6 Merk Pembersih Wajah Pria Terbaik yang Bagus dan Aman

Posted on

Wajah menjadi bagian yang rentan terpapar polusi dan kotoran saat Anda beraktifitas baik di dalam maupun luar ruangan. Oleh sebab itu, penting untuk membersihkan wajah sesampainya Anda di rumah. Kini, sudah banyak merk pembersih wajah pria yang memiliki beragam kandungan untuk mengatasi lebih dari satu permasalahan seperti jerawat dan kulit kusam.

Mengingat tekstur kulit pria yang lebih tebal, maka formula untuk pembersih wajahnya dibuat lebih keras dibanding pembersih wajah khusus wanita. Namun, bahan-bahan dasar yang digunakan masih sama seperti surfaktan dan asam lemak sabun. Formulasi khusus juga dibuat berdasarkan jenis kulit antara lain kulit normal, kombinasi, berminyak, kering, dan sensitif.


Tips Menggunakan Merk Pembersih Wajah Pria secara Maksimal

1. Pilih sesuai dengan jenis dan permasalahan kulit

Tidak melulu harus berpatokan pada brand yang terkenal, Anda juga harus mencermati tekstur dan kandungan yang ada di dalam pembersih agar bisa menyesuaikan dengan jenis dan kebutuhan kulit. Apabila tidak tahu persis mengenai tiap kandungan, setidaknya perhatikan saran penggunaan yang biasanya mencantumkan jenis kulit apa yang cocok dengan produk tersebut.

Selain itu, pertimbangkan juga mengenai permasalahan kulit Anda. Apabila berminyak dan kusam maka pilihlah produk yang dengan kandungan oil control dan whitening yang tinggi. Sedangkan, bagi yang mengalami permasalahan pori-pori besar dan jerawat, maka pilihlah produk yang mengandung eksfoliator yang kuat dan anti bakteri. Perhatikan juga efek kelembaban yang diberikan.


2. Jangan abaikan double cleansing

Walaupun efek pembersih pria sudah cukup menyeluruh, namun ada baiknya Anda tetap melakukan double cleansing. Hal tersebut penting terlebih lagi bagi yang wajahnya sering terpapar polusi. Double cleansing dilakukan dengan dua tahapan yaitu menggunakan pembersih berbahan dasar minyak kemudian dilanjut dengan menggunakan pembersih yang biasa Anda gunakan.


3. Gunakan pelembab setelah cuci muka

Produk pembersih wajah pria biasanya memiliki formula yang keras sehingga rentan menyebabkan kulit menjadi kering dan mengelupas setelahnya. Agar mencegah hal tersebut, maka Anda perlu mengaplikasikan pelembab seusai mencuci muka. Selain menghidrasi, pelembab juga menjadi pelindung kulit dari kerusakan. Selain itu, kulit Anda juga akan lebih lembut dan kencang.


Rekomendasi Merk Pembersih Wajah Pria yang Multifungsi

1. Nivea Men Whitening Oil Control Cooling Mud Foam

Nivea-Men-Whitening-Oil-Control-Cooling-Mud-Foam

Produk pembersih wajah dari Nivea memiliki fungsi ganda yaitu merawat kulit wajah secara total dari polusi sekaligus memberikan efek mencerahkan. Kandungan yang berperan dalam membersihkan, mengangkat komedo, mengontrol minyak berlebih dan memberikan cooling sensation adalah mud yang dikombinasikan dengan mentol.

Sedangkan efek whitening yang mencapai 10 kali lipat disebabkan adanya kandungan whitinat yang diklaim sebagai bahan pencerah kulit yang lebih unggul dibanding vitamin C. Nivea Men Cooling Mud Foam cocok digunakan sehari-hari untuk segala jenis kulit. Sebagai pembersih wajah khusus pria, aromanya cukup segar namun lebih menyengat. Sekadar tips, sebaiknya gunakan moisturizer setelah membersihkan wajah agar tidak kering.


2. Garnier Men Acno Fight Wasabi Foam

Garnier-Men-Acno-Fight-Wasabi-Foam

Rekomendasi merk pembersih wajah pria lainnya adalah dari Garnier yang mengandalkan bahan alami berupa ekstrak wasabi yang berpadu dengan salicylic acid. Dua bahan tersebut efektif memerangi bakteri yang menyebabkan jerawat sekaligus mencerahkan kulit wajah. Selain itu, permasalahan lain seperti pori-pori besar, komedo membandel, dan flek hitam dapat teratasi.

Saat digunakan, Garnier Wasabi Foam memiliki efek dingin yang menyegarkan, dan hal yang terpenting adalah tidak membuat kulit wajah Anda menjadi kering dan terasa ketarik. Mengingat kandungan salicylic acidnya cukup kuat, manfaatnya akan lebih maksimal dirasakan oleh Anda yang memiliki jenis kulit cenderung berminyak dan berjerawat.


3. LT Men Facial Cleanser Mild

LT-Men-Facial-Cleanser-Mild

Tidak hanya produk perawatan wanita saja, brand LT Pro memproduksi produk untuk pria berupa LT Men Facial Cleanser Mild. Produk ini mengandung surfaktan yang ampuh menarik semua kotoran yang menumpuk di wajah. Kandungan lain adalah opuntia fintucia yang membantu menjaga kelembaban kulit. Dengan begitu, kulit wajah tidak akan terasa kering seusai dibersihkan.

Kandungan mentol juga ditambahkan untuk memberikan sensasi segar, dingin, dan efek yang menenangkan bagi permukaan kulit yang memerah akibat iritasi ringan. Anda bisa menggunakan pembersih sebanyak dua kali pada pagi dan sore/malam hari. Tidak dianjurkan untuk terlalu sering digunakan karena justru akan memberikan efek negatif seperti kering dan mengelupas.


4. Pond’s Men All in One Deep Cleanser Pollution Out

Ponds-Men-All-in-One-Deep-Cleanser-Pollution-Out

Apabila tidak puas hanya dengan pembersih wajah yang mild, maka Anda bisa memilih deep cleanser dari Pond’s ini. Bahan-bahan andalan yang digunakan antara lain charcoal, ekstrak biji kopi, dan bahan pencerah kulit. Charcoal sudah lama dikenal sebagai eksfoliator yang mampu membersihkan kulit hingga ke bagian dalam sekaligus mengontrol minyak yang berlebih.

Kinerjanya akan semakin optimal berkat penambahan ekstrak biji kopi yang efektif mengangkat sel kulit mati yang membandel, dan merangsang regenerasi kulit dengan cepat sehingga tampilan wajah akan terlihat lebih cerah dalam sekejap. Disarankan untuk menggunakan Pond’s Deep Cleanser pada pagi hari dan sore/malam hari setelah beraktifitas seharian di luar.


5. Gatsby Face Wash Oil Control with Clay Powder

Gatsby-Face-Wash-Oil-Control-with-Clay-Powder

Bagi Anda penggemar merk pembersih wajah pria yang memiliki kandungan clay powder, produk dari Gatsby ini patut dicoba. Teksturnya berupa butiran micro rich scrub yang berpadu dengan bentonite clay powder. Sebaga eksfoliator, keduanya mampu bekerja sama mengangkat sel kulit mati yang terdalam tanpa membuat kulit wajah menjadi kering ataupun iritasi.

Manfaat lain dari penggunaan clay powder adalah mengikat minyak berlebih sehingga wajah Anda tidak lagi mengkilap. Saat diaplikasikan, Anda akan merasakan extra cooling sensation yang membuat rileks. Namun, mengingat butiran scrub yang kasar, maka cukup aplikasikan secara perlahan. Produk ini lebih direkomendasikan untuk jenis kulit berminyak, normal, dan cenderung berjerawat.


6. Garnier Men Oil Control Double White Icy Duo

Garnier-Men-Oil-Control-Double-White-Icy-Duo

Tidak hanya Gatsby, merk Garnier juga memiliki pembersih wajah pria yang menggunakan clay sebagai bahan utamanya. Jenis yang dipilih adalah white clay yang dikombinasikan dengan icy mineralite complex yang menjadikan produk ini sebagai duo foam pertama milik Garnier. Pembersih ini mampu mengontrol minyak yang berlebih dan menghilangkan sumbatan pada pori-pori.

Selain itu, white clay bekerja maksimal menghilangkan kotoran yang menumpuk secara menyeluruh sekaligus mencerahkan kulit wajah seketika. Anda bisa menggunakannya pada pagi hari dan seusai berkatifitas dengan cara diusapkan ke wajah sambil melakukan pijatan pelan. Manfaat yang ditawarkan akan lebih optimal apabila digunakan pada jenis kulit yang berminyak dan kombinasi.

Berbagai rekomendasi merk pembersih wajah pria perlu Anda sesuaikan dengan masalah kulit yang ingin diatasi. Apabila tidak yakin, sebenarnya menggunakan metode ‘trial and error’ sebenarnya sudah umum untuk mencoba produk mana yang paling tepat. Hanya saja, Anda harus menerima resikonya seperti timbul iritasi, breakout ringan, atau bruntusan yang mengganggu.

Cara yang paling tepat adalah dengan mengenali jenis kulit, kebutuhan kulit, dan sedikit pengetahuan mengenai bahan-bahan yang biasa digunakan untuk perawatan wajah. Hal tersebut membantu saat Anda membaca kandungan dalam kemasan pembersih. Penggunaan jenis perawatan lain seperti pembersih awal, pelembab, dan tabir surya juga perlu diperhatikan agar proteksi kulit menjadi sempurna.

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan