10 Merk Vitamin Terbaik untuk Daya Tahan Tubuh Dewasa

Posted on

Merkbagus.id – Menjaga daya tahan tubuh terutama di tengah aktivitas yang padat sangatlah penting agar tubuh selalu sehat dan kebal dari penyakit. Salah satu cara yang paling mudah untuk menjaga daya tahan tubuh terutama bagi orang dewasa, adalah mengkonsumsi vitamin tambahan. Tentunya vitamin tambahan yang dikonsumsi haruslah dari merek vitamin daya tahan tubuh dewasa terbaik.

Merek vitamin terbaik, memberikan jaminan vitamin kekebalan tubuh yang bagus dan tidak menimbulkan efek samping. Selain itu merek terbaik juga sudah diakui khasiatnya dan terdaftar secara resmi oleh BPOM Indonesia. Tetapi sebelum memilih dan mengkonsumsi  vitamin, sebaiknya pertimbangkan dulu beberapa aspek seperti kondisi tubuh supaya manfaatnya terasa.

Tips Memilih Vitamin Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Bagi Dewasa

Tidak selamanya vitamin yang sama akan memberikan khasiat yang sama karena kondisi tubuh orang dewasa bisa saja berubah sesuai keadaan. Misalnya saja karena sedang terlalu capek, terus tidur larut malam atau bahkan lingkungan sekitar yang sedang kurang sehat.

Sehingga kurang tepat rasanya jika membeli vitamin hanya berdasarkan kebiasaan atau karena merek yang ternama. Untuk itu, ada tips sederhana  di bawah ini yang bisa membantu menentukan vitamin mana yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Memilih Vitamin yang Sesuai dengan Gaya Hidup

Memilih vitamin yang sesuai dengan gaya hidup bisa membuat daya tahan tubuh tetap terjaga. Ini karena asupan vitamin yang dikonsumsi memang yang dibutuhkan, sehingga manfaatnya bisa dirasakan dengan maksimal.

Misalnya saja bagi mereka yang aktivitas kerjanya lebih sering pada malam hari karena shift malam, maka vitamin D yang paling cocok. Vitamin D dimaksudkan untuk mengantisipasi kekurangan vitamin D yang pembentukannya didukung oleh sinar matahari.

Lalu bagi mereka yang lebih suka mengkonsumsi daging dan jenis protein lain dibandingkan sayuran, maka vitamin B yang paling sesuai. Vitamin B1, B2, dan B6 akan membantu menyeimbangkan metabolisme didalam tubuh yang tidak seimbang akibat kurangnya asupan sayuran.

Pilih Merek Vitamin yang Mengandung Banyak Mineral saat Berdiet

Jika sedang mencoba mengurangi dan mengatur pola makan dengan berdiet, maka bukan saja vitamin namun mineral juga sangat penting. Sehingga pastikan merek vitamin yang dipilih mengandung banyak mineral.

Beberapa mineral yang harus ada yaitu kalsium, zat besi, magnesium dan juga zinc. Ini bertujuan supaya diet bisa berjalan lancar dan daya tahan tubuh tetap terjaga.

Pilih Jenis Vitamin yang Paling Mudah Dikonsumsi

Ada vitamin dalam bentuk pil, tablet kunyah, dan juga sirup, ketiganya memiliki cara mengkonsumsi yang berbeda-beda. Pilihlah vitamin yang paling mudah dikonsumsi agar tetap teratur mengkonsumsinya dan tidak berhenti ditengah jalan.

Terkadang vitamin juga memiliki rasa yang berbeda, ada yang tetap pahit dan ada pula yang diberi rasa buah atau manis. Jangan lupa mempertimbangkan aspek ini juga ya, kalau dari segi rasa dan jenis vitamin sesuai pasti jadi lebih semangat mengkonsumsinya secara rutin.

Perhatikan Kandungan Didalam Vitamin

Meskipun banyak merek vitamin memiliki kandungan utama yang sama, tapi tidak jarang kandungan tambahannya  berbeda. Pastikan tidak ada kandungan yang membuat alergi agar tidak ada efek samping yang diderita.

Untuk melihat kandungan lengkapnya, bisa melihat di kemasan vitamin atau langsung menuju website merek vitamin tersebut. Untuk merek terbaik, pasti memiliki informasi yang jelas dan mudah diakses oleh para konsumen.

Konsultasikan dengan Ahli Bila Perlu

Mengkonsultasikan dengan ahlinya, dalam hal ini adalah dokter merupakan pilihan paling tepat jika masih ragu-ragu. Dokter sudah pasti bisa membantu dan memberikan rekomendasi vitamin yang paling tepat dan meminimalisir resiko alergi.

Sepertinya tips di atas sudah cukup jelas untuk menentukan vitamin mana yang paling sesuai agar manfaatnya bisa dirasakan dengan maksimal. Kalau masih belum bisa menentukan pilihan, di bawah ini sudah ada rekomendasi lengkapnya loh. Rekomendasi ini dilengkapi dengan review berbagai   merek vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh orang dewasa beserta harganya.

10 Rekomendasi Merek Vitamin Terbaik Bagi Orang Dewasa Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Semua rekomendasi yang disiapkan berikut, sudah dilengkapi review lengkap beserta kelebihan serta kekurangannya. Bagi yang ingin mengetahui harga terbaru masing-masing merek vitamin, daftar harganya juga lengkap dari berbagai market place besar di Indonesia. Silakan di simak rekomendasi merek-merek di bawah ini ya :

1. Holisticare Ester C

Holisticare-Ester-C

Seperti namanya, kandungan utama dari Holisticare ester C adalah vitamin C yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, bagi para orang dewasa yang mungkin sudah jarang minum susu, merek vitamin satu ini juga mengandung kalsium cukup tinggi.

Perpaduan kandungan yang sempurna ini selain menjaga daya tahan tubuh, ternyata juga bisa untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Dengan begini, jika tubuh terluka maka jaringan baru akan segera tumbuh dan luka juga cepat sembuh.

Kelebihan Holisticare Ester C

  • Bisa dikonsumsi dengan aman setiap hari
  • Mengandung kalsium cukup tinggi
  • Aman bagi lambung
  • Kandungan metabolit threonat mempercepat penyerapan vitamin
  • Bisa diminum sebelum atau sesudah makan

Kekurangan Holisticare Ester C

  • Bagi anak-anak membutuhkan konsultasi dokter
  • Bisa menyebabkan mual dan diare bagi yang memiliki alergi terhadap salah satu kandungannya

Harga Holisticare Ester C

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 53.000
TokopediaRp 46.000
Shopee IndonesiaRp 48.000
BukalapakRp 46.000
JD IDRp 44.700
LazadaRp 71.000

2. Zevit Grow Multivitamin dan Mineral

Zevit-Grow-Multivitamin-dan-Mineral

Banyak yang salah sangka terhadap merek vitamin satu ini, karena cara promosinya yang lebih menyasar remaja. Tetapi,  sebenarnya produk satu ini baik bagi orang dewasa terutama mereka yang bekerja pada shif malam.

Kandungan vitamin D yang ada bisa mencukupi kebutuhan vitamin D yang orang dewasa dan cukup untuk menjaga daya tahan tubuh. Kandungan vitamin D masih ditambah dengan vitamin  B1, B2, B3, B5, B6, dan B12 yang menjaga metabolisme tubuh.

Kelebihan Zevit Grow Multivitamin dan Mineral

  • Membantu menjaga metabolisme tubuh
  • Menjaga kesehatan tulang
  • Kandungan Inositol mampu menurunkan kolesterol
  • Menjaga kesehatan otot, gigi, rambut, dan kuku berkat adanya zinc
  • Bisa dikonsumsi 1-2 kaplet setiap hari sesuai kebutuhan

Kekurangan Zevit Grow Multivitamin dan Mineral

  • Harus dilarutkan dengan air
  • Untuk anak-anak perlu konsultasi dokter

Harga Zevit Grow Multivitamin dan Mineral

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 45.000
TokopediaRp 42.000
Shopee IndonesiaRp 170.000120 tablet
BukalapakRp 160.000120 tablet
JD IDRp 44.700
LazadaRp 45.500

3. Enervon C Multivitamin

Enervon-C-Multivitamin

Kelebihan Enervon C Multivitamin adalah kandungan vitamin  C 1000 mg serta B kompleks yang sangat baik bagi daya tahan tubuh. Obat daya tahan tubuh yang bagus ini juga bisa dikonsumsi setiap hari dengan rasa jeruk yang segar.

Tidak ada komplikasi atau efek samping tertentu untuk multivitamin satu ini loh. Hanya saja bagi mereka yang memiliki gangguan fungsi ginjal, sama sekali tidak disarankan untuk mengkonsumsinya.

Kelebihan Enervon C Multivitamin

  • Bisa dikonsumsi setiap hari
  • Hadir dengan rasa jeruk segar
  • Mengandung kalsium 20 mg
  • Penyimpanan mudah karena berbentuk tube
  • Mempercepat proses recovery setelah sakit

Kekurangan

  • Tidak boleh dikonsumsi oleh Orang Penderita gangguan fungsi ginjal
  • Harus disimpan dibawah suhu 30 derajat Celcius

Harga Enervon C Multivitamin

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 47.000
TokopediaRp 33.000
Shopee IndonesiaRp 35.000
BukalapakRp 34.000
JD IDRp 43.000
LazadaRp 36.000

4. Redoxon Fortimun EFF

Redoxon-Fortimun-EFF

Vitamin satu ini lebih condong kepada suplemen makanan yang lengkap sehingga fungsinya bukan sekedar menjaga daya tahan tubuh saja. Mereka yang memiliki masalah metabolisme juga bisa menjajal suplemen makanan satu ini.

Kandungannya sangatlah lengkap, mulai dari vitamin A, D, B6, B12, C, vitamin E, selenium, hingga zinc dan zat besi semuanya ada. Sehingga cocok menjadi vitamin daya tahan tubuh untuk pria dan wanita dewasa yang selalu aktif dan ingin tetap sehat.

Kelebihan Redoxon Fortimun EFF

  • Kandungannya sangat lengkap
  • Penyimpanannya mudah
  • Memiliki rasa jeruk segar
  • Mengandung antioksidan
  • Aman dikonsumsi setiap hari

Kekurangan Redoxon Fortimun EFF

  • Harus dilarutkan dalam air
  • Suhu ruangan penyimpanan tidak boleh lebih dari 30 derajat Celcius

Harga Redoxon Fortimun EFF

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 48.200
TokopediaRp 45.000
Shopee IndonesiaRp 55.700
BukalapakRp 45.000
JD IDRp 49.900
LazadaRp 54.000

5. Vegeblend 21 Adult

Vegeblend-21-Adult

Suplemen makanan dan vitamin penunjang daya tahan tubuh ini sangat cocok bagi mereka yang kurang asupan sayur. Di dalam Vegeblend 21 Adult, terdapat 21 kandungan sayur seperti tomat, wortel, kale, peterseli, bawang merah, lada, ketimun dan lain sebagainya.

Bagi mereka yang mencari cara meningkatkan daya tahan tubuh lemah, mungkin produk satu ini bisa menjadi solusi paling tepat. Dengan semua kandungan sayur yang lengkap, mulai dari vitamin A, B, C dan E semuanya ada di Vegeblend 21 Adult.

Kelebihan Vegeblend 21 Adult 30s

  • Mengandung  manfaat 21 sayuran
  • Kandungan vitaminnya lengkap
  • Kapsul bisa dibuka dan dicampur dengan makanan
  • Bisa dikonsumsi setiap hari
  • Mudah didapatkan

Kekurangan Vegeblend 21 Adult 30s

  • Harus dikonsumsi setelah makan
  • Tidak untuk anak-anak

Harga Vegeblend 21 Adult

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 178.000
TokopediaRp 178.000
Shopee IndonesiaRp 173.000
BukalapakRp 178.000
JD IDRp 154.000
LazadaRp 141.000

6. BioCalci 72 Tab 30S

BioCalci-72-Tab-30S

Merek vitamin satu ini lebih berfokus kepada vitamin D3 daripada vitamin C, dan dilengkapi dengan kalsium askorbat. Sehingga bagi mereka yang khawatir nantinya memiliki masalah tulang dan gigi, bisa mengkonsumsi BioCalci 72 Tab 30S sebagai pencegahan.

Meskipun bukan berfokus pada vitamin C, namun kandungan vitamin C yang ada tidak perlu diragukan. Ini karena vitamin C yang terkandung mencapai 232 mg dan bisa dibilang cukup untuk menjaga daya tahan tubuh supaya tetap sehat.

Kelebihan BioCalci 72 Tab 30S

  • Mengandung vitamin D3, kalsium askorbat dan vitamin C
  • Vitamin yang terkandung cepat terserap oleh tubuh
  • Mengandung fosfat
  • Menjaga metabolisme tubuh
  • Bisa dikonsumsi setiap hari

Kekurangan BioCalci 72 Tab 30S

  • Berbentuk tablet sehingga sulit ditelan
  • Tidak boleh dikonsumsi anak-anak

Harga Biocalci 72 Tab 30S

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 78.000
TokopediaRp –
Shopee IndonesiaRp 71.000
BukalapakRp 70.000
JD IDRp –
LazadaRp 79.000

7. Vitamin C IPI

Vitamin-C-IPI

Vitamin C IPI sepertinya sudah terkenal dari jaman dahulu karena harganya yang murah dan rasa jeruknya yang segar. Bagi mereka yang hanya membutuhkan kandungan vitamin C saja, Vitamin C IPI sudah yang paling tepat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Kemasannya juga simple karena berbentuk tube kecil sehingga mudah disimpan dan dibawa kemana-mana. Selain itu, produk satu ini juga sangat mudah didapatkan, mulai dari apotik besar hingga kecil pasti punya stok produk satu ini.

Kelebihan Vitamin C IPI

  • Kandungan vitamin C 50 mg
  • Bisa dikonsumsi 3 kali sehari
  • Disajikan dalam rasa jeruk segar
  • Harganya sangat murah
  • Mudah didapatkan dimanapun

Kekurangan Vitamin C IPI

  • Tidak ada kandungan vitamin atau mineral lain
  • Tidak tersedia ukuran besar

Harga Vitamin C IPI

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 60.50012 tube
TokopediaRp 6.200
Shopee IndonesiaRp 51.00012 tube
BukalapakRp 6.050
JD IDRp 6.500
LazadaRp 18.000Paket Vitamin A, B, C

8. Blackmores Vitamin C 500 MG

Blackmores-Vitamin-C-500-MG

Kelebihan utama dari Blackmores Vitamin C 500 MG adalah sumber vitamin C yang didapatkan dari acerola dan rosehips. Jarang sekali produk vitamin yang bersumber dari kedua bahan alami tersebut apalagi masih ditambah citrus bioflavonoid extract.

Kelengkapan vitamin dan mineral yang ada juga mampu berperan sebagai antioksidan dan membantu proses penyembuhan luka. Apalagi produk satu ini juga dikemas dengan apik  dan dilengkapi tutup flip yang mempermudah penyimpanan.

Kelebihan Blackmores Vitamin C 500 MG

  • Mengandung vitamin C 500 MG
  • Bisa dikonsumsi 1 tablet setiap hari
  • Boleh dikonsumsi anak berusia 5 tahun ke atas
  • Dapat berperan sebagai antioksidan
  • Bersumber dari vitamin C alami

Kekurangan Blackmores Vitamin C 500 MG

  • Bentuk tablet yang sulit ditelan
  • Tidak boleh dikonsumsi anak berusia kurang dari 4 tahun

Harga Blackmores Vitamin C 500 MG

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 295.000
TokopediaRp 250.000
Shopee IndonesiaRp 570.000
BukalapakRp 251.000
JD IDRp 295.000
LazadaRp 339.000

9. Folamil Genio

Folamil-Genio

Untuk yang satu ini, merupakan sumber vitamin dan mineral yang khusus untuk menjaga daya tahan tubuh ibu hamil dan menyusui. Sehingga kandungan yang didalamnya bukan saja bermanfaat untuk sang ibu, namun juga untuk anak yang dikandung atau diberi ASI.

Di dalam Folamil Genio juga terdapat vitamin E yang bagus bagi kulit, sehingga kulit bisa kembali ke keadaan semula. Selain itu masih ada antioksidan dan kolagen yang semakin mempercepat peremajaan kulit pasca melahirkan.

Kelebihan Folamil Genio

  • Mengandung vitamin B kompleks
  • Terdapat antioksidan dan kolagen
  • Aman dikonsumsi setiap hari
  •  Mengandung kalsium
  • Bisa memberi dampak positif bagi anak

Kekurangan Folamil Genio

  • Hanya tersedia dalam bentuk kapsul
  • Harga lumayan mahal

Harga Folamil Genio

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 145.000
TokopediaRp 143.000
Shopee IndonesiaRp 143.000
BukalapakRp 143.000
JD IDRp 160.000
LazadaRp 145.000

10. Vitacimin C Tab Strip 2s

Vitacimin-C-Tab-Strip-2s

Lagi-lagi produk satu ini juga mudah didapatkan mulai dari apotik sampai minimarket. Kemasannya yang sederhana namun menarik serta varian rasa yang banyak, membuatnya selalu di hati.

Bagi mereka yang mudah bosan dengan rasa yang itu-itu saja, vitamin C dari Vitacimin bisa jadi pilihan utama. Apalagi harga vitamin daya tahan tubuh  ini sangatlah murah atau mungkin bisa dibilang termasuk yang paling murah.

Kelebihan Vitacimin C Tab Strip 2s

  • Mudah dikonsumsi karena tablet hisap
  • Hampir bisa ditemukan dimana saja
  • Harganya sangat murah
  • Tersedia dalam berbagai rasa
  • Kemasannya menarik , mudah disimpan dan dibawa ke mana-mana

Kekurangan

  • Hanya memiliki kandungan vitamin C saja
  • Hanya tersedia kemasan 2 strip

Harga Vitacimin Tab Strip 2s

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 1.700
TokopediaRp 1.700
Shopee IndonesiaRp 1.600
BukalapakRp1.500
JD IDRp 1.800
LazadaRp 82.00050 strips

Rekomendasi Vitamin Terbaik

Sebenarnya merek vitamin yang ada pada rekomendasi di atas memiliki kelebihannya masing-masing. Setiap merek bisa menjadi vitamin terbaik tergantung dari kebutuhan orang dewasa yang meminumnya.

Akan tetapi, jika mempertimbangkan segalanya mulai dari kandungan hingga harga maka jawabannya Redoxon Fortimun EFF.  Kandungan lengkapnya mulai dari A, D, B6, B12, C, vitamin E, zat besi, hingga zinc dan selenium bisa dibilang sangat lengkap. Apalagi produk satu ini juga dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Kesimpulan

Bagi orang dewasa menjaga daya tahan tubuh memang sangatlah penting, terkadang rutinitas membuat berbagai vitamin penting terlupakan. Untuk itu jika membutuhkan asupan vitamin tambahan guna menjaga daya tahan tubuh, harus disesuaikan dengan kebutuhan terkini.

Hanya mempertimbangkan Merek vitamin daya tahan tubuh dewasa terbaik bukanlah solusi yang tepat, kenali lebih jauh mana vitamin yang paling dibutuhkan selain vitamin C. Bisa saja ternyata merek vitamin yang dibutuhkan adalah yang lebih banyak mengandung D3, atau B kompleks. Mengkonsultasikan kepada dokter juga perlu apabila masih ragu-ragu.

Baca juga: 12 Merk Blender yang Bagus dan Tahan Lama

Sepertinya semua hal yang perlu diketahui mulai dari tips hingga rekomendasi vitamin terbaik guna menjaga daya tahan tubuh sudah lengkap. Tetetapi, apabila punya request review merek tertentu atau pertanyaan seputar topik di atas, silakan ketik saja di kolom komentar di bawah ini ya?