5 Merk Semir Ban Motor Non Silikon Yang Bagus dan Awet

Posted on

Merkbagus.id – Merk semir ban motor non silikon lebih baik untuk ban daripada merk semir yang mengandung silikon. Ini karena merek yang tidak mengandung silikon berarti lebih banyak kandungan airnya, sehingga membuat ban lembab, awet, dan tidak mudah menguning.

Untuk saat ini, ada 3 jenis semir ban motor yang umumnya sering digunakan. Jenis tersebut adalah Spray, Gel, dan juga Foam, ketiganya memiliki kelebihan dan sudah pasti berbeda.

3 Jenis Semir Ban Motor Non Silikon yang Beredar di Pasaran

Untuk saat ini hanya ketiga jenis semir ban motor ini yang umumnya digunakan oleh masyarakat. Perbedaan ketiganya sangat jelas dari segi tekstur dan wadah semir, tetapi selain dari segi fisik masih ada perbedaan lainnya. Seperti apa masing-masing jenis semir, silahkan disimak selengkapnya pada info berikut ini :

1. Semir Ban Motor Gel

Semir ban motor jenis gel paling berbeda dari kedua jenis lain yaitu foam dan spray. Untuk menggunakan jenis ini, perlu mengaplikasikannya dengan kuas secara merata ke seluruh titik bagian ban dengan jeli.

Dibandingkan dengan kedua jenis yang lain, gel lebih sulit untuk diaplikasikan dan membutuhkan ketelitian agar merata. Untuk itu sebaiknya kotoran yang menempel pada ban dihilangkan terlebih dahulu agar tidak ada permukaan yang tertutup.

Meskipun jenis ini terbilang yang paling memakan waktu dan sulit untuk diaplikasikan tetapi tetap ada kelebihannya sendiri. Jenis ini merupakan semir yang paling awet dan bertahan paling lama Sehingga ban akan terlihat kinclong dan terlindung dari debu dan kotoran juga lebih lama.

Bagi mereka yang sibuk, tetapi memiliki waktu luang seharian penuh sepertinya cocok memilih jenis ini. Hal itu karena pengaplikasiaanya yang lama, tetapi bisa bertahan lama juga. Sehingga tidak perlu berulang-ulang kali untuk mengaplikasikan semir kembali ke ban motor kesayangan.

2. Jenis Semir Ban Motor Foam

Cara kerja semir ban motor foam adalah dengan mempenetrasi lapisan ban sehingga kotoran yang ada akan lepas. Setelah itu, lapisan yang sudah meresap akan melindungi ban sehingga tampilannya tetap gagah, dan hitam mengkilat.

Bagi orang-orang yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu, merk semir ban tanpa silikon dengan jenis foam paling cocok. Ini karena setelah foam dioleskan merata menggunakan nozzle, cukup ditunggu saja 5-10 menit agar zat aktif dalam foam meresap seutuhnya.

Tidak perlu melakukan scrubbing pada ban agar hasil akhir terlihat sempurna. Cukup diaplikasikan merata, hanya saja memang jenis ini akan lebih maksimal bekerja pada permukaan ban yang basah. Jadi, akan lebih baik sebelum diaplikasikan seluruh permukaan ban dibasahi terlebih dahulu.

Catatan kecil bagi yang ingin memilih jenis foam, pastikan nozzle tidak tersumbat dan foam bisa keluar dengan lancar ya. Pasalnya kalau sampai kepala nozzle tersumbat, foam yang keluar bisa berantakan dan hasilnya tidak merata. Kalau sudah begini, permukaan ban juga tidak akan terlindungi dengan baik.

3. Jenis Semir Ban Motor Spray

Ada cukup banyak merk semir ban motor dengan jenis spray, mungkin karena memang penggunaanya paling mudah. Cukup disemprotkan merata saja pada ban, dan kemudian selesai. Tipe ini juga paling ampuh untuk sekalian membersihkan kotoran yang membandel di ban motor karena tekanan cairan yang disemprotkan.

Hanya saja, ketika cairan yang ada di dalam wadah mulai habis, sudah perlu waspada. Biasanya saat-saat cairan sudah mau habis, kekuatan spray sudah tidak terlalu kuat. Sehingga titik semprotan akan berbeda ukuran, kalau sudah begini warna hitam mengkilap yang dihasilkan spray jadi tidak merata.

Untuk mengatasi masalah ini, bisa langsung meratakan bekas semprotan dengan kain. Kalau bisa kain juga disemprotkan semir terlebih dahulu agar tidak menyerap cairan yang berada pada ban. Dengan begini, tidak akan ada noda yang tertinggal di ban motor dan semuanya akan kinlong, bersih, awet, dan terhindar dari warna kuning dan kotoran.

Itulah 3 jenis semir ban motor yang saat ini beredar di pasaran, ketiganya memang memiliki kelebihan dan spesifikasinya masing-masing bukan? Jadi tinggal disesuaikan dengan kebutuhan saja akan memilih yang mana. Berikut ini juga sudah disiapkan pula beberapa rekomendasi semir ban motor tanpa silikon lengkap dengan review terbaru.

5 Rekomendasi Merk Semir Ban Motor Non Silikon Terbaik yang Bagus dan Membuat Ban Lebih Awet

Rekomendasi di bawah ini sudah dipilih produk-produk semir ban motor terbaik dan tidak mengandung silikon. Sehingga semir ban motor akan melindungi ban dengan baik dan membuat ban lebih awet serta mengkilap dan seperti baru. Apa saja rekomendasi yang sudah disiapkan? Bisa langsung di simak berikut ini :

1. Sabusa

Sabusa

Sabusa merupakan semir ban motor serba guna yang sekaligus merupakan merk semir ban mobil super kinclong dan mampu membersihkan kotoran. Selain untuk ban motor dan mobil, Sabusa juga bisa digunakan untuk mencerahkan dashboard dan bagian ornamen lain di dalam mobil.

Merk semir satu ini menggunakan teknologi premium polimer sehingga zak aktifnya mampu meresap jauh ke dalam ban dan melindunginya dengan sempurna. Apabila mau digunakan untuk mencerahkan ornamen mobil, bisa-bisa saja karena sifat semir ban ini tidak merusak cat dan kaca.

Kelebihan Sabusa

  • Bisa digunakan untuk menyemir ban mobil
  • Menggunakan teknologi premium polimer
  • Bisa untuk mencerahkan ornamen dalam dan luar mobil
  • Tidak merusak lapisan cat dan juga kaca
  • Mampu membersihkan jamur dengan cepat

Kekurangan Sabusa

  • Harus diaplikasikan menggunakan alat bantu
  • Sebelum diaplikasikan sebaiknya ban dibersihkan terlebih dahulu karena merupakan jenis gel

Harga Sabusa

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 48.000
TokopediaRp 48.000
ShopeeRp 379.000Paket bundle + pembersih kaca
BukalapakRp 48.000

2. Auto Dazzling

Auto-Dazzling

Auto Dazzling merupakan semir ban water base yang siap pakai dan tinggal langsung digunakan begitu saja tanpa ada tambahan apapun. Terkadang, ada saja kesalahan yang mencampurkan semir ini dengan air jadi tidak heran banyak yang menanyakan bagaimana cara membuat semir ban kental.

Padahal, semir ban jenis gel yang berbahan dasar air ini cukup langsung digunakan begitu saja, tanpa perlu diapa-apakan lagi. Semir ban satu ini sangat bagus dan cepat membuat ban lembab, terlindung dari kotoran serta warnanya bisa langsung mengkilap, jadi tidak heran kalau sering juga digunakan untuk menyemir ban mobil.

Kelebihan Auto Dazzling

  • Water based yang membuat ban lebih cepat lembab
  • Mampu melindungi ban dari kotoran dengan sempurna
  • Tidak perlu ditambahkan apa-apa lagi dan langsung digunakan
  • Kilap lebih tahan lama
  • Cairan zat aktif menyerap dengan cepat

Kekurangan Auto Dazzling

  • Perlu menggunakan kuas atau alat aplikator lain
  • Tidak tersedia dalam ukuran yang besar

Harga Auto Dazzling

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 56.000
TokopediaRp 56.000
ShopeeRp 88.000Kemasan khusus isi 2 botol
BukalapakRp 56.000

3. Waxco Auto Tyre Foam

 

Waxco-Auto-Tyre-Foam

Waxco Auto Tyre Foam merupakan salah satu jenis semir ban motor foam yang cara kerjanya cepat dan mudah. Hanya perlu mengaplikasikannya secara merata lewat nozzle yang ada pada bagian atas, sudah beres, tidak perlu alat aplikator.

Merk semir ban satu ini sudah cukup terkenal, karena kelebihannya yang sekaligus mampu membersihkan kotoran tanpa perlu mencuci ban terlebih dahulu. Setiap partikel foam juga akan terserap ke dalam ban secara sempurna, sehingga ban akan selalu terlindungi dan mengkilap dalam waktu yang lama.

Kelebihan Waxco Auto Tyre Foam

  • Hands free sehingga tidak perlu lagi bantuan aplikator
  • Penyerapan foam cukup cepat
  • Kilap lebih awet dan tahan lama
  • Melindungi ban sampai lapisan terdalam
  • Mudah didapatkan

Kekurangan Waxco Auto Tyre Foam

  • Harus menunggu foam terserap sempurna sebelum digunakan
  • Harganya cukup mahal

Harga Waxco Auto Tyre Foam

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 94.000
TokopediaRp 94.000
ShopeeRp 93.500
BukalapakRp 93.000

4. Nanotech Pure Tire Gel

Nanotech-Pure-Tire-Gel

Bagi yang membutuhkan kombinasi semir ban spray dan gel, Nanotech Pure Tire Gel  solusinya. Semir ban satu ini menggabungkan teknologi spray dan gel sehingga ban lebih awet dan tahan lama.

Bukan itu saja, ban juga lebih tahan terhadap panas sehingga tidak mudah aus dan umur ban menjadi lebih lama. Cara pengaplikasiaanya juga sangat mudah, cukup disemprotkan merata saja ke setiap titik ban dan jangan sampa ada yang terlewat.

Kelebihan Nanotech Pure Tire Gel

  • Menggabungkan teknologi gel dan spray
  • Lebih tahan panas
  • Menjaga ban dari aue sehingga ban lebih awet dan tahan lama
  • Pengaplikasiaanya lebih mudah dan tinggal semprot saja
  • Mudah dibeli di manapun

Kekurangan Nanotech Pure Tire Gel

  • Saat gel sudah tinggal sedikit, cukup sulit untuk meratakannya pada ban
  • Harganya cukup mahal

Harga Nanotech Pure Tire Gel

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 88.000Diskon 15%
TokopediaRp 93.000
LazadaRp 99.000
BukalapakRp 93.000

5. Kit Black Magic Kit-Black-Magic

Dibandingkan dengan semua merk di atas, rasanya Kit Black Magic merupakan merek yang paling dikenal sekaligus sering dijumpai. Harganya yang bersahabat serta hasilnya kilapnya yang sempurna membuat merk satu ini tetap di menjadi andalan.

Kit Black Magic ini merupakan jenis semir foam yang meresap lebih cepat sehingga mempersingkat waktu tunggu. Formula aktifnya juga mampu melindungi sempurna ban motor sampai ban mobil yang lebih besar.

Kelebihan Kit Black Magic

  • Jenis foam yang lebih cepat menyerap ke permukaan ba
  • Harganya terjangkau
  • Mudah dijumpai hampir di semua tempat
  • Cara pengaplikasiannya mudah
  • Bisa digunakan untuk ban motor maupun ban mobil

Kekurangan Kit Black Magic

  • Ukuran kaleng yang kecil sehingga hanya untuk beberapa kali penggunaan saja
  • Tidak tersedia kemasan besar
  • Sulit digunakan apabila foam tinggal sedikit

Harga Kit Black Magic

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 30.000
TokopediaRp 30.000
LazadaRp 30.000
BukalapakRp 7.000Khusus refill

Rekomendasi Merk Semir Ban Motor Non Silikon Terbaik

Untuk menilai mana merk semir ban motor terbaik, pertama tentu saja mempertimbangkan kemudahan pengaplikasiaanya secara pribadi. Lalu dari segi harga dan juga kualitas semir juga perlu diperhatikan supaya mendapatkan yang benar-benar terbaik.

Dilihat dari berbagai hal tersebut Nanotech Pure Tire Gel rasanya sangat pantas direkomendasikan sebagai yang terbaik. Merk semir ban motor satu ini merupakan penggabungan dari spray dan juga gel, sehingga bukan saja mudah diaplikasikan, tetapi juga lebih tahan lama.

Penggabungan 2 hal ini membuat ban lebih awet, kilapnya bertahan lebih lama dan menghemat waktu pengaplikasian semir. Meskipun, dari segi harga memang sedikit lebih mahal dari pada merk lain, tetapi hal ini sepadan dengan kualitas yang diberikan.

Baca juga: 10 Merk Pembersih Kaca Mobil Terbaik yang Bagus dan Berkualitas

Kesimpulan

Dari 3 jenis merk semir ban mobil yang ada sebenarnya sesuai selera mau memilih yang mana. Ketiganya seperti yang sudah diuraikan di atas, memiliki kelebihannya masing-masing yang berbeda satu sama lain. Sehingga, yang terbaik menurut diri sendiri mungkin saja akan berbeda dengan apa yang dipikirkan oleh orang lain.

Hal yang paling penting dalam menentukannya tentu saja harus memilih merk semir ban motor non silikon. Supaya ban motor lebih awet, terlindungi, mengkilap dan tidak mudah aus meski sering digunakan.

Semoga informasi mengenai merk semir ban motor ini bisa bermanfaat dan membantu menentukan mana merk yang terbaik ya. Satu hal lagi, jangan lupa juga untuk membagikan informasi seputar semir ban ini agar lebih banyak orang yang tahu mengenai masalah semir ban.