10 Pisau Lipat yang Terbaik

Posted on

Untuk Anda yang menyukai kegiatan yang dilakukan di luar ruangan atau outdoor, pisau lipat merupakan salah satu peralatan yang harus dimiliki dan harus dibawa. Anda harus dapat memilih pisau lipat terbaik yang berguna saat dibawa ke berbagai tempat.

Di bawah ini sudah ada rangkuman beberapa tips yang dapat membantu Anda, untuk memilih pisau yang sering disebut pisau tentara atau pisau outdoor ini. Selain itu, di bawah ini juga ada beberapa rekomendasi mengenai pisau lipat.

Tips Memilih Pisau Lipat atau Pisau Tentara

Pisau lipat tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, dan juga material. Karena banyaknya pilihan, Anda harus dapat menentukan pisau lipat yang terbaik. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

1. Pilih Jenis yang Sesuai dengan Kebutuhan

Pilih-Jenis-yang-Sesuai-dengan-Kebutuhan

Terdapat beberapa jenis pisau lipat, misalnya pisau lipat single dan juga tool knife. Untuk Anda yang hanya membutuhkan pisau, dapat memilih pisau lipat single atau pisau lipat biasa. Sedangkan untuk tool knife, akan membantu Anda dalam berbagai pekerjaan karena merupakan kombinasi dari beberapa jenis peralatan.

 

Tool knife sangat praktis karena Anda dapat melakukan berbagai aktivitas dengan satu alat saja. Namun, biasanya ketajaman dari tool knife ini relative masih di bawah pisau lipat single.

2. Pilih Material yang Sesuai dengan Kebutuhan

Pilih-Material-yang-Sesuai-dengan-Kebutuhan

Material yang berbeda akan menghasilkan karakteristik yang berbeda pula. Jika Anda butuh pisau yang tajam, pisau lipat berbahan baja karbon merupakan pilihan yang tepat. Namun, jika membutuhkan pisau untuk kegiatan di air, pisau dengan bahan baja H1 merupakan pilihan terbaik.

Material lainnya yang digunakan untuk membuat pisau biasanya adalah stainless steel, dimana material ini tahan terhadap karat dan juga mudah untuk Anda asah.

3. Pilih Pisau Lipat yang Dapat Dikunci

Pilih-Pisau-Lipat-yang-Dapat-Dikunci

Untuk Anda yang akan membawa pisau lipat saat berkegiatan outdoor, fitur paling penting yang harus dimiliki oleh pisau lipat adalah fungsi pengunci.

Fungsi pengunci dapat berupa lock-back, dimana terdapat tombol untuk melipat pisau. Fungsi pengunci juga dapat berupa liner lock yaitu pengunci yang terletak pada pangkal dari mata pisau.

Rekomendasi Pisau Lipat Terbaik untuk Outdoor

Setelah mengetahui beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk memilih pisau lipat yang sesuai dengan kebutuhan, kami akan memberikan rekomendasi mengenai pisau lipat. Adapun rekomendasi merk pisau lipat di antaranya adalah:

1. Eiger Multi Tools P333

Eiger-Multi-Tools-P333

Merk outdoor lokal yang terkenal ini mengeluarkan tool knife berbahan dasar stainless steel. Bentuk dari tool knife ini sangat unik dan juga berbeda dengan produk pisau lipat lainnya karena seperti kunci Inggris.

Selain pisau, tool knife dari Eiger ini dilengkapi dengan berbagai macam peralatan lainnya, seperti gunting kecil dan juga pembuka kaleng. Jika Anda mencari alat yang memang praktis dan bisa digunakan dalam berbagai kebutuhan, Eiger Multi Tools P333 ini cocok untuk Anda.

2. Opinel No. 08 Outdoor

Opinel-No.-08-Outdoor

Pisau lipat dari Opinel ini memiliki bentuk yang unik karena setengah dari mata pisau ini bergerigi, sementara setengah sisanya datar. Di atas bagian pisau ini memiliki lubang untuk membuka sekrup.

Bentuk mata pisau yang unik ini dapat dimanfaatkan untuk memotong buah atau juga memotong daging. Pisau ini dilengkapi dengan viroblock safety rings yang berfungsi untuk mengunci mata pisaunya guna alasan keamanan.

3. Kershaw Cryo Tanto Blackwash

Kershaw-Cryo-Tanto-Blackwash

Dibuat dari material stainless steel, mata pisau dari Kershaw Cryo Tanto Blackwash ini awet dan juga anti karat. Bagian black-oxide blackwash yang terdapat pada pisau lipat ini juga anti korosi atau anti karat.

Kershaw untuk mengisi pasar dengan pisau lipat yang kuat, kokoh, dan juga awet. Namun, masih terlihat menarik secara estetika dan juga memiliki desain yang mungil, sehingga mudah dibawa ini.

4. Spyderco Pacific Salt Yellow FRN C91PYL

Spyderco-Pacific-Salt-Yellow-FRN-C91PYL

Pisau lipat ini terbuat dari baja H1 yang sebelumnya sudah kami singgung karena tahan karat meski terkena air laut. Untuk Anda yang senang memancing ikan di laut dan mungkin ingin mengolah ikan yang didapatkan, pisau lipat ini cocok untuk Anda gunakan.

5. Opinel No. 12Explore

Opinel-No.-12Explore

Berbeda dengan varian sebelumnya yang sudah kami singgung yaitu No. 8, varian No. 12 ini berukuran lebih besar. Varian No. 12 ini memiliki keunikan karena dilengkapi dengan peluit dan juga fire starter.

Berbahan dasar stainless steel, mata pisau dari pisau lipat ini anti korosi. Pegangan dari pisau lipat ini terbuat dari fiberglass sehingga tidak akan mudah untuk rusak.

6. Victorinox Swiss Army Super Tinker

Victorinox-Swiss-Army-Super-Tinker

Pisau lipat dengan tipe tool knife ini bahkan sudah banyak digunakan semenjak perang dunia kedua. Produk ini dilengkapi dengan beberapa peralatan di dalamnya yaitu obeng, gunting, pembuka kaleng, dan juga dua buah bilah pisau.

Untuk Anda yang senang melakukan aktivitas outdoor dan mencari tool knife yang dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan, pisau ini cocok untuk Anda.

7. Benchmade Bugout

Benchmade-Bugout

Benchmade merupakan perusahaan yang memproduksi berbagai macam pisau untuk banyak kebutuhan, misalnya seni bela diri, penyelamatan, kegiatan outdoor, dan bahkan juga untuk militer.

Benchmade Bugout merupakan produk pisau lipat dari Benchmade yang terbaik, karena memiliki banyak kelebihan, seperti ringan, ukurannya yang ringkas, kuat, dan juga tahan karat. Anda bisa mendapatkan pisau lipat dari Benchmade ini dengan 1,6 juta rupiah.

8. Spyderco Paramilitary 2

SpydercoSpyderco-Paramilitary-2-Paramilitary-2

Spyderco dikenal sebagai pisau lipat pelopor beberapa fitur yang sekarang banyak ditemukan di pisau lipat lainnya, yaitu gerigim klip saku dan juga lubang pembuka. Pisau lipat lainnya dari merk Spyderco ini merupakan salah satu varian terbaik dari merk ini.

Dilengkapi dengan compression lock, pisau lipat Spyderco Paramilitary 2 ini dapat dengan mudah Anda buka maupun tutup hanya dengan menggunakan satu tangan. Skala grip atau pegangan dari pisau lipat ini juga mudah digenggam berbagai ukuran tangan.

9. Kizer Begleiter

Kizer-Begleiter

Berbeda dengan pisau lipat yang lain, mata pisau dari Kizer Begleiter ini terbuat dari material baja VG-10 yang berkualitas tinggi. Dibanderol dengan harga sekitar 800 ribu rupiah, Anda bisa mendapatkan pisau lipat yang mudah digenggam karena memiliki skala pegangan G-10 ini.

10. Gerber

Gerber

Perusahaan Gerber banyak memproduksi berbagai macam pisau, mulai dari pisau dapur biasa, multitool, dan juga lainnya. Produk pisau lipat yang terkenal dari merk Gerber ini adalah Gerber Flatiron.

Mata pisau dari Gerber Flatiron terbuat dari baja 7Cr17MoV sedangkan pegangan atau gripnya terbuat dari aluminium. Anda bisa mendapatkan pisau lipat dengan kualitas tinggi dan juga awet serta kuat ini dengan harga sekitar 400 ribu rupiah.

Setelah mengetahui tips memilih pisau lipat beserta dengan rekomendasinya, kami harap Anda tidak lagi bingung untuk memilih dan membeli pisau lipat terbaik. Jangan lupa untuk memilih pisau lipat yang sesuai dengan kebutuhan dan kegiatan yang Anda lakukan, ya.

 

Lihat Juga :

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan