10 Merk Vitamin Terbaik untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Posted on

Merkbagus.id – Bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, vitamin daya tahan tubuh anak terbaik sangat dibutuhkan. Hal ini untuk memastikan bahwa anak tidak kekurangan vitamin, mineral maupun nutrisi yang dibutuhkan selama masa pertumbuhan.

Jika semuanya sudah terpenuhi maka orang tua juga bisa sedikit lega karena anak telah mendapatkan apa yang dibutuhkannya. Tetapi,  untuk memberikan suplemen vitamin pada si kecil bukanlah perkara mudah. Masa-masa pertumbuhan ini adalah masa yang sangat penting sehingga pemberian suplemen juga harus mempertimbangkan berbagai aspek.

Tips Memilih Vitamin Terbaik Guna Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak

Tubuh anak dan orang dewasa sangatlah jauh berbeda, organ-organ di dalam tubuhnya masih belum berkembang dengan sempurna. Sehingga, walaupun suplemen vitamin sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan menjaga daya tahan tubuh, pemilihannya harus berhati-hati.

Sebaiknya selain memperhatikan kebutuhan vitamin anak, faktor  eksternal juga perlu menjadi pertimbangan. Untuk mempermudah memilih suplemen vitamin mana yang cocok bagi daya tahan tubuh sekaligus memenuhi nutrisi anak, bisa simak tipsnya di bawah ini :

1. Sebaiknya Konsultasikan Terlebih Dahulu dengan Dokter

Mengkonsultasikan dengan ahli merupakan hal yang harus dilakukan pertama kali jika ingin memberikan suplemen vitamin bagi anak. Hal ini untuk menghindari efek samping alergi yang mungkin diderita karena tubuh anak belum bisa menerima beberapa kandungan tertentu.

Selain itu, dengan mengkonsultasikan kepada dokter, akan terlihat jelas mana vitamin yang benar-benar dibutuhkan anak. Sehingga pemilihannya tidak berdasarkan perkiraan atau ikut- ikut saja, dengan begini anak bisa mendapatkan manfaatnya dengan maksimal.

2. Perhatikan Kebiasaan dan Seberapa Aktif Anak

Anak yang lebih aktif tentu membutuhkan kandungan vitamin dan mineral yang berbeda dengan anak yang lebih pasif. Ini karena tambahan kalsium dan vitamin D akan berpengaruh besar kepada anak yang aktif. Kandungan tersebut akan membuat tulang anak semakin kuat dan aliran oksigen didalam tubuh semakin lancar.

Sedangkan bagi anak yang masih kurang aktif, pemberian suplemen vitamin D dan kalsium belum dibutuhkan,keduanya cukup didapatkan dari susu. Lalu untuk suplemen guna menjaga daya tahan tubuh anak, suplemen dengan vitamin C dan Omega-3 bisa menjadi pilihan.

3. Pertimbangkan Usia Anak

Tidak semua vitamin cocok untuk segala usia, rata-rata pada kemasan produk dianjurkan hanya untuk 2 tahun ke atas saja. Sehingga anak dengan rentang usia yang berbeda, membutuhkan merk vitamin yang berbeda pula.

4. Vitamin dengan Bentuk Menarik Tidak Selamanya yang Terbaik

Untuk menarik perhatian anak, banyak produsen suplemen vitamin yang membuat produk mereka dengan tampilan menarik dan manis. Tetapi, tidak selamanya yang manis dan menarik adalah produk vitamin terbaik.

Perhatikan apakah pemanis dan pewarna yang digunakan pada produk suplemen vitamin anak tersebut aman. Jangan sampai terdapat pemanis atau pewarna buatan yang nantinya bisa berdampak negatif jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Untuk mengecek hal ini, website resmi BPOM Indonesia memiliki daftar jelas mengenai pemanis dan pewarna buatan apa yang berbahaya. Sehingga tidak ada salahnya untuk  detail memastikan kandungan yang ada satu per satu.

5. Perhatikan Tanggal Produksi, Masa Kadaluarsa dan Kemasan

Sebaiknya, walaupun kemasan produk masih sangat baik, mulus dan tanpa lecet, tanggal produksi dan kadaluarsa tetap dilihat. Hal ini juga berlaku untuk pembelian online, tanyakan dengan pasti tanggal pembuatan dan masa kadaluarsanya pada penjual.

Tidak jarang, karena terlalu percaya atau melihat kemasan yang baik, ternyata tanggal kadaluarsa sudah sangat dekat. Dengan begini, suplemen vitamin yang dibutuhkan oleh anak untuk menjaga daya tahan tubuhnya tentu riskan  untuk dikonsumsi.

Rasanya, semua tips di atas sudah cukup dan bisa membantu untuk memilih mana vitamin yang terbaik bagi anak. Supaya lebih lengkap, pada tips kali ini juga akan diberikan rekomendasi merk vitamin guna menjaga daya tahan tubuh anak lengkap dengan reviewnya.

10 Rekomendasi dan Review Merk Vitamin Terbaik Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak

Rekomendasi dan review lengkap yang telah tersedia di bawah ini merupakan informasi terbaru dan yang masih relevan. Sehingga bisa dijadikan pertimbangan memilih merk vitamin mana yang paling cocok bagi anak guna menjaga daya tahan tubuhnya. Bagi yang membutuhkan referensi harga, sudah dicantumkan pula harga terbaru dari berbagai online store terpercaya di Indonesia.

1. Fitkom Gummy Vitamin C 24 Gram

Vitamin-Anak-Fitkom-Gummy-Vitamin-C-24-Gram

Bagi anak permen jelly manis adalah hal yang tidak bisa ditolak, apalagi ditambah bentuk dan wadahnya yang lucu serta menarik. Sehingga anak tidak akan kesulitan untuk mengkonsumsi Fitkom Gummy Vitamin C 24 Gram dan mendapatkan manfaatnya.

Selain vitamin C, produk vitamin satu ini juga mengandung zinc yang bisa membantu proses penyembuhan setelah sakit lebih cepat. Belum lagi harganya yang terjangkau serta mudah didapatkan membuat produk satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kelebihan Fitkom Gummy Vitamin C 24 Gram

  • Bentuk serta wadahnya menarik
  • Rasanya manis seperti permen jelly
  • Mengandung zinc
  • Mudah didapatkan
  • Harganya terjangkau

Kekurangan Fitkom Gummy Vitamin C 24 Gram

  • Belum dilengkapi dengan tambahan mineral lain
  • Harus dikonsumsi setelah makan

Harga Fitkom Gummy Vitamin C 24 Gram

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 17.900Diskon 23%
TokopediaRp 21.300
Shopee IndonesiaRp 22.500
BukalapakRp 20.000
JD IDRp 23.000
LazadaRp 24.000

2. Curcuma Plus Fruit Veggie

Vitamin-Anak-Curcuma-Plus-Fruit-Veggie

Multivitamin satu ini mengandung vitamin dan mineral penting yang berasal dari sayur sehingga cocok bagi anak yang susah makan sayur. Apalagi, kandungan temulawak didalamnya juga membuat Curcuma Plus Fruit Veggie sebagai vitamin anak yang bagus untuk nafsu makan.

Belum lagi rasanya yang enak membuat multivitamin ini tidak terasa seperti obat sehingga si kecil pasti suka. Jadi bukan saja masalah daya tahan tubuh yang terpecahkan, tapi nutrisi sayur yang sangat dibutuhkan anak juga terpenuhi.

Kelebihan Curcuma Plus Fruit Veggie

  • Mengandung nutrisi sayuran lengkap
  • Hadir dalam rasa blackcurrant dan jeruk
  • Bentuknya sirup sehingga mudah dikonsumsi
  • Hadir dalam 2 kemasan yaitu 100 dan 200 ml
  • Bisa dikonsumsi mulai dari usia 6 bulan

Kekurangan Curcuma Plus Fruit Veggie

  • Harus diberikan sesudah makan
  • Harus disimpan didalam ruangan dengan suhu dibawah 30 derajat Celcius

Harga Curcuma Plus Fruit Veggie

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 24.670
TokopediaRp79.000Khusus 750 ML
Shopee IndonesiaRp30.000
BukalapakRp 23.000
JD IDRp 24.000
LazadaRp 27.000

3. Holisticare Super Ester C Kids 30S

Vitamin-Anak-Holisticare-Super-Ester-C-Kids-30S

Tidak seperti produk Holisticare Super Ester C untuk dewasa, untuk anak-anak kemasan dibalut dengan wadah bergambar gajah yang lucu. Cara mengkonsumsinya juga mudah karena vitamin ini hadir dalam bentuk tablet kunyah.

Kandungan didalamnya juga cukup lengkap karena selain vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh, ada pula kalsium dan hesperidin. Sehingga produk vitamin ini sangat baik bagi anak dan sekaligus bisa menunjang pertumbuhannya.

Kelebihan Holisticare Super Ester C Kids 30S

  • Mengandung kalsium dan hesperidin
  • Wadah dibuat menarik dengan gambar gajah
  • Hadir dengan tablet kunyah rasa jeruk
  • Harga terjangkau
  • Mudah didapatkan dimanapun

Kekurangan Holisticare Super Ester C Kids 30S

  • Harus dikonsumsi setelah makan
  • Tidak bisa dikonsumsi anak di bawah usia 2 tahun

Harga Holisticare Super Ester C Kids 30S

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 39.750
TokopediaRp 34.000
Shopee IndonesiaRp 35.100
BukalapakRp 36.700
JD IDRp 38.700Diskon 5%
LazadaRp 39.000

4. Scott’s Emulsion 400 ML

Vitamin-Anak-Scott's-Emulsion-400-ML

Multivitamin yang terkenal dengan maskot ikannya satu ini merupakan salah satu vitamin anak untuk otak terbaik. Kandungan utamanya sangat lengkap mulai dari vitamin A, D, E, Omega-3 hingga kalsium.

Cara kerjanya juga sangat baik yaitu dengan memicu tubuh anak untuk membangun kekebalan atau daya tahan tubuh secara alami. Belum lagi Scott’s Emulsion 400 ML hadir dalam bentuk sirup dan rasa jus jeruk segar yang pasti digemari anak.

Kelebihan Scott’s Emulsion 400 ML

  • Hadir dalam bentuk sirup dengan rasa jus jeruk segar
  • Mengandung vitamin A, D, E dan Omega-3
  • Aman untuk dikonsumsi setiap hari
  • Membantu pertumbuhan tulang dan gigi
  • Bisa dikonsumsi sebelum atau sesudah makan

Kekurangan Scott’s Emulsion 400 ML

  • Tidak boleh dikonsumsi anak berusia kurang dari 1 tahun
  • Harus disimpan di ruangan yang suhunya tidak melebihi 30 derajat Celcius

Harga Scott’s Emulsion 400 ML

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 73.000
TokopediaRp 46.000Diskon 25%
Shopee IndonesiaRp 74.000
BukalapakRp 73.000
JD IDRp 57.000Diskon 7%
LazadaRp 65.000

5. Biolysin Kids Tab Strawberry 30S

Vitamin-Anak-Biolysin-Kids-Tab-Strawberry-30S

Kandungan vitamin A 1500 IU dan vitamin B yang lengkap,  membuat Biolysin Kids cocok sebagai vitamin untuk anak yang sering sakit. Apalagi kandungan multivitamin dan mineral di dalamnya masih ditambah lagi dengan lysine dan pantothenate.

Selain itu Biolysin Kids Tab Strawberry 30S juga mengandung vitamin D3 400 IU yang mampu membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Produk satu ini juga hadir dalam bentuk tablet kunyah rasa strawberry yang banyak disukai anak.

Kelebihan Biolysin Kids Tab Strawberry 30S

  • Hadir dalam bentuk tablet kunyah rasa strawberry
  • Mengandung vitamin A, B, C dan D
  • Aman untuk dikonsumsi setiap hari
  • Mudah didapatkan
  • Harga bersahabat

Kekurangan Biolysin Kids Tab Strawberry 30S

  • Hanya untuk anak diatas usia 2 tahun
  • Hanya boleh dikonsumsi setelah makan

Harga Biolysin Kids Tab Strawberry 30S

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 46.9503 Box
TokopediaRp 17.000
Shopee IndonesiaRp 18.200
BukalapakRp 13.000Diskon 35%
JD IDRp –
LazadaRp 24.000

6. Blackmores Kids

Vitamin-Anak-Blackmores-Kids

Meskipun hadir dalam bentuk tablet kunyah rasa jeruk, namun Blackmores Kids juga cocok sebagai vitamin untuk anak usia 12 tahun ke atas. Pasalnya Blackmores Kids  bukan sekedar vitamin tapi dilengkapi dengan mineral penting seperti asam askorbat, zinc, dan d-alpha tocopheryl asam suksinat.

Belum lagi pemanis yang ada didalamnya bukanlah pemanis buatan, melainkan xylitol yang merupakan pemanis alami. Sehingga sangat aman bagi anak dan tidak merusak gigi walaupun dikonsumsi dalam jangka panjang.

Kelebihan Blackmores Kids

  • Mengandung pemanis alami xylitol
  • Menjaga kekebalan tubuh secara menyeluruh
  • Membantu produksi sistem protein imun dalam tubuh
  • Bisa dikonsumsi dua kali sehari
  • Hadir dalam bentuk tablet kunyah manis rasa jeruk

Kekurangan Blackmores Kids

  • Tidak boleh dikonsumsi anak berusia kurang dari 2 tahun
  • Harus dikonsumsi setelah makan

Harga Blackmores Kids

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 151.000
TokopediaRp 160.000
Shopee IndonesiaRp 161.000
BukalapakRp 145.000
JD IDRp 153.000
LazadaRp 145.000

7. Sakatonik ABC

Vitamin-Anak-Sakatonik-ABC

Merk vitamin daya tahan tubuh bagi anak satu ini sudah beredar cukup lama di Indonesia. Kemasannya yang lucu dan rasanya yang enak masih menjadi favorit hingga sekarang dan lagi harganya juga masih bersahabat.

Jika melihat dari segi kandungan vitaminnya, Sakatonik ABC cukup lengkap karena mengandung vitamin A, B kompleks, C, D, dan E. Kemudian masih dilengkapi dengan kandungan mineral berupa nikotinamid dan kalsium pantotenat yang semakin menunjang daya tahan tubuh anak.

Kelebihan Sakatonik ABC

  • Mengandung vitamin lengkap mulai dari A, B, C, D, dan E
  • Mengandung mineral penting yaitu kalsium pantotenat dan nikotinamid
  • Hadir dalam tablet hisap manis rasa jeruk
  • Bisa dikonsumsi setiap hari
  • Harganya bersahabat

Kekurangan Sakatonik ABC

  • Penyimpanannya harus diruangan dengan suhu di bawah 30 derajat Celcius
  • Untuk anak di bawah 2 tahun harus melalui konsultasi dokter

Harga Sakatonik ABC

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 17.000
TokopediaRp 500.000
Shopee IndonesiaRp 16.000
BukalapakRp 15.000
JD IDRp 17.000
LazadaRp 13.940Diskon 13%

8. Appeton Multivitamin

Vitamin-Anak-Appeton-Multivitamin

Produk multivitamin penunjang daya tahan tubuh anak satu ini lebih berfokus untuk membantu perkembangan visualisasi dan kecerdasan anak. Sehingga kandungannya berfokus pada vitamin A, D, dan E.

Multivitamin satu ini hadir dalam bentuk sirup dan dilengkapi indikator takaran yang mempermudah untuk mengkonsumsinya. Dalam label kemasan juga ditekankan bahwa Appeton Multivitamin sama sekali tidak menggunakan alkohol sehingga baik untuk si kecil.

Kelebihan Appeton Multivitamin

  • Tidak mengandung alkohol
  • Membantu meningkatkan kecerdasan anak
  • Menunjang tumbuh kemban dan visualisasi anak
  • Bisa dikonsumsi setiap hari
  • Dilengkapi dengan indikator takaran yang mudah

Kekurangan Appeton Multivitamin

  • Harus dikonsumsi pada pagi hari untuk mendapatkan manfaat maksimal
  • Lumayan sulit untuk didapatkan

Harga Appeton Multivitamin

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 75.000Diskon 25%
TokopediaRp 95.000
Shopee IndonesiaRp 134.000
BukalapakRp 89.000
JD IDRp 103.000
LazadaRp 95.000

9. Vegeblend 21 Junior

Vitamin-Anak-Vegeblend-21-Junior

Suplemen vitamin dan makanan bagi anak satu ini hadir dengan memberikan manfaat sepenuhnya dari sayuran. Terdapat 21 kandungan sayuran penting yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak yang biasanya sayuran ini tidak disukai.

Untuk mempermudah konsumsi, Vegeblend 21 Junior  yang berbentuk kapsul bisa dilepas dan dicampur dengan makanan. Sehingga anak tidak akan sadar bahwa dia sedang mengkonsumsi vitamin  dan mengira hanya makan makanan favoritnya saja.

Kelebihan Vegeblend 21 Junior

  • Hadir dalam kapsul  yang bisa dibuka
  • Mengandung 21 manfaat berbagai sayuran
  • Mampu membantu menyeimbangkan metabolisme tubuh
  • Meningkatkan daya tahan tubuh anak
  • Mengandung serat

Kekurangan Vegeblend 21 Junior

  • Belum ada bentuk sirup yang lebih mudah dikonsumsi
  • Harganya lumayan mahal

Harga Vegeblend 21 Junior

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 151.000
TokopediaRp 130.000
Shopee IndonesiaRp 145.000
BukalapakRp 149.000
JD IDRp 130.000
LazadaRp 135.000

10. SS Becombion Syrup

Vitamin-Anak-SS-Becombion-Syrup

SS Becombion Syrup adalah vitamin penunjang daya tahan tubuh anak yang lebih berfokus pada pemenuhan vitamin B. Mulai dari vitamin B1, B2, B3, B5, B6 dan B12, semuanya lengkap dengan komposisi yang seimbang.

Dosis yang diberikan sesuai dengan kebutuhan anak sehingga SS Becombion Syrup juga mampu membantu melancarkan metabolisme tubuh. Produk vitamin satu ini, hadir dengan rasa buah yang manis sehingga pasti disukai si kecil.

Kelebihan SS Becombion Syrup

  • Hadir dalam bentuk sirup manis
  • Konsumsinya bisa berbarengan dengan waktu makan
  • Mengandung vitamin B lengkap
  • Packaging unik dan menarik
  • Tersedia indikator takaran yang sesuai

Kekurangan SS Becombion Syrup

  • Harus disimpan dibawah suhu ruangan 30 derajat Celcius
  • Tidak cocok untuk anak kurang dari 2 tahun

Harga SS Becombion Syrup

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 40.000
TokopediaRp 32.000
Shopee IndonesiaRp 47.000
BukalapakRp 32.000
JD IDRp –
LazadaRp 30.720

Rekomendasi Produk Vitamin Anak Terbaik

Melihat semua merk vitamin anak yang sudah direkomendasikan di atas, semuanya sudah yang terbaik dan tidak perlu diragukan. Tetapi, jika harus memilih maka Blackmores Kids adalah pilihannya, multivitamin ini sangat lengkap mulai dari kandungan vitamin hingga mineralnya.

Sehingga semua aspek yang dibutuhkan selama anak dalam masa pertumbuhan bisa didapatkan dan tidak hanya untuk menjaga daya tahan tubuh saja. Walaupun, jika dilihat dari segi harga vitamin daya tahan tubuh anak,  Blackmores Kids tergolong lumayan mahal.


Kesimpulan

Sama seperti vitamin untuk orang dewasa, vitamin untuk anak juga memiliki berbagai jenis dan kandungan yang tersedia. Sehingga pemilihannya sebisa mungkin harus disesuaikan dengan kebutuhan anak supaya manfaat yang dirasakan maksimal.

Baca juga: 10 Merk Vitamin Terbaik untuk Daya Tahan Tubuh Dewasa

Bagi yang masih belum bisa memastikan mana vitamin daya tahan tubuh anak yang terbaik, bisa menggunakan tips di atas. Lalu kemudian setelah dipertimbangkan dengan matang dan bila perlu berkonsultasi dengan dokter, barulah berikan vitamin yang paling sesuai bagi anak.

Rasanya untuk topik kali ini semuanya sudah dibahas dengan cukup rinci, mulai dari tips hingga rekomendasi merk vitamin terbaik. Apabila artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya loh untuk menyebarkan di sosial media supaya semakin banyak yang mendapat kebaikannya.