TOP 5 Merk Tongsis Tripod Terbaik yang Bagus dan Berkualitas

Posted on

Mengambil swafoto atau yang lebih dikenal dengan selfie merupakan tindakan yang cukup lumrah ditemui saat ini. Seiring dengan tren selfie yang semakin meningkat, peralatan pendukungnya seperti selfie stick atau tongsis juga semakin berkembang. Jika dulu hanya dioperasikan secara manual dengan tangan, sekarang sudah muncul tongsis yang lebih canggih.

Saat ini tongsis tripod cukup populer digunakan terutama di kalangan youtuber dan influencer. Selain karena lebih praktis, tongsis tripod juga kerap dilengkapi dengan teknologi tambahan tergantung merknya. Jika Anda berniat membelinya ada baiknya Anda memilih merk tongsis tripod terbaik agar lebih puas.


Tips Memilih Merk Tongsis Tripod Terbaik

Saat ini di pasaran terdapat banyak sekali tongsis tripod yang tersedia. Jika Anda bingung memilih tongsis mana yang perlu dibeli maka Anda sebaiknya membaca tips-tips berikut. Dibawah ini merupakan tips memilih tongsis tripod terbaik.


1. Perhatikan ukuran panjang tongsis

Perhatikan-ukuran-panjang-tongsis

Semakin panjang ukuran tongsis maka cakupan daerah yang tertangkap kamera akan semakin luas. Namun sebaiknya jangan memilih tongsis yang terlalu panjang karena rentan patah. Pilih tongsis yang terbuat dari bahan yang cukup kuat untuk menahan beban kamera atau smartphone Anda.


2. Pilih tongsis yang aman dan mudah dioperasikan.

Pilih-tongsis-yang-aman-dan-mudah-dioperasikan

Tongsis yang mudah dioperasikan tentu akan sangat mempermudah Anda saat menggunakannya. Banyak tongsis yang dilengkapi dengan aksesori tambahan, sehingga cukup menyulitkan bagi yang tidak terbiasa.

Oleh karena itu, tongsis yang mudah digunakan serta ringan akan sangat membantu saat dipakai untuk traveling bersama-sama. Selain itu, material yang kokoh dapat menjadi jaminan keamanan produk sekaligus kualitasnya.

Tongsis yang kokoh dapat menahan beban yang cukup berat sehingga cocok untuk dipakai oleh berbagai jenis gawai. Di samping mudah digunakan, tongsis yang aman digunakan akan meminimalisir risiko kecelakaan saat dipergunakan sehingga cocok digunakan oleh anak-anak.


3. Pilih tongsis yang kompatible dengan ukuran smartphone yang dimiliki.

Pilih-tongsis-yang-kompatible-dengan-ukuran-smartphone-yang-dimiliki

Pastikan tongsis yang Anda pilih  kompatibel dengan smartphone yang dimiliki bahkan dalam kondisi menggunakan smartphone case. Walaupun case tergolong tipis dan ringan tapi tetap akan mempengaruhi ketebalan smartphone Anda terutama jika case yang digunakan terbuat dari silikon yang cukup tebal.


4. Perhatikan harganya

Perhatikan-harganya

Jika Anda memiliki anggaran yang terbatas ada baiknya Anda memilih tongsis dengan harga yang lebih murah atau bahkan membeli tongsis bekas layak pakai. Saat ini, telah tersedia berbagai macam tongsis yang memiliki fitur yang mirip dengan perbedaan harga yang cukup jauh.

Namun, jika Anda lebih memilih tongsis bekas, sebaiknya Anda membeli di tempat yang terpercaya untuk menghindari penipuan. Banyak juga toko online terpercaya yang menawarkan tongsis baru maupun bekas dengan harga yang terjangkau dan masuk akal.


Rekomendasi Merk Tongsis Tripod Terbaik

Jika menyukai fotografi atau menginginkan foto dengan kualitas terbaik, berikut ini rekomendasi 5 merk tongsis tripod terbaik yang dapat Anda pertimbangkan.


1. Xiaomi selfie stick Bluetooth remote shutter tripod holder

Xiaomi-selfie-stick-Bluetooth-remote-shutter-tripod-holder

Tongsis dari Xiomi ini sangat cocok bagi Anda mencari tripod Hp serbaguna. Tongsis ini tergolong ringan (155 gram) serta tidak terlalu besar sehingga mudah dibawa. Tongsis ini juga multifungsi karena bisa digunakan sebagai tripod.

Selain itu, terdapat tombol shutter yang bisa dibongkar pasang sesuai kebutuhan Anda. Material yang digunakan cukup kuat dan kokoh sehingga mampu menahan smartphone yang cukup besar.

Walaupun begitu, tongsis ini dapat Anda beli dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar 250ribu-an saja. Anda dapat dengan mudah membelinya di berbagai platform online yang banyak tersedia di pasaran. Sayangnya, tidak ada komponen tambahan lain dalam paket penjualannya.


2. Benro MK10 mini tripod selfie stick

Benro-MK10-mini-tripod-selfie-stick

Tongsis merek ini cukup awet dan memiliki kualitas yang bagus. Selain multifungsi, produk ini memiliki tombol shuter yang bisa dipakai jarak jauh sehingga cocok bagi Anda yang tidak suka hal-hal yang ribet. Selain itu, tongsis ini telah dibekali dengan anti slip pada bagian bawah sehingga lebih nyaman digunakan serta terbuat dari material yang kuat serta kokoh sehingga tidak mudah rusak.

Sayangnya, walaupun kuat dan berkualitas bagus, namun tongsis ini memiliki harga yang relative mahal, yaitu berkisar antara 250-390 ribu rupiah. Selain mahal, tongsis ini memiliki bobot yang cukup berat dan kurang nyaman dibawa kemana-mana sehingga kurang cocok dibawa saat berwisata.


3. Gopro 3 way grip arm tripod AFAEM-001

Gopro-3-way-grip-arm-tripod-AFAEM-001

Jika Anda adalah penggemar Gopro, maka tongsis ini cocok untuk dimiliki. Selain multifungsi, tongsis satu ini juga terbuat dari material yang kokoh, sehingga dijamin kuat. Menariknya, tongsis ini memiliki fitur dapat dilipat.

Pada keadaan normal, tongsis ini memiliki panjang 20 inchi. Sementara jika dilipat menjadi hanya 7,5 inchi saja. Selain itu, produk ini sangat ringan dan ukurannya compact. Sayangnya, selain kelebihan-kelebihan tersebut tongsis ini dibanderol dengan harga yang sangat mahal yaitu sebesar Rp1,2 juta.

Hal ini wajar mengingat produk Gopro ini termasuk merk tongsis tripod terbaik. Walaupun mahal, fitur tripod mini yang dimilikinya tidak terlalu tinggi sehingga kamera nantinya tidak bisa mencakup area yang lebih luas.


4. Yunteng YT-228 mini tripod

Yunteng-YT-228-mini-tripod

Tongsis satu ini memiliki ukuran yang mini dan mudah dibawa-bawa. Karena ukurannya yang kecil, tongsis ini memiliki bobot yang ringan. Selain ringan, produk ini dilengkapi dengan rotasi panorama 360° yang mempermudah Anda mengambil gambar dari berbagai sudut.

Walaupun kecil, produk ini terbilang kuat sehingga mampu menahan beban berbagai jenis gawai seperti smartphone, tablet dan action camera. Untuk masalah harga, produk ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau yaitu sekitar Rp 50-80 ribu saja.


5. XCSOURCE wireless Bluetooth selfie stick expendable tripod AC689

XCSOURCE-wireless-Bluetooth-selfie-stick-expendable-tripod-AC689

Produk ini memiliki fitur yang sama dengan yang dimiliki oleh tongsis Benro MK10 mini tripod selfie stick. Namun, Anda cukup membayar setengah dari harga produk Benro, sehingga sangat terjangkau. Selain itu, produk ini juga sangat ringan dan dapat dilipat menjadi hanya 7,7 inchi saja. Anda bisa membawanya dengan mudah di saku atau tas kecil tanpa terasa terbebani.

Produk ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang menyukai traveling dengan membawa sedikit bawaan, karena ringan dan cocok untuk mengambil foto yang bervariasi. Panjangnya yang mencapai 75 cm, sangat stabil saat digunakan. Harganya yang berkisar di Rp100 ribu-an sangat cocok bagi anak-anak muda yang belum memiliki penghasilan tinggi.

Kelima daftar di atas merupakan beberapa merk tongsis tripod terbaik yang bisa Anda pertimbangkan untuk dibeli. Penggunaan tongsis tentu akan sangat membantu untuk mengambil foto yang sesuai dengan keinginan Anda. Terlebih saat liburan dimana Anda tidak ingin melewatkan momen bersama orang-orang terdekat dan membagikannya di media sosial.

Perlu diingat jika penting untuk memilih tongsis yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda seorang professional, maka sebaiknya Anda memilih merk tongsis tripod terbaik untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, jika Anda hanya ingin sekedar mengambil gambar, tidak ada salahnya memilih merk yang lebih ekonomis, namun memiliki kualitas yang cukup bagus.


Baca Juga: 10 Merk Power Bank Terbaik yang Bagus dan Awet

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan