10 Jenis Makanan Ikan Cupang yang Bergizi Tinggi

Posted on

Merkbagus.id – Ikan cupang umumnya adalah hewan peliharaan yang mudah dirawat. Tetapi salah satu bagian terpenting dari perawatan mereka adalah memastikan Anda menggunakan makanan cupang yang tepat.  Jenis makanan ikan cupang yang bergizi bisa Anda dapatkan dengan mudah diberbagai toko.

Mari kita lihat tips untuk merawat ikan cupang sebelum membahas ulasan mengenai jenis makanan ikan cupang yang baik. Ada baiknya sebelum memelihara ikan cupang Anda pelajari terlebih dahulu hal – hal penting di bawah agar ikan cupang Anda tidak mudah mati. Simak ulasan berikut ini.

Tips Perawatan Ikan Cupang yang Baik

Sebagai kolektor ikan cupang tips–tips di bawah ini bisa memudahkan Anda untuk memelihara ikan cupang Anda.

1. Anda harus tahu berapa banyak makanan yang harus Anda berikan

Berapa banyak makanan ikan cupang yang harus Anda berikan dalam sekali makan sangat tergantung pada ukuran ikan cupang Anda. Salah satu cara untuk menentukan berapa banyak makanan yang harus dimakan adalah dengan melihat ukuran bola matanya.

Percaya atau tidak, bola mata ikan cupang kira-kira berukuran sama dengan perutnya. Biasanya makanan yang diperlukan untuk ikan cupang dewasa sekitar 2 atau 3 porsi kecil. Tapi tetap pastikan ukuran ikan cupang Anda. Semakin besar ikan cupang yang Anda pelihara, semakin banyak makanan yang di perlukan.

Jika Anda menemukan sisa makanan yang tertinggal, cobalah mengurangi sedikit porsi makanan yang Anda berikan pada ikan setiap kali makan. Hal lain yang perlu dicoba adalah merendam makanan kering ke dalam sedikit air sebelum memasukkannya ke dalam akuarium.

Ini akan mencegah makanan kering mengembang terlalu banyak di dalam perut ikan Anda dan mungkin bisa membantu mengatur nafsu makan ikan cupang.

2. Anda harus tahu seberapa sering Anda harus memberi makan ikan cupang

Ikan cupang harus diberi makan sekali atau dua kali sehari. Ikan cupang dewasa biasanya dapat bertahan walau hanya diberi satu kali sehari. Sementara bayi atau ikan muda yang masih tumbuh akan membutuhkan 2 kali sehari.

Tetapi selalu pastikan untuk tidak memberi makan terlalu banyak pada ikan cupang Anda. Jika Anda akan keluar rumah selama seharian, Anda cukup beri makan ikan cupang Anda di pagi hati atau sebelum pergi. Jangan menambah porsi makan ikan cupang Anda. Ikan cupang yang makan terlalu banyak bisa sulit bergerak.

3. Pahami kenapa tidak boleh memberi makan ikan cupang terlalu

Salah satu masalah utama yang dapat menyebabkan ikan cupang makan berlebih adalah konstipasi. Hal ini bisa terjadi jika Anda menggunakan makanan berkualitas rendah dengan banyak bahan pengisi yang cenderung lebih sulit untuk dicerna. Kualitas makanan perlu diperhatikan.

Jika Anda memperhatikan dan mendapati perut ikan cupang Anda agak buncit, bisa jadi ikan cupang Anda kesulitan membuang kotoran ,kehilangan nafsu makan, dan ada kemungkinan sembelit. Ini cukup berbahaya jika tidak segera ditangani. Jika terlalu lama dibiarkan ikan cupang Anda bisa mati.

Konstipasi dapat dengan cepat berkembang menjadi sesuatu yang sedikit lebih serius, oleh karena itu sangat penting untuk dihindari. Jika ikan cupang Anda menderita konstipasi parah dan berkepanjangan, kantung renang bisa terganggu.

Kantung renang adalah bagian dari tubuh ikan yang memungkinkannya berenang naik turun di air. Dalam istilah sederhana, udara diisi atau dilepaskan dari kantung renang untuk membantu posisi ikan cupang Anda di dalam akuarium. Konstipasi dapat mencegah kantung renang bekerja dengan cepat.

Jika Anda perhatikan cupang Anda tidak bisa lagi berenang dengan tegak, kelainan kantung berenang mungkin menjadi penyebabnya. Salah satu solusinya adalah ikan cupang Anda harus diet sampai sumbatan diperut keluar dan ikan dapat mengatur kantung renang lagi. Beberapa ikan lebih rentan mengalami konstipasi.

Jika ikan Anda mengalami masalah ini berulang kali Anda bisamerendam makanan ikan dalam air selama sekitar 10 menit sebelum memberikannya ke ikan cupang Anda. Hal ini bisa melembutkan makanan sebelum memasuk perut ikan dan membuat makanan lebih mudah untuk dicerna.

4. Anda harus tahu apa yang harus diberikan saat ikan cupang Anda kehabisan makanan

Sebenarnya ada beberapa jenis makanan yang bisa Anda berikan saat stok makanan ikan cupang habis. Dalam keadaan darurat Anda bisa memberikan udang kecil dan kuning telur. Kedua bahan ini pasti sudah ada di dapur. Ingat, Anda tetap perlu memperhatikan ukuran perut ikan saat mencoba makanan ini.

Saat memberi makan dengan dua bahan di atas pastikan bahan – bahan sudah dipotong sangat kecil dan harus cuci bersih. Anda dapat memberikan ikan cupang kacang. Satu kacang polong cukup. Caranya masak terlebih dahulu dan lepaskan cangkangnya. Kemudian potong bagian dalamnya menjadi potongan-potongan kecil.

Ikan cupang juga bisa memakan serangga di alam liar sehingga segala jenis serangga larva juga bisa jadi makanan pengganti saat stok makanan ikan cupang habis.

Ingatlah bahwa ikan cupang dapat bertahan lama tanpa makan sehingga jika Anda kehabisan makanan. Ikan Anda akan baik-baik saja menunggu satu atau dua hari sampai Anda bisa membeli stok makanan untuk ikan Anda.

5. Anda harus tahu berapa lama ikan cupang bisa bertahan tanpa makanan

Percaya atau tidak, ikan cupang sebenarnya bisa bertahan sekitar 14 hari tanpa makan. Hal ini bisa terjadi karena mereka bisa menyesuaikan diri dan bisa bertahan hidup pada musim kemarau. Itu Anda tidak perlu khawatir. Tidak memberi makanan ikan Anda selama sehari atau lebih bukanlah masalah besar.

6. Mengapa ikan cupang Anda tidak makan?

Sebenarnya ada banyak alasan mengapa ikan cupang Anda tidak mau makan. Ada yang mudah diobati dan ada yang bisa sedikit lebih serius dan memerlukan tindakan segera. Kita akan bahas hal-hal dasar terlebih dahulu.

Yang pertama adalah mungkin saja ikan Anda tidak suka makanannya. Ingat, mereka ikan yang sangat pemilih. Beberapa makanan ada yang tidak cocok atau rasanya tidak enak. Jika cupang Anda tidak lagi tertarik pada makanannya, salah satu perbaikan termudah adalah mencoba makanan yang lebih berkualitas.

Anda bisa memilih makanan yang mengandung protein karena terasa lebih enak dan bisa memancing ikan Anda untuk nafsu makan lagi. Hal lain yang dapat merusak selera makan ikan cupang Anda adalah stres.

Ini normal ketika Anda pertama kali membawa pulang ikan cupang. Mereka belum terbiasa dengan lingkungan baru mereka. Biasanya ikan cupang membutuhkan satu atau dua hari untuk terbiasa dengan tempat tinggal baru mereka.

Ada satu lagu penyebab ikan cupang menjadi stres adalah aktivitas di luar akuarium. Menutup akuarium bisa jadi solusi untuk memberikan ketenangan kepada ikan cupang Anda. Lingkungan yang lebih gelap mungkin membantu mereka menjadi tenang dan menyesuaikan diri dengan lebih baik.

Usahakan untuk menjaga siklus siang dan malam akuarium Anda. Anda bisa menutupi akuarium dengan handuk untuk menciptakan suasana makan. Tapi jangan biarkan dalam gelap sepanjang waktu. Ikan membutuhkan siang hari sebagai periode aktifnya dan saat itulah mereka paling tertarik pada makanan.

10 Jenis Makanan Ikan Cupang yang Bisa Anda Dapatkan

Berikut adalah ulasan makanan ikan cupang untuk Anda yang akan atau sedang memelihara ikan cupang.

1. Makanan beku

Makanan beku pada dasarnya sama dengan makanan hidup, hanya saja bentuknya beku. Beberapa orang berpikir makanan beku lebih disukai karena lebih mudah disimpan. Juga dengan menjaga mereka tetap beku, Anda secara signifikan meningkatkan umur makanan dan mengurangi adanya kontaminasi.

Nutrisi yang disediakan makanan ini sedikit kurang dari makanan hidup, tetapi makanan beku lebih murah dan lebih mudah ditemukan.Makanan beku adalah alternatif yang bagus jika tidak makanan hidup untuk ikan cupang Anda karena mengandung semua nutrisi, tetapi tidak semahal makanan hidup.

Kelebihan Makanan Beku

  • Karena makanan ikan ini bentuknya beku, kemungkinan akuarium ikan cupang Anda terkontaminasi jadi lebih kecil
  • Makanan beku juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan cupang
  • Harga yang ditawarkan cenderung lebih murah dari makanan hidup
  • Makanan beku untuk ikan cupang ini bisa bertahan lebih lama dari makanan hidup
  • Bisa Anda temukan dengan mudah

Kekurangan Makanan Beku

  • Saat Anda memberikan makanan beku kepada ikan cupang Anda, pastikan Anda mencairkannya. Jika Anda menjatuhkannya dalam keadaan beku, akan terlalu sulit baginya untuk makan dan dapat menyebabkan kerusakan
  • Meski mudah didapatkan ikan cupang tidak akan bisa berburu seperti saat diberi makan makanan hidup
  • Ingat saat memberi makan ikan cupang makanan beku tidak perlu berlebihan. Hanya taburan sedikit di pagi atau sore hari . Itu sudah lebih dari cukup

Harga Makanan Beku

Nama TokoHargaKeterangan
TokopediaRp. 5000Kutu air beku 100 gr
TokopediaRp. 37.000Cacing darah beku per 5 pcs
ShopeeRp. 4500Kutu air beku 100 gr

2. Makanan Hidup

Ini adalah jenis makanan ikan cupang terbaik dan akan memenuhi kebutuhan diet ikan Anda. Makanan jenis ini bisa membantu mereka hidup lama. Makanan ini ada banyak macam nya. Mulai dari serangga kecil hingga invertebrata. Cacing cenderung menjadi salah satu pilihan yang lebih murah.

Makanan hidup adalah yang makananpaling bergizi untuk ikan cupang Anda karena ia akan makan seperti di habitat aslinya. Terutama jika terdiri dari serangga dan invertebrata kecil. Jika Anda akan menggunakan makanan jenis ini Anda bisa mencampuradukkan beberapa variannya. Ini juga bisa membatu ikan diet.

Kelebihan Makanan Hidup

  • Memudahkan ikan cupang hidup seperti di habitat aslinya
  • Bisa mempertajam insting berburu ikan cupang
  • Mengandung kandungan nutrisi yang lengkap
  • Sangat sehat karena berasal dari alam
  • Banyak tersedia berberbagai varian serangga
  • Makanan jenis ini adalah salah satu makanan terbaik untuk ikan cupang
  • Makanan cupang yang mudah dicari
  • Salah satu makanan cupang agar cepat besar

Kekurangan Makanan Hidup

  • Makanan hidup seringkali lebih mahal, terkadang sulit ditemukan, dan akan membutuhkan tempat penyimpanan khusus
  • Biasanya harganya lebih mahal daripada yang lainnya dalam daftar. Jelas karena membutuhkan lebih banyak uang untuk pengiriman, perawatan, dan menyimpan makanan hidup
  • Selain biayanya lebih mahal, makanan ikan cupang jenis ini akan lebih sulit untuk didapatkan. Makanan jenis pelet, flake, dan makanan beku-kering dapat ditemukan di internet dengan mudah
  • Makanan hidup juga sedikit lebih berisiko karena mudah terkena infeksi parasit. Jika makanan hidup yang Anda beli belum dirawat dengan baik, maka ada kemungkinan mereka membawa parasit. Parasit ini dapat ditularkan ke ikan cupang Anda dan bisa membuat sakit bahkan mati

Harga Makanan Hidup

Nama TokoHargaKeterangan
TokopediaRp. 35.000Vinegar eel
ShopeeRp. 45.000Burayak

3. Makanan Beku-Kering

Makanan beku-kering bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet seimbang ikan cupang Anda. Makanan jenis ini memiliki lebih banyak nutrisi di dalamnya daripada jenis flake dan pelet (karena mereka hanya hewan beku-kering). Makanan jenis ini jauh lebih mudah dari makanan hidup karena tahan lama.

Di dalam makanan jenis ini Anda akan mendapatkan kandungan protein lebih dari 50%. Selain peningkatan protein, makanan beku-kering juga mengandung banyak serat yang baik untuk sistem pencernaan ikan cupang Anda. Ini salah satu makanan yang direkomendasikan karena bergizi.

Kelebihan makanan beku-kering

  • Anda dapat menggunakan makanan kering-beku sebagai bagian pokok dari makanan harian ikan cupang Anda. Anda bisa mengkombinasikan dengan makanan jenis pelet untuk memastikan ikan cupang Anda mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan
  • Mereka tidak terlalu banyak gizi seperti makanan hidup atau beku, makanan jenis ini memiliki nilai gizi yang banyak dan lebih tinggi daripada makanan jenis flake dan pelet
  • Mengandung banyak sumber protein yang baik untuk ikan cupang
  • Mudah perawatannya
  • Bertahan lama
  • Anda bisa menghemat biaya karena harganya tidak begitu mahal

Kekurangan makanan beku-kering

  • Makanan ini keras dan tidak lembab sehingga makanan jenis ini akan susah dicerna oleh ikan cupang
  • Kandungan gizinya tidak sebanyak makanan beku dan makanan hidup

Harga makanan beku-kering

Nama TokoHargaKeterangan
BukalapakRp. 5000Cacing beku kering
BukalapakRp. 46.000Cacing beku kering

4. Pelet

Salah satu jenis makanan paling umum yang bisa Anda berikan ke ikan cupang adalah pelet. Alasan kebanyakan orang menggunakan pelet adalah karena kualitasnya sering kali lebih tinggi daripada makanan ikan cupang jenis lain. Hal ini yang membuat pemilik ikan cupang tertarik untuk membeli.

Pelet adalah pilihan paling efektif untuk ikan cupang Anda dan dapat digunakan sebagai sumber makanan sehari-hari. Tidak seperti makanan jenis flake, pelet ini lebih berkualitas dan dapat ditemukan di sebagian besar toko hewan peliharaan setempat. Makanan ini ada dalam bentuk ukuran dan warna.

Kelebihan pelet

  • Mudah ditemukan diberbagai toko
  • Kemasannya praktis dan tersedia dalam bentuk kaleng kecil
  • Harganya tidak terlalu mahal hampir mirip dengan makanan jenis flake
  • Selain umumnya lebih berkualitas daripada flake, pelet juga memiliki manfaat tambahan karena terlihat lebih alami bagi ikan cupang Anda. Bentuk bulat kecil mereka bisa disalahartikan sebagai serangga oleh cupang Anda, ini bisa memacu insting berburu mereka
  • Mengandung sekitar 30% protein yang baik untuk cupang

Kekurangan pelet

  • Kandungan gizinya lebih sedikit daripada makanan hidup dan makanan beku
  • Jangan memberikan makanan jenis ini terlalu banyak karena bisa menyebabkan kegemukan

Harga pelet

Nama TokoHargaKeterangan
TokopediaRp. 40.000Aqualife betta food
BukalapakRp. 9000Optimum betta

5. Flake

Flake adalah makanan ikan cupang paling populer. Makanan jenis ini menyediakan nutrisi yang cukup dan dapat ditemukan di hampir semua toko hewan peliharaan. Namun, popularitas mereka sebagian besar disebabkan oleh harga nya yang murah. Biasanya makanan jenis ini dijual per ons.

Makanan jenis ini dirancang untuk memenuhi semua nutrisi utama yang dibutuhkan ikan Anda. Tetapi makanan ini kurang bergizi jika dibandingkan dengan makanan beku atau makanan hidup. Karena alasan itu, flake seharusnya tidak menjadi sumber makanan utama. Anda perlu melihat beberapa opsi lain.

Kelebihan flake

  • Harga makanan ini murah dan tidak akan menguras kantong Anda
  • Sudah tersedia diberbagai toko hewan
  • Memiliki kandungan gizi meski tidak sebanyak makanan ikan cupang jenis lain
  • Flake bisa menjadi makanan yang cocok untuk diet ikan cupang. Tetapi pemberiannya tidak boleh terlalu sering karena bisa menyebabkan kekurangan gizi . Anda dapat secara berkala menggunakan makanan jenis ini
  • Makanan jenis ini bisa Anda beli dalam ukuran ons

Kekurangan flake

  • Kandungan gizinya tidak terlalu banyak
  • Tidak bisa digunakan sebagai makanan utama ikan cupang

Harga flake

Nama TokoHargaKeterangan
TokopediaRp. 20.000Golden pearl tropical flake
BukalapakRp. 65.000JBL novo betta mini flakes

6. Pelet Tenggelam

Makanan ikan cupang jenis pelet ada dua yaitu pelet apung dan pelet tenggelam. Pelet tenggelam adalah jenis makanan ikan cupang yang tidak mengapung di permukaan akuarium. Meski berbeda bentuk, kedua pelet ini memiliki kandungan yang hampir sama. Yang membedakan hanya daya apungnya.

Sebagai catatan tambahan, beberapa ikan cupang ada yang menyukai makanan jenis ini dan ada yang tidak suka. Ingat ikan cupang adalah hewan yang sangat pemilih. Jadi jika ikan cupang Anda tidak memakan pelet yang mengapung, pelet tenggelam ini bisa menjadi pilihan untuk ikan cupang Anda.

Kelebihan pelet tenggelam

  • Anda dapat memilih pelet tenggelam karena memiliki harga yang relatif murah
  • Mengandung protein yang sehat untuk ikan cupang Anda. Pastikan bahwa makanan ini mengandung setidaknya 30% protein kasar
  • Tersedia di berbagai toko, baik toko online atau toko hewan
  • Makanan jenis ini disukai beberapa ikan cupang
  • Makanan jenis ini mudah dicerna oleh pencernaan ikan cupang

Kekurangan pelet tenggelam

  • Pelet ikan cupang ini memiliki kandungan nutrisinya tidak begitu banyak
  • Anda tidak boleh memberikan makanan ini terlalu banyak jika ikan Anda sedang menjalani diet

Harga pelet tenggelam

Nama TokoHargaKeterangan
TokopediaRp. 13.000Super-vit
BukalapakRp. 60.000Pelet otohime

7. Flake dengan kandungan omega

Jika Anda memiliki ikan cupang yang lebih memilih makanan jenis flake daripada pelet, cobalah menggunakan flake yang mengandung omega. Biasanya bahan utama dalam makanan ini adalah salmon dan pigmen alami yang ada di kulit salmon. Kandungan ini bisa membantu ikan cupang Anda memiliki warna cerah.

Bukan hanya bagus untuk warna ikan cupang, makanan ini juga mengandung protein tinggi. Makanan dengan protein tinggi biasanya sangat disukai ikan cupang karena rasanya enak. Omega yang ada di dalam makanan ini menjadi pengikat protein alami yang menjaga agar makanan ini tidak hancur dalam air.

Kelebihan flake dengan kandungan omega

  • Biasanya terbuat dari ikan salmon yang kaya akan nutrisi
  • Sangat disukai oleh ikan cupang
  • Mudah untuk menemukan makanan jenis ini
  • Rasanya enak
  • Mengandung omega
  • Salah satu makanan ikan cupang agar warnanya bagus

Kekurangan flake dengan kandungan omega

  • Karena mengandung minyak jangan memberikan terlalu banyak
  • Beberapa ikan cupang pemilih tidak menyukai makanan jenis ini

Harga flake dengan kandungan omega

Nama TokoHargaKeterangan
TokopediaRp. 150.000Omega one
WeshopRp. 144.000Omega one

8. Baby Pelet

Baby pelet adalah jenis makanan ikan yang berbentuk kecil. Makanan ikan cupang ini cocok untuk semua jenis ikan cupang baik ikan cupang anakan atau ikan cupang dewasa. Bentuknya yang kecil memudahkan untuk dikonsumsi dan juga dicerna. Selain itu makanan jenis ini juga mengandung nutrisi cukup.

Salah satu hal tentang baby pelet adalah meski kecil makanan ini mengapung di permukaan. Karena beberapa ikan cupang lebih menyukai makanan di permukaan, baby pelet ini bisa jadi pilihan. Makanan jenis ini lebih membangkitkan selera ikan cupang.

Kelebihan baby pelet

  • Karena bentuknya yang kecil memungkinkan Anda untuk memonitor dengan cermat berapa banyak ikan Anda makan dan bisa membantu mencegah makan berlebih
  • Harga makanan ini tidak begitu mahal sehingga memudahkan Anda
  • Bahan utama biasanya adalah tepung ikan, yaitu daging ikan yang telah mengalami dehidrasi dan terkonsentrasi. Dengan kata lain, itu adalah protein yang benar-benar bagus
  • Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh ikan cupang, pelet ini biasanya mengandung vitamin C yang distabilkan
  • Makanan jenis ini juga bisa membuat warna kulit ikan cupang Anda tampak cerah dan untuk mencegah pemudaraan

Kekurangan baby pelet

  • Pelet ini sangat kecil jadi Anda harus memberi makan ikan cupang Anda 5 hingga 10 kali dalam sehari, tergantung pada ukuran hewan peliharaan Anda
  • Beberapa ikan cupang tidak menyukai makanan jenis ini

Harga baby pelet

Nama TokoHargaKeterangan
ShopeeRp. 40.000Aqualife S2
ShopeeRp. 4100Tetra neon

9. Jentik Nyamuk

Jentik nyamuk bisa Anda gunakan sebagai pakan ikan cupang. Tetapi Anda perlu memilih jentik nyamuk yang berkualitas. Bukan jentik nyamuk liar karena bisa membawa bakteri tidak baik. Jentik nyamuk mengandung protein lemak dan serat. Ini akan memudahkan pencernaan ikan cupang.

Makanan jenis ini bisa Anda gunakan untuk pengganti makanan pokok ikan cupang Anda. Karena ini makanan hidup mungkin akan sedikit sulit untuk merawatnya.

Kelebihan jentik nyamuk

  • Mengandung nutrisi seperti serat, lemak, dan protein
  • Cocok untuk makanan pengganti
  • Bagus untuk pencernaan ikan cupang
  • Mudah didapatkan
  • Sudah tersedia di toko online

Kekurangan jentik nyamuk

  • Beberapa jentik nyamuk mengandung bakteri jahat yang bisa membawa penyakit untuk ikan cupang
  • Anda perlu hati-hati saat merawat makanan jenis ini

Harga jentik nyamuk

Nama TokoHargaKeterangan
BukalapakRp. 144.000Instan black larva
TokopediaRp. 75.000Black mosquito larvae

10. Kuning Telur

Sudah diketahui bahwa kuning telur adalah makanan yang kaya akan kandungan protein dan pastinya baik untuk kesehatan. Selain dikonsumsi manusia, kuning telur bisa digunakan untuk pakan ikan cupang.

Kuning terlu bisa Anda dapatkan dengan mudah karena hampir selalu tersedia di dapur rumah Anda. Selain itu beberapa ikan cupang sangat menyukai makanan ini. Kandungan proteinnya bagus untuk perkembangan ikan cupang Anda.

Kelebihan kuning telur

  • Mengandung protein
  • Bisa dibeli dengan mudah
  • Disukai ikan cupang
  • Bagus untuk pertumbuhan ikan cupang
  • Harganya tidak begitu mahal
  • Makanan ikan cupang yang ada di rumah

Kekurangan kuning telur

  • Jika ikan cupang Anda tidak suka kuning telur jangan berikan makanan ini karena bisa menyebabkan mogok makan
  • Anda perlu mengontrol pemberian kuning telur pada akuarium agar tidak amis

Harga kuning telur

Nama TokoHargaKeterangan
BukalapakRp. 18.000
TokopediaRp. 16.500

Rekomendasi Produk Terbaik

Dari berbagai ulasan mengenai makanan ikan cupang, makanan hidup adalah makanan yang paling baik dikonsumsi. Segala jenis makanan alami tentu memiliki banyak keunggulan daripada makanan buatan. Makanan hidup untuk ikan cupang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dan bisa menjaga kesehatan ikan.

Makanan jenis ini juga mudah ditemukan. Jika Anda tidak ingin susah-sudah order secara online, Anda bisa membudidayakan sendiri. Varian makanan hidup untuk ikan cupang juga banyak seperti lalat, jentik nyamuk, belut kecil, cacing, dan masih banyak lagi.

Pada saat beli makanan jenis ini Anda perlu memperhatikan kehigienisan produk. Jangan sampai makanan yang Anda berikan mengandung bakteri jahat karena bisa menyebabkan kematian. Meski begitu tidak perlu khawatir, selama Anda memilih dengan benar Anda akan mendapatkan makanan dengan kualitas tinggi.

Kesimpulan

Semua produk yang diulas di atas dibuat untuk memenuhi nutrisi ikan cupang dan akan membantu mereka menjalani kehidupan terbaik mereka. Agar ikan cupang Anda mau makan banyak Anda perlu mencari jenis makanan yang disukai ikan cupang Anda. Anda bisa melakukan sedikit percobaan bahan makanan.

Baca juga: 10 Merk Makanan Kucing yang Bagus, Berkualitas Dan Murah

Semakin baik kualitas makanan yang Anda beli, semakin baik pula efeknya untuk ikan cupang Anda. Pastikan Anda memilih Jenis makanan ikan cupang yang bergizi dan mengandung nutrisi yang lengkap. Selain makanan kualitas tempat tinggal ikan cupang juga perlu diperhatikan.

Tidak masalah jika Anda perlu mengeluarkan lebih banyak uang untuk membeli makanan ikan cupang berkualitas. Yang terpenting adalah kesehatan ikan cupang Anda terjaga dengan baik.