10 Merk Sabun Muka yang Aman dan Bagus untuk Kulit

Posted on

Wajah merupakan bagian tubuh yang terekspos dengan kotoran, polutan dan alergen. Untuk itu, membersihkan muka dengan merk sabun muka tertentu menjadi hal yang wajib setiap hari. Berikut ini adalah cara memilih sabun muka dan beberapa merknya yang populer.

Cara Memilih Sabun Muka

1. Pilih dengan pelembab

Pilih-dengan-pelembab

Kulit yang kering sering mengalami masalah dehidrasi sesaat setelah mencuci muka. Makanya, Anda perlu memilih sabun cuci muka dengan bahan pelembab. Pilih bahan yang mengandung minyak esensial atau ekstrak buah untuk melembabkan sekaligus membuat kulit kenyal.

2. Ketahui jenis tekstur

Ketahui-jenis-tekstur

Sabun cuci muka terbagi ke dalam dua tekstur, yakni gel dan krim. Tekstur gel digunakan untuk kulit yang berminyak dan mudah iritasi. Sementara apabila kulit Anda memiliki banyak minyak, gunakan sabun dengan tekstur krim dan memiliki banyak busa.

3. Hindari bahan yang keras

Hindari-bahan-yang-keras

Bahan yang keras seperti penggunaan alkohol atau material alkaline harus Anda jauhi. Pasalnya, material tersebut bisa membuat kulit wajah menjadi kering. Perhatikan pula kadar minyak tambahan pada sabun muka karena bisa membuat wajah terasa lengket.

3. Mengandung bahan eksfoliator

Mengandung-bahan-eksfoliator

Sabun cuci muka memiliki peran yang penting yakni membersihkan muka dari debu, polutan, hingga makeup. Maka dari itu, pilihlah dengan bahan yang mampu mengeksfoliasi kulit. Namun kadarnya juga harus ringan agar tak membuat kulit menjadi iritasi.

Rekomendasi Merk Sabun Muka

1. Hadalabo Gokyujun

Hadalabo-Gokyujun

Face wash ini mengandung Hyaluronic Acid atau HA yang mampu meningkatkan kelembaban kulit. Sehingga masalah kulit menjadi kering setelah cuci muka bisa teratasi. Produk dari Rohto ini tak menggunakan pewangi dan pewarna. Tekstur sabunnya berwarna transparan dan ringan di kulit.

Manfaat sabun ini tak hanya mengangkat kotoran di kulit saja. Masalah seperti kulit berminyak dan memiliki sebum tak terkontrol dengan mudah diatasi oleh produk ini. Bagi kulit wajah yang sensitif, Hadalabo gokyujun akan cocok di wajah tanpa menimbulkan iritasi.

2. COSRX Good Morning

COSRX-Good-Morning

Sabun ini diciptakan dengan pH yang rendah alias lebih asam. Dengan begitu, kotoran akan mudah dibersihkan. COSRX Good Morning digunakan pada pagi hari untuk membersihkan bekas skincare malam. Bentuknya seperti gel dengan sedikit busa, namun efektif membersihkan wajah.

Di dalam pembersih ini terdapat bahan tea tree oil untuk mengontrol minyak, BHA untuk mengangkat sel kulit mati, dan vitamin C untuk regenerasi kulit. Pemilik kulit sensitif tak perlu khawatir dengan produk ini karena tak akan menyebabkan iritasi.

3. Fair and Lovely Fairness

Fair-and-Lovely-Fairness

Sabun cuci muka ini diciptakan dengan kandungan tri-fair vitamin complex dan antioksidan. Formula tersebut bisa mengangkat kotoran di wajah sekaligus memberi efek yang cerah. Produk ini sangat cocok untuk penggunaan pagi maupun malam hari.

Hanya dengan sedikit krim saja, busa yang dihasilkan cukup banyak. Busa akan membantu mengusir kotoran akibat polusi dan debu. Kemasan Fair and lovely ini adalah tube dengan ukuran yang handy. Harga jualnya juga sangat terjangkau di kantong untuk ukuran 100g.

4. Emina Facial Wash Bright Stuff

Emina-Facial-Wash-Bright-Stuff

Varian dari Emina ini mengandung ekstrak summer plum dan vitamin B3. Jadi tak hanya membersihkan wajah, kulit juga akan tampak cerah dan halus dengan pemakaian teratur. Begitu juga dengan kulit kusam akan berubah menjadi lebih elastis dan tampak lembab.

Bahan utama ekstrak summer plum berfungsi sebagai antioksidan alami dalam sabun cuci muka ini. Bagi Anda  yang sering terpapar polusi, sabun muka ini akan membersihkan toksin yang menempel. Dengan begitu kulit akan terawat dan bebas dari kotoran.

5. Nivea Sparkling Bright

Nivea-Sparkling-Bright

Bagi Anda yang memiliki masalah kulit wajah kusam dan noda hitam akibat sinar matahari dan polusi, Nivea Sparkling Bright bisa menjadi solusinya. Bahan aktif dalam sabun cuci muka ini berperan dalam membersihkan kulit yang kotor dan membantu untuk mencerahkan wajah.

Di dalamnya terdapat kandungan licorice, vitamin C dan rucinol. Semuanya berperan untuk mencegah pembentukan melanin yang sering membuat wajah menjadi gelap. Nivea Sparkling Bright hadir dalam tekstur krim yang halus dan dikemas dalam sebuah tube.

6. Mineral Botanica Perfect Purifying

Mineral-Botanica-Perfect-Purifying

Facial wash ini termasuk ke dalam rangkaian pencegahan jerawat versi Mineral Botanica. Bahan utamanya adalah salicylic acid, minyak jojoba dan ekstrak adansonia digitata. Berbagai jenis kulit bisa menggunakan sabun wajah ini mulai dari kering, berminyak, hingga sensitif.

Masalah yang bisa diatasi oleh sabun cuci muka ini adalah pori-pori besar, jerawat akibat polutan dan bakteri, komedo di T-zone dan noda bekas jerawat. Penggunaan pagi dan malam bisa memaksimalkan hasilnya, yakni kulit bersih, lembut, dan bebas jerawat.

7.  Facial Wash Everwhite-Facial-Wash

Everwhite menghadirkan formula baru dalam produk facial foamnya. Ada ekstrak mentimun, kefir, kolagen dn niacinamide. Selain membersihkan wajah, pemakaian teratur juga bisa memberi efek cerah, terhindar dari kusam, dan kulit yang kenyal.

Facial wash ini mampu membersihkan pori-pori bagian dalam. Kotoran akan dikeluarkan lalu diisi dengan kolagen sehingga ukuran pori-pori bisa mengecil. Antioksidan dalam ekstrak mentimun dapat menghilangkan toksin dari polusi. Produk ini mengklaim bebas paraben.

8. Kojie san Lightening Soap

Kojie-san-Lightening-Soap

Produk unggulan Kojie San adalah sabun cuci mukanya yang memiliki warna oranye. Bentuknya adalah sabun batang dengan ukuran 65g. Anda bisa menghemat penggunaan sabun muka dengan produk ini karena bisa digunakan dalam jangka waktu hingga 3 minggu.

Sabun memiliki sifat yang asam, maka dari itu fungsinya untuk mencerahkan, menghilangkan jerawat dan mencegah pigmentasi kulit. Pertumbuhan daging yang biasa ada di wajah dan leher juga bisa dicegah dengan Kojie San dengan pemakaian teratur, pagi dan malam.

9.  Facial Wash Gel Aloe Vera

Herborist-Facial-Wash-Gel-Aloe-Vera

Tak hanya terkenal dengan lulur, Herboris juga memiliki produk facial wash. Bentuknya seperti gel dengan warna transparan. Bahan utamanya adalah aloe vera sehingga adem di muka. Facial wash dikemas dalam tube dan dibanderol dengan harga yang murah.

Setelah pemakaian, wajah akan terasa lembab. Anda juga akan merasa kulit terasa sejuk dan segar. Aloe vera juga mampu membuat wajah menjadi cerah. Selain itu, terdapat pula kandungan vitamin E yang berperan dalam menghaluskan kulit wajah.

10. Pond’s Pure White

Ponds-Pure-White

Apakah Anda ingin sabun cuci muka yang memutihkan wajah? Pond’s Pure White bisa menjadi opsi untuk Anda. Sabun cuci muka ini menggunakan teknologi D-Toxx yang mampu membersihkan polusi di wajah sebanyak 95%. Sabunnya sangat lembut dan halus di kulit wajah.

Bahan utama dalam sabun cuci muka ini adalah charcoal untuk membersihkan kulit hingga ke pori-pori. Ada juga ekstrak green tea dari Jepang sebagai antioksidan alami. Sementara ekstrak moringa di dalamnya dapat memurnikan kulit wajah dan terbebas dari polusi.

Memilih merk sabun muka yang tepat adalah hal yang penting. Sabun muka akan membersihkan kotoran yang ada di wajah sehingga tidak menimbulkan pemsalahan kulit. Pilihlah sabun muka yang sesuai dengan kebutuhan kulit dan bebas dari kontaminasi bahan keras.

 

Lihat Juga :

  1. 7 Merk Eyeshadow Terbaik yang Bagus dan Tahan Lama
  2. 7 Merk Eyeliner Terbaik yang Bagus dan Tahan Lama
  3. 5 Merk Krim Pemutih Wajah yang Aman di Apotek
  4. 7 Merk Lulur Badan yang Bagus dan Wangi untuk Memutihkan Kulit
  5. 8 Merk Bedak Padat untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat
Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan