7 Rekomendasi Obat Kumur Terbaik yang Bagus dan Tahan Lama

Posted on

Obat kumur salah satu cara untuk mengatasi bau mulut, yang di dalamnya mengandung zat aktif yang bekerja untuk membunuh kuman. Selain menangkal bau mulut, obat kumur membantu mengatasi masalah lain, seperti radang gusi hingga gigi keropos. Beberapa membutuhkan resep dokter, selain itu dijual bebas di pasaran. Berikut ini beberapa penjelasan obat kumur terbaik yang bisa Anda gunakan.

Tips Memilih Obat Kumur


1. Sesuaikan dengan Kondisi Kebutuhan Mulut Anda

Sesuaikan-dengan-kondisi-kebutuhan-mulut-Anda

Bahan aktif pada obat kumur harus mampu menangani masalah sesuai kondisi mulut. Berikut beberapa jenisnya.


a. Alkohol Dapat Mengembalikan Nafas Segar

Obat kumur berbahan alcohol, akan memberikan sensasi segar di mulut setelah digunakan. Anda juga harus mengetahui bahwa alkohol akan menimbulkan efek samping kesemutan pada mulut.


b. Fluoride untuk mengatasi mulut kering

Bahan Fluoride akan mencegah kerusakan dan memperkuat lapisan gigi. Obat kumur dengan kandungan Fluoride akan menangkal terjadinya gigi keropos, karena bakteri yang menumpuk di rongga mulut.


c. Zat antiplak untuk melawan gingivitis atau kuman plak

Zat antiplak pada obat kumur membantu membersihkan gigi secara tuntas. Bahan ini menyapu bersih kotoran yang tidak bisa dibersihkan hanya dengan menyikat gigi.


2. Pilih Obat Kumur dengan Daya Stimulasi yang Anda Butuhkan

Pilih-obat-kumur-dengan-daya-stimulasi-yang-Anda-butuhkan-scaled

Daya stimulasi sebuah obat kumur akan memengaruhi lama kerja efek yang akan ditimbulkan pada gigi. Kemampuan tersebut dibagi menjadi daya stimulasi tinggi dan rendah.


a. Daya Stimulasi Rendah untuk Penggunaan secara Rutin

Pilih obat kumur yang mengandung sedikit alkohol dan menthol untuk penggunaan rutin. Daya stimulasi rendah tidak akan membunuh flora normal, yang bekerja sebagai pelindung gigi dan mencegah pengeroposan gigi.


b. Daya Stimulasi Tinggi untuk Merasakan Efek yang Cepat

Anda dapat menggunakan jenis obat kumur dengan stimulan tinggi, ketika berada dalam situasi mendesak. Contohnya, ketika Anda harus bertemu dengan orang lain dan tidak sempat menyikat gigi sesudah makan. Sebelum menggunakannya, lebih baik biasakan diri dahulu dengan obat kumur stimulan rendah.


Rekomendasi Obat Kumur Terbaik yang Bagus dan Tahan Lama

Anda dapat mulai menggunakan obat kumur untuk membantu membersihkan mulut dengan mengetahui beberapa rekomendasi di bawah ini.


1. Listerine Cool Mint

Listerine-Cool-Mint

  • Stimulasi kuat.
  • Mengandung alcohol.
  • Rasa mint.

Listerine adalah salah satu merk yang mudah ditemukan di mana saja. Anda dapat membelinya di supermarket atau toko terdekat. Sebelum menjadi sebuah merek obat kumur terbaik, Listerine merupakan sebuah antiseptik operasi. Perintisnya terinspirasi dari meningkatnya jumlah pasien selamat akibat ruang operasi yang disterilkan.

Obat kumur ini mengandung 4 essential oil yang bekerja sebagai bahan aktif, yaitu eucalyptol, menthol, methyl salicylate, dan thymol dengan stimulasi cepat. Produk ini akan memberikan efek kesegaran selama 12 jam setelah menyikat gigi, dan mampu melawan hampir seluruh bakteri penyebab bau mulut. Petunjuk penggunaannya adalah berkumur 2 kali sehari setelah menyikat gigi.


2. Total Care Mouthwash Siwak Salt

Total-Care-Mouthwash-Siwak-Salt

  • Stimulasi ringan.
  • Tidak mengandung alcohol.
  • Rasa mint.

Varian Total Care ini mengandung Siwak Salt untuk mengurangi pertumbuhan bakteri alami di mulut. Siwak Salt diklaim mampu menjaga warna gigi dan bau mulut alami. Siwak juga membantu merangsang produksi air liur untuk menjaga kesehatan gusi. Menggunakan tea tree oil untuk membunuh kuman dan bakteri. Anda akan merasakan nafas segar dan tahan lama.

Total Care sudah bersertifikasi halal, sehingga cocok untuk Anda yang mencari obat kumur non alkohol. Anda tidak akan merasakan nyeri atau kesemutan setelah menggunakan obat kumur ini. Total Care Mouthwash Siwak Salt tersedia dalam ukuran 250 ml dan dapat ditemukan di e-commerce dan toko terdekat.


3. Colgate Plax

Colgate-Plax

  • Stimulasi ringan.
  • Tidak mengandung alcohol.
  • Rasa peppermint.

Colgate Plax merupakan obat kumur terbaik yang tidak mengandung alkohol. Obat kumur yang satu ini diklaim menyehatkan gusi, mencegah gigi berlubang, dan menyegarkan nafas dalam 24 jam. Produk ini tentu melindungi gigi Anda dari plak dan bakteri. Anda dapat menggunakannya secara rutin selama 7 hari dengan intensitas 2 kali sehari.

Colgate Plax memiliki varian original dan peppermint. Keduanya memberikan efek fresh, namun tidak perih atau rasa terbakar di mulut. Pemakaian yang teratur akan membantu Anda membersihkan karang gigi. Kebanyakan orang lebih percaya diri setelah rutin memakai obat kumur ini. Efeknya teruji dan banyak disarankan oleh dokter gigi.


4. Systema Gum Care Mouthwash

Systema-Gum-Care-Mouthwash

  • Stimulasi tinggi.
  • Tidak mengandung alcohol.
  • Rasa herbal.

Produk ini menggunakan Japan’s advanced dental technology yang telah teruji dalam membunuh bakteri. Obat kumur ini tidak keras dan mencegah mulut kering. Systema Gum Care Mouthwash mengandung fluoride yang bekerja menghilangkan plak membandel di sela-sela gigi, dan memberikan perlindungan dari kerusakan.

Obat kumur ini mengandung IPMP yang bekerja sebagai powerful antibacterial agent untuk membunuh bakteri yang bersarang di mulut. Systema Gum Care Mouthwash menghadirkan 3 varian, yaitu spring fresh, menthol breeze, dan green forest. Anda tidak merasakan aftertaste perih dan terasa nyaman setelah berkumur dengan obat ini.


5. Therabreath Oral Rinse

Therabreath-Oral-Rinse

  • Stimulasi ringan.
  • Tidak mengandung alcohol.
  • Rasa mint.

Therabreath adalah merk obat kumur terbaik yang direkomendasikan oleh dokter gigi selama lebih dari 20 tahun. Produk ini akan menghilangkan nafas yang bau dan sisa makanan di mulut Anda. Bahan aktifnya bekerja menetralkan bakteri penghasil sulfur penyebab bau mulut. Anda dapat menggunakan Therabreath Oral Rinse sebelum tidur.

Obat kumur ini tidak mengandung alkohol dan tanpa pewarna buatan. Selain itu juga, tidak mengandung asam yang menyebabkan rasa perih atau terbakar. Didukung dengan sertifikasi vegan dan gluten free, membuat obat kumur ini direkomendasikan untuk semua orang. Hasilnya, mulut Anda akan segar dan sehat sepanjang hari dengan aroma mint yang ringan.


6. Betadine Obat Kumur

Betadine-Obat-Kumur

  • Stimulasi ringan.
  • Kandungan alkohol tidak diketahui.
  • Rasa mint ciri khas Betadine.

Betadine mengeluarkan obat kumur antiseptik yang mengandung povidone-iodine 1%. Obat kumur ini diklaim meredakan gejala sakit tenggorokan, gusi bengkak, serta masalah nafas dan bau mulut. Produk ini disarankan oleh dokter untuk mengatasi infeksi akut, sariawan, dan pemulihan setelah operasi gigi mulut.

Anda cukup menggunakan Betadine Obat Kumur maksimal selama 14 hari. Pastikan Anda memakai resep dokter atau mengikuti aturan pada kemasan. Anda dapat berkumur sebanyak 3 sampai 5 kali sehari. Anda jadi tidak perlu khawatir memelihara kesehatan gigi dan mulut, karena Betadine memberikan manfaat pada kesehatannya.


7. Pepsodent Mouthwash Pro Complete

Pepsodent-Mouthwash-Pro-Complete

  • Stimulasi ringan ke sedang.
  • Tidak mengandung alkohol.
  • Rasa mint.

Obat kumur ini mengandung fluoride untuk mencegah gigi berlubang dan active zinc, untuk mengurangi risiko pertumbuhan bakteri. Anda akan merasakan sensasi yang fresh dan hasil berkumur yang optimal. Anda dapat menggunakannya 2 kali sehari setelah menyikat gigi. Produk ini tidak direkomendasikan untuk anak di bawah 6 tahun.

Anda juga dapat berkumur dengan Pepsodent Mouthwash Pro Complete secara rutin tanpa khawatir akan menimbulkan masalah baru pada gigi. Tidak akan muncul iritasi untuk penggunaan jangka panjang untuk penggunanya.


Kesimpulan

Obat kumur pada umumnya menunjang kesehatan, kesegaran, serta kebersihan gigi dan mulut. Pilihlah produk yang mampu memberikan banyak manfaat untuk gigi dan mulut Anda. Sesuaikan dengan masalah dan kebutuhan Anda. Apabila mendapatkan resep dokter, gunakan obat kumur sesuai jangka waktu yang ditentukan.

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan