10 Merk Facial Scrub yang Bagus Mengangkat Kulit Mati

Posted on

Facial scrub menjadi skincare wajib untuk mengatasi masalah kulit kusam dan berkomedo. Menggosok wajah dengan merk facial scrub yang bagus bisa membantu proses regenerasi kulit. Butiran halus pada scrub bisa mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori wajah.

Tapi ada beberapa tipe kulit yang tak boleh menggunakan scrub. Begitu juga dengan tekstur scrub yang beragam dari tiap produknya. Anda harus ekstra cermat memilih mana produk scrub yang bagus dan aman, tanpa resiko menimbulkan iritasi wajah.

Tips Memilih Facial Scrub

1. Pemilik Kulit Normal

Pemilik-Kulit-Normal

Para wanita dengan kulit normal biasanya memiliki beberapa masalah seperti kusam, kering, dan komedo. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda sebaiknya menggunakan scrub wajah dengan kandungan enzim.

2. Pemilik Kulit Berminyak atau Berjerawat

Pemilik-Kulit-Berminyak-atau-Berjerawat

Jika Anda memiliki kulit yang cenderung berminyak atau bahkan berjerawat, gunakan scrub dengan tekstur halus. Kandungan paling bagus untuk kulit berminyak adalah daun mint, tea tree oil, green tea, atau ekstrak centella.

3. Pemilik Kulit Kering

Pemilik-Kulit-Kering

Jika kulit kering mendapatkan scrub kasar, maka kondisi kulitnya bisa semakin parah dan iritasi. Sebaiknya pemilik kulit kering menggunakan scrub dengan kandungan pelembab seperti enzim atau hyaluronic acid. Scrub dari bahan alami seperti avocado atau olive oil juga bagus.

4. Pemilik Kerutan

Pemilik-Kerutan

Jika kulit mulai mengalami tanda-tanda penuaan dini, maka gunakan scrub yang bisa mempercepat regenerasinya. Contohnya adalah scrub dengan glycolic acid.

Rekomendasi Merk Facial Scrub yang Aman untuk Wajah

 1. Mustika Ratu – Peeling Mundisari (Rp 14.000)

Mustika-Ratu-Peeling-Mundisari

Brand Mustika Ratu menghadirkan peeling wajah yang berbentuk scrub. Peeling ini dibuat dari bahan-bahan herbal. Ingredient utamanya terdiri dari ekstrak temugiring, castor oil, jojoba oil, dan allantoin. Kandungannya cocok untuk jenis kulit berminyak atau sensitif.

Tapi sayangnya ada beberapa orang yang kurang cocok menggunakan peeling ini. Misalnya pada wajah dengan kondisi acne prone bisa iritasi dan breakout saat terkena bahan stearic acid. Jadi pastikan Anda sedang tidak memiliki jerawat parah ketika menggunakan produk scrub ini.

2. Pond’s Men Energy

Ponds-Men-Energy

Pond’s menghadirkan scrub khusus untuk pria. Butiran scrubnya dibuat dari biji kopi alami. Selain itu ada juga kandungan niacinamide, citric acid, lactic acid, dan acetic acid. Semua bahan tersebut bisa membantu mengatasi minyak dan mencerahkan wajah.

3. Emina Apricot Jam (Rp 23.000,00)

Emina-Apricot-Jam

Lini khusus untuk remaja Indonesia ini turut menghadirkan scrub dengan butiran lembut. Kandungan utamanya adalah olive oil dan biji aprikot. Scrub ini berbentuk lotion dengan wangi yang kalem. Scrub Apricot Jam bisa digunakan untuk mengatasi jerawat dan kusam.

4. Garnier Pure Active – Acne & Oil Scrub (Rp 25.000,00)

Garnier-Pure-Active-–-Acne-Oil-Scrub

Garnier menghadirkan scrub yang aman untuk para pemilik kulit berjerawat dan berminyak. Kandungan utamanya adalah salicylic acid dan buah blueberry. Garnier juga menggunakan butiran scrub yang halus. Aman untuk pemilik jerawat batu atau komedo.

Kemasannya berbentuk tube dengan isi bersih 60 ml. Scrub Garnier ini sebaiknya digunakan maksimal 2 kali seminggu saja. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kompres wajah dengan air es tiap kali selesai scrubbing.

5. Sariayu – Scrub Mawar (Rp 25.000)

Sariayu-–-Scrub-Mawar

Ingin scrubbing dengan sensasi spa? Gunakan saja produk scrub dari Sariayu ini. Kandungan utamanya adalah ekstrak mawar dan salicylic acid. Scrub ini sangat cocok bagi pemilik kulit normal sampai berminyak.

Scrub Sariayu ini diklaim memiliki butiran yang halus. Butirannya terbuat dari biji-bijian alami dan aman, meskipun untuk kulit sensitif. Pijatkan halus melingkar pada wajah untuk mengangkat sel kulit mati.

6. Mineral Botanica – Face Exfoliating (Rp 28.000,00)

Mineral-Botanica-–-Face-Exfoliating

Scrub dari brand Mineral Botanica ini diklaim cruelty free dan aman untuk pemilik kulit sensitif. Bahan utamanya adalah licorice, aloe vera, lauric acid, stearic acid, dan propylene glycol. Kombinasi bahan tersebut mampu memberi kelembaban dan mencerahkan wajah.

7. Wardah Peeling Cream (Rp 30.000,00)

Wardah-Peeling-Cream

Brand lokal ini menghadirkan produk scrub yang multifungsi. Scrub Wardah ini khusus diformulasikan untuk pemilik kulit kering dan kusam. Kandungan utama scrub adalah olive oil dan vitamin E. Meskipun mengandung parfum, tapi wanginya cukup menenangkan dan tidak tajam.

Peeling cream ini punya tekstur yang kental dan berwarna putih. Peeling scrub ini paling bagus digunakan setelah mencuci wajah, tepat ketika wajah setengah kering. Tapi para pemilik kulit sensitif sebaiknya tidak menggunakan scrub ini karena tekstur butirannya cukup kasar.

8. Himalaya Purifying Neem – Scrub (Rp 50.000,00)

Himalaya-Purifying-Neem-–-Scrub

Produk scrub dari Himalaya ini mengandung ekstrak daun neem yang dipercaya bisa menjadi anti aging. Selain daun neem, produk ini menggunakan scrub dari biji aprikot. Pemilik kulit kering dan berminyak bisa menggunakan scrub Himalaya ini dengan aman.

Tapi hati-hati bagi pemilik kulit berjerawat. Karena scrub aprikotnya bertekstur besar dan kasar. Jika Anda menggosok area berjerawat dengan scrub ini, kemungkinan jerawat akan makin meradang.

9. Biokos – Pure Balance Scrub (Rp 54.000,00)

Biokos-–-Pure-Balance-Scrub

Produk ini cocok digunakan untuk wajah sensitif atau berminyak. Kandungan utama dalam Biokos scrub ini adalah witch hazel, vitamin B5, dan ekstrak chamomile. Teksturnya unik dengan bentuk gel berwarna cerah.

Produk ini juga banyak digunakan sebagai makeup remover. Kandungan alami yang mudah meresap bisa digunakan untuk langkah double cleansing Anda. Aroma dari peeling Biokos ini khas herbal yang menenangkan dan segar.

10. Good Virtues Co. – Brightening Facial Scrub (Rp 57.000,00)

Good-Virtues-Co.-–-Brightening-Facial-Scrub

Produk ini cukup banyak dicari karena diklaim bebas paraben dan SLES. Jadi merk facial scrub ini aman digunakan untuk kulit sensitif ataupun normal. Kandungan scrub dari Good Virtues ini antara lain black seed oil dan citric acid. Dua bahan ini bisa membersihkan pori plus mencerahkan.

11. St. Ives – Apricot Scrub (Rp 65.000,00)

St.-Ives-–-Apricot-Scrub

Sebenarnya St. Ives memiliki beberapa varian scrub. Salah satunya adalah Fresh Skin yang diperkaya dengan kandungan biji aprikot, kernel meal, dan alkohol baik. Facial scrub ini khusus untuk kulit kering dan normal. St. Ives ini bisa dipakai 1 atau 2 kali seminggu sebagai deep scrub.

12. St. Ives – Smooth Oatmeal Scrub

St.-Ives-–-Smooth-Oatmeal-Scrub

St. Ives ini khusus untuk kulit normal to dry. Anda yang memiliki kulit sensitif juga bisa menggunakan produk ini. Komposisi utamanya adalah oatmeal dan beberapa bahan pencerah wajah. Selain sebagai scrub, produk ini juga bisa digunakan sebagai masker wajah.

Fungsi utama produk ini adalah membersihkan pori, mengikis kulit mati, dan melembabkan secara alami. Jika kulit Anda normal, produk ini bisa digunakan 2 kali seminggu. Untuk pemilik kulit kering cukup gunakan scrub St. Ives 1 kali seminggu saja sebagai masker.

Setidaknya ada 12 merk facial scrub yang bisa Anda beli sesuai jenis kulit. Pastikan Anda memilih jenis scrub yang cocok dan tak menyebabkan iritasi. Selain itu, pastikan Anda membeli produk dengan harga terjangkau dan mudah ditemukan.

 

 

Lihat Juga :

  1. 8 Merk Bedak Padat untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat
  2.  5 Merk Lip Tint Terbaik yang Bagus dan Tahan Lama
  3. 7 Merk Softlens Terbaik yang Bagus untuk Mata Sensitif
  4.  7 Merk Makeup Remover (Pembersih) Terbaik yang Bagus dan Aman
Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan