10 Merk Spray Gun Terbaik

Posted on

Spray gun merupakan alat yang bisa Anda gunakan untuk melakukan proses pengecatan, agar hasilnya menjadi lebih baik, lebih halus, dan juga tentu saja menghemat penggunaan cat. Anda harus memilih merk spray gun yang berkualitas tinggi, sehingga hasil akhir pengecatan akan lebih bagus namun mudah dilakukan.

Jika Anda masih bingung untuk menentukan pilihan, kami akan memberikan beberapa tips untuk memilih spray gun yang berkualitas beserta dengan rekomendasi merk yang memproduksi spray gun. Untuk itu, Anda harus membaca artikel ini hingga akhir dan jangan sampai ada yang tertinggal atau terlewat, ya!

Tips Memilih Spray Gun yang Berkualitas

Spray gun menggunakan angin atau udara bertekanan yang didapatkan dari kompresor, untuk dapat menyemprotkan cat yang ada di tabung penyimpanan dengan bentuk atom (atomisasi). Kualitas hasil akan lebih baik jika angin yang digunakan semakin kencang, karena ukuran cat yang dikeluarkan akan lebih kecil.

Jika angin yang dikeluarkan kurang kencang, hasil pengecatan akan kasar dan menyerupai kulit jeruk sehingga kurang bagus untuk dilihat. Karena hal itu, Anda perlu memilih spray gun yang berkualitas agar hasil akhir menjadi lebih baik.

Kami sudah merangkum beberapa tips agar dapat memilih spray gun yang berkualitas dan sesuai dengan material yang ingin Anda warnai. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan hasil akhir yang bagus dan halus. Tips tersebut di antaranya adalah:

1. Pilih Spray Gun Tipe HVLP untuk Material Kayu

Pilih-Spray-Gun-Tipe-HVLP-untuk-Material-Kayu

Spray gun dengan tipe High Volume Low Pressure (HVLP) ini cocok untuk Anda gunakan pada material kayu. Pasalnya, spray gun tipe ini menghasilkan tekanan udara yang relatif rendah, sehingga meningkatkan efisiensi menempelnya cat pada material kayu.

Meskipun memang sangat cocok untuk material kayu, Anda harus mengetahui bahwa proses pengerjaan dengan menggunakan tipe HVLP ini tidak bisa dilakukan dalam jangka waktu yang pendek.

2. Pilih Spray Gun Tipe LVLP untuk Aplikasi Sealer

Pilih-Spray-Gun-Tipe-LVLP-untuk-Aplikasi-Sealer

Sealer biasanya memiliki viskositas (kekentalan) yang tinggi. Jika ingin mengaplikasikan sealer, Anda dapat menggunakan spray gun dengan tipe Low Volume Low Pressure (LVLP).  Selain untuk sealer, spray gun tipe ini dapat Anda gunakan untuk aplikasi base coat yang juga memiliki viskositas tinggi.

3. Pilih Spray Gun Tipe Air Assisted Airless untuk Aplikasi Top Coat dan Sealer

Pilih-Spray-Gun-Tipe-Air-Assisted-Airless-untuk-Aplikasi-Top-Coat-dan-Sealer

Spray gun tipe LVLP dapat Anda gunakan untuk bahan berviskositas tinggi, namun tidak disarankan pada aplikasi top coat karena tingkat atomisasi yang rendah. Sedangkan tipe HVLP tidak bisa digunakan untuk bahan berviskositas tinggi.

Untuk mengatasi hal itu, Anda dapat memilih spray gun dengan tipe Air Assisted Airless atau Air Mixed yang dapat digunakan untuk pengaplikasian bahan berviskositas tinggi (sealer). Selain itu, spray gun tipe juga memiliki tingkat atomisasi yang tinggi.

Rekomendasi Merk Spray Gun yang Berkualitas

Setelah menentukan jenis atau tipe spray gun yang ingin digunakan, Anda harus memilih merk spray gun yang sesuai dengan kebutuhan. Kami memiliki beberapa merk yang dapat sangat direkomendasikan, karena memiliki kualitas tinggi.

Adapun rekomendasi merk dari spray gun tersebut yaitu:

1. Kairos SGL F75

Kairos-SGL-F75

Spray gun ini menghasilkan semburan cat yang sangat halus dan juga area penyebarannya luas. Dengan kekuatan tekanan udara dari 2.5 hingga 4.5 kgf, spray gun ini dapat Anda gunakan meskipun dengan tambahan kompresor yang berukuran kecil.

Anda dapat menggunakan spray gun Kairos SGL F75 ini untuk mengaplikasikan base coat atau juga clear coat. Tabung cat dari spray gun ini dapat menampung hingga 400 cc cat.

2. Tekiro Ryu F75

Tekiro-Ryu-F75

Tekiro merupakan merk asal Jepang ini memproduksi produk spray gun dengan kualitas tinggi, yang bisa Anda dapatkan dengan merogoh kocek sekitar 150 hingga 200 ribu rupiah. Tabung penampung terletak di bagian atas spray gun dengan kapasitas hingga 400 cc.

Untuk dapat menghasilkan hasil yang berkualitas dan juga bagus, Anda harus memperhatikan jarak dari penggunaan spray gun. Jarak penggunaan spray gun atau jarak pengecatan yang optimal menggunakan produk ini adalah 15 hingga 20 cm dari objek yang ingin Anda cat.

3. K3B MC Tech

K3B-MC-Tech

Sama halnya dengan Tekiro yang merupakan produk dari perusahaan asal Jepang, K3B MC Tech ini merupakan produk spray gun dari perusahaan asal Jepang, yaitu MC Tech Japan. Dengan regulator khusus, Anda dapat mengatur tekanan angin yang keluar dari spray gun ini.

4. H&L

HL

Spray gun merk H&L ini sudah banyak digunakan oleh pemula dan bahkan hingga yang sudah senior dan profesional. Meskipun dibanderol dengan harga yang murah, semburan cat yang keluar dari lubang nozzle berukuran sangat kecil dan juga halus.

5. Shogun

Shogun

Spray gun ini bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar 150 hingga 160 ribu rupiah. Meskipun tergolong produk spray gun yang murah, produk ini dapat Anda gunakan untuk berbagai jenis cat, misalnya cat dasar, epoxy, clear coat, atau juga cat aksen seperti warna glitter.

6. Xenon 1.5 mm F75G

Xenon-1.5-mm-F75G

Spray gun ini menggunakan bahan brass yang merupakan material sejenis tembaga kuning. Ukuran spray gun Xenon 1.5 mm F75G ini relatif kecil dan mungil. Hasil pengecatan dengan menggunakan produk ini sangat halus dan juga rata, karena ukuran lubang nozzle yang kecil.

7. Santana

Santana

Spray gun merk Santana ini dapat Anda temukan dengan mudah di pasaran, karena merupakan salah satu merk yang memiliki banyak peminat. Saat membeli spray gun, Anda sudah bisa mendapatkan bonus sikat pembersih dan juga kunci yang berfungsi untuk bongkar pasang spray gun ini.

8. Rutland Spray Gun Set

Rutland-Spray-Gun-Set

Bentuk dari produk spray gun ini berbeda dengan produk lainnya, karena posisi tabung penampung yang bukan berada di atas.

Dengan enam jenis atau varian nozzle, Anda dapat melakukan berbagai teknik pengecatan dengan menggunakan satu produk dari Rutland ini saja. Anda juga dapat melakukan pengaturan semprotan pada produk ini.

9. Sagola F75G

Sagola-F75G

Rekomendasi spray gun dari kami yang terakhir adalah Sagola F75G.  Dengan ukuran tabung berdiameter 77 x 100 mm, ukuran tekanan ideal yang diberikan dapat mencapai hingga 50 psi. Lubang nozzle dari produk ini berukuran 1.5 mm, sehingga dapat menghasilkan semburan yang halus.

Tabung penyimpanan pada spray gun ini berada di atas dengan dikombinasikan gravity feed, sehingga tampilan dari alat ini menjadi lebih minimalis, ringkas, dan juga praktis. Anda bisa mendapatkan produk yang dikategorikan terbaik (dari ukuran tabung 400 ml) dengan harga 130 hingga 150 ribu rupiah.

Dari 9 rekomendasi merk spray gun yang sudah kami berikan, Anda dapat memilih spray gun yang sesuai dengan kebutuhan dan juga budget (anggaran) yang dimiliki. Jangan lupa untuk menyesuaikan tipe spray gun dengan penggunaan seperti yang kami sebutkan pada tips memilih spray gun.

 

Lihat Juga :

  1. 5 Merk Cat Semprot Body Motor yang Bagus dan Awet
  2. 9 Merk Kaca Film Mobil Terbaik yang Bagus dan Berkualitas
  3. 3 Merk Shockbreaker Motor Terbaik yang Bagus dan Nyaman
  4. Pasaran Harga Mobil Mini Cooper Terbaru dan Bekas
  5. 4 Merk GPS Mobil Terbaik yang Bagus dan Akurat
Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan