10 Merk Raket Badminton untuk Pemula dan Pro Terbaik

Posted on

Ketika bermain badminton, alat utama yang Anda perlukan adalah raket, shuttlecock, dan jaring. Raket adalah salah satu yang paling penting, sehingga Anda perlu memilih merk raket badminton terbaik agar bisa membantu Anda memainkan olahraga badminton dengan nyaman dan benar.

Berikut tips memilih dan variasi merk raket untuk badminton yang berkualitas:

Tips Memilih Raket Badminton Berkualitas

1. Memperhatikan Titik Keseimbangan

Memperhatikan-Titik-Keseimbangan

Hal terpenting yang harus Anda perhatikan ketika membeli raket badminton adalah melihat titik keseimbanganya. Titik keseimbangan bisa Anda ketahui dengan memastikan sisa kanan dan kiri memiliki ukuran yang sama.

Jika salah satu sisinya berbeda, permainan badminton Anda akan terganggu karena shuttlecock tidak bisa dilempar sesuai sasaran yang tepat. Memastikan titik keseimbangan harus dilakukan dengan teliti. Anda bisa meminta bantuan teman yang sudah profesional dan benar-benar paham.

2. Menentukan Berat Raket

Menentukan-Berat-Raket

Keterangan berat sebuah raket bisa Anda lihat dari tanda huruf U yang tersemat di bagian gagang. Jika tertulis huruf U dengan jumlah banyak, maka raket tersebut memiliki bobot yang lebih ringan. Anda tinggal menyesuaikan berat raket dengan kebutuhan.

Raket badminton yang berat biasanya dapat menambah momentum saat raket diayunkan, sedangkan raket dengan bobot ringan akan memudahkan Anda untuk mengontrol bola. Kira-kira jenis raket mana yang Anda butuhkan?

3. Mencermati Tingkat Kelenturan

Mencermati-Tingkat-Kelenturan

Raket badminton dibuat dari bahan yang kokoh dan sifatnya keras. Namun, saat membeli raket, Anda tetap perlu memperhatikan tingkat kelenturannya. Tingkat lentur yang dimaksud adalah memiliki pantulan yang baik ketika pemain melakukan smash.

Selain memastikan kelenturannya, Anda juga perlu memegang bagian batang. Batang yang kaku akan membantu Anda melakukan serangan dengan cepat.

4. Memilih Handgrip yang Nyaman

Memilih-Handgrip-yang-Nyaman

Bermain badminton bertumpu pada kekuatan tangan. Jenis olahraga semacam ini tentu membutuhkan kenyamanan, khususnya pada bagian handgrip atau pegangan tangan. Ketika membelinya, pastikan material handgrip terasa nyaman saat Anda pegang.

5. Jenis Raket Sesuai Gaya Permainan

Jenis-Raket-Sesuai-Gaya-Permainan

Ternyata, ketika memilih raket badminton, Anda harus memilihnya sesuai gaya permainan yang akan dilakukan. Jenis raket terbagi atas 2 jenis yakni raket pertahanan dan serangan. Jika Anda sampai salah pilih, pertandingan tidak bisa Anda menangkan lebih cepat.

Ketika bermain dengan gaya bertahan, Anda memerlukan raket badminton yang bobotnya ringan. Biasanya memiliki kode 3U dan 4U. Sedangkan jika memilih gaya menyerang, pastikan untuk membeli raket kode 2U dan 3U. Untuk permainan kombinasi, sebaiknya memakai raket kode 3U.

6. Bahan Dasar Berkualitas Bagus

Bahan-Dasar-Berkualitas-Bagus

Salah satu tips dalam memilih raket badminton terbaik adalah memastikan bahan dasar raket memiliki kualitas unggul, minimal menggunakan carbon fiber. Bahan ini bersifat ringan, tidak mudah berkarat, kuat, dan berkarakter aerodinamik.

Rekomendasi Merk Raket Badminton Terbaik

1. Victoria

Victoria

Rekomendasi pertama untuk Anda yang ingin membeli raket badminton adalah Victoria. Merk ini sering digunakan oleh pasangan ganda campuran asal Indonesia, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir. Pasangan pemain ini dikenal sudah menjuarai banyak pertandingan.

Raket Victoria memiliki performa yang tangguh karena dirancang khusus untuk permainan badminton dengan tipe ‘menyerang lawan’. Setiap lubang senar raket berjarak presisi, sehingga tidak mudah putus saat sedang bertanding. Variasi dari Victoria antara lain Thruster TK 8000 dan Meteor MX JJS.

2. Astec

Astec

Astec bisa juga menjadi pilihan raket badminton Anda, karena sudah dilengkapi dengan teknologi khusus. Material dasar dari produk ini adalah ultra hi-modulus carbon graphite, sehingga sangat ringan ketika Anda gunakan.

Raket Astec sendiri adalah produk yang dibuat oleh pebulu tangkis nasional Alan Budikusuma dan Susi Susanti. Pengalaman dalam bermain bulu tangkis membuat produk Astec dibekali teknologi aeroleap yang memungkinkan kecepatan pukulan lebih akurat dan maksimal.

3. Li Ning

Li-Ning

Merk Li Ning merupakan raket badminton yang dibuat oleh China dan menjadi salah satu produk terbaik hingga saat ini. Raket Li Ning dibuat dengan kualitas tinggi dan sering kali digunakan oleh atlet profesional. Harga produk ini mulai dari Rp 150 ribuan.

4. Adidas

Adidas

Adidas memang tidak pernah mau tertinggal dalam urusan olahraga. Raket badminton dari Adidas juga dikenal berkualitas, tangguh dan menjadi alat pertandingan yang mumpuni. Jika ingin menggunakan raket ini, pastikan menyediakan budget yang cukup karena harganya tergolong mahal.

5. Yonex

Yonex

Merk raket badminton yang sudah dikenal masyarakat luas karena sering digunakan oleh para atlet adalah Yonex. Merk ini terbilang cukup mendunia karena juga digunakan oleh pemain bulu tangkis internasional.

Raket Yonex sudah dibekali dengan teknologi khusus yang membuat sistem pengontrol lebih sempurna. Produk ini memiliki bobot yang ringan, sehingga nyaman digunakan untuk berbagai macam gerakan atau pukulan shuttlecock.

Variasi dari Yonex yang paling populer dan banyak dibeli adalah Yonex Arcsaber FB, Muscle Power, dan Nanoray 80.  Untuk versi termahal Yonex saat ini adalah Voltric Z Force dengan kisaran harga Rp 1,8 jutaan.

6. Yehlex

Yehlex

Raket badminton terbaik yang patut untuk Anda beli, salah satunya yakni merk Yehlex. Produk ini sudah seringkali digunakan oleh atlet internasional saat ajang pertandingan. Yehlex telah membeli teknologi khusus yang bisa memantulkan smash tepat sasaran dan lebih kuat.

7. Wilson

Wilson

Wilson merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi raket badminton berkualitas. Pada mulanya, Wilson hanya membuat raket tenis, tetapi mulai berkembang untuk menciptakan peralatan olahraga lainnya.

Variasi raket dari Wilson sangatlah banyak, tetapi yang paling laku keras di pasaran adalah Wave BLX. Produk raket ini sering digunakan oleh pemain bulu tangkis asal Eropa atau Amerika.

8. Pro Ace

Pro-Ace

Raket badminton asal Inggris ini sangat cocok untuk para pemula. Desain raket Pro Ace tampak simpel, tetapi memberikan kenyamanan penuh bagi penggunanya. Namun, sayangnya merk ini kurang maksimal jika digunakan untuk smash.

9. Monsoon

Monsoon

Monsoon adalah salah satu raket badminton terbaik untuk para pemain profesional. Gagang raket memiliki bantalan yang empuk dan bobotnya cukup ringan. Selain itu, raket ini dibuat untuk pukulan smash yang tajam dan kuat.

Monsoon tidak hanya diperuntukkan bagi pemain profesional, tetapi beberapa variasinya dibuat khusus untuk pemula. Harga raket ini di pasaran berkisar Rp 250 ribuan.

10. Carlton

Carlton

Desain raket yang dikhususkan untuk memaksimalkan kecepatan saat bermain bulu tangkis adalah Carlton. Produk ini telah menyematkan motto ‘Specialist at speed’ karena dijamin memiliki ketepatan melempar dan kecepatan yang baik.

Pihak produsen membekali raket Carlton dengan logam berkualitas tinggi, sehingga dinobatkan sebagai produsen raket stainless steel pertama. Harga produk ini kisaran Rp 250 ribuan.

11. Karakal

Karakal

Karakal adalah salah satu produsen yang membuat raket untuk badminton. Mungkin masih terasa asing di telinga Anda, apalagi jika dibandingkan dengan merk lainnya. Namun, kualitas raket dari Karakal tidak berbeda jauh dari merk-merk terkenal yang sudah disukai masyarakat pada umumnya.

Karakal sudah memasarkan produknya di 40 negara, termasuk Indonesia. Raket ini memiliki performa yang tangguh dan sangat cocok untuk pemain ganda (putri/ putra/ campuran). Produk yang paling banyak diminati adalah Karakal BN60 Ultralite.

Bagi Anda yang masih pemula, Anda bisa membeli raket badminton berharga standar terlebih dahulu. Namun, jika sudah beranjak menjadi pemain bulutangkis profesional, pastikan untuk memilih merk raket badminton yang tepat dan nyaman saat digunakan. Merk manakah yang sudah pernah Anda pakai?

 

Lihat Juga :

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan