10 Merk Sunscreen untuk Kulit Berminyak, Sensitif dan Kering

Posted on

Memilih sunscreen bukanlah hal yang mudah. Tak semua merk sunscreen akan cocok dengan kulit wajah Anda. Belum lagi, Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini adalah berbagai merk produk sunscreen dan cara memilihnya.

Tips Memilih Sunscreen

1. Dilengkapi moisturizer

Dilengkapi-moisturizer

Ketika Anda memiliki jenis kulit yang kering, maka sebaiknya pilih sunscreen yang dilengkapi dengan moisturizer. Tekstur sunscreen biasanya bersifat seperti krim. Carilah sunscreen dengan kandungan hyaluronic acid, madu, gliserin atau ceramide.

Pemilihan bahan pelembab sangat penting, bahkan untuk kulit berminyak sekalipun. Sunscreen digunakan sebagai base yang langsung bertemu dengan lapisan kulit. Sunscreen yang melembabkan wajah akan membuat makeup tahan seharian dan tidak akan kusam.

2. Perhatikan tekstur sunscreen

Perhatikan-tekstur-sunscreen

Penting bagi Anda untuk memperhatikan tekstur sunscreen. Ada sunscreen yang bentuknya seperti krim, lotion susu, gel hingga essence. Pemilihan tekstur akan menentukan bagaimana ketahanannya di wajah serta kecocokannya terhadap kulit sensitif.

Kulit berminyak disarankan menggunakan sunscreen dengan tekstur gel atau air. Tekstur krim hanya akan membuat wajah tambah berminyak. Sementara kulit yang kering ada baiknya menggunakan sunscreen bertekstur krim sehingga kulit nampak lembab seharian.

3. Pilih jenis efek sunscreen

Pilih-jenis-efek-sunscreen

Tak semua sunscreen memberikan efek yang sama. Masing-masing sunscreen bisa dikatakan memiliki keunggulan berbeda bagi setiap orang. Efek umum pada sunscreen adalah membuat wajah menjadi glowy atau membuat wajah menjadi setingkat lebih cerah.

Sunscreen yang membuat wajah terlihat seperti memakai bedak umumnya meninggalkan bercak putih. Jika Anda tak menggunakan bedak lain, wajah akan terlihat aneh dan berantakan. Pilih sunscreen yang sesuai dengan kondisi Anda saat memakainya.

Rekomendasi Merk Sunscreen

1. Innisfree Triple Care Sunscreen

Innisfree-Triple-Care-Sunscreen

Krim untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari ini dikenal karena formulanya yang anti air. Meski wajah Anda berkeringat, proteksinya tetap maksimal. Kandungan SPF-nya adalah 50+ yang mampu melindungi wajah dalam jangka waktu hingga 3 jam.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sunscreen ini sebagai base makeup. Formulanya membuat wajah menjadi setingkat lebih cerah saat digunakan. Meski teksturnya krim, sunscreen ini tidak lengket. Bagi pemilik wajah berminyak, sunscreen ini tak akan membuat produksi minyak berlebih.

2. Neutrogena Ultra Sheer Dry Touch

Neutrogena-Ultra-Sheer-Dry-Touch

Neutrogena Ultra Sheer merupakan sunscreen berbentuk lotion. SPF-nya berada di level 45 sehingga Anda bisa menggunakannya hingga 2,5 jam. Formula pada Neutrogena tak hanya melindungi wajah dari kusam akibat matahari, namun juga mencegahnya dari ancaman kanker kulit.

Sunscreen ini sangat ringan di wajah meski teksturnya seperti lotion. Saat digunakan, sunscreen mudah menyerap dan tidak mengkilap sehingga tidak terasa menggunakan sunscreen. Kemasannya hadir dalam bentuk tube dengan isi 88ml.

3. Joy-Lab Aqua Sun-day

Joy-Lab-Aqua-Sun-day

Joy-Lab menciptakan sunscreen dengan formula yang sangat ringan di wajah. Teksturnya seperti air dan mudah dibaurkan. Di dalamnya juga terdapat bahan berupa pomegranate dan aloe vera yang aktif mencegah terbentuknya pigmentasi akibat paparan sinar UV.

Joylab juga mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas, mencegah penuaan, dan menghidrasi wajah. Anda perlu menggunakannya sekitar 30 menit sebelum keluar rumah untuk hasil maksimal. Sunscreen ini bebas alkohol, sulfat, dan paraben.

4. Skin Aqua Tone Up UV Essence

Skin-Aqua-Tone-Up-UV-Essence

Bagi Anda yang bermasalah dengan sunscreen lengket dan bertekstur krim, Anda bisa mencoba sunscreen satu ini. varian baru dari Skin Aqua menciptakan sunscreen dengan tekstur mirip gel yang bersifat watery. Rasanya tidak lengket dan menyerap ke kulit.

Dibanding varian Skin Aqua lainnya, sunscreen ini memiliki SPF 50+ dan PA+++. Selain kulit wajah terlindungi dari UVA dan UVB, masalah kulit dengan warna tidak rata pun bisa dicegah. Di dalamnya terdapat vitamin C dan hyaluronic acid untuk menutrisi wajah.

5. Madam Gie Protect Me

Madam-Gie-Protect-Me

Sunscreen dari Madame Gie ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, sehingga menjadi populer belakangan ini. namun SPF-nya hanya 30 sehingga proteksinya lebih sebentar. Sunscreen ini cocok jika kamu lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan.

Bahan tambahan utama pada sunscreen adalah aloe vera. Krim ini tidak menimbulkan rasa menyengat di kulit. Wanginya juga seperti lidah buaya sehingga tidak menimbulkan risiko iritasi. Krim tidak meninggalkan bercak putih, minyak dan bersifat non-comedogenic.

6. Nacific Fresh Herb Origin

Nacific-Fresh-Herb-Origin

Sunscreen harian ini terbuat dari bahan utama berupa air bunga calendula dan minyak esensial alami. Itu sebabnya selain sebagai sunscreen, krim ini juga cocok sebagai bagian dari skincare rutin Anda. Tak hanya digunakan saat pagi, krim ini juga bisa digunakan saat malam hari.

Formulanya membuat kulit wajah terasa lembab dan segar. Krim tidak menimbulkan bercak putih yang biasanya menjadi masalah utama di produk sunscreen. Karena sifatnya yang mirip essence, sunscreen bisa digunakan sebagai dasar makeup Anda.

7. Sensatia Botanicals Surf Naked

Sensatia-Botanicals-Surf-Naked

Berbeda dengan sunscreen lain, Sensatia Botanicals menciptakan sunscreen tanpa zinc oxide sehingga tak membuat kulitmu nampak seperti menggunakan sunscreen. Bahan penyusunnya alami seperti minyak bunga matahari dan beeswax yang mampu melindungi kulit dari radiasi matahari.

Selain mencegah rusaknya wajah akibat polutan, kandungan di dalamnya berperan dalam mencegah antibakteri. Wajah yang sensitif dan berjerawat tak perlu khawatir menggunakan sunscreen ini. level SPF-nya adalah 50 yang dikemas dalam tube berukuran 100ml.

8. Avoskin The Great Shield

Avoskin-The-Great-Shield

Sunscreen ini mengandung banyak bahan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Beberapa di antaranya adalah centella asiatica, niacinamide, dan vitamin C. Itu sebabnya sunscreen ini juga bisa mencerahkan sekaligus menenangkan kulit sensitif.

Tingkat SPF pada sunscreen ini adalah 50+ dengan PA+++. Meski bisa digunakan untuk semua jenis kulit, namun usia minimal untuk bisa menggunakan sunscreen ini adalah 15 tahun. Tekstur sunscreen mirip seperti air yang tidak menimbulkan rasa lengket di kulit.

9. Innisfree Aqua Water Drop

Innisfree-Aqua-Water-Drop

Berbeda dengan produk varian sunscreen Innisfree lainnya, varian ini memiliki tekstur seperti air. Saat digunakan di wajah, rasanya seperti menempelkan embun segar ke kulit. Sunscreen ini hadir dalam kemasan 50ml berbentuk tube. Sayangnya, harganya cukup mahal.

Meski harganya tinggi, tingkat SPF-nya adalah 50+ dengan PA+++. Fungsinya tak hanya proteksi dari sinar matahari, namun juga mencegah penuaan dan mencerahkan kulit. Bahan utama sunscreen adalah ekstrak teh dan minyak biji bunga matahari yang mampu melembabkan kulit.

10. ERHA Acne Sun Friendly

ERHA-Acne-Sun-Friendly

ERHA menciptakan sunscreen yang dikhususkan untuk pemilik wajah berjerawat. Formulanya bersifat non-acnegenic dan non-comedogenic sehingga tak menimbulkan masalah di kulit sensitif. Namun sayangnya, tingkat SPF-nya hanya 30.

Uniknya, sunscreen dini diperkaya dengan kandungan niacinamide. Bahan tersebut berperan penting dalam mencerahkan kulit sekaligus mengontrol sebum. Produksi minyak berlebih juga bisa ditekan sehingga bakteri penyebab timbulnya jerawat tidak terbentuk.

Apapun merk sunscreen yang Anda gunakan, pastikan Anda memakainya setiap pagi sebelum beraktivitas. Sunscreen akan menjaga wajah dari paparan sinar matahari yang bisa merusak wajah. Pilih produk sunscreen yang sesuai dengan kebutuhan dan kantongmu.

 

Lihat Juga :

  1. 10 Merk Facial Scrub yang Bagus Mengangkat Kulit Mati
  2. 10 Merk BB Cream Kulit Sawo Matang Terbaik yang Bagus
  3. 10 Merk DD Cream Terbaik yang Bagus untuk Kulit (Murah!)
  4. 10 Merk Cushion Terbaik untuk Kulit Kering dan Berminyak
Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan