10 Merk Water Heater Gas dan Listrik Terbaik 2021

Posted on

Anda tentu sudah sangat familiar dengan teknologi alat yang satu ini. Pasalnya, alat ini digunakan untuk menghangatkan air di kamar mandi. Dengan adanya alat canggih ini, Anda tidak perlu bersusah payah merebus air di atas kompor. Kini sudah tersedia beragam merk water heater di pasaran.

Namun sebelum membeli water heater, ada baiknya Anda mengenali kinerja dan tipe alat tersebut. Sehingga Anda bisa menggunakan alat ini sesuai dengan kebutuhan dan bisa difungsikan secara optimal.

Langkah Mudah Memilih Water Heater

Bagi Anda yang belum pernah membeli water heater, maka di bawah ini ada beberapa penjelasan terkait cara mudah memilih water heater terbaik. Beberapa diantaranya adalah:

1. Perhatikan Tipenya

Perhatikan-Tipenya

Umumnya, ada dua tipe water heater yang dijual di pasaran. Pertama ada tipe storage tank dan tankless/ on demand. Storage tank bekerja dengan menampung banyaknya air dalam tanki untuk dipanaskan. Sedangkan on demand bekerja sesuai aliran air yang dialirkan padanya.

Pengaplikasian on demand ini bisa Anda lihat pada shower yang punya dua jenis kran untuk mengalirkan air dingin atau hangat.

2. Pilih Jenis Daya Yang Sesuai

Pilih-Jenis-Daya-Yang-Sesuai

Ada 3 jenis daya yang diaplikasikan pada water heater, yakni listrik, gas, dan hybrid. Daya listrik terbilang lebih modern. Pemasangannya juga lebih mudah, namun saat digunakan tentu akan lebih boros kebutuhan listrik.

Pada tipe daya gas, lebih beresiko kebakaran atau ledakan, namun jenis ini bisa jadi solusi hemat daya. Pengoperasian daya gas harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak berbahaya bagi pengguna.

Sedangkan tipe daya yang menggunakan hybrid, akan lebih hemat saat digunakan. Namun pemasangan awalnya memang akan membutuhkan biaya yang lebih banyak.

3. Sesuaikan Kapasitas

Sesuaikan-Kapasitas

Pastikan kapasitas tangki atau kemampuan heater bisa menyesuaikan dengan kebutuhan air panas yang akan dipakai. Hal ini berlaku untuk semua tipe heater.

4. Perhatikan Ukuran Tempat dan Kondisinya

Perhatikan-Ukuran-Tempat-dan-Kondisinya

Pemasangan water heater tentu akan melibatkan alat-alat seperti kabel dan pipa. Pastikan water heater yang Anda beli sudah sesuai ukurannya dengan tempat yang akan dipasang alat ini.

Rekomendasi Merk Water Heater Terbaik

Untuk memudahkan Anda dalam membeli water heater terbaik, berikut di bawah ini ada beberapa rekomendasi merk water heater yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Diantara beberapa pilihannya adalah:

1. Midea VA1

Midea-VA1

Water heater yang pertama ini, merupakan tipe storage tank. Kapasitas air yang bisa ditampung mencapai 15 liter. Alat ini sudah memakai sistem elektrik untuk memanaskan air. Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan control panel untuk bisa mengecek suhu panas air.

Tidak hanya itu, keunggulan lainnya terletak pada tangki air yang dilapisi dengan antibakteri. Sehingga Anda bisa lebih aman memakai air dalam tangki.

2. Wasser (Single Point Gas Water Heater)

Wasser-Single-Point-Gas-Water-Heater

Berbeda dengan produk sebelumnya, water heater dari wasser ini hadir dengan jenis daya gas LPG yang cukup terjangkau harganya. Alat ini dilengkapi dengan sistem ODS.

Sistem ini bekerja ketika oksigen dalam kamar mandi menjadi minim, aliran gasnya bisa secara otomatis mati. Tipe water heater ini adalah on-demand dengan kapasitas air mencapai 5 liter dalam tiap menitnya.

3. Paloma PH-5 RX

Paloma-PH-5-RX

Hampir sama dengan water heater sebelumnya, kali ini Paloma hadir dengan alat pemanas airnya yang memakai daya gas. Alat ini sudah memakai teknologi on-demand berkapasitas 5,1 liter tiap menitnya. Water heater ini sudah dilengkapi dengan pembersih spuyer.

Fitur tambahannya tersebut mampu membantu menghasilkan air yang bersih saat dikeluarkan. Selain itu, kebutuhan daya gasnya juga terbilang cukup hemat. Anda hanya membutuhkan 0,7 kg untuk penggunaan 1 jam.

4. Rinnai

Rinnai

Salah satu produk water heater elektrik yang aman adalah produk dari Rinnai ini. Produk ini didesain dengan teknologi ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker). Teknologi ini punya keahlian supersensitif untuk memutus aliran listrik ketika ada resiko kebocoran daya listrik.

Selain aman, alat ini hadir dengan tipe storage tank berkapasitas cukup besar yakni 10 liter. Penggunaan daya listriknya bisa lebih hemat dengan sistem efisiensi pemanas yang cukup tinggi.

5. Ariston Fast R

Ariston-Fast-R

Salah satu water heater yang cukup populer adalah produk Ariston Fast R. Produk water heater dari brand ini, dibuat dengan teknologi berbasis Eropa. Penggunaannya sangat aman, dengan sistem yang otomatis mati saat suhu air sudah mencapai level panas tinggi.

Alat ini menggunakan daya gas LPG yang sudah sangat aman dari resiko bocor gas. Tipe pemasangannya sudah memakai on-demand. Kapasitas aliran airnya 5 liter tiap menit.

6. Electrolux (Water Heater Instant Comfort Flow 500)

Electrolux-Water-Heater-Instant-Comfort-Flow-500

Bentukan water heater ini layaknya Skandinavia. Tampilannya cukup mewah untuk gaya kamar mandi hotel. Alat ini memakai daya listrik dengan tipe pemasangan on-demand. Kapasitas aliran airnya berkisar 2 liter dalam satu menit. Pemasangan alat ini sangat fleksibel.

7. Ferroli (Water Heater Classical Series)

Ferroli-Water-Heater-Classical-Series

Brand ini cukup ternama di Italia dan sangat laris di Indonesia. Salah keunggulan utamanya ada pada tangki penampungannya yang bisa dipakai hingga 100 liter air. Alat ini menggunakan daya listrik dengan teknologi pemanas terbarukan.

Teknologi baru yang dimaksud adalah Anticalcare Heating Element. Teknologi ini mampu menjadikan performa alat lebih maksimal, menjadikannya efisien, dan membuat alat ini hemat energi saat digunakan.

Selain itu, alat ini juga dilengkapi fitur tambahan yang berfungsi menjaga tangki agar tidak karatan selama dipakai. Sehingga air akan selalu aman dan bersih.

8. Modena UNICA

Modena-UNICA

Tampil dengan bentuk yang cukup simpel, brand water heater yang satu ini terlihat cukup keren dan efisien digunakan. Penampung air/ tangkinya punya kapasitas mencapai 15 liter dengan tipe pemasangan storage tank tentunya.

Jenis daya yang digunakan adalah listrik. Alat ini hadir dengan dua sistem keamanan unggulan, yakni electric safety dan overheating safety. Electrical safety berfungsi mencegah adanya resiko konslet pada listrik dan overheating safety bekerja untuk mengendalikan suhu yang terlalu panas.

9. Aqua AES10VQ1

Aqua-AES10VQ1

Water heater ini menggunakan daya listrik untuk menyala. Penggunaan dayanya cukup hemat, yakni hanya sekitar 200 watt. Alat ini didesain dengan storage tank berkapasitas 10 liter. Selain itu, water heater dari brand Aqua ini juga dilengkapi dengan sistem keamanan yang mumpuni.

Tekanan sebesar 7,5 bar pun bisa ditahan dengan baik untuk keamanan pemakai. Alat ini hadir dengan jaminan sertifikasi waterproof grade IPx4.

10. Azalea AMWH15W Water Heater

Azalea-AMWH15W-Water-Heater

Desain water heater yang satu ini dibuat dalam bentuk vertikal. Jenis daya yang dipakainya adalah listrik. Anda hanya perlu menghabiskan 200 watt saja untuk menggunakan alat ini, cukup hemat bukan?

Sistem keamanan alat ini juga sudah cukup bagus. Beberapa sistem keamanannya adalah anti-dry heating, anti-pressure, dan anti-overheat.

Beragam merk water heater yang sudah dijelaskan di atas, bisa menjadi acuan untuk Anda yang sedang mencari pemanas air dengan kualitas yang bagus. Pilihlah water heater yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda.

 

Lihat Juga :

  1. 10 Merk Mesin Air Isi Ulang Terbaik, Bersih, Kapasitas Besar
  2. 12 Merk Mixer yang Bagus dan Berkualitas
  3. TOP 5 Merk Obat Kutu Kucing Paling Ampuh
  4. 10 Merek Masker Wajah Yang Bagus Dan Aman
  5. 10 Merk Sajadah Terbaik dengan Bahan Premium (Paling Bagus)
  6. 8 Merk Tas Ransel Laptop Terbaik dan Kuat
Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan