6 Merk Gypsum Terbaik (Lokal dan Impor) di Indonesia

Posted on

Gypsum atau drywall adalah salah satu bahan utama bangunan yang biasa diterapkan di dinding, plafon serta sistem partisi. Gypsum bisa Anda temukan dalam berbagai merk, dan pastinya masing-masing merk gypsum itu memiliki kelebihan tersendiri.

Gypsum banyak dipilih oleh masyarakat yang ingin menciptakan bangunan yang mewah. Bagaimana tidak, gypsum memiliki permukaan yang bersih dan mulus. Gypsum juga hadir dengan pilihan motif dan corak yang akan membuat bangunan menjadi lebih bergaya.

Tips Memilih Gypsum Terbaik

Terlepas dari indahnya motif tersebut, pastikan Anda benar-benar memilih gypsum yang terbaik ya, demi keamanan diri Anda sendiri. Untuk itu, Anda bisa memperhatikan beberapa tips di bawah ini.

1. Pilih yang Permukaannya Halus

Pilih-yang-Permukaannya-Halus

Pertama, Anda harus memilih gypsum yang permukaannya halus serta rata. Ini penting diperhatikan untuk mempermudah proses pengecatan nanti. Selain itu, gypsum dengan permukaan yang demikian akan memberikan hasil pengecatan yang lebih bagus.

2. Pilih yang Tidak Ringkih Namun Ringan

Pilih-yang-Tidak-Ringkih-Namun-Ringan

Gypsum yang ringkih sangat berisiko untuk rusak dan mudah patah. Oleh sebab itu, ketika membeli cobalah angkat dulu material satu ini. Apabila Anda merasa gypsum itu seperti rapuh serta banyak serpihan yang berjatuhan, disarankan agar Anda mencari produk yang lain saja.

Walaupun demikian, jangan pula memilih gypsum yang terlalu berat. Tujuannya adalah supaya Anda bisa lebih mudah saat memasangnya nanti.

Rekomendasi Merk Gypsum Terbaik

1. Jayaboard

Jayaboard

Jayaboard memang sudah sejak lama dikenal di kalangan para kontraktor di Indonesia. Gypsum satu ini sering digunakan untuk membangun perumahan maupun gedung. Jayaboard juga dikenal sebagai gypsum yang anti lendut.

Namun, walaupun anti lendut, gypsum Jayaboard mempunyai bobot yang ringan. Dengan bobot seperti itu, gypsum tidak hanya mudah dipasang, namun juga mudah untuk dipotong. Lebih lanjut lagi, bagian tepi dan tengah gypsum mempunyai kekuatan yang konsisten.

Gypsum Jayaboard tidak akan mudah berjamur gara-gara lembabnya ruangan ataupun saat terkena cipratan air. Sebab, gypsum ini dibuat dari material utama yang berupa kertas pelapis yang bagus. Dengan material ini pula, gypsum tidak mudah ambruk, jebol ataupun sekedar bolong.

2. Aplus

Aplus

Aplus menawarkan tiga macam panel gypsum sekaligus, yakni standard, water resistance dan fire resistance. Untuk yang standard, dibuat dari batu gypsum kualitas premium dan kertas pelapis sehingga lebih tahan benturan. Tipe standard ini cocok untuk penggunaan umum.

Kemudian tipe water resistance, dibuat dari bahan kertas pelapis khusus sehingga cocok bila diterapkan di area yang tingkat kelembabannya tinggi. Sedangkan untuk yang fire resistance, dibuat dari material yang mengandung fiberglass sebagai bahan yang tahan terhadap api.

3. Gyproc

Gyproc

Gyproc juga tidak kalah berkualitas dari merk gypsum yang lainnya. Produk ini sangat cocok bila diterapkan pada berbagai proyek bangunan baik itu rumah pribadi, apartemen, pusat perbelanjaan, perkantoran maupun yang lainnya.

Gyproc mengedepankan performa yang bagus, yaitu tahan suhu panas dan tahan benturan. Di sisi lain, gypsum Gyproc juga akan membantu meningkatkan keindahan pada bangunan yang Anda buat.

4. Elephant

Elephant

Kalau gypsum satu ini ditawarkan oleh PT. Siam Indo Gypsum. Perusahaan ini memang sudah lama berdiri dan terus eksis hingga saat ini. Kiranya ini cukup menjadi bukti bahwa produknya adalah produk yang berkualitas.

Gypsum Elephant selain berkualitas juga bisa didapat dengan harga yang sangat terjangkau. Anda juga bisa memilih produknya, apakah ingin yang tipe tahan api atau yang tahan air.

5. Knauf

Knauf

Knauf juga terkenal sebagai gypsum yang harganya sangat terjangkau. Walaupun harganya terjangkau, namun Knauf juga tidak kalah soal kualitas. Hal ini bisa Anda buktikan dan Knauf sendiri merupakan produsen yang berpusat di Jerman.

Knauf menyediakan dua macam produk gypsum, yakni yang tipe standar dan yang tipe tahan air. Masing-masing tipe memiliki karakteristik kuat, ringan serta mudah dipotong dan dipasang sesuai keinginan.

6. Indoboard

Indoboard

Satu lagi merk yang menawarkan gypsum dengan harga terjangkau ialah Indoboard. Merk ini menyajikan gypsum dengan ukuran yang bervariasi. Tentunya masing-masing ukuran bisa Anda dapatkan dengan harga yang berbeda.

Saat Anda membeli apapun, termasuk gypsum, pastikan untuk memilih yang merknya berkualitas. Sebab, material bangunan akan berkaitan dengan kesehatan dan keamanan. Jadi, wajib bagi Anda memilih yang merknya memang sudah terkenal dan produknya terbukti bagus.

 

Lihat Juga :

  1. 6 Merk Plafon PVC Terbaik

  2. 8 Merek Cat Besi Anti Karat yang Bagus dan Awet

  3. 8 Merek Cat Kayu yang Bagus dan Awet

  4. 5 Merk Granit Terbaik yang Bagus dan Berkualitas

  5. 7 Merk Baja Ringan Standar SNI Terbaik

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan