8 Merk Beras yang Bagus, Sehat dan Berkualitas

Posted on

Merkbagus.id – Beras merupakan bahan makanan pokok masyarakat Indonesia yang tidak tergantikan. Akan tetapi, rata-rata jika membahas mengenai beras hanya ada beras putih saja. Padahal, di Indonesia paling tidak ada 5 jenis beras berkualitas tinggi yang bahkan sangat baik untuk kesehatan karena merupakan merk beras organik.

Beras organik ini adalah beras berkualitas tinggi yang bagus dan bermanfaat bagi kesehatan karena tidak menggunakan bahan kimia sehingga prosesnya lebih alami dan baik untuk kesehatan tubuh dan alam. Pada kesempatan kali ini, akan ada beberapa rekomendasi brand beras yang berkualitas tinggi. Akan tetapi, sebelum masuk ke pembahasan rekomendasi beras terbaik, tidak ada salahnya mengetahui 5 jenis beras yang ada di Indonesia.

5 Jenis Beras yang ada di Indonesia

5 Jenis beras yang akan dibahas  ini sebenarnya tidak semuanya sering dikonsumsi sehari-hari. Ada satu beras yang hanya digunakan untuk acara khusus tertentu saja. Untuk mengetahui semua jenisnya, langsung kita simak saja informasi selengkapnya di bawah ini

1. Beras Ketan

Jenis beras ini merupakan beras yang paling jarang digunakan umumnya untuk acara-acara tertentu saja, seperti selamatan tujuh bulanan atau untuk makanan tradisional. Tekstur beras ini sebenarnya cukup mirip dengan beras Jepang, sehingga tidak jarang digunakan sebagai campuran beras sushi di Indonesia.

Butiran beras lebih putih dan sama sekali tidak transparan pada bagian pinggirnya seperti beras putih. Meskipun jarang digunakan, beras ketan sebenarnya kaya akan amilopektin dan memiliki kandungan amilosa yang rendah. Sehingga beras ketan juga sebenarnya baik untuk kesehatan.

Akan tetapi, karena penggunaannya yang jarang untuk konsumsi sehari-hari, maka pada kali ini tidak ada rekomendasi untuk beras ketan. Meskipun begitu tidak menutup kemungkinan pada kesempatan selanjutnya akan ada rekomendasi khusus untuk beras atu ini.

2. Beras Putih

Jenis beras satu ini merupakan yang paling sering digunakan dan bisa dibilang merupakan definisi beras yang paling sering dimaksudkan oleh orang. Varian dari beras putih juga cukup beragam misalnya ada beras pandan wangi, rojolele, dan juga IR 42. Masing-masing beras memiliki kelebihan dan keunikannya sendiri.

Secara singkat, beras pandan wangi merupakan varian beras putih yang sangat populer karena berasnya yang enak, pulen, dan wangi. Tipe beras satu ini memiliki banyak penggemar dan bisa dibilang yang paling disukai.

Sementara beras rojolele merupakan beras yang memiliki kualitas sama dengan pandan wangi. Hanya saja untuk rojolele tidak memiliki aroma harum pandan sehingga bagi yang tidak suka wangi pandan wangi akan menjatuhkan pilihannya ke rojolele.

Sedangkan untuk beras IR 42 adalah jenis beras yang umumnya digunakan untuk bahan nasi goreng karena teksturnya yang pera. Beras tidak pulen sehingga bumbu nasi goreng lebih merata dan nasi tidak menempel satu sama lain.

3. Beras Merah

Semua beras merah sebenarnya baik untuk kesehatan mau itu organik ataupun bukan. Ini karena beras merah memiliki kandungan antosianin yang cukup besar. Namun, tentu saja jika membandingkan beras organik dan yang bukan, beras organik lebih baik.

Selain antosianin, beras merah juga mengandung mineral lain seperti magnesium dan zat besi. Untuk kandungan vitamin, beras merah mengandung vitamin B1, B6 dan B12 yang baik untuk tubuh.

Di masa lalu, beras merah sama sekali belum populer dan masih dianggap seperti sampingan saja. Akan tetapi, setelah banyak orang mulai peduli dengan kesehatan, mini mulai banyak yang melirik beras merah. Jika dibandingkan dengan popularitas beras putih, beras merah tepat ada di belakangnya dengan jumlah peminat terus meningkat.

4. Beras Hitam

Meskipun dikatakan beras hitam, tapi ketika matang warna beras akan cenderung berubah menjadi ungu loh. Sama seperti beras merah, beras hitam juga memiliki banyak kandungan mineral dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh.

Kandungan yang sangat menonjol dari beras hitam adalah antosianin yang sangat tinggi. Selain itu, secara umum beras hitam juga pasti mengandung vitamin E dan antioksidan yang baik bagi kulit. Untuk masalah serat, beras hitam memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dari beras putih.

5. Beras Coklat

Meskipun beras coklat kurang dikenal dan jarang disebut, tapi bukan berarti manfaatnya lebih sedikit ya. Beras coklat umumnya dipakai mereka yang ingin menurunkan berat badan karena serat dan kandungan yang ada didalamnya.

Beras coklat secara umum mengandung niasin, thiamin, selenium, magnesium, fosfor, mangan dan vitamin B6 yang tinggi. Air rebusan beras coklat umumnya digunakan sebagai minuman karena kaya akan mineral dan baik untuk pencernaan.

Bagaimana, ternyata selain beras putih ada jenis beras lain yang memiliki manfaat bagus berkualitas dan baik untuk kesehatan bukan? Malahan kandungannya bisa dibilang lebih baik dari beras putih, Jadi mulai sekarang pertimbangkan jenis beras lain juga ya. Seperti yang sudah dibahas di atas, sekarang saatnya menunjukan rekomendasi merk beras bagus, berkualitas dan menyehatkan yang sudah dipilih.

8 Rekomendasi Merk Beras yang Bagus, Berkualitas dan baik Bagi kesehatan

Rekomendasi yang ada di bawah ini merupakan pilihan khusus yangs udah dilengkapi review lengkap beserta harga terbarunya. Setiap jenis beras kecuali beras ketan disediakan 2 rekomendasi merk terbaik dan berkualitas yang pastinya bagus untuk kesehatan karena semuanya beras organik. Kalau begitu langsung kita simak saja rekomendasinya di bawah ini ya :

1. Hotel Black Rice

1. Hotel Black Rice

Beras hitam merupakan salah satu superfood yang bagus bagi kesehatan bahkan bagi pengguna kanker berkat kandungan antosianinnya. Selain bergizi tinggi dan bisa mengurangi terkena penyakit kanker, beras hitam Hotel Black Rice juga mampu menangkal radikal bebas.

Hotel Black Rice adalah beras hitam yang sudah memiliki sertifikat organik baik untuk merk maupun untuk cara pertaniannya dan sudah diakui  secara luas. Setiap bulir berasnya dijamin mengandung manfaat sempurna dari beras hitam organik terbaik yang ada.

Kelebihan Hotel Black Rice

  • Berasal dari pertanian beras bersertifikat
  • Hotel Black Rice sudah bersertifikat beras organik
  • Mengandung antosianin
  • Mampu mengurangi resiko terkena penyakit kanker
  • Mampu menangkal radikal bebas
  • Harganya cukup terjangkau

Kekurangan Hotel Black Rice

  • Tidak tersedia kemasan yang besar, hanya 1kg dan 2 kg saja
  • Masih cukup sulit dijumpai

Harga Hotel Black Rice

Nama TokoHargaKeterangan
LazadaRp 38.000Diskon 10%
BlibliRp 48.000
TokopediaRp 40.900
BukalapakRp 48.000
Shopee IndonesiaRp 48.000

2. Selma Organic Black Rice

2. Selma Organic Black Rice

Selma Organic Black Rice merupakan salah satu merk beras premium yang sudah tersertifikasi dari segi pertanian dan merknya secara utuh. Selma Organic Black Rice terjamin tidak menggunakan berbagai pestisida maupun pupuk kimia yang mungkin bisa berbahaya bagi makanan.

Kandungan nutrisi di dalam beras merah ini sangat lengkap, selain antosianin terdapat antioksidan, selenium dan polifenol. Setiap kemasannya di press dengan baik dan kedap udara sehingga tidak ada bakteri maupun kutu yang masuk dan kualitas beras akan tetap terjaga.

Kelebihan Selma Organic Black Rice

  • Mengandung 5% zat besi
  • Baik bagi mereka yang ingin melakukan diet karena termasuk rendah lemak
  • Kalorinya lebih rendah dari beras putih
  • Kandungan serat yang dimilikinya baik untuk pencernaan
  • Mengandung selenium, antioksidan, dan polifenol
  • Di press dengan sangat hati-hati

Kekurangan Selma Organic Black Rice

  • Harganya cukup mahal
  • Hadir dengan kemasan 1 kg

Harga Selma Organic Black Rice

Nama TokoHargaKeterangan
LazadaRp 61.000
BlibliRp 61.000
TokopediaRp 61.000
BukalapakRp 61.000
Shopee IndonesiaRp 48.000Diskon 20%

3. Rice Me Up Beras Coklat

3. Rice Me Up Beras Coklat

Rice Me Up Beras Coklat merupakan merk beras yang aman karena sudah memiliki sertifikat organik baik pada penanaman maupun merk kemasannya.  Selain kaya akan mineral dan vitamin, Rice Me Up Beras Coklat juga termasuk tinggi kandungan seratnya sehingga bisa membantu melancarkan BAB.

Beberapa mineral dan vitamin yang terkandung didalamnya yaitu zat besi, magnesium, vitamin B3, dan vitamin B1. Tekstur beras coklat ini sangat enak jika dimasak, berasnya tidak pera namun pulen dan rasanya pas ketika matang, walaupun harus dimasak sedikit lebih lama.

Kelebihan Rice Me Up Beras Coklat

  • Mengandung vitamin dan mineral penting bagi tubuh
  • Memiliki sertifikat organik untuk penanamannya
  • Memiliki sertifikat organik untuk merknya
  • Beras memiliki aroma enak yang khas
  • Mengandung tinggi serat yang baik untuk pencernaan

Kekurangan Rice Me Up Beras Coklat

  • Cukup sulit didapatkan karena belum terlalu populer
  • Kemasannya hanya ada 1 dan 2 Kg saja

Harga Rice Me Up Beras Coklat

Nama TokoHargaKeterangan
LazadaRp 42.000
BlibliRp 30.500Diskon 20%
TokopediaRp 40.000
BukalapakRp 40.000
Shopee IndonesiaRp 40.000

4. Serambi Botani Beras Coklat

4. Serambi Botani Beras Coklat

Serambi Botani Beras Coklat merupakan beras coklat dengan kandungan gizi yang padat sehingga sangat baik untuk kesehatan. Kandungan vitamin B1 dan B3 mampu mencegah berbagai penyakit berbahaya misalnya saja beri-beri.

Bagi yang memiliki masalah dengan gula, Serambi Botani Beras Coklat menjadi merk beras yang aman dikonsumsi karena rendah kandungan gula. Selain untuk penderita masalah gula, Serambi Botani Beras Coklat juga baik untuk memenuhi gizi ibu hamil dan menyusui.

Kelebihan Serambi Botani Beras Coklat

  • Bersertifikasi resmi beras organik
  • Sama sekali tidak menggunakan pestisida dan pupuk kimia
  • Kandungan gizinya padat
  • Mengandung zat besi dan magnesium yang cukup
  • Kandungan seratnya lebih tinggi daripada beras putih

Kekurangan Serambi Botani Beras Coklat

  • Kalori yang dimiliki masih sama dengan beras putih
  • Harganya cukup mahal

Harga Serambi Botani Beras Coklat

Nama TokoHargaKeterangan
LazadaRp 40.800
BlibliRp 38.400
TokopediaRp 39.000
BukalapakRp 39.000
Shopee IndonesiaRp 39.000

5. Hariku Beras Organik Pandan Wangi

5. Hariku Beras Organik Pandan Wangi

Hariku Beras Organik Pandan Wangi merupakan salah satu merk beras terenak di Indonesia dengan wangi beras yang khas, harum dan pulen.  Cara penanamannya benar-benar memperhatikan lingkungan dengan sistem SRI yang canggih.

Meskipun Hariku Beras Organik Pandan Wangi merupakan beras putih, namun kandungan karbohidratnya cukup rendah sehingga baik untuk berdiet. Selain itu Hariku Beras Organik Pandan Wangi juga dijamin bebas antibiotik, pewangi sintetis, dan juga GMO.

Kelebihan Hariku Beras Organik Pandan Wangi

  • Bebas dari GMO, pestisida, dan pupuk kimia
  • Tidak menggunakan pewangi sintetis
  • Termasuk rendah karbohidrat
  • Baik untuk mereka yang sedang diet
  • Teknik penanamannya canggih

Kekurangan Hariku Beras Organik Pandan Wangi

  • Harganya lebih mahal dari beras biasa
  • Tidak ada kemasan 1 Kg

Harga Hariku Beras Organik Pandan Wangi 2 Kg

Nama TokoHargaKeterangan
LazadaRp 57.000
BlibliRp 55.000
TokopediaRp 55.000
BukalapakRp 55.000
Shopee IndonesiaRp 55.000

6. Beras Cap Enak Tenan IR 42

6. Beras Cap Enak Tenan IR 42

Bagi yang suka membuat nasi goreng, Beras Cap Enak Tenan IR 42 bisa jadi pilihan yang tepat. Pasalnya Beras Cap Enak Tenan IR 42 merupakan merk beras pera yang bagus dan sudah diakui kualitasnya.

Untuk memasakan Beras Cap Enak Tenan IR 42 tidak perlu menggunakan air yang banyak cukup sedang saja. Sementara butiran berasnya juga tidak terlalu beras, melainkan kecil sedang sehingga mudah dikonsumsi.

Kelebihan Beras Cap Enak Tenan IR 42

  • Bersertifikasi beras pera super
  • Butiran beras tidak terlalu besar
  • Beras tidak mudah patah
  • Teksturnya pera dan pas untuk nasi goreng
  • Kemasan beras di press sempurna

Kekurangan Beras Cap Enak Tenan IR 42

  • Tidak tersedia ukuran 1 Kg
  • Penjualannya belum merata

Harga Beras Cap Enak Tenan IR 42

Nama TokoHargaKeterangan
LazadaRp 80.0005 Kg
BlibliRp 30.0002 Kg
TokopediaRp 30.0002 Kg
BukalapakRp 72.0005 Kg
Shopee IndonesiaRp 75.0005 Kg

7. Panino Beras Merah Organik

7. Panino Beras Merah Organik

Merk beras merah yang bagus dan enak ini mengandung nutrisi yang lebih tinggi jika dibandingkan beras putih biasa. Bagi mereka yang memiliki aktivitas tinggi, Panino Beras Merah Organik sangat cocok karena mampu memaksimalkan metabolisme tubuh.

Panino Beras Merah Organik juga bagus bagi mereka yang menderita diabetes karena rendah gula. Selain itu kandungan nutrisi yang lengkap bisa menjaga tubuh agar tetap sehat dan tidak mudah sakit.

Kelebihan Panino Beras Merah Organik

Tersertifikasi organik pada proses penanamannya

  • Memiliki sertifikat organik untuk merknya
  • Memiliki kandungan zat besi yang tinggi
  • Mengandung serat tinggi yang melancarkan pencernaan
  • Memaksimalkan metabolisme tubuh
  • Baik untuk penderita diabetes
  • harganya cukup terjangkau untuk kelas beras merah

Kekurangan Panino Beras Merah Organik 1 Kg

  • Masih cukup sulit didapatkan
  • Tidak tersedia kemasan yang besar

Harga Panino Beras Merah Organik 2 Kg

Nama TokoHargaKeterangan
LazadaRp 49.000
BlibliRp 45.000
TokopediaRp 44.000
BukalapakRp 45.850
Shopee IndonesiaRp 45.000

8. Lingkar Organik Red Rice

8. Lingkar Organik Red Rice

Lingkar Organik Red Rice hadir dengan kemasan yang di press dengan rapat sehingga bakteri maupun kutu tidak bisa masuk dan merusak kualitas beras. Beras Lingkar Organik Red Rice 100% dijamin organik sehingga terjamin kualitasnya dan pasti sehat dan bagus bagi kesehatan.

Bulir beras lebih panjang dan kandungan serat yang dimiliki sangat tinggi sehingga baik dikonsumsi bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu kandungan B1, B12 dan B6 yang tinggi mampu mencegah penyakit degeneratif dan meningkatkan kecerdasan anak.

Kelebihan Lingkar Organik Red Rice

  • Memiliki sertifikat beras organik resmi
  • Serat yang dimiliki sangat tinggi
  • Bisa meningkatkan kecerdasan anak
  • Memiliki kandungan B1, B6 dan B12 yang tinggi
  • Menyehatkan jantung
  • Menurunkan tingkat kolesterol dalam darah

Kekurangan Lingkar Organik Red Rice

  • Masih sulit ditemui dipasaran
  • Tidak tersedia ukuran yang besar

Harga Lingkar Organik Red Rice

Nama TokoHargaKeterangan
LazadaRp 30.0001 Kg
BlibliRp 31.0001 Kg
TokopediaRp 50.0002 Kg
BukalapakRp 50.0002 Kg
Shopee IndonesiaRp 50.0002 Kg

Rekomendasi Merk Beras Terbaik

Dari review masing-masing merk beras di atas, semuanya sudah memiliki sertifikat beras organik. Sehingga beras pasti aman, sehat, bagus dan juga berkualitas tinggi yang baik bagi tubuh.

Sehingga jika ingin memilih mana beras yang terbaik, sebenarnya harus kembali ke kebutuhan dan selera masing-masing. Akan tetapi jika murni hanya mempertimbangkan faktor manfaat kesehatan yang bisa didapatkan maka Panino Beras Merah Organik layak menjadi yang terbaik.

Kandungan mineral dan vitamin yang didalamnya sangat lengkap, selain itu serat yang dikandung oleh beras merah sangat tinggi. Sehingga beras ini baik bagi mereka yang ingin menjaga berat badan dan juga memiliki aktivitas harian yang cukup tinggi.

Panino Beras Merah Organik juga dibanderol dengan harga yang bersahabat dan masih terbilang terjangkau. Sehingga dari sisi harga tidak memberatkan ketika ingin dikonsumsi sehari-hari.

Kesimpulan

Memilih mana beras yang terbaik dari 4 jenis beras yang umum berada di Indonesia bukanlah hal yang mudah. Semua produk beras yang direkomendasikan di atas merupakan beras organik terbaik sehingga sudah pasti bagus, berkualitas dan menyehatkan tubuh.

Baca juga: 10 Merk Tepung Terigu Terbaik yang Bagus dan Berkualitas

Sehingga jika ingin mengkonsumsi salah satu di antara merek diatas, menyesuaikan dengan kebutuhan akan menjadi pilihan terbaik. Memilih merk beras yang bisa dikonsumsi terus menerus setiap hari akan lebih bermanfaat daripada terus berganti-ganti dari satu jenis yang lain. Atau pilihan lainnya, mengkombinasikan beras yang akan dikonsumsi juga bisa menjadi pilihan yang bagus.

Rasanya informasi kali ini mengenai jenis-jenis beras yang umum ada di Indonesia beserta rekomendasi merk beras sudah cukup. Apabila masih ada yang ingin ditanyakan, silakan sja ketikan di kolom komentar atau apabila merasa artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya jika disebarkan di media sosial pribadi.