10 Merk Bola Futsal Terbaik Standar Fifa di Indonesia

Posted on

Futsal menjadi salah satu olahraga idola, terutama para kaum pria. Untuk menghindar dari cedera, pemilihan bola futsal terbaik menjadi hal yang wajib diketahui. Para pegiat olahraga ini wajib mengetahui apa saja merk bola futsal terbaik yang ada di pasaran.

Tips Mengenal Merk Bola Futsal Terbaik

1. Tentukan Bola Jahit atau Press

Tentukan-Bola-Jahit-atau-Press

Ada dua macam proses pembuatan bola futsal, yaitu dengan proses penjahitan dan cara press. Bola futsal press lebih kuat jika dibandingkan dengan bola jahitan tangan. Dari segi pantulan, bola press lebih keras.

Namun bagi para pemain futsal yang telah terbiasa, bola press akan lebih mudah dikendalikan. Hal itu akan lebih terasa apalagi pada saat digunakan di lapangan yang keras.

2. Memilih Bola Futsal Sesuai dengan Jenis Lapangan

Memilih-Bola-Futsal-Sesuai-dengan-Jenis-Lapangan

Bola futsal jahit lebih cocok digunakan pada lapangan rumput sintetis. Bola futsal press mesin lebih cocok digunakan pada jenis lapangan futsal yang keras, seperti vinyl, teraflex, parquetted, maupun semen.

3. Perhatikan Kondisi Bola yang Baru Dibeli

Perhatikan-Kondisi-Bola-yang-Baru-Dibeli

Memperhatikan kondisi bola sangat penting. Tidak semua bola dari pabrik diproduksi dengan bagus. Biasanya ada beberapa bola yang cacat dari pabrik. Hal ini yang menjadi alasan kehati-hatian dalam memilih bola yang akan dibeli.

Saat membeli, pastikan bola terisi angin. Hal ini untuk meyakinkan bola dalam keadaan baik atau bukan dalam kondisi bocor. Selain itu, bola yang terisi udara dapat dicek keseimbangan yang bagus atau tidak. Selain kondisi bocor, hal yang patut diwaspadai adalah kondisi bola yang tak simetris.

Tak sedikit bola dari pabrik kondisinya sudah peyok atau tidak lagi bulat karena proses pengirimannya. Bola yang terisi udara juga penting untuk mengecek, apakah pentil pada posisi yang tepat atau tidak. Jika pentil bola futsal bermasalah, jangan ragu untuk mengembalikan bola yang baru Anda beli. Pasalnya, pemain tidak akan nyaman menggunakan itu.

4. Pilih Bola Standar FIFA

Pilih-Bola-Standar-FIFA

Salah satu ciri-ciri bola futsal yang berkualitas bisa dilihat dari ukurannya. Antara lain dengan melihat berapa berat bola, diameter lingkaran, setinggi apa pantulan bola, dan sebagainya. Bola futsal yang standar untuk pertandingan resmi biasanya terdapat tulisan FIFA APPROVED atau atas persetujuan FIFA yang berada pada bola.

Yang harus Anda pastikan, label yang berada dalam bola apakah asli atau tidak. Salah satunya dengan mengecek di situs website penjualan bola. Meskipun agak ribet, upaya ini untuk meminimalisir kerugian ketika membeli bola tersebut.

Rekomendasi Merk Bola Futsal yang Bagus

1. Molten F9V 1500 Vantaggio

Molten-F9V-1500-Vantaggio

Bola ini cocok untuk awam. Selain harganya yang murah, juga terdapat beragam corak dan warna. Bola futsal ini terdapat bahan polyurethane.

Dapat digunakan di lapangan indoor atau outdoor dengan kondisi lapangan seperti apapun. Direkomendasikan bagi Anda yang sedang mencari bola futsal dengan harga terjangkau, tapi tetap berkualitas.

2. Adidas Telstar World Cup SL 5×5 #CE8144 NEW 2018

Adidas-Telstar-World-Cup-SL-5x5-CE8144-NEW-2018

Bola futsal ini sangat direkomendasikan karena berbagai alasan. Antara lain 100% Thermoplastic Polyurethane (TPU) berkualitas tinggi. Memiliki desain yang sporty dengan tampilan logo FIFA World Cup.

Produk buatan China ini telah mendapat lisensi dari FIFA. Terinspirasi dari bola TELSTAR yang merupakan bola keluaran dan digunakan sebagai bola resmi pada pertandingan piala dunia Mexico tahun 1970. Bola tersebut juga menjadi sejarah produk pertama Adidas.

Sangat cocok untuk latihan maupun pertandingan resmi. Dapat menunjang performa Anda dengan kondisi lapangan seperti apapun.

3. Bola Futsal Nike Hypervenom

Bola-Futsal-Nike-Hypervenom

Memiliki desain yang pas untuk futsal, sehingga penggunanya dapat menikmati pengontrolan dan sentuhan bola yang baik. Memperkuat sentuhan bola dengan tampilan wadah yang bertekstur.

Bola ini juga direkomendasikan di sejumlah kompetisi lokal maupun interlokal. Dengan tampilan yang menarik, dapat menunjang permainan para pemain futsal.

4. Nike Original Rolinho Menor X Biru/Putih New 2018

Nike-Original-Rolinho-Menor-X-Biru-Putih-New-2018

Meskipun bukan merk bola terbaru, Nike Menor X patut diperhitungkan. Bola ini cocok untuk bermain futsal di lapangan sempit. Ukuran bolanya ada yang lebih kecil atau lebih berat dibandingkan dengan bola sepak biasanya. Bola Rolinho cocok digunakan untuk lapangan yang kasar maupun lembut.

Tekstur yang lebih keras membuat bola lebih awet. Apalagi dilengkapi Polyurethan dengan permukaan yang lembut dapat meningkatkan kontrol dan sentuhan pada bola. Desainnya sendiri memakai bola jahitan.

5. Umbro Neo Futsal Liga – FCY Yellow

Umbro-Neo-Futsal-Liga-FCY-Yellow

Bola futsal Umbro Neo memiliki ciri khas warna mencolok. Hal itu membuatnya menarik perhatian banyak orang yang melihatnya. Bola ini cocok digunakan untuk kompetisi yang biasanya ditonton ribuan orang.

Bola futsal mengutamakan tampilan sporty tanpa meninggalkan kualitasnya. Bola ini juga direkomendasikan bagi para pemain futsal yang mengutamakan ketahanan dan kekuatan. Umbro bisa dipakai di lapangan indoor maupun outdoor.

6. Adidas Tango Sala Cream-Biru Street Skillz New

Adidas-Tango-Sala-Cream-Biru-Street-Skillz-New

Bola futsal seri Tango Sala ini cocok untuk semua kreator futsal. Bola ini diproduksi dengan jahitan tangan, sehingga bertekstur lembut dan cocok untuk digunakan oleh anak SMP, SMA, mahasiswa, dan orang dewasa.

Para pemain futsal pemula bisa menggunakannya untuk latihan, kemudian mereka dapat berlatih tanpa rasa khawatir, karena bola telah mendapat sertifikasi. Warna yang cerah pun cocok bagi pemain yang berlatih pada malam hari.

7. Mitre Futsal Tempest D32P White Red BB9302WYI

Mitre-Futsal-Tempest-D32P-White-Red-BB9302WYI

Mitre sebagai merk tertua ini sangat cocok untuk mencari model bola jenis apapun. Apalagi Mitre sebagai merk terbesar di dunia yang memiliki sejarah lebih dari 200 tahun. Bola futsal cocok untuk latihan dengan sentuhan ringan.

8. Specs Prisma Fresh Salmon New 2018

Specs-Prisma-Fresh-Salmon-New-2018

Bola futsal Specs merupakan salah satu bola futsal yang populer dengan desain unik menggunakan warna dasar orange. Bola ini disarankan bagi Anda mengedepankan desain, tidak hanya mengutamakan kualitas saja.

Dengan desain sporty, tapi kualitasnya tidak seperti kompetitornya. Sehingga, bola ini sangat pas bagi Anda yang akan menggelar kompetisi bergengsi dengan banyak penonton. Bola Specs menggunakan jahitan mesin dengan material lembut, sehingga memberikan kekuatan dan daya tahan.

9. Puma Original evoSALA AW17 Grey/Blue New 2018

Puma-Original-evoSALA-AW17-Grey-Blue-New-2018

Bola futsal puma original evoSALA terbuat dari bahan berkualitas yang dilapisi dengan material lembut, sehingga memberikan kekuatan dan daya tahan. Bola futsal ini memungkinkan pemain futsal untuk melakukan kontrol bola dengan baik di lapangan.

10. Mikasa Potenza – Orange

Mikasa-Potenza-Orange

Bola satu ini bisa digunakan latihan bagi pemula yang baru di dunia futsal. Dapat berlatih tanpa rasa khawatir karena telah mendapat sertifikasi standar internasional. Selain memiliki tekstur lembut, bola Mikasa Potenza – Orange ini juga cukup diperhitungkan kualitasnya.

Dengan kualitas internasional tersebut, harga bola ini cukup terjangkau. Selain itu, Mikasa Potenza juga dapat menjaga keseimbangan para pemainnya dalam melakukan gocekan. Warna cerah pada bola sangat cocok bagi pemain futsal yang sering bermain pada malam hari.

Semua merk bola futsal terbaik di atas sudah membuktikan bahwa produk tersebut layak digunakan untuk permainan maupun pertandingan futsal bergengsi. Anda bisa memilih merk yang sesuai dengan keinginan, dan tentunya sesuai dengan budget yang telah disiapkan.

 

Lihat Juga :

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan