10 Merk Bola Basket Terbaik untuk Outdoor & Indoor di Dunia

Posted on

Permainan bola basket merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak disukai kalangan anak muda, khususnya anak SMP dan SMA. Bola yang digunakan untuk permainan ini dibuat secara khusus agar bisa memantul dengan sempurna. Bagaimana tips memilih dan apa saja merk bola basket terbaik?

Tips Memilih Bola Basket yang Tepat

Permainan bola basket bisa berjalan dengan nyaman dan maksimal jika setiap tim memiliki skill yang mumpuni. Selain itu, juga bisa dipengaruhi oleh kualitas dari alat dan perlengkapan basket, misalnya pemilihan bola basket yang tepat. Apa saja tips jitu untuk memilih bola basket yang berkualitas?

1. Memilih Ukuran yang Tepat

Memilih-Ukuran-yang-Tepat-scaled

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum memainkan bola basket adalah memilih ukuran bola yang sesuai. Ukuran bola basket disesuaikan dari usia pemain dan gendernya. Kategori ukuran bola basket dibagi menjadi 3, yakni:

a. Nomor 5

Ukuran bola basket paling kecil adalah nomor 5. Jenis yang satu ini cocok untuk pemain basket usia anak SD atau untuk sekedar permainan mini basketball. Ukuran bola memiliki keliling 69 hingga 71 cm dengan diameter 22 cm. Berat bola antara 470 sampai 500 gram.

b. Nomor 6

Bagi pemain bola basket wanita usia SMP, SMA, Mahasiswa, dan dewasa bisa menggunakan ukuran bola nomor 6. Bola jenis ini beratnya mencapai 510 hingga 567 gram, sedangkan diameternya berukuran 23,2 cm dan keliling 72,4 hingga 73,7 cm.

c. Nomor 7

Bola nomor 7 diperuntukkan bagi pemain basket pria usia SMP, SMA, Mahasiswa, dan dewasa. Bola basket jenis ini memiliki berat 567 hingga 650 gram dengan ukuran diameter 24,5 cm dan keliling 74,9 hingga 78 cm.

Standarisasi ukuran bola basket di seluruh dunia hanya terdiri dari 3 kategori di atas. Namun, ada pengecualian untuk pertandingan di National Basketball Association (NBA), Amerika yang menggunakan bola basket ukuran nomor 6,5.

2. Memilih Bahan Dasar Bola Basket

Memilih-Bahan-Dasar-Bola-Basket

Tips kedua yang tidak boleh disepelekan saat membeli bola basket adalah memilih bahan dasar yang berkualitas dan sesuai kebutuhan. Pada umumnya bahan dasar dari bola basket terdiri dari karet, kulit sintetis, dan kulit asli. Lalu, apa perbedaan dari ketiga bahan tersebut?

a. Karet

Bahan dasar karet untuk bola basket biasanya digunakan pada permainan street basketball. Tipe bola ini sangat cocok untuk latihan di luar ruangan karena tidak mudah rusak saat terkena beton dan aspal.

Selain kokoh, bola basket berbahan karet juga lebih bervariasi khususnya pada desain dan kombinasi warnanya. Bola ini juga bisa dikatakan sebagai bola basket paling fashionable dan kece untuk anak muda.

b. Kulit sintetis

Latihan basket akan berjalan lebih maksimal dengan menggunakan bola yang berbahan kulit sintetis. Meskipun tidak senyaman bahan kulit asli, tetapi daya lekatnya sama. Anda hanya perlu membeli bola basket kulit sintetis yang berkualitas tinggi.

Penggunaan bola basket berbahan sintetis pada awalnya hanya bisa digunakan untuk permainan indoor, tetapi saat ini sudah bisa dipakai untuk di luar ruangan bahkan street ball.

c. Kulit asli

Bola basket yang dibuat dari kulit asli biasanya digunakan pada pertandingan kelas dunia seperti NBA dan beberapa liga basket internasional lainnya. Bahan kulit asli memiliki daya lekat maksimal ketika digenggam, sehingga akan terasa lebih nyaman.

Beberapa klub basket yang sudah berpengalaman biasanya menggunakan bola basket berbahan kulit asli agar pemain lebih terlatih. Namun, jenis bola basket dengan bahan ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Rekomendasi Merk Bola Basket Terbaik dan Berkualitas

1. WilsonFIBA

WilsonFIBA

Bola basket yang digunakan untuk pertandingan skala nasional atau internasional setidaknya menggunakan merk WilsonFIBA. Harga dari bola basket ini sekitar Rp 330 ribuan. Ukuran bolanya hanya ada nomor 6, tetapi besarnya hampir sama dengan bola nomor 7.

Produk ini telah dibekali dengan teknologi wave triple threat technology, yang memberikan rasa nyaman lebih ketika bola melekat di tangan pemain. Anda juga lebih mudah untuk melakukan free throw atau 3 point shot. WilsonFIBA sangat cocok untuk permainan outdoor.

2. MOLTEN GL7X

Molten-GL7X

Merk MOLTEN GL7X merupakan salah satu brand bola basket terbaik yang biasa digunakan pada kualifikasi FIBA. Bahan dasarnya terbuat dari top grain leather yang sangat empuk ketika Anda pegang. Pantulan yang dihasilkan juga lebih stabil dan maksimal.

Harga merk ini dibanderol sekitar Rp 230 ribuan dengan desain flat pebble yang akan memudahkan pemain saat backspin. Bola dapat digenggam dengan baik dan menghasilkan tembakan yang akurat tanpa membuat Anda kesulitan.

3. Adidas

Adidas

Adidas tidak hanya mengeluarkan jenis sepatu saja, tetapi juga memiliki produk bola basket yang berkualitas. Anda bisa memilih produk sesuai kebutuhan karena perusahaan ini menawarkan bola basket dengan kisaran ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Bola basket yang dikeluarkan Adidas tergolong sangat fleksibel karena bisa digunakan untuk permainan indoor maupun outdoor. Hampir semua produk dibuat dari bahan kulit sintetis, sehingga memberikan kenyamanan saat digenggam.

4. MOLTEN GH7X 365 All Year Round

Molten-GH7X-365-All-Year-Round

Bola basket yang memiliki daya tahan tinggi untuk pemakaian jangka lama adalah MOLTEN GH7X 365 All Year Round. Produk ini sudah dilengkapi cover yang tebal, berkualitas dan anti lecet. Harga MOLTEN GH7X dibanderol sekitar Rp 340 ribuan.

5. Mikasa BD2000

Mikasa-BD2000

Bola basket dengan harga terjangkau yang cocok Anda gunakan untuk latihan sehari-hari adalah Mikasa BD2000. Merk ini diproduksi oleh perusahaan asal Thailand yang sudah dibekali super composite cover.

Produk ini juga dilengkapi dengan dimple ukuran mikro di seluruh permukaan bola, sehingga akan terasa lembut dan nyaman saat dipegang. Jika ingin membelinya, Anda harus merogoh kocek sekitar Rp 165 ribuan.

6. SpaldingNBA Gold

SpaldingNBA-Gold

Bola basket yang memiliki daya genggam maksimal dimiliki oleh merk SpaldingNBA Gold. Produk ini hanya dibanderol dengan harga Rp 130 ribuan saja, tetapi sudah dilengkapi composite leather yang berkualitas.

7. Bouncer GR-7

Bouncer-GR-7

Merk bola basket terbaik yang harganya paling bersahabat adalah Bouncer GR-7. Produk ini dijual seharga Rp 90 ribuan dan memiliki berbagai macam desain yang menarik. Bola basket keluaran Filipina ini terbuat dari bahan karet yang memiliki tekstur menonjol.

8. Nike

Nike

Nike juga tidak ingin kalah dengan brand lain untuk meluncurkan produk bola basket berkualitas. Anda bisa membeli produk dari Nike dengan kisaran harga Rp 100 ribuan – Rp  2 juta lebih. Desain yang dibuat oleh Nike tampak unik dan tentunya dibekali teknologi terkini agar nyaman saat digunakan.

9. Spalding Miami Heat

Spalding-Miami-Heat

Bagi Anda yang menyukai skill dari pemain basket Goran Dragic pasti sudah tidak asing dengan merk bola Spalding Miami Heat. Produk ini memiliki daya tarik yang luar biasa karena memiliki teknologi deep channel bertekstur, sehingga terasa nyaman saat digunakan.

10. MOLTEN G7X

Molten-G7X

Bola basket dari MOLTEN G7X dibanderol dengan harga Rp 80 ribuan saja. Meskipun termasuk murah, merk ini sudah dirancang dengan pebble surface, sehingga hasil sentuhan lebih merata. Selain itu, pengendalian bola juga lebih presisi.

Produk ini juga dilengkapi desain GIUGIARO yang menghasilkan visibilitas tinggi, sehingga lebih mudah dalam melacak arah rotasi. Apakah Anda akan membeli merk ini?

Bola basket menjadi alat utama yang digunakan untuk olahraga permainan basket. Biasanya permainan basket yang sudah dipertandingkan akan memilih jenis bola yang berkualitas. Dari beberapa merk bola basket terbaik yang sudah disebutkan di atas, merk apa yang pernah Anda gunakan?

 

Lihat Juga :

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan