10 Merk Teleskop Senapan Angin

Posted on

Berburu di alam bebas membutuhkan alat canggih berupa teleskop senapan angin terbaik. Hal ini terkait fungsinya mempermudah dalam identifikasi dan membidik objek sasaran meskipun posisi Anda jauh hingga ratusan meter.

Tapi, dalam memilihnya, Anda harus mengetahui dulu spesifikasi teleskop senapan angin dan pertimbangan-pertimbangan lainnya.

Tips Memilih Teleskop Senapan Angin Terbaik

1. Harga

Harga

Tidak dipungkiri bahwa teleskop senapan memiliki harga cukup tinggi dari ratusan ribu hingga jutaan. Semakin mahal tentunya spesifikasi maupun kualitasnya semakin unggul. Anda tentukan pilihan dengan mempertimbangkan juga kondisi keuangan yang dimiliki.

2. Ketajaman Lensa

Ketajaman-Lensa

Ketajaman sebuah lensa turut andil mempengaruhi kenyamanan. Semakin tajam maka objek akan terlihat jelas sehingga Anda mudah untuk melumpuhkannya.

3. Diameter Dan Zoom

Diameter-dan-Zoom

Semakin besar kedua aspek tersebut maka view yang tampak semakin luas. Ukuran standar yang direkomendasikan adalah 3-9×40.

4. Tahan Getaran

Tahan-Getaran

Fakta menunjukkan bahwa setelah teleskop terpasang di senapan, otomatis ketika terjadi penembakan akan mengalami goncangan atau getaran. Apabila teleskop ketahanannya cukup tinggi maka Anda tidak harus berulang kali melakukan penyetelan.

5. Reticle

Reticle

Ada dua jenis reticle di sebuah teleskop, yaitu reticle crosshair dan reticle glass. Keduanya dibedakan berdasarkan model dan bahan pembuatannya. Reticle glass lebih awet dibandingkan crosshair yang rawan putus karena bahannya berupa benang.

Rekomendasi Teleskop Senapan Angin Terbaik

1. Riflescope Nikon Prostaff P3 Target EFR 3 – 9×40 AO

Riflescope-Nikon-Prostaff-P3-Target-EFR-3-9x40-AO

Kualitas produk ini sangat bagus. Teleskop membantu Anda memperoleh bidikan yang presisi dan sempurna. Hal tersebut didukung dengan lensa yang digunakan multiple layers of anti-reflective sehingga cocok untuk berburu baik di siang ataupun malam hari.

Hasil pengujian di lapangan membuktikan Nikon Prostaff P3 memiliki ketahanan dan kemampuan yang baik. Bahannya memakai aluminium quick focus eyepiece yang banyak digunakan pada lensa telephoto bermerk Nikon. Harganya Rp 3.800.000,00.

2. Riflescope BARSKA SWAT 6- 24X60 IR

Riflescope-BARSKA-SWAT-6-24X60-IR

Teleskop yang diproduksi menggunakan teknologi Illuminated Mil-Dot ini sengaja dirancang untuk beragam tujuan dan situasi. Optiknya memiliki multi-coated dan dijumpai Illuminated Glass Etched Mil-Dot Reticle yang membantu pemburuan dengan cahaya redup.

Keistimewaan lainnya adalah tahan air maupun embun sehingga meskipun sedang hujan, Anda tetap bisa berburu. Selain itu, dilengkapi 30 mm monotube yang ideal untuk semua senapan angin. Harganya Rp 1.925.000,00.

3. Riflescope Vortex Optics Strike Eagle 1 – 8×24

Riflescope-Vortex-Optics-Strike-Eagle-1-8x24-1

Jika Anda ingin mengikuti kompetisi berburu maka dapat mempercayakan teleskop jenis ini. Pasalnya kecepatannya tidak perlu dipertanyakan lagi karena memiliki mekanisme zeroing yang cepat.

Apa pun jenis senapan angin yang Anda miliki bisa ditambahkan teleskop tersebut karena tube hanya berukuran 30 mm saja. Kualitas secara keseluruhan bagus, hal ini tampak pada kemampuan kapabilitas, atribut quick-handling dan fungsionalitasnya.

Teleskop seharga Rp 9.800.000,00 ini sengaja didesain agar bisa kompatibel untuk produk-produk senapan angin  berdaya di atas 1000 fps.

4. Riflescope CVLIFE 2.5 – 10X40e

Riflescope-CVLIFE-2.5-10X40e

CVLIFE 2.5 – 10X40e sangat bagus untuk dipakai di malam hari. Menariknya lagi teleskop didesain satu set dengan gun sight laser sehingga pengeluarannya lebih hemat. Harga Rp 740.000,00.

Diameter dari tube 40 mm dan memakai dua macam Illuminated intensity di 5 level. Di bagian lensa terdapat scratch-resistant coating protects yang melindungi dari berbagai kotoran berupa keringat, lumpur dan lain sebagainya.

5. Riflescope Hawke Sidewinder FFP 6 – 24×56 MIL

Riflescope-Hawke-Sidewinder-FFP-6-24x56-MIL

Monotube pada Hawke Sidewinder sebesar 30 mm, sedangkan magnification maksimal 24x perbesaran. Selain itu, mempunyai 5 level dan dua jenis illumination dan mengaplikasikan front focal plane pada reticle.

Dengan demikian, dapat membantu membidik sasaran yang berjarak 5 mil sampai 8 km. Teknologi yang dipakai adalah MRAD reticle yang menjadikan akurasi setiap bidikan meningkat.

Selain itu, kompabilitas terhadap senapan angin yang memiliki kaliber berapa saja. Biasanya dimanfaatkan untuk berburu hewan berukuran besar. Terlebih resistensinya tinggi terhadap adanya getaran maupun suara keras dari hentakan recoil.

Biaya yang dibutuhkan untuk memilikinya adalah Rp 8.855.000,00. Harga ini pantas diberikan mengingat berbagai kelebihan yang ditawarkan dan sifatnya yang tahan goncangan, air hujan, getaran dan nitrogen purged.

6. Riflescope  Leupold VX-3i 3.5 – 10×40

Riflescope-Leupold-VX-3i-3.5-10x40-1

Leupold VX-3i merupakan teleskop senapan angin terbaik yang cocok menemani perburuan panjang. Banyak pemburu profesional yang telah menggunakannya.

Keunggulan produk adalah memiliki monotube dan mendukung untuk dipakai di semua kondisi lingkungan. Bahkan, kinerjanya sangat baik untuk digunakan long-range shot.

Adanya teknologi RFP (Rear Focal Plane) membuat magnification menjadi super tajam ketika Anda mengintai sasaran dari jarak jauh. Harganya Rp 8.000.000,00.

7. Riflescope Burris Fullfield II 3.5 – 10×50 LRS Ballistic

Riflescope-Burris-Fullfield-II-3.5-10x50-LRS-Ballistic

Burris Fullfield II akan mempermudah Anda agar memperoleh first shot yang baik. Hal ini dapat terjadi karena memiliki teknologi Electro-Dot sehingga target mudah diposisikan pada pinpoint.

Adanya fitur LRS (Lighted Reticle Scope) maka bisa diandalkan untuk perburuan di daerah bercahaya rendah. Misalnya di waktu fajar dan senja. Pada eyepiece memakai Europe style dan ring powernya berintegrasi dengan quick focus.

Selain itu, terdapat fitur penguat sehingga teleskop tidak terpengaruh beban getar maupun tekanan recoil senapan angin.

Resistensinya terhadap berbagai jenis lingkungan baik. Dengan demikian, jika terkena debu, embun, goncangan maupun air tidak perlu khawatir. Harganya dipatok Rp 4.500.000,00.

8. Riflescope UTG Accushot SWAT 4 – 16×44

Riflescope-UTG-Accushot-SWAT-4-16x44-1

Tingkat ketahanannya pada getaran, debu maupun air hujan tinggi sehingga tidak ada kendala untuk senapan angin dengan fps besar. Kualitas view target semakin jernih dan tajam dengan adanya lensa objektif ukuran 44 mm, 1/4 MOA dan illumination Mil-Dot reticle.

Besarnya tube adalah 30 mm dan mempunyai 16x magnification. Kompabilitasnya tinggi bagi semua senapan angin. Harganya Rp 2.700.000,00.

9. Riflescope Hawke Airmax 30 SF IR 6 – 24×50 AMR

Riflescope-Hawke-Airmax-30-SF-IR-6-24x50-AMR

Adanya fitur stepless rheostat dapat berfungsi mengontrol cahaya yang dibutuhkan. Banyak pemburu yang menyukai Hawke Airmax 30 SF khususnya untuk memburu hewan-hewan besar.

Teknologi yang dipilih adalah AMX IR reticle, kemampuannya hingga 10x Mil-Dot disertai  multiple aim points. Monotube yang diaplikasikan 30 mm.

Adapun untuk illumination dipakai jenis red-stepless yang terdiri atas side focus 9m / 10 yds to infinity. Tipe ini masuk dalam deretan long-shot marking terbaik yang dibandrol Rp 7.050.000,00.

10. Riflescope Bushnell Banner 4 – 12×40

Riflescope-Bushnell-Banner-4-12x40

Anda ingin merasakan nikmatnya melakukan long-range shooting yang dilengkapi multi-reticle maka sebaiknya membeli teleskop ini. Apalagi desainnya telah dibuat senyaman mungkin sehingga penggunanya selalu merasa nyaman.

Teknologi yang diterapkan berupa Multi-X Crosshair reticle yang merupakan hasil pengembangan SPF (Second Focal Plane). Teknologi tersebut bagus, terbukti di Amerika Serikat para pemburu sangat menyukainya.

Bagi pemburu yang sering beraksi di saat senja maka Bushnell Banner menjadi pilihan yang tepat. Anda pun tetap bisa beraktivitas pada kondisi hujan karena bersifat tahan air dan debu kasar maupun halus. Harganya Rp 2.320.000,00.

Anda tidak perlu bingung lagi saat mencari teleskop senapan angin terbaik. Semua sudah dilengkapi beragam teknologi yang canggih dengan fungsinya masing-masing sehingga Anda tinggal menyesuaikan jenisnya berdasarkan ukuran target, waktu berburu, cuaca dan lain-lain.

 

Lihat Juga :

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan