5 Merk Velg Mobil Terbaik yang Bagus dan Berkualitas

Posted on

Pada kehidupan masyarakat zaman sekarang, perpindahan dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu singkat adalah hal yang diperlukan. Berangkat kerja atau mengantar anak sekolah merupakan contoh dari kegiatan yang membutuhkan kendaraan agar Anda bisa sampai ke tempat tujuan dengan cepat.

Velg adalah salah satu komponen terpenting dari sebuah mobil. Setiap mobil memiliki velg bawaan, namun Anda bisa mengganti velg mobil bawaan dengan berbagai merk velg mobil keren yang beredar di pasaran. Di bawah ini akan kami jabarkan beberapa rekomendasi velg mobil terbaik beserta tips merawatnya.


Tips Merawat Velg Mobil Anda

1. Lakukan Pengecekan Rutin Pada Velg Mobil

Lakukan-Pengecekan-Rutin-Pada-Velg-Mobil

Jika Anda adalah termasuk orang yang rutin dalam menggunakan mobil Anda, melakukan pengecekan secara berkala adalah hal yang wajib dilakukan agar kenyamanan Anda dalam berkendara tetap terjaga. Velg mobil adalah salah satu hal yang perlu Anda rawat secara rutin. Lakukanlah pengecekan rutin pada velg mobil Anda paling tidak satu bulan sekali di bengkel langganan Anda.


2. Mengelap Velg Mobil Anda

Mengelap-Velg-Mobil-Anda

Agar nyaman saat berkendara, menjaga penampilan mobil tetap terlihat bersih merupakan hal yang harus dilakukan. Pada bagian velg mobil cenderung mudah ternoda. Terlebih apabila jalan yang Anda lalui berdebu atau becek. Salah satu caranya adalah dengan rutin mengelap velg mobil. Jika dilakukan secara rutin, maka tidak hanya untuk menjaga kebersihan velg tapi juga mencegahnya dari karat.


3. Mencuci Velg Mobil Anda

Mencuci-Velg-Mobil-Anda

Mengingat bahwa velg terletak pada lokasi yang rentan dan mudah kotor, mencuci velg secara rutin merupakan hal yang wajib Anda lakukan. Selain merawat velg, mencuci velg juga akan membantu menghindari velg mobil Anda dari karatan.

Mungkin Anda berpikir bahwa mencuci velg adalah hal yang seharusnya dilakukan bersamaan ketika mencuci keseluruhan mobil. Namun jika Anda baru saja melalui jalanan yang kotor, berdebu, bahkan becek, sebaiknya jangan menunggu dan langsung saja mencuci velg mobil Anda.


4. Pilih Rute yang Minim Jalan Berlubang

Pilih-Rute-yang-Minim-Jalan-Berlubang

Tak bisa dipungkiri, salah satu hal yang membuat velg mobil Anda cepat rusak adalah karena Anda melewati jalan berlubang. Maka dari itu, pilihlah rute yang tepat demi menjaga kualitas velg Anda. Terlalu sering melewati jalan berlubang juga bisa membuat velg Anda menjadi penyok. Kalau jalanan berlubang tak bisa dihindari, sebaiknya kurangi kecepatan mobil Anda saat berkendara.


5. Hindari Menggunakan Mobil Sehabis Hujan

Hindari-Menggunakan-Mobil-Sehabis-Hujan

Kondisi jalanan selepas hujan membuat jalanan becek dan berlumpur. Jika Anda menggunakan mobil Anda pada saat itu, tentunya akan mengotori velg mobil Anda, bahkan juga bagian lain dari mobil Anda. Maka dari itu, pilihlah waktu yang tepat untuk mengendarai mobil Anda.


Rekomendasi 5 Merk Velg Mobil Terbaik

1. Vossen

Vossen

Produk velg asal Miami, Amerika Serikat, ini menggunakan bahan material alumunium. Dan bahan aluminium tersebut merupakan bahan yang sama yang digunakan pada pesawat terbang. Merk velg mobil yang satu ini juga memiliki banyak seri, yakni CV, S17, HF, M, VWS, VFS, dan masih banyak seri lainnya.

Ukuran yang tersedia pada velg Vossen umumnya berkisar pada ukuran 19 inch sampai 24 inch. Budget yang harus disiapkan untuk memakai velg Vossen di mobil Anda ialah sekitar 6 jutaan untuk yang termurah. Variasi harga dari velg ini tentunya berbeda dari setiap serinya.

Karimun Wagon, Innova, Avanza, serta Swift adalah contoh mobil yang cocok menggunakan velg ini. Untuk lebih jelasnya, Vossen cocok digunakan pada mobil berjenis MVP dan juga mobil sport.


2. HRE

HRE

Merk velg mobil yang satu ini adalah salah satu yang cukup laris di Indonesia. HRE merupakan velg produksi amerika. Velg ini hanya memiliki satu distributor saja di Indonesia, yakni Permaisuri Ban. Untuk jenis rodanya, HRE menyediakan jenis Flowform Wheel serta Forged Wheel.

Untuk konstruksi velg, HRE menyediakan monoblock, serta 3 dan 4 piece. Seri yang paling terkenal dari velg merk ini ialah seri S2H. Banyak yang menganggap bahwa S2H merupakan velg produk HRE yang berbobot paling ringan. Budget yang perlu disediakan untuk memiliki velg merk ini ialah berkisar 3,5 jutaan.


3. Work Equip

Work-Equip

Lagi-lagi merk velg yang satu ini adalah velg produksi Amerika. Dengan jenis 3 dan 4 piece, Work Equip menyediakan ukuran velg dari 14 hingga 15 inch, atau setidaknya spesifikasi tersebut adalah yang paling banyak beredar di Indonesia. Untuk Anda penyuka style retro, velg Work Equip bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda.

Untuk contoh mobil yang cocok menggunakan velg yang satu ini ialah Karimun Estilo, Altis, jazz, Ayla, Honda Brio, Toyota Agya, Datsun go, dan masih banyak lagi. Jika Anda ingin menggunakan velg Work Equip, setidaknya Anda harus menyiapkan budget sebesar 4,1 jutaan.


4. BBS

BBS

Untuk Anda pecinta olahraga balap Formula One, Anda mungkin mengetahui merk velg yang satu ini. Salah satu titik tolak naik daunnya velg ini adalah ketika Michael Schumacher menggunakan BBS pada mobil balapnya pada tahun 1995. Untuk namanya merknya sendiri memang terkesan sporty, tapi sebetulnya nama velg ini ialah singkatan dari nama penemu velg ini, yakni Baumgartner Brand Schiltach.

Velg ini adalah velg yang pertama kali diproduksi Prancis dan kini sudah didistribusikan ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Untuk versi dari velg ini terdapat banyak variasi, yakni BBS LM, BBS F1, serta BBSCHR.

Untuk ukurannya sendiri beraneka ragam pula, mulai dari 15 inch, 16 inch, 17 inch, hingga 19 inch. Sebetulnya masih ada ukuran lainnya, namun ukuran yang tadi disebutkan adalah ukuran yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Anda bisa memakai velg ini di mobil Anda dengan menyiapkan budget sekitar 4 jutaan.


5. Volk Rays

Volk-Rays

Velg yang satu ini adalah velg favorit orang-orang yang gemar memodifikasi mobilnya. Volk Rays diproduksi pertama kali di Jepang pada tahun 1996. Velg ini ialah salah satu merk velg yang terbaik. Dan uniknya, velg ini pada mulanya diperuntukkan untuk mobil-mobil jalanan.

Volk Racing TE37 palang enam adalah seri velg yang pertama kali diciptakan oleh Volk Rays. Di mana angka dari seri tersebut diadaptasi dari bobot asli velg itu sendiri, yakni 3,7 kilogram. Dahulu pada mulanya velg ini digunakan sebagai velg custom oleh para modifikator dengan tujuan mobil mereka memiliki nuansa racing look. Untuk mendapatkan velg ini, Anda perlu menyiapkan budget 6 jutaan.

Untuk Anda yang menggunakan mobil secara reguler atau daily, pasti menginginkan mobil Anda memiliki performa yang nyaman. Begitu juga dengan tampilan mobilnya. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mencapai hal tersebut adalah memilih merk velg mobil yang tepat untuk mobil Anda. Rekomendasi velg mobil di atas mungkin bisa menjadi merk yang Anda pertimbangkan.


Baca Juga : 10 Merk Sabun Cuci Mobil Terbaik, Mengkilat dan Awet

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan