8 Merk Senter LED Terbaik, Berkualitas dan Tahan Lama

Posted on

Merkbagus.id – Senter merupakan alternatif alat penerangan yang fleksibel dan mudah digunakan, dan bukan diperlukan saat listrik padam saja. Akan tetapi saat-saat melakukan aktivitas outdoor yang berbau alam, senter khususnya senter LED bisa dianggap sebagai penyelamat. Untuk itu memilih merk senter LED terbaik, berkualitas dan yang pasti tahan lama sangat penting agar kegiatan bisa berjalan dengan lancar.

Dalam memilih merk yang terbaik, harga dan merk bukanlah patokan utama. Kedua hal tersebut memanglah penting, tetapi masih ada faktor lain yang harus dipertimbagkan agar kita tidak sampai salah dalam memilih.

6 Tips Memilih Mudah Memilih Merk Senter LED Terbaik Agar Tidak Salah Pilih

Apabila ingin memilih senter terbaik, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Ini karena peran senter cukup krusial apalagi jika digunakan untuk aktivitas outdoor. Apa saja yang harus dipertimbangkan ketika memilih senter LED?

1. Tujuan Penggunaan LED

Supaya tidak salah dalam membeli jenis LED, sebaiknya tentukan dahulu jenis LED yang akan dibeli. Apa itu head lamp, mini lamp, dan big lamp atau senter LED besar, dari namanya saja ketiga jenis senter LED tersebut sudah berbeda bukan? begitu pula fungsinya,

Jadi sebelum menentukan akan membeli senter LED, pastikan dahulu akan digunakan untuk apa senter tersebut. Hal ini nantinya juga akan mempengaruhi seberapa perkiraan bujet yang akan dikeluarkan.

2. Harga LED

Harga LED menjadi pertimbangan ke dua, alasannya apabila kita sudah menemukan senter yang cocok, tetapi dari segi harga cukup berat, akan kecewa bukan? Jadi sebaiknya tetapkan dulu berapa kisaran dana yang dimiliki setelah itu baru cari merk mana yang ada di rentang harga yang sudah ditentukan. Dengan begini akan lebih mudah, dan kita juga tidak akan kecewa karena bujet yang dimiliki sesuai.

3. Seberapa Terang LED

Untuk mengecek seberapa terang LED bisa melihat indikator lumens yang ada di dalam bungkus. Semakin banyak lumens maka semakin terang dan jarak pandang yang diberikan oleh senter semakin jauh.

Lalu berapa jumlah bola lampu LED yang terpasang juga mempengaruhi seberapa terangnya senter. Semakin banyak bola lampu, maka semakin terang pula senter nantinya. Besarnya bola lampu, terkadang tidak bisa menjadi jaminan bahwa senter akan lebih terang.

4. Periksa Bagian Dalam LED

Apabila lampu LED bisa dibuka periksa bagian dalamnya, apakah jalinan kabelnya rapih atau tidak. Kemudian periksa juga bagaimana setiap bagian dikaitkan, apakah sambungan kokoh atau terlihat kendur. Senter LED profesional dan terbaik, bagian dalamnya akan rapi dan tiap sambungannya pun terlihat kokoh.

5. Perhatikan Bagaimana Cahaya Mengenai Objek

Ada senter yang output cahayanya menyebar dan ada pula yang lebih terfokus. Kedua senter ini tentunya ditujukan untuk hal yang berbeda, sehingga akan lebih baik jika mengeceknya terlebih dahulu.

Apabila membeli senter LED online dan tidak bisa dicoba, maka tanyakan poin ini pada penujual. Bisa juga dengan melihat review-review yang ada mengenai merek yang diinginkan tersebut.

6. Berat Senter

Faktor ini ada dipertimbangan terakhir, mengapa demikian? Ini karena faktor berat opsional. Senter yang lebih ringan dengan material yang berkualitas, tentunya harganya akan lebih mahal dari senter yang biasa.

Meskipun lebih mahal, tetapi senter ringan lebih mudah dan nyaman digunakan terutama jika digunakan dalam jangka waktu lama. Konsekuensinya, senter yang lebih ringan akan jauh lebih mahal, apalagi jika dikeluarkan oleh merek ternama. Jadi, hal satu ini lebih ke pribadi dan tergantung kenyamanan masing-masing saja.

Itulah 6 hal yang harus dipertimbangakan untuk mendapatkan senter terbaik. Mulai dari menentukan untuk apa senter digunakan, alokasi dana, hingga berat senter yang akan dibeli. Selanjutnya, ada 8 rekomendasi senter LED terbaik yang bagus dan awet.

8 Rekomendasi Merk Senter LED Terbaik, Tahan Lama, dan Bagus Saat Digunakan

Rekomendasi di bawah ini merupakan merk-merk terpercaya, sehingga dari segi daya tahan hingga kualitas tidak perlu dipertanyakan lagi. Rekomendasi ini juga bukan hanya mencakup senter dengan harga yang mahal saja, tetapi ada dari berbagai rentang harga. Berikut rekomendasi merk senter LED yang sudah disiapkan :

1. Senter Xiaomi LED Mini Original Flashlight 2 in 1

Senter-Xiaomi-LED-Mini-Original-Flashlight-2-in-1

Merek yang akhir-akhir ini lebih terkenal dengan smartphone murah namun berkualitas tinggi ini, ternyata juga memiliki produk senter LED.  Senter Xiaomi LED Mini Original Flashlight 2 in 1 termasuk produk senter LED mini berkualitas tinggi.

Senter ini mempunyai 11 mode pengaturan sinar lampu yang bisa diatur dengan mudah. Kapasitas baterai yang besar yaitu 3350 mAh juga membuat senter ini bisa digunakan sebagai power bank.

Kelebihan Senter Xiaomi LED Mini Original Flashlight 2 in 1

  • Memiliki 11 mode pencahayaan
  • Pengaturan pencahayaan mudah hanya tinggal memutar kepala senter
  • Baterai bisa diisi ulang
  • Berfungsi ganda sebagai senter dan power bank
  • Senter ringan
  • Dilengkapi S.O.S mode

Kekurangan Senter Xiaomi LED Mini Original Flashlight 2 in 1

  • Kurang cocok untuk melihat jarak jauh
  • Terdapat banyak produk tiruannya

Harga Senter Xiaomi LED Mini Original Flashlight 2 in 1

Nama Toko Harga Keterangan
Blibli Rp 239.000
Tokopedia Rp 238.000
Lazada Rp 232.000 Diskon 10%
Bukalapak Rp 238.000
Shopee Indonesia Rp 238.000

2. Innovo C15 CREE P 70.2 LED

Innovo-C15-CREE-P-70.2-LED

Innovo C15 CREE P 70.2 LED sering masuk ke dalam rekomendasi senter LED outdoor yang bagus karena lumens yang sangat tinggi. Innovo C15 CREE P 70.2 LED memiliki 2700 lumens dan jarak pandanya mencapai 650 m, sangat bagus bukan untuk ukuran sebuah senter kecil?

Selain dari lumens, Innovo C15 CREE P 70.2 LED juga masih memiliki kelebihan lain yaitu bodinya yang ringan dan kuat. Ditambah lagi, senter ini sudah dilengkapi dengan baterai dan penjepit kabel dalam setiap setnya.

Kelebihan Innovo C15 CREE P 70.2 LED

  • Lumens yang sangat tinggi yaitu 2700 lumens
  • Jarak pandang mencapai 650 m
  • Senter ringan dan kokoh
  • Pencahayaan senter bisa diatur dengan mudah
  • Setiap setnya sudah dilengkapi dengan baterai dan penjepit kabel

Kekurangan Innovo C15 CREE P 70.2 LED

  • Harganya cukup mahal
  • Masih lumayan sulit dicari secara offline

Harga Innovo C15 CREE P 70.2 LED

Nama Toko Harga Keterangan
Blibli Rp 1.340.000
Tokopedia Rp 956.000 Diskon 22%
Lazada Rp 1.329.000
Bukalapak Rp 1.320.000
Shopee Indonesia Rp 1.340.000

3. OLIGHT S1R Baton II Desert Tan Flashlight

OLIGHT-S1R-Baton-II-Desert-Tan-Flashlight

OLIGHT mengeluarkan seri terbaru senter LED berkualitas terbaik dengan OLIGHT S1R Baton II Desert Tan Flashlight. Kelebihan utama yang ditawarkan senter saku ini terletak pada bodinya yang stylist dan sangat kuat menahan medan yang ekstrem.

Kejernihan cahaya pada OLIGHT S1R Baton II Desert Tan Flashlight juga sangat terjamin berkat lensa TIR generasi kedua yang berkualitas tinggi. Baterai dapat diubah mode pencahayaannya dengan mudah dan memiliki 3 mode peringatan tingkat daya baterai.

Kelebihan OLIGHT S1R Baton II Desert Tan Flashlight

  • Lumens mencapai 1.0o0 lumens
  • Dapat diisi menggunakan USB
  • Baterai ringan namun kokoh
  • Menggunakan teknologi lensa TIR generasi 2
  • Pencahayaan dapat diatur dengan mudah
  • Ketajaman optimal

Kekurangan OLIGHT S1R Baton II Desert Tan Flashlight

  • Setiap pembeliannya belum dilengkapi baterai
  • Kabel USB untuk charger harus menggunakan merk OLIGHT

Harga OLIGHT S1R Baton II Desert Tan Flashlight

Nama Toko Harga Keterangan
Blibli Rp 1.148.000
Tokopedia Rp 1.145.000
Lazada Rp 1.145.000
Bukalapak Rp 1.147.000
Shopee Indonesia Rp 1.175.000

4. AOKI AK 6671 15 W

AOKI-AK-6671-15-W

Bagi yang menginginkan senter LED besar dan kokoh serta ekstra terang maka AOKI AK 6671 15 W jawabannya. Senter ini terbilang sangat tahan lama karena mampu menyala non stop selama 15 jam penuh.

Baterai juga bisa diisi ulang dan dengan waktu pengisian yang cepat. Meskipun senter LED berukuran besar, tetapi AOKI AK 6671 15 W termasuk senter yang hemat energi jika dibandingkan senter besar dengan merk lain.

Kelebihan AOKI AK 6671 15 W

  • Senter mampu menyala non stop sampai 15 jam
  • Baterai bisa diisi ulang dengan cepat
  • Senter hemat energi
  • Bodinya kokoh
  • Memiliki indikator pengisian baterai

Kekurangan AOKI AK 6671 15 W

  • Senter cukup berat
  • Meskipun baterai masih banyak harus rutin diisi ulang setiap bulannya untuk menjaga baterai

Harga AOKI AK 6671 15 W

Nama Toko Harga Keterangan
Blibli Rp 132.000
Tokopedia Rp 128.000
Lazada Rp 126.000
Bukalapak Rp 1.31.000
Shopee Indonesia Rp 130.000

5. Head Lamp 7 LED Nankai

Head-Lamp-7-LED-Nankai

Head Lamp 7 LED Nankai merupakan merk senter kepala berkualitas, terbaik, awet dan dibanderol dengan harga yang sangat murah. Kualitas lampu LED juga sangat baik karena setiap bola lampu mampu bertahan hingga 100.000 pemakaian.

Lampu LED kepala ini memiliki 3 mode pencahayaan yang berbeda, dan ketiganya bisa diatur dengan mudah. Lampu LED ini juga memiliki sertifikat tahan air, sehingga aman saat digunakan beraktivitas outdoor dalam keadaan hujan.

Kelebihan Head Lamp 7 LED Nankai

  • Tahan air
  • Harga murah
  • Bola lampu mampu bertahan 100.000 jam pemakaian
  • Memiliki 3 mode pencahayaan
  • Dilengkapi dengan 7 bola lampu

Kekurangan Head Lamp 7 LED Nankai

  • Dibuat dari material plastik
  • Daya tahan senter kurang baik karena material penyusun bodinya

Harga Head Lamp 7 LED Nankai

Nama Toko Harga Keterangan
Blibli Rp 32.000 Diskon 10%
Tokopedia Rp 35.000
Lazada Rp 35.000
Bukalapak Rp 35.000
Shopee Indonesia Rp 35.000

 

6. Rechargeable LED Flashlight Joyko FL-85 Rechargeable-LED-Flashlight-Joyko-FL-85

Senter LED rechargeable murah, tetapi berkualitas dan terbaik dikelasnya mungkin adalah Rechargeable LED Flashlight Joyko FL-85. Meskipun dibanderol dengan harga murah, tetapi bodi sudah terbuat dari aluminium yang kuat dan memiliki jarak pandang hingga 200 meter pada kegelapan.

Senter mungil ini dilengkapi dengan 3 mode pencahayaan yaitu, tinggi, rendah dan berkedip. Pegangannya juga dilapisi dengan grip yang kesat sehingga saat dipegang, tidak akan slip atau terlepas dari tangan.

Kelebihan Rechargeable LED Flashlight Joyko FL-85

  • Memiliki 3 mode penerangan
  • Meskipun kecil namun memiliki 300 lumens
  • Jarak pandangnya hingga 200 m
  • Model baterai tanam yang kokoh dan tidak bergeser
  • Dilengkapi dengan USB

Kekurangan Rechargeable LED Flashlight Joyko FL-85

  • Kurang cocok untuk jarak jauh
  • Belum dilengkapi indikator baterai

Harga Rechargeable LED Flashlight Joyko FL-85

Nama Toko Harga Keterangan
Blibli Rp 112.000
Tokopedia Rp 110.000
Lazada Rp 103.000 Diskon 28%
Bukalapak Rp 110.000
Shopee Indonesia Rp 112.000

7. Senter Chip LED Torch Cree E17 XM-L T6 Taffware Magnet COB Zoom

 

Senter-Chip-LED-Torch-Cree-E17-XM-L-T6-Taffware-Magnet-COB-Zoom

Cree E17 XM-L T6 Taffware Magnet COB Zoom merupakan senter yang kuat dan mudah digenggam karena lapisan luarnya terbuat dari bahan karet. Tingkat lumens juga cukup tinggi karena mencapai 6.000 lumens.

Nyala senter bisa bertahan sampai 6 jam non stop, dan dilengkapi dengan zoom sehingga bisa memfokuskan cahaya ke satu titik dengan jelas. Senter LED ini juga mudah jika ingin dipasangkan ke bodi sepeda.

Kelebihan Senter Chip LED Torch Cree E17 XM-L T6 Taffware Magnet COB Zoom

  • Mudah dipasang di sepeda
  • Senter mampu menyala selama 6 jam non stop
  • Baterai bisa dilepas dan dipasang
  • Baterai bisa menggunakan baterai AAA biasa dan bisa juga baterai khusus Cree
  • Memiliki mode zoom

Kekurangan Senter Chip LED Torch Cree E17 XM-L T6 Taffware Magnet COB Zoom

  • Waktu charge baterai cukup lama
  • Merk ini terdapat tiruannya dengan harga yang jauh lebih murah

Harga Senter Chip LED Torch Cree E17 XM-L T6 Taffware Magnet COB Zoom

Nama Toko Harga Keterangan
Blibli Rp 114.000
Tokopedia Rp 91.000
Lazada Rp 93.800
Bukalapak Rp 93.000
Shopee Indonesia Rp 91.000

8. OLIGHT S1 Mini Baton Flashlight

OLIGHT-S1-Mini-Baton-Flashlight

OLIGHT S1 Mini Baton Flashlight memiliki struktur bodi aluminium yang kuat dan sistem knurling yang membuatnya mudah digenggam. Pada bagian bawah senter, terdapat tail cap yang membuat bisa dikaitkan ke berbagai permukaan termasuk besi.

Tingkat lumens  adalah 600 lumens, dengan dilengkapi indikator baterai ketika pengisian penuh, setengah, dan baterai lemah. Pengisian baterainya juga mudah, karena terdapat USB built ini yang sekaligus bisa digunakan untuk power bank.’

Kelebihan OLIGHT S1 Mini Baton Flashlight

  • Tingkat lumens 600 lumens
  • Bisa diisi ulang dengan mudah karena ada usb built in
  • Berfungsi ganda sebagai power bank
  • Mudah dikaitkan ke besi dan benda lain
  • Pengisian baterai cepat

Kekurangan OLIGHT S1 Mini Baton Flashlight

  • Harganya cukup mahal
  • Seri ini  sulit ditemukan offline

Harga OLIGHT S1 Mini Baton Flashlight

Nama Toko Harga Keterangan
Blibli Rp 750.000
Tokopedia Rp 750.000
Lazada Rp 750.000
Bukalapak Rp 750.000
Shopee Indonesia Rp 750.000

Rekomendasi Merk Senter LED Terbaik

Untuk memilih mana LED yang terbaik dari rekomendasi di atas, sepertinya agak sulit. Alasannya tentu karena untuk memilih LED yang baik, kita harus mempertimbangkan untuk apa LED digunakan dan seperti apa kebutuhan pencahayaan.

Jika harus memilih salah satu maka Innovo C15 CREE P 70.2 LED  merupakan senter LED terbaik. Meskipun senter ini harganya di atas 1 juta, tetapi tingkat lumens yang ditawarkan 2700 lumens, ini bisa menutupi kebutuhan senter LED besar. Selain itu ukuran LED juga kecil sehingga tidak ada kesulitan dalam membawanya.

Baca juga: 10 Merk Kipas Angin Terbaik yang Bagus dan Awet

Kesimpulan

Untuk memilih senter LED terbaik, yang bukan hanya tahan lama, berkualitas dan bagus. Menentukan apa tujuan penggunaan LED harus dipastikan terlebih dahulu, nanti saat sudah tahu poin satu ini baru melihat faktor selanjutnya.

Merk senter terbaik bukan pasti yang paling mahal, akan tetapi yang sesuai dengan kebutuhan. Semoga rekomendasi merk senter LED terbaik ini bisa membantu guna menentukan mana merk senter yang akan dibeli ya.