5 Merk Teh Hijau yang Bagus Tanpa Kafein

Posted on

Merkbagus.id –Walaupun teh hijau baik bagi kesehatan, tetapi minuman yang berasal dari negeri sakura ini ternyata tidak luput dari kafein. Tidak semuanya memang, ada pula jenis teh hijau yang tidak mengandung kafein sama sekali, namun sayangnya jumlahnya tidak banyak. Jadi bagi yang jarang mengkonsumsinya mungkin akan sedikit kesulitan untuk menemukan merk teh hijau tanpa kafein di pasaran.

Lantas, bagaimana supaya mengetahui ada apa saja jenis teh hijau dan seperti apa yang tanpa kafein? Tenang, di bawah ini nanti akan diberikan informasi mengenai berbagai macam jenis teh hijau yang ada. Sehingga nanti saat membeli bisa membedakan mana teh hijau yang bagus dan tidak mengandung kafein.

8 Jenis Teh Hijau yang Populer dan Paling Banyak Beredar di Pasaran

Jenis-jenis teh berikut ini merupakan yang paling sering dijumpai di pasaran dan populer. Jadi, mungkin dari sekian jenis yang disebutkan beberapa jenis sudah sering dikenal dan akrab telinga. Berikut jenis-jenis teh hijau yang populer dan banyak beredar di pasaran :

1. Sencha

Jenis teh satu ini yang paling sering dijumpai dan merupakan teh dengan kualitas yang baik. Ciri-ciri dari Sencha adalah daunnya yang masih utuh dan panjang, serta warnanya hijaunya yang masih jelas ketara.

Sencha ini merupakan teh hijau yang tumbuh di daerah yang sering terkena cahaya matahari. Daun teh yang dipetik untuk Sencha merupakan pucuk pertama yang tumbuh, bagian ini menghasilkan teh yang paling enak.

2. Gyokuro

Bagi yang pernah menjumpai daun teh hijau yang warnanya hijau gelap nyaris hitam, ini namanya Gyokuro. Warnanya yang gelap ini bukan menandakan kualitasnya ya, hanya saja sebelum dipanen pohon teh ditutupi agar tidak terkena sinar matahari.

Tujuan dari teknik ini adalah supaya teh memiliki rasa yang kuat dan tajam. Rasa yang kuat dari teh hijau ini dihasilkan akibat munculnya asam amino.

3. Matcha

Jenis teh hijau satu ini pasti semuanya tahu, sepertinya matcha akhir-akhir ini menjadi jenis teh hijau yang paling populer dan dikenal. Warnanya yang hijau berasal dari daun teh hijau yang dikeringkan dan dibuang batang dan seratnya kemudian dihaluskan.

Cara penyajian dengan menghaluskan daun teh hijau yang kering ini bertujuan untuk pengobatan. Sehingga manfaat teh hijau bisa lebih terasa dan maksimal ketika dikonsumsi.

4. Funmatsucha

Teh hijau jenis ini hampir sama persis dengan matcha, hanya saja berbeda dari segi kualitas. Teh hijau ini dibiarkan terpapar sinar matahari sehingga rasanya lebih pahit dari matcha. Jadi apabila selama ini mengkonsumsi matcha dengan cara menyeduh yang betul, tetapi pahit itu berarti funmatsucha.

5. Shincha

Apabila teh hijau yang dibeli mengklaim bahwa itu merupakan teh hijau terbaik. Perhatikan tampilannya, apakah daun teh kering masih hijau terang atau tidak. Lalu biasanya daun teh tidak dalam bentuk lembaran, tetapi lebih kepada gulungan pipih panjang.

Shincha merupakan teh hijau dengan kualitas terbaik dan harganya juga paling mahal. Ini karena daun teh yang dipetik merupakan daun teh pertama pada musim petik, sehingga hanya ada sekali pemetikan saja. Rasanya sedikit pahit tetapi, kaya akan amino dan mengandung sedikit sekali kafein.

6. Fukamushicha

Mungkin jenis teh ini juga sering dikonsumsi, tetapi tidak sadar saja. Ini karena fukamushicha merupakan teh campuran dari berbagai jenis teh dan biasanya tampilan daun tehnya sudah hancur.

Rasa teh ini tidak kuat dan tidak juga pahit, sedang-sedang saja. Bagi yang baru ingin memulai menikmati teh hijau, jenis ini rasanya paling pas. Selain itu, rasanya jenis teh ini juga banyak dijual di pasaran, hanya saja tidak dilabeli dengan nama fukamushicha.

7. Kukicha

Apakah pernah membeli teh hijau, tetapi saat kemasannya dibuka ternyata lebih banyak batang daripada daunnya? Kalau iya, berarti itu Kukicha. Warnanya yang sedikit kekuningan dan cerah rasanya tidak asing bukan?

8. Decaffeinated Green tea

Nah, jenis teh hijau decaffeinated green tea adalah jenis teh hijau yang tidak mengandung kafein sama sekali. Ini jenis teh yang ingin kita rekomendasikan pada kesempatan kali ini.

Dilihat dari penampilan, bentuk teh tidak ada bedanya sama sekali dengan teh hijau kebanyakan. Lalu bagaimana cara membedakannya? Mudah, cukup dilihat saja pada kemasan produk.

Teh hijau yang tidak mengandung kafein pasti mencantumkan decaffein pada kemasannya. Bisa di depan kemasa, bisa pula pada keterangan kecil di bawah sesuai dengan masing-masing merk.

Supaya tidak bingung dan tahu seperti apa merk teh hijau yang tidak mengandung kafein, ada rekomendasinya di bawah ini. Rekomendasi ini juga sudah dilengkapi dengan review kelebihan serta kekurangan teh, dan harga terbarunya.

5 Rekomendasi Teh Hijau Tanpa Kafein yang Bagus dan Baik Bagi Kesehatan

5 rekomendasi teh hijau yang disiapkan di bawah ini adalah khusus yang bebas kafein. Sehingga untuk beberapa merk mungkin akan sulit didapatkan dan perlu mencarinya di online store untuk membelinya. Berikut 5 rekomendasi teh hijau tanpa kafein yang bagus dan baik bagi kesehatan :

1. Herbilogy Matcha

Herbilogy-Matcha

Herbilogy Matcha merupakan merk teh hijau yang bagus untuk jerawat karena merupakan 100% matcha asli dan tanpa campuran. Di dalamnya sama sekali tidak dicampur dengan pengawet dan juga bebas gluten, gula, dan juga berbagai macam produk turunan susu.

Merk satu ini juga sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI sehingga aman dikonsumsi oleh siapapun. Masalah ketersediaan di pasar, produk ini sudah di pasarkan di Indonesia secara resmi, sehingga tidak sulit untuk mendapatkannya.

Kelebihan Herbilogy Matcha

  • 100% bubuk matcha premium
  • Bebas gluten
  • Tidak mengandung bahan pengawet atau zat kimia lain
  • Baik untuk pencernaan
  • Tidak diberi tambahan penguat rasa

Kekurangan Herbilogy Matcha

  • Hanya tersedia kemasan pouch
  • Tidak ada bentuk kantong teh celup

Harga Herbilogy Matcha 100 Gram

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 93.000
TokopediaRp 93.000
LazadaRp 93.000
BukalapakRp 93.000

2. Khoisan Tea Green Rooibos

Khoisan-Tea-Green-Rooibos

Khoisan Tea Green Rooibos bukan sekedar merk teh rendah kafein untuk ibu hamil. Melainkan teh hijau 100% organik tanpa kafein yang memang sudah dipastikan aman.

Apabila ragu-ragu karena takut masih ada kafein yang tersisa, bisa membuang air seduhan pertama, dan kemudian baru mengkonsumsi seduhan ke 2. Rasa teh hijau yang dimiliki oleh Khoisan Tea Green Rooibos cukup kuat sehingga cocok bagi para penikmat teh sejati.

Kelebihan Khoisan Tea Green Rooibos

  • 100% teh hijau organik
  • Kemasan berupa teh kantong celup sehingga lebih praktis
  • Cukup mudah didapatkan
  • Rasanya teh hijau kuat
  • Tidak pahit

Kekurangan Khoisan Tea Green Rooibos

  • Tidak tersedia kemasan travel pack
  • Harganya cukup mahal

Harga Khoisan Tea Green Rooibos

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 210.000
TokopediaRp 210.000
LazadaRp 210.000
BukalapakRp 210.000

3. Lipton Green Tea Decaffeinated

Lipton-Green-Tea-Decaffeinated

Merk satu ini sudah cukup populer bukan di Indonesia, tetapi sepertinya untuk versi tanpa kafeinnya belum terlalu dikenal ya? Padahal untuk versi tanpa kafeinnya juga tersedia dengan berbagai varian rasa teh hijau yang segar dan nikmat.

Salah satu yang paling disukai adalah madu lemon, rasa madu yang manis berpadu dengan lemon yang segar sangat enak di tenggorokan. Bagi yang memiliki perut buncit juga bisa mencoba karena produk ini juga termasuk merk teh hijau untuk perut buncit berkat kandungan lemonnya.

Kelebihan Lipton Green Tea Decaffeinated

  • Rasanya ringan dan tidak terlalu kuat sehingga cocok untuk pemula
  • Terdapat berbagai varian rasa
  • Rasa madu lemon yang paling populer bisa melegakan tenggorokan
  • Tersedia dalam kemasan kantong celup
  • Terdapat ukuran besar

Kekurangan Lipton Green Tea Decaffeinated

  • Cukup sulit dicari dan biasanya hanya di supermarket besar
  • Tidak ada kemasan kecil

Harga Lipton Green Tea Decaffeinated

Lipton Green Tea Decaffeinated 40 pcs

Nama TokoHargaKeterangan
WalmartRp 288.000
AmazonRp 268.000
LazadaRp –
BlibliRp –

4. Stash Tea Decaf Premium Green Tea Stash-Tea-Decaf-Premium-Green-Tea

Stash Tea Decaf Premium Green Tea merupakan teh hijau organic yang baik bagi pencernaan. Berbagai kandungan baik di dalamnya seperti asam amino, mampu membantu mensukseskan program penurunan berat badan atau diet.

Jadi tidak heran kalau banyak testimoni kurus dengan teh hijau, walaupun tentu saja hal ini harus diimbangi dengan olahraga teratur ya. Teh satu ini aroma teh hijaunya juga enak dihirup, lembut dan tidak menyengat, jadi sangat pas apabila diminum pagi-pagi setelah bangun tidur.

Kelebihan Stash Tea Decaf Premium Green Tea

  • 100% teh hijau organic
  • Bersertifikat fair trade certified
  • Aman dikonsumsi ibu hamil
  • Aromanya tidak terlalu kuat atau tajam
  • Kemasannya berbentuk kantong celup
  • Cukup mudah didapatkan di Indonesia

Kekurangan Stash Tea Decaf Premium Green Tea

  • Belum ada kemasan yang besar
  • Baru ada 2 varian rasa yaitu original dan chamomile

Harga Stash Tea Decaf Premium Green Tea

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 135.000
TokopediaRp 135.000
LazadaRp 135.000
BukalapakRp 135.000

5. Yogi Tea Green Tea Pure Green Decaf

Yogi-Tea-Green-Tea-Pure-Green-Decaf

Yogi Tea Green Tea Pure Green Decaf merupakan teh hijau 100% natural yang baik bagi tubuh sekaligus menambah vitalitas. Sehingga merk teh satu ini kebanyakan lebih populer dikalangan orang dewasa daripada anak muda.

Aroma teh hijau merk satu ini cukup kuat, jadi sangat cocok bagi para penikmat teh hijau sejati. Ada sedikit rasa pahit juga di dalamnya, tetapi rasa pahit itu tetap pahit khas teh hijau yang tidak tajam ataupun membuat mual.

Kelebihan Yogi Tea Green Tea Pure Green Decaf

  • Bisa menambah vitalitas
  • Rasanya kuat
  • 100% teh hijau organik
  • Cukup mudah didapatkan di Indonesia
  • Berbentuk kantong celup sehingga lebih mudah diseduh
  • Tersedia dalam berbagai varian rasa

Kekurangan Yogi Tea Green Tea Pure Green Decaf

  • Meskipun mudah ditemui tetapi masih terbatas di pertokoan besar
  • Belum ada kemasan besar

Harga Yogi Tea Green Tea Pure Green Decaf

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 99.000
TokopediaRp 99.000
LazadaRp 99.000
BukalapakRp 99.000

Rekomendasi Merk Teh Hijau Tanpa Kafein Terbaik

Dari ke 5 rekomendasi merk teh hijau di atas, semuanya tentu saja merupakan merk terbaik yang bagus bagi kesehatan. Masing-masing memiliki kelebihan masing-masing baik dari segi rasa, aroma, dan juga kemasannya, sehingga perlu pertimbangan lebih untuk memilih merk mana yang terbaik.

Jika mempertimbangkan segala hal termasuk selera maka rekomendasi terbaik jatuh kepada Khoisan Tea Green Rooibos . Merk teh satu ini selain mudah didapat juga tersedia dalam kemasan kantong celup yang mudah diseduh. Rasanya tehnya juga cukup kuat sehingga pas diminum di pagi hari supaya mata langsung terbuka dan siap menghadapi hari yang sibuk.

Baca juga: 12 Merk Susu Kedelai Terbaik yang Bagus dan Sehat

Kesimpulan

Ternyata ada banyak jenis teh hijau yang beredar di Indonesia, hanya saja jenis-jenis teh tersebut sudah dalam kemasan merk sehingga kurang tahu apa jenisnya. Akan tetapi, setelah mengetahui jenisnya jadi lebih tahu bukan mengenai macam-macam teh, sehingga saat membelinya nanti jadi lebih bisa memilih mana yang sesuai.

Terutama untuk merk teh hijau tanpa kafein yang perlu usaha lebih untuk melihat tanda tanpa kafein pada kemasannya. Terkadang tanda ini cukup kecil sehingga jangan lupa untuk memeriksanya betul-betul sebelum membeli agar tidak sampai salah membeli teh hijau. Jika sampai salah membeli teh hijau berkafein dan tidak lemah terhadap kafein, harus siap-siap begadang karena kandungan kafein yang ada.

Mulai dari tips hingga rekomendasi merk teh hijau yang tidak mengandung kafein sama sekali sudah dibahas. Kini tinggal membagikan di laman media masing-masing, supaya  banyak orang yang tahu mengenai informasi ini, selamat menikmati teh hijau.