8 Merk Vacuum Cleaner yang Bagus dan Awet

Posted on

Merkbagus.id – Debu dan tungau merupakan musuh yang sulit terlihat dan dibersihkan, apalagi jika menggunakan alat rumah tangga biasa seperti sapu dan kemoceng. Parasit-parasit kecil ini tidak akan mudah pergi begitu saja kecuali dilakukan pembersihan total dan menyeluruh sampai ke sudut-sudut tersempit. Nah, disinilah fungsi vacuum cleaner, merk vacuum cleaner yang bagus akan mudah mengatasi masalah tersebut.

Apabila masalah debu dan tungau sudah teratasi maka rumah menjadi lebih bersih dan sehat dihuni seluruh anggota keluarga. Sayangnya, jenis vacuum cleaner bukan hanya satu, setiap jenis juga memiliki spesialisasinya sendiri sehingga kalau salah beli, hasilnya tidak akan maksimal. Untuk itu, dibawah ini ada tips memilih vacuum cleaner yang bagus dan sesuai kebutuhan sehingga awet dan maksimal saat digunakan.

Tips Memilih Vacuum Cleaner Bagus yang Sesuai Kebutuhan, Awet dan Maksimal Saat Digunakan

Guna memilih vacuum cleaner bagus yang sesuai kebutuhan agar saat digunakan awet dan hasilnya maksimal, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Hal yang perlu diketahui tersebut semuanya ada di tips memilih vacuum cleaner di bawah ini, silakan di simak dan semoga bermanfaat ya?

  • 1. Ketahui Untuk Apa  Vacuum Cleaner Digunakan

Langkah pertama yang harus diketahui adalah untuk apa vacuum cleaner akan digunakan? Untuk membersihkan kamar tidur? membersihkan mobil? membersihkan cairan atau membersihkan debu?

Setelah mengetahui untuk membersihkan apa saja vacuum cleaner tersebut, barulah menuju langkah selanjutnya. Pastikan tahu betul penggunaanya ya, supaya nanti tidak salah memilih jenis vacuum cleaner yang dibutuhkan.

  • 2. Mengetahui Jenis Vacuum Cleaner

Saat ini yang paling umum ada upright vacuum, handheld vacuum, stick vacuum, dan robot vacuum. Cara menggunakan masing-masing vacuum cleaner berbeda karena mereka memiliki bentuk yang berbeda.

Upright vacuum, jenis ini yang paling sering dijumpai di rumah-rumah karena penggunaannya yang sangat mudah. Bentuk vacuum cleaner tegak pada bagian penyedotnya, serta dilengkapi pipa fleksibel dan tabung yang cukup besar. Jenis ini bias digunakan untuk membersihkan lantai maupun kursi.

Handheld vacuum, seperti namanya jensi vacuum cleaner ini portable sehingga lebih mudah digunakan untuk menjangkau sudut sulit. Bahkan, jenis vacuum cleaner ini juga bisa digunakan untuk membersihkan mobil. Walaupun kapasitas tabung yang dimilikinya jauh lebih kecil.

Stick vacuum, jenis satu ini hampir sama dengan handheld vacuum hanya saja sedikit lebih panjang dan fungsinya lebih kompleks. Stick vacuum bisa sekalian digunakan untuk mengepel lantai sehingga praktis dan menghemat waktu.

Robot vacuum, merupakan teknologi terbaru yang memungkinkan robot membersihkan semua sudut secara otomatis. Sayangnya, robot vacuum ini hanya bisa membersihkan lantai saja dan tidak bisa membersihkan hal lain seperti kasur, kursi bahkan mobil.

  • 3. Memilih Jenis Vacuum yang Sesuai Kebutuhan

Setelah mengetahui jenis vacuum cleaner, kini tinggal mengetahui mana jenis yang paling dibutuhkan. Caranya mudah, tinggal sesuaikan saja dengan rutinitas dan kebiasaan masing-masing.

Misalnya saja  bagi yang sangat sibuk, robot vacuum akan sangat membantu karena bekerja otomatis dan tidak perlu diawasi. Lalu jika perlu membersihkan semua ruangan sekaligus mengepel lantai, stick vacuum bisa menjadi pilihan yang tepat.

  • 4. Ketahui Kemampuan yang Dimiliki oleh Vacuum Cleaner

Sekarang sudah ada vacuum cleaner yang mampu menyedot baik hal kering sampai dengan cairan. Ada pula vacuum cleaner yang selain berfungsi sebagai penyedot debu, vacuum juga bisa berfungsi ganda sebagai pengering.

Lalu masalah kemampuan menyedot debu, perhatikan apakah vacuum memiliki tingkatan kontrol penghisap debu atau tidak. Kemampuan tingkatan kontrol ini sangat bermanfaat apabila debu yang dibersihkan ada pada kain atau boneka dengan serat menjuntai seperti bulu.

  • 5. Pastikan Filter yang Digunakan Baik

Untuk mendapatkan vacuum cleaner yang bagus dan awet saat digunakan, pastikan teknologi filter berfungsi sempurna. Hal ini agar kotoran yang sudah disedot tidak membalik dan keluar lagi lewat bagian belakang vacuum cleaner.

Tidak jarang ketika vacuum belum mengadopsi teknologi filter terbaru, setelah beberapa saat digunakan sistem filter menurun kualitasnya. Hal ini bisa berbahaya karena debu keluar kembali dengan kecepatan tinggi sehingga mudah menyebar.

  • 6. Spesialisasi Vacuum Cleaner

Spesialisasi ini berhubungan dengan fungsi utama penyedot debu, misalnya ada yang khusus untuk menyedot tungau dan ada yang bisa mengeringkan pakaian. Jika ingin membeli vacuum cleaner dengan fungsi khusus, jangan lupa perhatikan bagian ini. Umumnya pada kemasan produk, pasti tersedia informasi detailnya.

  • 7. Kemampuan Menyedot Debu

Untuk vacuum cleaner yang bagus, pastinya harus mampu menyedot debu dengan bersih hanya dengan sekali sapuan saja. Biasanya jika membeli langsung di toko, ada unit yang bisa dicoba sehingga bisa dibandingkan kualitas vacuum cleaner tersebut.

Apabila ingin membeli secara online, maka melihat-lihat hasil review yang ada di media sosial, blog atau youtube, bisa membantu. Pastikan hanya membeli di akun official atau trusted seller ya.

  • 8. Daya yang Dibutuhkan

Vacuum cleaner biasanya tidak membutuhkan daya yang begitu besar, tetapi untuk penggunaan yang cukup sering hal ini perlu diperhatikan. Daya yang dibutuhkan oleh alat penyedot debu biasanya sudah diinformasikan pada box pembungkus.

  • 9. Pertimbangkan Ukuran Vacuum Cleaner

Jika hampir setiap hari menggunakan penyedot debu, maka memilih ukuran yang tidak terlalu besar dan berat akan lebih baik. Hal ini berhubungan dengan faktor kesehatan, bisa-bisa dengan vacuum cleaner yang berat, badan justru malah pegal-pegal.

  • 10. Suara yang Dihasilkan Vacuum Cleaner

Suara bising yang dihasilkan vacuum cleaner tentu sangat mengganggu, apalagi jika dihadapi setiap hari. Untuk itu memilih vacuum cleaner yang tidak bising sangat dianjurkan agar kegiatan membersihkan rumah lebih menyenangkan.

  • 11. Harga Vacuum Cleaner

Faktor satu ini sebaiknya tetap dipertimbangkan supaya saat belanja tidak melebihi batas. Jangan sampai karena membeli vacuum yang diluar kemampuan, kedepannya keuangan menjadi sulit.

Rasanya tips di atas sudah cukup, dengan begini vacuum cleaner bagus, sesuai kebutuhan dan awet saat digunakan bisa didapat dengan mudah. Apabila ingin semakin mudah memutuskan mana vacuum cleaner terbaik, rekomendasi merk-merk di bawah ini bisa membantu.

10 Rekomendasi Merk Vacuum Cleaner yang Bagus, Sesuai Kebutuhan dan Awet

Semua rekomendasi di bawah ini sudah dipilih vacuum cleaner terbaik 2019, jadi sudah pasti bagus dan awet. Mengenai sesuai kebutuhan, bisa disesuaikan dengan mengetahui review detail masing- masing merk yang ada di bawah ini :

  • 1. Samsung Canister VC15K4110VR

Samsung-Canister-VC15K4110VR

Merk Samsung Canister VC15K4110VR, merupakan yang paling populer karena mampu menyedot debu hingga partikel terkecil. Bagian filter juga sudah menerapkan teknologi terbaru sehingga debu tidak akan keluar kembali. Jadi cocok juga untuk membersihkan kasur atau springbed agar bebas dari debu.

Pada bagian turbin, dijamin tidak akan menyangkut sehingga kegiatan menyedot debu bisa cepat selesai dan tanpa repot. Sedangkan masalah daya, produk Samsung ini membutuhkan 390 watt.

Kelebihan Samsung Canister VC15K4110VR

  • Tabung mampu menampung 1,3 Liter debu
  • Kabel power yang panjangnya hingga 7 meter
  • Sudah tersertifikasi HEPA H13
  • Level kebisingannya sangat rendah yaitu 86 dBA
  • Turbin dijamin tidak macet sehingga lebih awet
  • Garansi resmi selama 1 tahun

Kekurangan Samsung Canister VC15K4110VR

  • Hanya tersedia satu jenis kepala vacuum saja
  • Tidak dilengkapi dengan kepala vacuum pengganti

Harga Samsung Canister VC15K4110VR

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 1.428.000Diskon 20%
TokopediaRp 1.419.000Diskon 40%
Shopee IndonesiaRp –
BukalapakRp 1.773.000Diskon 40%
JD IDRp 1.379.000Diskon 44%
LazadaRp 3.372.000
  • 2. Black + Decker A2B650-B1

Black-Decker-A2B650-B1

Untuk yang membutuhkan penyedot debu fleksibel, Black + Decker A2B650-B1 boleh dipertimbangkan. Setiap satu unitnya, sudah dilengkapi dengan brush, tube, upholstery nozzle, dan flexible hose, sehingga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan banyak hal.

Belum lagi, produk satu ini juga sudah dilengkapi dengan one touch pedal operation yang mempermudah proses penyedotan debu. Dari segi harga juga bersahabat, jadi tidak salah kalau produk satu ini merupakan salah satu merk vacuum cleaner murah berkualitas.

Kelebihan Black + Decker A2B650-B1

  • Memiliki teknologi one touch pedal operation
  • Dilengkapi dengan power lock
  • Memiliki aksesoris pengganti kepala vacuum cleaner yang lengkap
  • Harga bersahabat
  • Kepala vacuum cleaner mudah dibongkar pasang
  • Bisa multi fungsi karena memiliki banyak kepala penyedot debu yang berbeda

Kekurangan Black + Decker A2B650-B1

  • Kabel kurang panjang karena hanya 3.5 meter
  • Pemakaian daya cukup besar yaitu 650 watt

Harga Black + Decker A2B650-B1

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 459.000
TokopediaRp 512.000
Shopee IndonesiaRp 449.000
BukalapakRp 479.000
JD IDRp 525.000
LazadaRp 449.000
  • 3. BOLDe Vacuum & Blow Cleaner Super Hoover Cyclone

BOLDe-Vacuum-Blow-Cleaner-Super-Hoover-Cyclone

Vacuum cleaner satu ini merupakan jenis handled vacuum cleaner sehingga lebih fleksibel dan mudah digunakan. Bagian mulut penyedot memiliki 2 tipe, yang satu bisa digunakan untuk membersihkan lantai dan satunya sudut sempit.

BOLDe Vacuum & Blow Cleaner Super Hoover Cyclone sudah dilengkapi dengan auto shutdown heating, sehingga saat terlalu panas akan otomatis mati. Bagi yang tidak suka berisik, tingkat kebisingan yang dihasilkan hanya 78 dBA, sedangkan daya yang dibutuhkan hanya 150 watt.

Kelebihan BOLDe Vacuum & Blow Cleaner Super Hoover Cyclone

  • Bisa digunakan untuk membersihkan mobil
  • Tingkat kebisingan yang rendah
  • Dibekali garansi resmi selama 1 tahun
  • Daya listrik yang dibutuhkan hanya 350 watt
  • Vacuum power yang dihasilkan 18 KPA
  • Mudah digunakan dan tidak membuat pegal
  • Harga bersahabat

Kekurangan BOLDe Vacuum & Blow Cleaner Super Hoover Cyclone

  • Ukuran tabung tidak begitu besar hanya 0,3 Liter
  • Banyak terdapat merk tiruannya, sehingga perlu hati-hati

Harga BOLDe Vacuum & Blow Cleaner Super Hoover Cyclone

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 374.000
TokopediaRp 379000
Shopee IndonesiaRp 478.000
BukalapakRp 485.000
JD IDRp 379.000
LazadaRp 349.000Diskon 17%
  • 4. SHARP EC-HX100Y-S Mite Catcher Vacuum Cleaner

SHARP-EC-HX100Y-S-Mite-Catcher-Vacuum-Cleaner

SHARP EC-HX100Y-S Mite Catcher merupakan vacuum cleaner anti tungau terbaik dengan sertifikasi HEPA filter. Cara kerjanya yaitu dengan memanaskan permukaan kasur hingga 40 derajat celcius sampai membasmi tungau. Setelah itu baru tungau yang lemas disedot dengan putaran sentrifugal agar tidak kembali.

Alat penyedot debu satu ini juga dilengkapi dengan ion plasmacluster sehingga mampu menjaga kelembaban kasur dan membuatnya tetap wangi. Bagi yang tidak suka asap rokok, alat satu ini juga bisa membersihkan asap rokok beserta partikel berbahayanya dengan menyebarkan hidroksil.

Kelebihan SHARP EC-HX100Y-S Mite Catcher Vacuum Cleaner

  • Mampu memberantas tungau beserta kotorannya
  • Mengandung ion plasmacluster
  • Bisa memanaskan sekaligus menyedot kotoran hingga partikel terkecil
  • Bersertifikasi HEPA
  • Merk populer yang mudah didapatkan
  • Garansi resmi selama satu tahun penuh

Kekurangan SHARP EC-HX100Y-S Mite Catcher Vacuum Cleaner

  • Harganya cukup mahal
  • Kepala penyedot pendek dan tidak diberi jenis lain

Harga SHARP EC-HX100Y-S Mite Catcher Vacuum Cleaner

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 3.138.000Diskon 10%
TokopediaRp 2.900.000
Shopee IndonesiaRp 3.314.000
BukalapakRp 3.015.000
JD IDRp 2.269.000Diskon 46%
LazadaRp 3.384.000
  • 5. Philips Power Pro Aqua

PHILIPS-Power-Pro-Aqua

Vacuum cleaner satu ini merupakan vacuum cleaner stick terbaik karena merupakan vacuum cleaner multifungsi. Bukan hanya untuk membersihkan lantai, sofa atau kasur, tapi bisa juga untuk membersihkan permukaan kayu.

Satu fitur yang paling menonjol adalah water tank yang mampu menampung 0,2 Liter air untuk digunakan mengepel lantai dan benda-benda lain. Selain itu alat penyedot debu juga tidak berisik dengan 83 dB, dan sudah dilengkapi power cyclone dan tri active turbo nozzle.

Kelebihan Philips Power Pro Aqua

  • Menggunakan teknologi filter canggih dari Jerman
  • Mampu menyedot partikel hingga 0,3 mikron
  • Permukaan yang dibersihkan mencapai 50 m kubik sekali jalan
  • Tidak berisik
  • Dilengkapi dengan tri active nozzle

Kekurangan Philips Power Pro Aqua

  • Ukuran tabung penyedot hanya 0,6 Liter
  • Sementara hanya tersedia satu warna saja

Harga Philips Power Pro Aqua

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 3.400.000
TokopediaRp 3.199.000
Shopee IndonesiaRp 3.299.000
BukalapakRp 3.850.000
JD IDRp 2.650.000Diskon 20%
LazadaRp 2.999.000
  • 6. Kurumi KV 03 Robot Vacum

Kurumi-KV-03-Robot-Vacum

Kurumi KV 03 Robot Vacuum merupakan salah satu robot pembersih debu otomatis dengan desain dan teknologi terbaru. Produk satu ini bukan saja dilengkapi dengan water tank, akan tetapi dibekali juga dengan 3 mode pembersihan.

Robot pembersih mampu membersihkan sampai ke sudut, secara zig zag, dan bahkan menjangkau daerah yang sulit dibersihkan seperti bawah sofa. Untuk baterai, kapasitasnya 2200 mAH dengan fitur auto charge pada docking charging station.

Kelebihan Kurumi KV 03 Robot Vacuum

  • Baterai yang cukup besar
  • Dibekali teknologi pengisian daya otomatis
  • Memiliki wadah pengisian air
  • Ada 3 mode pembersihan yang berbeda
  • Dilengkapi dengan rolling brush
  • Memiliki 2 side brush
  • Dikontrol menggunakan remote
  • Waktu pembersihan bisa dijadwal

Kekurangan Kurumi KV 03 Robot Vacuum

  • Waktu pengisian bisa sampai 6 jam
  • Kapasitas tabung penampung hanya 0,5 Liter

Harga Kurumi KV 03 Robot Vacuum

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 2.250.000
TokopediaRp 2.344.000
Shopee IndonesiaRp 2.422.000
BukalapakRp 2.450000
JD IDRp 2.450.000
LazadaRp 2.450.000
  • 7. Electrolux Z1220 Bagged

Electrolux-Z1220-Bagged

Electrolux Z1220 Bagged merupakan salah satu produk terbaik dari Electrolux yang dilengkapi dengan pipa fleksibel dan ringan. Filter Hygienic yang terpasang merupakan teknologi terbaru sehingga bukan saja bagus dan awet, produk satu ini juga memuaskan.

Belum lagi masih ada kabel yang panjang dan roda besar yang ada membuat pergerakan selama menyedot debu menjadi mudah. Untuk masalah tabung penyimpanan debu, kapasitasnya juga lumayan besar yaitu 4,5 liter.

Kelebihan Electrolux Z1220 Bagged

  • Ringan dan mudah digunakan karena fleksibel
  • Roda besar membuat pergerakan menjadi mudah
  • Kabel yang cukup panjang
  • Garansi resmi 1 tahun terhitung semenjak produk dihidupkan
  • Kapasitas tabung penyimpanan besar
  • Harganya terjangkau

Kekurangan Electrolux Z1220 Bagged

  • Tidak disertai dengan mulut penyedot tambahan
  • Tidak ada alternatif warna lain

Harga Electrolux Z1220 Bagged

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 853.000Diskon 11%
TokopediaRp 850.000
Shopee IndonesiaRp 888.000
BukalapakRp 9.65.000
JD IDRp 1.050.000
LazadaRp 1.164.000
  • 8. Xiaomi Mijia Roborock 2-in-1

Xiaomi-Mijia-Roborock 2-in-1

Xiaomi Mijia Roborock 2-in-1 merupakan generasi kedua robot vacuum cleaner dari Xiaomi yang telah mengalami berbagai peningkatan. Salah satunya dari segi baterai yang kini 5200 mAh, sensor LDS, dan penggunaan algoritma SLAM.

Sistem pembersihan yang digunakan oleh robot pembersih debu satu ini adalah vakum tornado yang mampu membersihkan hingga ke sela-sela terdalam. Satu lagi kelebihan yang dimiliki adalah adanya water tank yang lumayan besar.

Kelebihan Xiaomi Mijia Roborock 2-in-1

  • Mampu menyesuaikan rute pembersihkan
  • Daya baterai yang besar
  • Dilengkapi dengan remote control
  • Mampu memindai ruangan dengan cepat hingga 3 x 360 derajat per detik
  • Koordinasi sempurna sikat dan roll sikat untuk pembersihan mendalam

Kekurangan Xiaomi Mijia Roborock 2-in-1

  • Harganya cukup mahal
  • Masih cukup sulit ditemui dan kebanyakan masih dijual online

Harga Xiaomi Mijia Roborock 2-in-1

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 5.949.000
TokopediaRp 4.200.000
Shopee IndonesiaRp 4.956.000
BukalapakRp 4.250.000
JD IDRp 5.998.000
LazadaRp –

Rekomendasi Produk Vacuum Cleaner Terbaik

Seluruh merk alat penyedot debu diatas hadir dengan kualitas terbaik sehingga pasti bagus dan awet saat digunakan. Merk yang direkomendasikan juga terdiri dari berbagai jenis vacuum cleaner sehingga tinggal menentukan saja mana yang paling dibutuhkan.

Jadi, kalau harus memilih salah satu produk terbaik bukanlah hal yang mudah. Masing-masing alat penyedot debu memiliki kelebihannya sendiri. Akan tetapi kalau tetap harus memilih maka Philips Power Pro Aqua merupakan pilihan terbaik.

Philips Power Pro Aqua hadir dengan fitur 3 in 1 yang bukan hanya bisa menyedot debu pada lantai tapi bisa juga pada kayu dan bisa juga digunakan untuk mengepel. Produk satu ini bahkan sudah dilengkapi dengan tri active turbo nozzle dan power cyclone.

Dari segi harga, memang cukup mahal jika dibandingkan dengan yang lain, namun semuanya sepadan. Fitur dan kelebihan yang diberikan sangat baik sehingga harga yang ditawarkan memang wajar jika mencapai angka tersebut.

Kesimpulan

Kedelapan produk yang sudah direkomendasikan di atas hadir dengan kualitas terbaik sehingga otomatis bagus dan awet. Masing-masing merk telah direview dan dijelaskan penggunaannya, sehingga tinggal mempertimbangkan kebutuhan di rumah untuk memilih yang paling bagus.

Baca juga: 10 Merk Kulkas 2 Pintu Yang Bagus dan Hemat Listrik

Meskipun nantinya produk yang dipilih berbeda, tidak masalah karena semuanya merk vacuum cleaner yang bagus saja yang direkomendasikan. Menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada atau mempraktekan tips di atas juga bisa membantu memilih produk yang tepat.

Sekian informasi mengenai tips dan rekomendasi merk vacuum cleaner bagus yang awet lengkap dengan reviewnya. Jika ada yang perlu ditanyakan atau ingin membagikan artikel ini, silakan saja asal jangan lupa ditulis sumbernya ya?