10 Jenis Shuttlecock Terbaik

Posted on

Alat dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam permainan bulu tangkis terdiri dari raket, jaring dan shuttlecock. Khusus untuk shuttlecock ternyata memiliki kriteria dan kualitas yang bisa menunjang permainan bulu tangkis. Apa saja merk shuttlecock terbaik? Bagaimana cara memilihnya?

Tips Memilih Shuttlecock Berkualitas

1. Bahan Bulu Shuttlecock

Bahan-Bulu-Shuttlecock-scaled

Pembuatan shuttlecock pada umumnya menggunakan 2 jenis bahan yakni bulu angsa dan bulu bebek. Beberapa produsen bahkan mencampur kedua bahan tersebut untuk menekan biaya. Bulu bebek memiliki karakter yang lebih kuat, kasar, dan cukup tebal.

Sedangkan untuk bulu angsa sendiri berkarakter halus, ringan, tipis dan cukup kuat. Harga dari shuttlecock bahan bulu angsa jauh lebih mahal dibandingkan bulu bebek. Namun, apapun jenis bahannya, harus sesuai dengan kondisi permainan yang Anda lakukan (latihan atau pertandingan).

2. Disesuaikan dengan Pemakaian

Disesuaikan-dengan-Pemakaian-scaled

Ketika memilih dan membeli shuttlecock, Anda harus menyesuaikannya dengan tujuan pemakaian. Jika penggunaan shuttlecock hanya untuk bermain bersama kawan dan keluarga, cukup gunakan produk kualitas biasa dengan harga murah.

Namun, kondisi berbeda jika Anda sedang melakukan latihan untuk turnamen hingga mengikuti ajang pertandingan berskala nasional atau internasional. Anda memerlukan shuttlecock dengan kualitas terbaik dan sudah memiliki sertifikasi resmi dari BWF.

3. Pengecekan Speed Number

Pengecekan-Speed-Number

Tips terakhir yang tidak boleh diabaikan adalah mengecek speed number yang ada di bungkus shuttlecock. Speed number ini merupakan jangkauan shuttlecock ketika terbang dan meluncur setelah mendapatkan pukulan dengan daya tertentu.

Namun, kualitas kecepatan bola juga bergantung dari lingkungan permainan. Misalnya saja, shuttlecock yang diproduksi oleh Tiongkok masih belum cocok untuk permainan bulu tangkis di Indonesia.

Speed number yang digunakan di Indonesia berkisar di angka 76 dan 77. Misalnya saja shuttlecock nomor 76, artinya memiliki kecepatan lambat hingga sedang dan digunakan di daerah hangat. Sedangkan untuk nomor 77 memiliki kecepatan sedang dan digunakan untuk daerah pesisir.

Maka, ketika Anda hendak membeli atau menggunakan shuttlecock, pastikan terlebih dahulu speed numbernya. Sesuaikan juga dengan tempo permainan dan lokasi pertandingan yang akan dilaksanakan.

Rekomendasi Shuttlecock Terbaik untuk Bulu Tangkis

1. Euro

Euro

Euro merupakan salah satu produsen shuttlecock berkualitas yang dibuat oleh pengrajin lokal asal Malang, Jawa Timur. Produk ini dikenal memiliki daya tahan yang kuat dan stabil ketika digunakan dalam pertandingan.

Namun, produk ini tidak bisa digunakan untuk rally panjang berulang kali. Jika Anda ingin membelinya, siapkan uang sebesar Rp 65 ribu hingga Rp 140 ribu rupiah. Harga tersebut sudah termasuk paling murah dibandingkan merk shuttlecock lain.

2. Nine

Nine

Bagi Anda yang ingin latihan bulu tangkis dan membutuhkan shuttlecock berkualitas, cobalah untuk memakai merk Nine. Produk ini hanya dibanderol dengan kisaran harga Rp 60 ribu rupiah hingga Rp 120 ribu rupiah.

Shuttlecock Nine merupakan produk Nusantara, tetapi kualitasnya tidak perlu diragukan. Produk ini dibuat dari bulu yang kuat, tingkat kestabilan tinggi dan awet untuk permainan berdurasi lama. Beberapa variasi dari Nine yaitu Nine silver, black, dan hijau.

3. Gajahmada

Gajad-Mada

Salah satu produk lokal shuttlecock yang banyak diminati dan laku keras di pasaran adalah Gajahmada. Produk ini dibuat dengan kerangka yang kuat dan memakai bulu tebal, sehingga sangat cocok untuk bermain bulutangkis rally panjang.

Pada mulanya bahan dasar produk ini terbuat dari bulu ayam, tetapi sekarang sudah diperbaharui menggunakan bulu itik. Gajahmada bisa Anda gunakan hanya untuk latihan saja maupun untuk pertandingan. Harga shuttlecock Gajahmada mulai dari Rp 100 ribuan.

4. Li-Ning

Li-ning-1

China memang tidak perlu diragukan lagi soal dunia bulu tangkis. Mereka juga mengeluarkan produk shuttlecock berkualitas dan berstandar internasional. Shuttlecock Li-Ning sudah sering digunakan pada turnamen nasional maupun internasional.

Akurasi produk sudah terjamin, apalagi ketika bola sedang di udara. Selain itu, merk ini juga lebih responsif, awet, dan stabil.  Untuk mendapatkan produk Li-Ning, Anda harus membelinya seharga Rp 140 ribu sampai Rp 750 ribu.

5. Victor

Victor

Shuttlecock Victor menjadi salah satu bola bulu tangkis terbaik yang bisa Anda gunakan. Produk ini dijual dari harga Rp 150 ribu hingga Rp 1,3 juta Anda bisa memilih beberapa variasi yang ditawarkan Victor seperti Master Series, Champion, hingga Gold.

Semua variasi dibuat dari bulu angsa tipis, sehingga memberikan performa luar biasa ketika mendapatkan pukulan di udara. Namun, semakin mahal harganya, semakin kuat pula daya tahannya terhadap angin.

6. Samurai

Samurai

Shuttlecock terbaik yang bisa menjadi pilihan Anda adalah merk Samurai. Produk ini memiliki desain yang runcing di bagian ujung, sehingga sangat cocok untuk pukulan yang melambung tinggi. Bahan dasar Samurai terbuat dari bulu itik yang halus.

Anda bisa menggunakan shuttlecock Samurai untuk latihan maupun pertandingan profesional. Untuk mendapatkan produk ini, Anda harus merogoh kocek antara Rp 150 ribu hingga Rp 1,6 juta.

7. Dakota

Dakota

Ingin mendapatkan shuttlecock dengan harga murah? Cobalah untuk membeli merk Dakota. Produk ini juga buatan dari pabrik Nine Shuttlecock di Malang. Variasi Dakota adalah jenis termurah dari produk yang dikeluarkan Nine. Harga dari Dakota sendiri hanya dibanderol mulai Rp 40 ribu per tabung.

Meskipun murah, tetapi Anda tidak perlu meragukan kualitasnya. Rangkaian bulu-bulu angsa tergolong cukup kuat dan stabil untuk latihan bermain bulu tangkis.  Tingkat kelenturan juga cukup baik sehingga tidak mudah patah saat digunakan.

8. Garuda Internasional

Garuda-Internasional

Produk lokal yang sering digunakan untuk latihan para atlet nasional di PBSI adalah shuttlecock Garuda Internasional. Produk ini memiliki tipe bulu yang tebal, awet, dan daya tahan cukup baik.

Garuda Internasional sudah dibuat sesuai standar BWF dengan menyematkan bahan gabus import 77 gram di bagian kepala. Harga produk ini berkisar antara Rp 110 ribu hingga Rp 700 ribu. Apakah Anda pernah menggunakannya?

9. Yonex

Yonex

Merk shuttlecock Yonex sama tenarnya dengan merk raketnya. Produk ini tidak perlu Anda ragukan lagi soal kualitasnya, karena menjadi shuttlecock yang paling sering digunakan ketika pertandingan. Yonex membuat shuttlecock dengan desain sporty dan jarak antar bulu sudah sesuai standar BWF.

Pada bagian kepala shuttlecock dibuat dari bulu angsa, sehingga lebih ramah lingkungan. Ketika dipantulkan, shuttlecock ini bisa mencapai bidang lawan dengan cepat dan awet untuk permainan rally panjang. Harga per tabung antara Rp 250 ribu hingga Rp 2,5 juta rupiah.

10. Puma

Puma
Puma tidak hanya memproduksi sepatu saja, tetapi juga menjual shuttlecock berkualitas. Harga produk ini antara Rp 60 ribu hingga Rp 250 ribu per tabungnya. Shuttlecock dari Puma dikenal awet dan stabil untuk pertandingan bulu tangkis.

Rangkaian bulu dari shuttlecock dibuat sesuai standar BWF, sehingga bisa digunakan untuk permainan indoor maupun outdoor. Produk ini juga bisa dimainkan untuk tempo sedang hingga tinggi, tetapi tetap stabil dan menjangkau bidang lawan dengan tepat.

Memilih shuttlecock untuk permainan bulu tangkis tidak boleh dilakukan sembarangan, apalagi jika digunakan untuk turnamen nasional dan internasional. Dari beberapa rekomendasi shuttlecock terbaik di atas, merk manakah yang akan Anda beli?

 

Lihat Juga :

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan