10 Merk Santan Kelapa Terbaik

Posted on

Santan kelapa menjadi bahan dasar yang banyak digunakan dalam mengolah suatu bahan makanan, terlebih makanan khas daerah Indonesia. Penggunaannya yang massif menjadikan berbagai merk santan kelapa ikut banyak tersebar di Indonesia.

Santan kelapa dibuat dari sari kelapa yang selanjutnya diolah untuk dikemas lalu dipasarkan. Metode pengambilan sari kelapa hingga pengemasan, bisa menentukan kualitas dari santan yang dijual bahkan bisa menentukan hasil masakan.

Tips Memilih Santan Kemasan

Praktis namun tetap memberikan cita rasa yang khas, membuat santan kemasan banyak digunakan oleh ibu rumah tangga. Namun, tidak jarang pemilihan santan kemasan yang salah menimbulkan masalah pada hasil masakan. Hindari hal tersebut dan ikuti tips terbaik untuk memilihnya berikut ini:

1. Cek Kemasan

Cek-Kemasan

Tips pertama yang bisa dilakukan yakni melakukan cek kemasan. Cek kemasan bisa dilakukan untuk memastikan apakah produk yang dijual merupakan produk gagal atau bukan. Bila kemasan rusak, hendaknya jangan dibeli walaupun dengan harga yang murah.

Kemasan yang rusak seperti penyok, robek, berbau hingga bocor hendaknya dihindari. Banyak kasus konsumen yang rela membeli produk dengan kemasan rusak karena harganya yang murah. Perlu diingat, bahwa kemasan yang rusak bisa jadi penanda isi kemasan yang tidak bagus. Jadi, sebaiknya hindari membeli barang dengan kemasan yang rusak.

2. Cek Merk Santan Kelapa

Cek-Merk-Santan-Kelapa

Selanjutnya cek dulu merk santan kemasan. Tidak jarang merk abal abal beredar di pasaran. Mengingat banyaknya kasus penipuan akan suatu komoditi, membuat Anda harus berhati-hati dalam memilih merk.

Pengecekan merk bisa dilakukan lewat internet. Dari sini juga Anda bisa mengetahui bagaimana metode yang dilakukan untuk mengambil sari kelapa, terlebih informasi mendetail terkait produk.

3. Cek Tanggal Kadaluarsa

Cek-Tanggal-Kadaluarsa

Terakhir, cek tanggal kadaluarsa. Pengecekan tanggal kadaluarsa juga amat penting dilakukan mengingat santan kemasan memiliki daya tahan yang sebentar. Rasa bisa jadi berubah bila Anda menggunakan santan kemasan yang kadaluarsa.

Bahkan bisa jadi makanan yang diolah berbarengan dengan santan yang tidak segar akan menimbulkan masalah tertentu. Misalnya masalah pencernaan yang fatal, seperti lambung atau iritasi pada usus.

10 Merk Santan Kelapa

Banyaknya merk santan kelapa di Indonesia tidak jarang membuat penggunanya bingung harus memilih yang mana. Penyesuaian merk bisa dilakukan dengan kebutuhan tubuh mengingat tersedia juga santan yang diformulasikan untuk kebutuhan tertentu. Berikut 10 rekomendasinya:

1. Santan Kara

Santan-Kara

Merk santan Kara menjadi merk yang paling banyak digunakan dan paling banyak tersebar di warung. Keberadaan santan kemasan ini bisa dibilang sebagai pelopor santan kemasan dengan bentuk dan harga yang ekonomis.

Rasanya khas sari kelapa asli berhasil membuat berbagai masakan menjadi lebih sedap. Banyak tersedia dengan kemasan kecil, membuat penggunaannya tergolong praktis dengan takaran yang sudah pasti.

2. Santan Sasa Cair

Santan-Sasa-Cair

Merk Sasa banyak dikenal sebagai produsen bumbu instan dengan rasa yang enak. Tidak hanya bumbu instan merk ini juga mengeluarkan produk tepung serbaguna dan penyedap rasa, untuk berbagai jenis makanan.

Sasa juga mengeluarkan produk santan kemasan cair yang mulai banyak digunakan oleh para ibu rumah tangga. Santan dengan konsentrasi yang pas bisa membuat kuah masakan Anda lebih kental dan penuh akan cita rasa.

3. Santan Sasa Bubuk

Santan-Sasa-Bubuk

Tidak hanya santan cair, Sasa juga mengeluarkan produk santan bubuk untuk penggunaan yang lebih praktis. Santan bubuk bisa digunakan sebagai topping untuk jenis makanan dingin atau dessert box.

Penggunaan pada proses masak langsung juga tidak jadi masalah. Pasalnya, santan bubuk ini mudah larut dalam air dan memberikan rasa yang otentik dengan santan cair murni.

4. Santan Klatu

Santan-Klatu

Merk santan Klatu telah diproduksi sejak lama dengan konsistensi santan yang cukup kental. Bukan karena proses pengolahan lebih lanjut, kekentalan santan didapat dari perasan pertama kelapa utuh.

Tidak dicampur dengan bahan lainnya membuat santan ini terjaga kesegarannya hingga ke tangan konsumen. Dari perasan pertama kelapa utuh tanpa pencampuran zat lain membuat kandungan gizi di dalamnya tetap terjaga. Dijamin masakan Anda akan terasa lebih nikmat dengan santan Klatu.

5. Santan Rose Brand

Santan-Rose-Brand

Santan Rose Brand juga jadi salah satu merk santan yang banyak direkomendasikan, karena wangi khasnya yang bisa membuat makanan lebih sedap. Wangi khas kelapa ini banyak dicari dalam pengolahan kue basah.

Tidak hanya menyediakan produk tepung yang sudah dikenal dengan tepung kualitas jempolan, merk ini juga menjual produk santan cair yang diproduksi dari kelapa tua asli dari perkebunan Indonesia.

6. Santan Tropicana Slim

Santan-Tropicana-Slim

Tropicana Slim diketahui sebagai merk gula dengan kandungan glikogen yang cukup rendah. Karenanya banyak direkomendasikan bagi mereka yang memiliki keterbatasan dalam mengkonsumsi gula.

Begitu pula pada produk santan cairnya, Tropicana Slim memproduksi santan kemasan yang rendah lemak dan tinggi serat. Sehingga pemakaiannya aman untuk dikonsumsi bagi mereka yang sedang berusaha menekan jumlah asupan lemak ke dalam tubuh.

7. Santan Sun Kara

Santan-Sun-Kara

Satu lagi santan dari brand lokal yang telah banyak dikenal terutama di Pulau Jawa. Santan Sun Kara dengan berbagai keunggulannya, juga banyak digunakan dalam penciptaan makanan dengan cita rasa tinggi.

Tidak jarang santan merk ini dijadikan santan utama untuk menggantikan perasan kelapa yang lebih panjang proses penggunaannya. Santan Sun Kara banyak dijual dengan harga dan bentuk yang ekonomis.

8. Santan Ayam Brand

Santan-Ayam-Brand

Diolah dengan teknologi Ultra High Temperature atau UHT membuat santan dari merk Ayam Brand memiliki ketahanan yang luar biasa. Santan diolah sedemikian rupa, hingga mencapai titik didih untuk menghilangkan bakteri dan menstabilkan konsentrat di dalamnya.

Minimnya bakteri di dalam santan kemasan membuat siapapun yang mengkonsumsinya jauh dari isu negatif kesehatan. Anda yang menekankan pada higienitas produk tertentu bisa menggunakan merk santan ini.

9. Santan Kemasan All-Co

Santan-Kemasan-All-Co

Santan kemasan All-Co menyajikan santan dari perasan kelapa tua segar. Merk ini juga mengklaim santannya bebas kolesterol jahat, sehingga cocok bagi Anda yang sedang mencari produk sehat.

Lemak jahat atau kolesterol jahat bisa dihilangkan tentunya dengan serangkaian prosedur khas yang hanya dimiliki oleh perusahaan. Santan kemasan yang bebas kolesterol ini juga menjanjikan hasil makanan yang lebih sehat.

10. Santan Nucifera

Santan-Nucifera

Rekomendasi terakhir ditujukan pada merk santan Nucifera. Dimana santan yang didapatkan berasal dari perkebunan kelapa organik yang dibudidayakan tanpa campuran zat kimia, baik dalam penanaman maupun pembibitannya. Tentu saja efek kesehatan yang akan didapatkan akan sangat beragam.

Mulai dari makanan yang lebih enak, tidak bercampurnya zat kimia pada makanan, hingga efek mengenyangkan tanpa membawa penyakit bisa Anda dapatkan. Santan sehat alami ini cocok untuk digunakan sehari hari.

Sesuaikan merk santan kelapa di atas dengan kebutuhan terlebih dengan kondisi tubuh Anda. Ini bisa membantu Anda dan keluarga untuk hidup lebih sehat. Tidak ada salahnya memilih produk yang lebih mahal, namun lebih sehat.

 

Lihat Juga :

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan