10 Merk Sepeda Gunung Terbaik dan Berkualitas

Posted on

Bersepeda merupakan jenis olah raga asik dan menyenangkan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Rutin bersepeda dapat membantu menurunkan resiko berbagai penyakit sepeti jantung, kolestrol dan sebagainya.


Selain membuat tubuh sehat dan bugar, kegiatan satu ini juga dapat membuat pikiran Anda lebih rileks. Kegiatan bersepeda dapat anda lakukan di area jalanan aspal hingga area yang lebih menantang seperti pegunungan.



Berbicara mengenai sepeda gunung atau yang biasa dikenal dengan MTB (Mountain Bike) tentu Anda akan membayangkan sepeda yang kuat, gagah, tahan banting dan memiliki harga yang sesuai. Mengingat banyak sekali sepeda yang beredar di pasaran. Berikut ini tips memilih dan rekomendasi merk sepeda gunung yang dapat membantu anda.


Tips Memilih Merk Sepeda Gunung


1. Mengenali Jenis Sepeda

Mengenali-Jenis-Sepeda

Hal pertama yang harus anda ketahui adalah jenis dari sepeda. Secara garis besar, sepeda ada empat jenis dengan spesifikasi dan kegunaan yang berbeda.  Adapun empat jenis dari sepeda adalah sebagai berikut Road Bike, Sepeda Gunung (MTB), BMX dan City Bike.


2. Menyiapkan Budget

Menyiapkan-Budget

Sepeda memiliki spesifikasi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Harga yang harus dibayar untuk mendapatkan sepeda impian juga bervariatif. Jenis sepeda gunung dijual mulai dari harga Rp. 1 jutaan. Selain sepeda, Anda juga membutuhkan beberapa aksesori seperti helm, botol minum dan pakaian bersepeda yang nyaman.


3. Memilih Suspensi

Memilih-Suspensi

Anda harus memahami perbedaan antara hard trail atau full suspension. Hard trail tidak mempunyai suspense pada bagian belakang, namun cocok di medan berat. Sedangkan full suspension memiliki kenyamanan lebih empuk namun tidak cocok di medan berat. Jika anda senang bersepeda di gunung terjal maka pilihan yang cocok adalah hard tail.


4. Mencocokkan dengan Gaya bersepeda

Mencocokkan-dengan-Gaya-bersepeda

Pilihlah sepeda yang cocok dengan gaya bersepeda anda. Apakah anda lebih senang bersepeda di jalanan kota atau di gunung. Sepeda gunung juga bisa digunakan di jalanan kota.


5. Menyesuaikan Tinggi Badan

Menyesuaikan-Tinggi-Badan

Saat memilih sepeda gunung, pastikan sesuai dengan tinggi badan Anda. Anda bisa bertanya kepada penjual mengenai frame sepeda yang sesuai dengan tinggi badan. Hal ini sangat penting demi kenyamanan saat bersepeda.


Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik

Berikut ini merupakan daftar sepeda gunung terbaik dan berkualitas yang kami rekomendasikan.


1. Sepeda Gunung Odessy

Sepeda-Gunung-Odessy

Sepeda gunung Odessy memiliki frame yang kuat dan suspensi yang empuk cocok dikendari di kondisi jalanan apa pun. Bagi pecinta offroad direkomendasikan menjajal sepeda satu ini. Desain sepeda gunung Odessy dibuat eksklusif dan tampak mewah. Rangka sepeda menggunakan rangka alloy yang ringan dan kuat serta tahan banting.

Rentang harga : Rp. 1.000.000 – Rp. 4.250.000


2. Sepeda Gunung Polygon

Sepeda-Gunung-Polygon

Sepeda gunung merk Polygon sudah tidak dapat diragukan lagi kualitasnya. Sepeda gunung Polygon terbilang tangguh dan awet digunakan. Keunggulan sepeda gunung merk ini adalah memiliki kualitas frame yang kokoh dan ringan, seatpost stem dan handlebar yang awet digunakan bertahun-tahun.

Banyak tipe yang diluncurkan Polygon yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari MTB, City Bike, BMX, Road Bike dan masih banyak lagi jenisnya.

Rentang harga : Rp. 1.000.000 – Rp. 27.300.000


3. Sepeda Gunung Wimcycle

Sepeda-Gunung-Wimcycle

Salah satu merk sepeda favorit para rider yang merupakan merk sepeda terbaik buatan lokal. Keawetan dan kualitas yang mumpuni berhasil membuat merk sepeda ini menjajali pasar internasional.  Sepeda gunung ini cocok digunakan untuk menempuh jalanan offroad.

Dilengkapi rem cakram dan pilihan kecepatan sampai tujuh gigi dengan sistem pengoperan yang mudah. Rangka sepeda gunung Wimcycle memiliki bobot yang kokoh dan tetap ringan karena terbuat dari Alloy Aluminium. Rangka sepeda juga dapat garansi resmi selama 5 tahun. Banyak pilihan yang disediakan untuk dewasa dan anak-anak.

Rentang harga : Rp. 1.000.000 – Rp. 3.440.000


4. Sepeda Gunung United

Sepeda-Gunung-United

Sepeda gunung selanjutnya adalah United. Merk United menjadi kompetitor terberat Polygon. United memiliki komponen-komponen yang berkualitas dan terjamin. Selama 50 tahun berkarya menjadi produsen terbaik, merk sepeda United sudah menjadi kesayangan para rider. Dengan penampilannya yang simple dan trendi sangat nyaman dikendarai.

Rentang harga: Rp 2.000.000 – Rp 15.275.000


5. Sepeda Gunung Aviator

Sepeda-Gunung-Aviator

Aviator memiliki frame sepeda yang terbuat dari komponen terbaik dan suspensi yang empuk dari jepang. Sepeda ini dapat digunakan di offroad maupun jalan raya. Hadir dengan beragam desain yang sporty dan elegan yang dapat anda pilih sesuai selera masing-masing.

Desainnya yang ramping dan elegan menjadikan sepeda gunung Aviator ini digemari banyak kalangan, terlebih harganya yang terjangkau.

Rentang harga: Rp 756.250 – Rp 4.219.800


6. Sepeda Gunung Atlantis

Speda-Gunung-Atlantis

Rekomendasi selanjutnya adalah sepeda gunung Atlantis yang memiliki kualitas tinggi namun masih terjangkau. Bagi Anda yang mengutamakan kenyamanan saat berkendara, sepeda gunung Atlantis menjadi pilihan tepat. Hal ini karena sepeda didesain dengan body yang kokoh dan bagian shock depan yang ringan.

Kelebihan lainnya, harganya juga termasuk ramah di kantong namun tetap awet digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sangat pas untuk Anda yang ingin mencari sepeda dengan harga yang terjangkau.

Rentang harga: Rp 824.999 – Rp 1.650.000


7. Sepeda Gunung Thrill

Sepeda-Gunung-Thrill

Diawal kemunculannya, merk sepeda lokal ini terkenal dengan produknya yang memiliki kualitas jempolan. Sepeda gunung Thrill dibuat dengan komponen berkualitas yang ringan dan fleksibel serta mengutamakan kenyamanan Anda saat berkendara. Sepeda ini cocok digunakan untuk di medan ringan hingga medan yang sulit.

Kebelihan lainnya, Thrill ini hadir model yang fashionable dan elegan dengan berbagai macam variasai. Kemudian terkait dengan harganya juga bermacam-macam tergantung spesifikasi yang dipilih.

Rentang harga: Rp 750.000 – Rp 20.700.000


8. Sepeda Gunung Genio

Sepeda-Gunung-Genio

Satu lagi produk lokal berkualitas tinggi yang patut kita banggakan adalah Genio. Berada dalam satu rumah produksi dengan United tentunya sepeda ini dibuat dengan komponen terbaik yang nyaman digunakan baik di jalan raya maupun soft offroad.

Terkait dengan modelnya, sepeda gunung Genio ini hadir dengan model yang sederhana namun tetap elegan ketika digunakan melintasi jalanan. Selain itu, harganya yang terjangkau juga menjadi kelebihan lain dari sepeda gunung Genio ini.

Rentang harga: Rp 937.500 – Rp 2.500.000


9. Sepeda Gunung Avand

Sepeda-Gunung-Avand

Sepeda gunung Avand juga termasuk ke dalam rekomendasi merk sepeda gunung terbaik yang bisa digunakan di jalanan apapun. Desain frame yang elegan dan kokoh serta sistem rem yang hydraulic membuat sepeda ini nyaman dikendari.

kelebihan selanjutnya, sepeda gunung Avand ini hadir dengan harga terjangkau, Anda bisa melakukan pembelian secara online atau offline.

Rentang harga: Rp 1.500.000 – Rp 1.895.000


10. Sepeda Gunung Senator

Sepeda-Gunung-Senator

Senator merupakan sepeda produksi lokal dengan kualitas yang tidak kalah dengan brand luar. Sepeda ini didesain kokoh dan bisa dipakai di segala usia. Selain itu, untuk jenis tertantu juga sudah dilenhkapi dengan sistem pengereman hydraulic yang membuat perjalanan semakin nyaman.

Mengenai harganya, sepeda gunung Senator ini juga termasuk ramah di kantong. Lebih dari itu modelnya juga variatif.

Rentang harga : Rp. 738.750 – Rp. 2.531.000


Kesimpulan

Dengan membaca rangkuman diatas Anda tidak perlu lagi khawatir salah memilih merk sepeda gunung terbaik dan berkualitas. Pastikan anda memperhatikan tips yang sudah diberikan dan mendapatkan sepeda gunung yang tepat dengan gaya Anda. Demi alasan kenyamanan dan keamanan Anda, pastikan menggunakan selalu helm saat bersepeda.