8 Merk Sepatu Roda Anak Laki yang Bagus dan Awet

Posted on

Merkbagus.id –  Membeli sepatu roda untuk orang dewasa jauh lebih mudah daripada membeli sepatu roda untuk anak-anak terutama laki-laki loh. Pada orang dewasa yang pertumbuhannya sudah berhenti, ukuran sepatu tidak akan berganti dan bisa dipakai dalam jangka waktu lama. Sedangkan untuk anak-anak, dalam beberapa bulan saja sepatu bisa jadi tidak muat, maka dari itu untuk membeli merk sepatu roda untuk anak laki-laki harus berhati-hati.

Harga sepatu roda yang lebih mahal dari harga sepatu anak biasa akan sayang jika hanya digunakan sebentar, benar bukan? Untuk itu, sebaiknya sebelum membeli sepatu roda, beberapa hal di bawah ini perlu diperhatikan agar tidak pusing dan kesulitan saat membeli.

Tips Membeli Sepatu Roda Bagi Anak Laki-laki yang Sedang Tumbuh

Supaya sepatu yang dibeli bisa dimaksimalkan pemakaiannya oleh anak terutama mereka yang sedang tumbuh, ada beberapa tips yang bisa diikuti. Tipsnya tidak terlalu sulit kok, cukup memperhatikan beberapa bagian dari sepatu roda saja. Berikut tips-tips membeli sepatu roda bagi anak laki-laki yang perlu diketahui :

1. Jenis Sepatu Roda

Mengetahui jenis sepatu roda sangat penting sebelum membeli sepatu roda. Saat ini ada 4 jenis, yaitu recreational, fitness, aggressive, dan inline hockey. Perbedaan ke 4 jenis tersebut tentunya ada pada bentuk sepatu roda dan penggunaannya.

Recreational sepatu roda merupakan sepatu roda biasa yang bisa digunakan untuk belajar menggunakan sepatu roda. Biasanya jenis ini ditandai dengan roda yang lebih kecil agar anak bisa dengan mudah menguasainya.

Jenis fitness sebenarnya sama persis dengan recreational, hanya saja jenis ini digunakan oleh anak yang sudah cukup mahir. Pada bagian bawah, roda lebih tinggi untuk bisa mempercepat pergerakan saat menggunakan sepatu.

Aggressive skate merupakan sepatu roda yang biasanya digunakan untuk beratraksi di taman. Bagian roda dibuat lebih pendek dan notch yang ada hanya berupa plastik. Hal ini dimaksudkan agar pergerakan lebih mudah, lebih seimbang dan mudah dikontrol meski jalan tidak rata.

Inline hockey merupakan sepatu roda yang didesain untuk kecepatan sehingga rodanya jauh lebih besar. Untuk mengontrol sepatu roda jenis ini bukanlah hal yang mudah, sehingga hanya profesional saja yang memainkannya.

2. Ukuran Sepatu Roda

Beberapa merk sepatu roda menawarkan penyesuaian ukuran sampai 4 tingkatan, sehingga sepatu roda bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Umumnya, orang tua akan memilih satu ukuran di atas ukuran sepatu pada umumnya supaya bisa mengikuti pertumbungan kaki anak cukup lama.

Sepatu roda yang bisa disesuaikan ukurannya ini sangat penting untuk menyelesaikan masalah ukuran sepatu roda pada anak yang sedang tumbuh. Tentunya tidak semua sepatu roda memiliki opsi ini, jadi perhatikan betul pada kemasannya atau tanyakan pada penjual.

3. Skill Anak

Langkah selanjutnya adalah menentukan skill anak, jika anak baru belajar untuk pertama kalinya. Maka memberikan jenis sepatu roda recreational akan lebih tepat supaya anak tidak kesulitan untuk mempelajarinya.

Sebenarnya jika anak sudah cukup mahir, memberikan sepatu roda tipe hockey yang digunakan demi kecepatan tetap tidak dianjurkan. Hal ini karena tulang anak yang masih tumbuh dan penggunaan sepatu roda jenis ini dikhawatirkan mempengaruhi pertumbuhan dan fleksibilitasnya.

4. Mudah Dikencangkan

Sepatu yang mudah dikencangkan akan lebih mudah digunakan oleh anak karena merasa lebih nyaman. Apalagi jika sepatu ini digunakan oleh anak laki-laki yang umumnya lebih aktif.

Sebagian sepatu roda sudah menggunakan pengencang otomatis yang mudah digunakan, namun sebagian masih ada juga yang menggunakan tali. Untuk anak-anak, penggunaan pengencang sepatu roda degan jenis tali kurang dianjurkan karena umumnya mempersulit anak.

5. Ukuran Roda

Roda pada sepatu roda bisa di custom sendiri sesuai keinginan masing-masing. Sehingga tidak semua produsen sepatu roda mengikuti anjuran ukuran roda yang pas untuk anak-anak. Perlu diketahui bahwa ukuran roda yang pas untuk anak-anak adalah 70-79 mm.

6. Berapa Sering Penggunaannya

Frekuensi penggunaan sepatu roda perlu dipertimbangkan agar sepatu roda tidak cepat rusak atau malah mubazir. Jika anak sudah sibuk dengan berbagai kegiatan sekolah, maka tentunya anak tidak akan memiliki banyak waktu bermain sepatu roda. Dalam kasus seperti ini memberikan anak sepatu roda dengan kualitas standar sudah cukup, sedangkan jika pemakaiannya hampir setiap hari, tidak masalah jika membeli kualitas terbaik.

7. Harga Sepatu Roda

Ada harga ada barang, otomatis sepatu roda dengan kualitas tinggi pasti dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Jadi pertimbangkan juga harga atau budget yang disiapkan untuk membeli sepatu roda. Ingat bahwa pada usia anak yang masih dalam masa pertumbuhan maka sepatu roda yang dipakai akan lebih cepat berganti pula.

Nah, tips di atas merupakan beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat akan membeli sepatu roda untuk si kecil. Tipsnya sangat mudah bukan ? Supaya lebih mudah lagi, ada beberapa rekomendasi sepatu roda yang bisa dipilih. Sepatu roda yang direkomendasikan ini pastinya berkualitas dan awet sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

8 Rekomendasi Merk Sepatu Roda Anak Laki-laki yang Berkualitas

Rekomendasi berikut sudah dilengkapi dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki masing-masing merk sepatu roda. Bagi yang membutuhkan perkiraan harga sepatu juga sudah disertakan harga terbaru dari beberapa situs toko online terkemuka di Indonesia. Kalau begitu langsung saja disimak rekomendasi merk-merknya di bawah ini :

1. Lynx Sepatu Roda Recreational Inline Skate BM135

1. Lynx Sepatu Roda Recreational Inline Skate BM135

Sepatu roda Lynx Recreational Inline Skate BM135 merupakan sepatu roda dengan desain keren yang pasti disukai anak laki-laki. Perpaduan warna hitam dan birunya juga menambah kesan sangar yang diberikan oleh sepatu roda apalagi dengan pengencang berbahan logam yang mengkilap.

Sepatu roda satu ini hadir dengan 3 ukuran yaitu S, M, dan L masing-masing berdiameter 64 mm, 70 mm, dan 72 mm. Bearing yang digunakan adalah ABEC 7 dengan hardness 85 A dan roda berbahan PU yang kuat dan kokoh.

Kelebihan Lynx Sepatu Roda Recreational Inline Skate BM135

  • Tersedia dalam 2 warna yaitu pink putih dan hitam biru
  • Frame terbuat dari material CNC
  • Material roda terbuat dari bahan PU
  • Desain yang keren dan cocok untuk anak laki-laki
  • Bagian pengencang terbuat dari logam yang mengkilap

Kekurangan Lynx Sepatu Roda Recreational Inline Skate BM135

  • Bagian REM belum terpasang
  • REM hanya tersedia untuk bagian kanan saja

Harga Lynx Sepatu Roda Recreational Inline Skate BM135

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 485.000
LazadaRp 485.000
Shopee IndonesiaRp 662.000
BukalapakRp 450.000
TokopediaRp 450.000

2. Power Line Sepatu Roda Inline Skate

2. Power Line Sepatu Roda Inline Skate

Power Line Sepatu Roda Inline Skate merupakan sepatu roda keren yang hadir dengan desain menarik serta harga yang terjangkau. Sepatu roda satu ini merupakan jenis sepatu roda recreational yang sangat direkomendasikan bagi pemula.

Power Line Inline Skate menggunakan bahan frame aluminium dan roda karet yang anti selip sehingga lebih mudah dikuasai. Bagi yang mengkhawatirkan ukuran sepatu anak, sepatu roda satu ini ukurannya bisa disesuaikan dengan ukuran kaki anak, sehingga bisa digunakan dalam jangka yang lebih lama.

Kelebihan Power Line Sepatu Roda Inline Skate

  • Frame terbuat dari bahan aluminum
  • Bagian roda semuanya menggunakan bahan karet yang anti slip
  • Ukuran sepatu roda bisa disesuaikan dengan ukuran kaki anak
  • Tombol pengaturan panjang sepatu sangat mudah digunakan
  • Desain sepatu yang keren dengan warna merah yang menyala

Kekurangan Power Line Sepatu Roda Inline Skate

  • REM hanya berada di sebelah kanan
  • Kurang cocok digunakan pada permukaan yang tidak rata

Harga Power Line Sepatu Roda Inline Skate

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 385.000Diskon 5%
LazadaRp 410.000
Shopee IndonesiaRp 417.000
BukalapakRp 375.000
TokopediaRp 375.000

3. Lynx Gladiator Urban Inline Skate

3. Lynx Gladiator Urban Inline Skate

Merk Lynx Gladiator Urban Inline Skate merupakan merk yang cukup populer dan mengeluarkan berbagai seri sepatu roda anak. Selain terkenal karena mengeluarkan sepatu roda anak, Lynx juga merupakan merk sepatu roda dewasa yang bagus dan diakui.

Desainnya yang seru dan dengan frame FRS seri CNC dengan 239 mm menjadikannya sepatu roda yang kuat dan bagus dan awet. Sepatu roda satu ini sangat cocok bagi anak yang baru mencoba bermain sepatu roda karena materialnya yang kuat dan tidak terlalu berat.

Kelebihan Lynx Gladiator Urban Inline Skate

  • Bahan frame menggunakan FRS seri CNC 239 mm
  • Dimensi sepatu roda 48 cm x 23 cm x 38 cm
  • Bahan roda menggunakan karet berkualitas
  • Sepatu lumayan ringan
  • Desain keren dan menarik

Kekurangan Lynx Gladiator Urban Inline Skate

  • Harga cukup mahal
  • Tidak tersedia pilihan warna yang lain

Harga Lynx Gladiator Urban Inline Skate

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 775.000Diskon 10%
LazadaRp 1.004.000
Shopee IndonesiaRp 805.000
BukalapakRp 1.005.000
TokopediaRp 700.000Diskon 15%

4. ASL Hard Boots 6081 Inline

4. ASL Hard Boots 6081 Inline

Tipe sepatu roda dengan bodi hardboots ini hadir dengan frame CNC aluminium dengan bodi yang kokoh dan awet. Tersedia pilihan warna yang lain dengan warna merah dan hitam yang cocok untuk anak laki-laki.

Untuk bagian roda, semuanya menggunakan material pu berkualitas dengan bahan karet sintetis anti selip dan mempermudah kontrol sepatu roda. Sementara untuk ukuran rodanya menggunakan ukuran S dengan 70 mm yang cocok untuk anak yang baru belajar.

Kelebihan ASL Hard Boots 6081 Inline

  • Ukuran roda pas untuk anak yang baru belajar
  • Bahan frame menggunakan CNC aluminium
  • Sepatu dengan model hardboots
  • Bearing menggunakan ABEC 7
  • Tersedia dengan 2 pilihan warna

Kekurangan ASL Hard Boots 6081 Inline

  • Cukup sulit didapatkan bahkan pada toko online
  • Pemasangan REM cukup sulit

Harga ASL Hard Boots 6081 Inline

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 500.000
LazadaRp 590.000
Shopee IndonesiaRp 560.000
BukalapakRp –
TokopediaRp –

5. Power Superb Original Sepatu Roda

5. Power Superb Original Sepatu Roda

 

Power Superb Original Sepatu Roda hadir dengan desain yang lebih sederhana dan tidak menggunakan terlalu banyak aksesoris atau desain. Sepatu roda satu ini cukup ringan sehingga tidak membuat kaki cepat lelah dan capek saat belajar menggunakannya.

Selain terkenal sebagai merk sepatu roda anak, Power Superb juga mengeluarkan seri sepatu roda dewasa terbaik yang tidak perlu diragukan kualitasnya. Pada bagian samping, terdapat tombol untuk menyesuaikan ukuran sepatu roda sehingga sepatu ini bisa digunakan meski ukuran sepatu anak sudah berubah.

Kelebihan Power Superb Original Sepatu Roda

  • Frame terbuat dari bahan aluminum berkualitas sehingga lebih awet
  • Bahan rodanya terbuat dari karet PVC
  • Tersedia untuk ukuran dewasa
  • Bagian REM mudah dipasang
  • Ukuran sepatu bisa disesuaikan mengikuti panjang kaki anak

Kekurangan Power Superb Original Sepatu Roda

  • Harga sepatu cukup mahal
  • Walaupun cukup terkenal tapi sulit didapatkan

Harga Power Superb Original Sepatu Roda

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 650.000
LazadaRp 700.000
Shopee IndonesiaRp –
BukalapakRp 650.000
TokopediaRp 650.000

6. Power King 666

6. Power King 666

Sepatu Power King 666 hadir dengan 3 ukuran yaitu S, M, L yang semuanya hadir dengan kualitas terbaik yang bukan hanya bagus dan awet saja. Sepatu ini mudah ditemukan di toko-toko terdekat karena harganya yang murah dan kualitasnya yang terjamin.

Untuk bagian pengencang sepatu terdiri dari perpaduan tali dan pengencang otomatis yang membuat kaki nyaman dan tidak terasa sempit. Sepatu ini dibuat dengan material aluminum serta bahan roda PU yang berkualitas tinggi.

Kelebihan Power King 666

  • Material utama roda menggunakan bahan PU
  • Untuk frame menggunakan CNC aluminum
  • Desain sepatu roda yang trendi dan playfull sehingga cocok bagi anak
  • Bagian hardness 82S
  • Bearing menggunakan ABEC 7
  • Harga terjangkau
  • Mudah ditemukan

Kekurangan Power King 666

  • Pemasangan REM pada bagian kanan cukup sulit
  • Tidak tersedia warna lain

Harga Power King 666

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 350.000
LazadaRp 350.000
Shopee IndonesiaRp 302000
BukalapakRp 352.000
TokopediaRp 301.000

7. Power Line HB22 Recreational Inline Skate

7. Power Line HB22 Recreational Inline Skate

Power Line HB22 Recreational Inline Skate cukup populer dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang terjamin awet dan bagus. Meskipun harganya terjangkau namun sepatu roda satu ini sudah menggunakan bahan frame aluminium dan karet roda PVC.

Tombol penyesuai ukuran mudah digunakan dan tidak sulit untuk mengubah ukurannya sesuai dengan ukuran kaki anak. Untuk REM hanya ada pada satu sisi saja dan hanya ada dibagian sebelah kanan.

Kelebihan Power Line HB22 Recreational Inline Skate

  • Sepatu roda cukup ringan
  • Sepatu roda jenis recreational yang mudah untuk anak masih pemula
  • Terdapat tombol pengatur ukuran yang mudah digunakan
  • Terdapat ukuran untuk orang dewasa
  • Mudah dikendalikan

Kekurangan Power Line HB22 Recreational Inline Skate

  • REM cukup sulit untuk dipasang
  • Cukup sulit ditemukan di toko offline

Harga Power Line HB22 Recreational Inline Skate

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 410.000
LazadaRp 385.000
Shopee IndonesiaRp 375.000
BukalapakRp 375.000
TokopediaRp 375.000

8. Weiqiu EVO Hard Boots Inline Skate

8. Weiqiu EVO Hard Boots Inline Skate

Weiqiu EVO Hard Boots Inline Skate merupakan salah satu merk sepatu roda profesional yang bagus dan awet serta berkualitas tinggi. Pengencang sepatunya menggunakan velcro strap dengan eyelets yang mudah digunakan dan menambah apik sepatu dari segi desain.

Untuk material frame terbuat dari bahan aluminum sementara untuk roda perpaduan dari karet dan plastik berkualitas yang membuat  sepatu roda mudah dikontrol. Sepatu juga tidak berat sehingga anak bisa belajar sepatu roda cukup lama tanpa merasa lelah terlalu cepat.

Kelebihan Weiqiu EVO Hard Boots Inline Skate

  • Desain sporty yang cocok untuk anak-anak
  • Bagian pengencang terbuat dari velcro dengan eyelets
  • Material frame terbuat dari bahan aluminium berkualitas
  • Untuk roda terbuat dari perpaduan plastik dan karet
  • Bisa digunakan untuk indoor maupun outdoor

Kekurangan Weiqiu EVO Hard Boots Inline Skate

  • Harga cukup mahal
  • Masih cukup sulit dibeli pada toko offline

Harga Weiqiu EVO Hard Boots Inline Skate

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 800.000
LazadaRp 799.000
Shopee IndonesiaRp 800.000
BukalapakRp 800.000
TokopediaRp 800.000

Rekomendasi Merk Sepatu Roda Terbaik

Untuk menentukan mana sepatu roda terbaik, maka perlu mempertimbangakan tips-tips yang ada di atas sebagai landasannya. Jenis sepatu, ukuran roda, material sampai harga perlu diperhatikan dengan seksama. Sehingga yang terbaik belum tentu yang termahal atau merk yang paling terkenal.

Jika menimbang semua hal tersebut maka merk yang terbaik adalah Lynx Recreational Inline Skate BM135. Sepatu roda ini merupakan jenis recreational yang mudah digunakan untuk belajar anak serta tersedia dalam 3 ukuran yaitu S, M, dan L.

Dari segi harga Lynx Recreational Inline Skate BM135 juga sangat terjangkau dan mudah ditemukan di berbagai toko terdekat. Merk satu ini juga akan lebih mudah jika ingin diperbaiki karena merupakan merek yang cukup terkenal.

Baca juga: 20 Merk Sepatu Pria Terkenal dan Kualitas Terbaik

Kesimpulan

Untuk menentukan mana sepatu roda berkualitas terbaik yang bukan hanya bagus dan awet bagi anak laki-laki, ada beberapa hal yang perlu untuk dipertimbangkan. Mulai dari sepatu yang harus bisa disesuaikan ukurannya agar bisa dipakai dalam jangka lama hingga berapa sering menggunakan sepatu roda.

Berdasarkan tips di atas barulah bisa ditentukan mana merk sepatu roda terbaik yang cocok bagi anak laki-laki dan bukan hanya sekedar bagus saja. Dengan mendapatkan sepatu roda terbaik dan berkualitas maka anak akan lebih bersemangat dalam bermain dan tidak setengah-setengah.

Mulai dari tips hingga rekomendasi merk yang sudah disiapkan di atas apakah sudah lengkap? Jika masih ada merk yang ingin di review atau ditambahkan, bisa disampaikan lewat kolom komentar di bawah ya.