cocok bila dipakai untuk membuat rangka atap.

Merk yang juga sudah mendapatkan sertifikat SNI ini mempunyai beberapa keunggunalan sekaligus. Diantaranya ialah tidak mudah terbakar, lebih ringan, anti rayap, anti korosi serta mudah dipasang. Kabar baiknya lagi, Andal Prima harganya sangat terjangkau.

5. Taso

TASO

Sejauh ini Taso biasa digunakan sebagai rangka atap bangunan. Akan tetapi sebenarnya Taso menyediakan berbagai produk yang bisa digunakan sebagai material konstruksi bangunan. Tipe produknya tersebut terhitung lengkap dan semuanya memenuhi standar SNI.

Produk dari Taso terdiri atas ukuran yang berbeda-beda. Berbagai keunggulan Taso tersebut bisa Anda dapat dengan harga yang sangat terjangkau.

6. Alfa Prima

Alfa-Prima

Baja ringan yang juga memenuhi standar SNI lainnya ialah Alfa Prima. Merk ini bahkan memiliki spesialisasi dalam hal konstruksi kuda-kuda rangka atap. Baja ringan dengan merk Alfa Prima juga terdapat dalam berbagai tipe dan jenis.

Jadi rangka atap model apapun, bisa menggunakan baja ringan satu ini. Namun memang produk-produk tersebut dikhususkan untuk membuat rangka konstruksi atap.

7. BMT

BMT

BMT atau baja ringan Mitaso adalah opsi lain untuk Anda yang menginginkan baja ringan berkualitas. BMT bahkan menyediakan beberapa macam produk baja ringan sekaligus untuk memenuhi kebutuhan Anda akan kerangka atap.

Contoh jenis produk tersebut ialah reng omega, hollow dan canal. Semua jenis produk itu terjamin kualitasnya karena sudah mengantongi sertifikat SNI.

Memilih merk baja ringan terbaik akan membantu membuat perabot atau kerangka konstruksi yang Anda buat menjadi lebih kuat. Baja sendiri memang sudah terkenal dengan kekerasan dan keawetannya. Namun ketika memilih produk, tidak ada salahnya bila Anda bersikap selektif bukan?

 

Lihat Juga :

 

 

Situs Yang Berhubungan Dengan Materi Diatas :

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan