3 Merk PIL KB Terbaik yang Bagus dan Aman

Posted on

Merencanakan kehamilan memang harus dipikirkan bersama pasangan. Untuk merencanakan kehamilan, Anda membutuhkan merk pil KB yang aman digunakan. Tentunya, setiap jenis pil KB memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Seperti yang diketahui, pemerintah telah menetapkan program Keluarga Berencana (KB) untuk menyeimbangkan populasi penduduk di Indonesia. Anda dapat menemukan pil KB dengan mudah di toko obat atau apotek. Bagi Anda yang sedang mencari pil KB, berikut adalah rekomendasinya:


Tips Memilih Jenis Merk Pil KB yang Aman

Saat ini, terdapat berbagai jenis alat kontrasepsi yang tersedia di pasaran. Jika hanya ingin menunda kehamilan, maka Anda bisa menggunakan pil KB. Berikut ini adalah tips memilih jenis pil KB yang bagus:


1. Tetapkan Tujuan Bersama Pasangan

Tetapkan-Tujuan-Bersama-Pasangan

Jika Anda dan pasangan ingin menunda kehamilan, sebaiknya memilih pil KB. Pil KB sendiri bisa mengembalikan tingkat kesuburan Anda.


2. Ketahui Kondisi Tubuh

Ketahui-Kondisi-Tubuh

Sebelumnya, Anda harus mengetahui kondisi tubuh terlebih dahulu. Pil KB sendiri termasuk alat kontrasepsi hormonal. Namun, ada sebagian orang yang sistem kerja hormonnya terganggu, sehingga mengalami kenaikan berat badan, siklus haid berubah hingga sakit kepala.


3. Konsultasi ke Dokter

Konsultasi-ke-Dokter

Jika tidak yakin dengan pilihan Anda, maka segeralah berkonsultasi ke dokter kandungan atau bidan. Dengan begitu, dokter kandungan atau bidan akan menjelaskan informasi mengenai pil KB yang bagus dan aman untuk digunakan.


4. Perhatikan Jenis Pil KB yang Digunakan

Pil-Mini

Hingga saat ini, ada dua jenis pil KB yang bisa Anda temukan, yakni Pil KB Kombinasi dan Pil Mini. Perbedaan jenis tersebut karena pil KB merupakan alat kontrasepsi dengan kandungan hormon yang berbeda-beda.


a. Pil KB Kombinasi

Pil KB Kombinasi terdiri dari kandungan hormon Estrogen dan Progestin. Kemudian, ada juga beberapa pil yang tidak aktif dan tidak mengandung hormon. Cara kerja dari pil KB Kombinasi adalah menekan ovulasi melalui pencegahan ovarium agar melepaskan sel telurnya, menghambat sperma, serta memangkas lapisan rahim agar tidak terjadi pembuahan.


b.  Pil Mini

Pil ini memiliki kandungan hormon Progestin. Dosis yang terdapat di pil Mini lebih rendah dibanding Progestin dalam pil KB Kombinasi. Namun, ada juga pil Mini yang kandungan Progestinnya lebih tinggi.

Pil Mini berfungsi untuk menekan ovulasi, menipiskan atau memangkas lapisan rahim hingga membuat lendir serviks menjadi kental.


c. Pil Plasebo

Selain pil KB Kombinasi dan pil Mini, ada juga pil KB dengan kandungan nutrisi tambahan. Pil KB dengan zat besi dalam pil Plasebo, memiliki fungsi untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. Berikut adalah beberapa kandungan yang terdapat dalam jenis pil KB ini:

  • Pil aktif dengan kandungan hormon Estrogen dan Progestin yang fungsinya sama seperti pil KB biasanya.
  • Pil aktif dengan kandungan Ferrous Fumarate, yakni jenis zat besi yang diperlukan oleh tubuh agar dapat memproduksi sel darah.

Jika Anda mengonsumsinya secara benar, maka pil ini cukup efektif untuk mencegah kehamilan. Sama seperti obat lainnya, pil KB juga memiliki efek samping. Biasanya, efek samping yang terjadi adalah diare, mual atau muntah, sakit perut hingga sembelit. Namun, efek samping tersebut jarang timbul jika Anda mengonsumsi zat besi dengan dosis rendah.


Rekomendasi 3 Merk Pil KB Terbaik

Anda dapat memilih pil KB yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai Anda salah memilih dan menggunakannya secara sembarangan. Bagi Anda yang masih bingung, berikut adalah rekomendasi pil KB terbaik:


1. Pil KB Diane

Pil-KB-Diane

Pil KB Diane sangat cocok bagi Anda yang ingin menunda kehamilan dalam jangka waktu pendek. Pil KB ini juga berfungsi untuk mencegah timbulnya jerawat. Anda dapat mengonsumsi pil ini sebelum atau sesudah makan, kemudian cukup minum satu pil saja.

Bagi penderita penyakit diabetes, hati hingga migrain harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Sebab, setiap pil KB memiliki efek samping yang berbeda-beda. Pil KB Diane bisa Anda temukan di apotek mana saja. Namun, pil KB ini dijual dengan harga yang cukup mahal.

Keunggulan

  • Dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan.
  • Cukup mengonsumsinya sebanyak satu kali dalam sehari.
  • Pil KB ini juga bisa mencegah timbulnya jerawat di bagian wajah.
  • Mudah ditemukan di berbagai toko obat dan apotek.
  • Tersedia dalam varian isi 35 tablet yang praktis dibawa ke mana saja.

Kelemahan

  • Dijual dengan harga yang cukup mahal.
  • Sebelum dikonsumsi, Anda harus berkonsultasi kepada dokter.
  • Tidak disarankan untuk ibu menyusui.
  • Terdapat beberapa efek samping, seperti sakit kepala dan mual.

Pil KB Diane dijual dengan harga Rp130.000,- hingga Rp135.000,- (satu pcs isi 35 tablet). Anda bisa menemukannya di berbagai toko obat dan apotek.


2. Pil KB Andalan Laktasi

Pil-KB-Andalan-Laktasi

Bagi Anda yang sedang menyusui, maka bisa memilih pil KB Andalan Laktasi. Pil KB ini mengandung hormon Progestin dengan dosis yang rendah. Selain itu, pil KB Andalan Laktasi juga banyak dicari oleh keluarga di Indonesia.

Meskipun cocok untuk ibu menyusui, namun Anda harus tetap banyak mengonsumsi air putih dan makanan sehat. Hal itu dilakukan untuk menjaga nutrisi dalam ASI. Pil KB Andalan Laktasi mudah ditemukan di toko obat dan apotek. Harganya pun juga cukup terjangkau.

Keunggulan

  • Cocok dikonsumsi oleh ibu menyusui.
  • Dijual dengan harga yang cukup terjangkau.
  • Mudah ditemukan di berbagai toko obat dan apotek.
  • Tersedia dalam bentuk pil yang mudah dimakan.

Kelemahan

  • Sebelum mengonsumsinya, Anda harus berkonsultasi ke dokter.
  • Terdapat beberapa efek samping yang dimiliki oleh pil KB ini.

Pil KB Andalan Lakstasi dijual dengan harga Rp15.000,- hingga Rp20.000,- (1 pcs isi 28 tablet). Anda bisa mendapatkannya di berbagai toko obat dan apotek mana saja.


3. Pil KB Yasmin

Pil-KB-Yasmin

Pil KB Yasmin tidak hanya untuk menunda kehamilan saja, namun juga bisa memutihkan kulit Anda jika dikonsumsi selama satu kali sehari. Pil KB yang satu ini juga sangat aman dikonsumsi oleh penderita Akne dan Seborea.

Namun, pil KB Yasmin hanya bisa dikonsumsi sesudah makan. Terdapat beberapa efek samping dalam pil KB ini, yaitu mual, sakit kepala hingga payudara terasa nyeri. Pil KB Yasmin dijual dengan harga yang cukup mahal.

Keunggulan

  • Dapat memutihkan kulit jika dikonsumsi secara rutin.
  • Sangat aman dikonsumsi oleh penderita Akne dan Seborea.
  • Mudah ditemukan di berbagai toko obat dan apotek.

Kelemahan

  • Dijual dengan harga yang cukup mahal.
  • Tidak disarankan untuk ibu menyusui.
  • Hanya bisa dikonsumsi sesudah makan.
  • Terdapat beberapa efek samping yang dimiliki oleh pil KB ini.

Pil KB Yasmin dijual dengan harga mulai dari Rp220.000,- hingga Rp240.000,- (1 pcs isi 21 tablet). Anda bisa mendapatkannya di berbagai toko obat dan apotek.

Setelah mengetahui merk pil KB terbaik di atas, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter atau bidan. Hal itu dikarenakan Anda tidak boleh memilih pil KB sembarangan karena dapat memengaruhi kesehatan tubuh.

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan