10 Merk Oven Listrik Murah yang Bagus dan Awet

Posted on

Merkbagus.id – Bagi yang gemar memasak atau membuat roti, oven menjadi salah satu barang terpenting yang harus dimiliki. Di pasaran saat ini ada berbagai merk oven yang masing-masing menawarkan kelebihan tersendiri, sehingga ada banyak pilihan yang bisa dipilih. Tentunya salah satu kriteria yang harus diperhatikan adalah memilih merk oven listrik murah.

Memilih oven listrik yang murah bukan berarti murahan, akan tetapi harga yang ditawarkan haruslah sepadan dengan kelebihan yang dimiliki oven. Dengan begini, tidak ada yang merasa dirugikan dan kegiatan masak-memasak maupun memanggang kue di dapur bisa berjalan dengan baik. Sayangnya, untuk memilih yang murah tapi bukan murahan, ada beberapa langkah yang harus dipertimbangkan.

Tips Memilih Merk Oven Listrik Murah yang Bukan Murahan

Di bawah ini akan dibagi tips atau langkah-langkah yang perlu diperhatikan sebelum membeli oven listrik yang bukan hanya sekedar murah saja sehingga pembelian oven listrik tidak akan mengecewakan dan oven listrik yang bagus dan awet bisa didapat. Berikut tips-tips untuk memilih produk oven listrik yang murah tapi bukan murahan :

1. Tentukan Kapasitas Oven yang Diperlukan

Oven listrik memiliki kapasitas yang berbeda-beda, kapasitas ini diukur menggunakan satuan liter untuk mempermudah menentukan ukurannya. Umumnya kapasitas oven listrik yang beredar di pasaran mulai dari 9 liter hingga 19 liter.

Untuk oven yang kecil dan hanya muat 2 rak saja, kapasitasnya 9 liter. Ukuran oven ini meskipun memiliki 2 rak, namun jika dipakai untuk memanggang bolu dengan ukuran normal, hanya akan muat satu bolu. Jadi jika ingin membuat 2, maka harus dilakukan 2 kali pemanggangan.

Dengan menentukan ukuran di awal, bagi yang suka memasak banyak tidak akan perlu memanggang sampai 2 kali. Cukup memilih yang besar saja sehingga proses cukup dilakukan satu kali. Proses pemanggangan yang hanya dilakukan satu kali akan bisa menghemat listrik cukup banyak bukan?

2. Hemat daya

Untuk penggunaan oven yang hampir setiap hari, penggunaan daya yang dibutuhkan oleh oven menjadi hal yang sensitif. Pasalnya dengan daya yang besar, otomatis pengeluaran listrik menjadi lebih mahal dan hal ini membuat dana untuk kebutuhan rumah tangga jadi membengkak.

Oven yang termasuk hemat daya, membutuhkan 400 watt di atas itu berarti oven termasuk boros dan perlu dipikirkan ulang untuk membelinya. Kecuali, oven yang ditawarkan sangat besar dan berkapasitas di atas 20 L, kalau kasusnya seperti ini maka wajar jika dayanya lebih dari 400 watt.

3. Kelebihan yang Dimiliki oleh Oven

Untuk mengukur apakah oven yang dibeli sepadan dengan harga dan bukan asal murah, bagian kelebihan oven perlu diperhatikan seksama. Pastikan jika oven yang dibeli mahal, ada berbagai feature yang mencolok di dalamnya. Misalnya saja, oven dilengkapi dengan pemanggang daging yang berputar.

Kelebihan seperti pengatur waktu, merupakan hal yang biasa dan hampir semua oven listrik memilikinya. Jadi, lebih fokuslah pada kelebihan seperti terdapat pemanggang daging di atas. Dengan begitu, membeli oven yang lebih mahal akan sepadan dengan harganya.

4. Dilengkapi dengan Pemanasan Ganda

Pemanasan ganda yang dimaksud adalah oven memiliki pemanasan atas dan bawah yang keduanya bisa dinyalakan sekaligus. Api bawah dan atas ini menjaga agar makanan matang sempurna dan merata sampai ke bagian dalamnya. Jika pemanasan tidak merata maka ada sebagian yang akan gosong, sementara bagia lain malah belum matang.

Api ganda yang ada pada oven juga berfungsi agar kue yang dihasilkan tidak menjadi basah pada bagian atasnya. Sering dijumpai bukan, kue seperti bolu yang bagian atasnya lama-lama menjadi lengket? Nah, hal ini disebabkan karena pemanasan pada oven yang tidak terjadi dengan merata.

Jadi, pastikan oven yang dibeli memiliki fungsi pemanasan ganda sehingga makanan atau kue yang dibuat matang sempurna. Kalau hasil memasang memuaskan, kegiatan memasak di dapur menjadi lebih menyenangkan bukan?

5. Aksesoris Tambahan Oven

Aksesoris tambahan yang diberikan oven biasanya, rak tambahan dan juga handle yang digunakan untuk menarik rak saat dalam keadaan panas. Apabila oven yang dibeli tidak memenuhi syarat ini, mau tidak mau harus mengeluarkan kocek lebih untuk membeli 2 hal ini.

Supaya tidak kebablasan dan menyesal, informasi penting seperti ini pasti ada pada bagian luar kemasan. Tinggal dilihat saja secara jeli pada kemasan, atau bisa juga menanyakan kepada penjualnya langsung.

6. Petunjuk Pemakaian Lengkap dan Mudah Dimengerti

Petunjuk pemakaian oven terkadang disepelekan karena banyak yang mengira cara menggunakan oven cukup dinyalakan saja. Akan tetapi, sebenarnya ada banyak informasi berharga yang dimuat dalam buku petunjuk penggunaan.

Petunjuk-petunjuk ini akan sangat bermanfaat terutama bagi para pemula yang sebelumnya belum pernah menggunakan oven. Dengan petunjuk yang mudah dipahami, maka tidak akan ada kepanikan jika suatu saat terjadi keanehan atau  oven rusak.

7. Material Oven

Material oven yang bagus terbuat dari bahan aluminium berkualitas sehingga bodinya bagus, terlihat modern dan awet saat digunakan.  Semnetara untuk kaca, bisa menggunakan kaca atau bahan campuran kaca berkualitas sehingga makanan yang ada didalamnya bisa terlihat dengan jelas dan tahan panas.

8. Mudah Dibersihkan

Tidak jarang bahan makanan atau sisa-sisa kue jatuh ke bagian bawah oven dan menjadi hangus. Untuk itu, sangat penting membeli oven yang mudah dibersihkan agar oven selalu bersih dan tidak mempengaruhi makanan yang dibuat di dalamnya.

9. Garansi yang Ditawarkan

Umumnya merk oven ternama akan memberikan garansi resmi selama 1 tahun. Tetapi, tidak jarang juga produsen yang berani memberikan garansi penuh selama 2 tahun. Kalau bisa, memilih merk yang memberikan garansi selama 2 tahun akan lebih baik, dan membuat kita semakin lama terhindar dari biaya perbaikan yang mungkin terjadi.

10. Belilah Oven pada Penjual Terpercaya

Membeli oven pada penjual terpercaya akan menyelamatkan anggaran dari pembengkakan. Ini karena pada penjual yang terpercaya, tidak akan ada kenaikan harga atau perbedaan harga yang terlalu jauh. Tidak jarang loh, sebuah produk yang laris dan banyak dicari tiba-tiba harganya naik.

11. Harga

Setelah mempertimbangkan semua hal di atas, masalah harga menjadi hal terakhir yang patut untuk dipertimbangkan. Jika oven yang dipilih memang menawarkan banyak kelebihan meski harganya cukup mahal, hal ini tidak sama dengan membeli oven yang mahal. Akan tetapi, membeli oven yang sepadan, bagus, berkualitas, dan kelebihan yang ditawarkan melebihi harganya, ini masih bisa dihitung juga sebagai pembelian oven yang murah.

Semua tips-tips untuk mendapatkan oven listrik  yang murah di atas semoga bisa dipraktekkan ya supaya tidak menyesal saat membeli oven nantinya. Bagi yang merasa membutuhkan rekomendasi merk oven listrik, di bawah ini sudah disediakan beberapa rekomendasi merk oven listrik terbaik yang bisa dipilih. Silahkan langsung disimak saja di bawah ini ya.

10 Rekomendasi Merk Oven Listrik Murah Terbaik

Semua rekomendasi yang diberikan dibawah ini sudah dilengkapi dengan review oven listrik yang lengkap. Mulai dari kelebihan, kekurangans erta harga yang abru dari berbagai jenis marketplace sudah disiapkan. Kali ini, tinggal disimak saja dan dibandingkan mana oven listrik terbaik yang menjadi pilihan.

1. Kirin KBO 190LW

1. Kirin KBO 190LW

Oven listrik satu ini hadir dengan pengatur waktu otomatis dan daya yang sangat rendah yaitu 220 volt. Material oven terbuat dari bahan aluminium berkualitas tinggi sehingga oven akan lebih awet dan bertahan lama.

Desain oven yang stylist membuat Kirin KBO 190LW juga bisa digunakan sebagai dekorasi rumah yang cantik dan membuat dapur terlihat lebih modern. Oven satu ini dibanderol dengan harga yang cukup murah dibawah Rp 800 ratus ribu dan memiliki 3 rak.

Kelebihan Kirin KBO 190LW

  • Hemat listrik dan hanya membutuhkan daya 220 Volt/50 Hz
  • Memiliki pengatur waktu otomatis
  • Material bahan pembuatnya adalah stainless steel
  • Desain trendi dan modern sehingga pas untuk dekorasi dapur
  • Suhunya hanya 100 – 2500C saja
  • Terdapat 3 rak

Kekurangan Kirin KBO 190LW

  • Tidak dibekali aksesoris tambahan
  • Merupakan merek yang populer sehingga ada perbedaan harga signifikan di tempat yang berbeda

Harga Kirin KBO 190LW

Nama TokoHargaKeterangan
TokopediaRp 515.000
BlibliRp 507.899
BukalapakRp 519.000
LazadaRp 699.000
Shopee IndonesiaRp 480.000

2. Maspion Oven Listrik MOT-600

2. Maspion Oven Listrik MOT-600

Oven merk dalam negeri ini tidak kalah dengan produk-produk impor dan sudah menerapkan teknologi terbaru. Selain itu, harganya juga murah dan masih bisa didapatkan dengan harga 300 ribuan saja.

Oven Maspion Oven Listrik MOT-600 dilengkapi dengan timer dan memiliki kapasitas cukup besar yaitu 20 L. Walaupun rak bawaan hanya 2 rak, oven ini masih bisa ditambahkan satu rak lagi di bagian tas.

Kelebihan Maspion Oven Listrik MOT-600

  • Kapasitas cukup besar, yakni 20 L
  • Dilengkapi timer otomatis mulai dari 10 – 60 menit
  • Setiap oven diberi aksesoris tray handle dan food tray gratis
  • Harga cukup bersahabat
  • Desainnya ringkas dan sederhana

Kekurangan Maspion Oven Listrik MOT-600

  • Daya yang dibutuhkan cukup besar yaitu 800 watt
  • Hanya terdiri dari 2 rak saja

Harga Maspion Oven Listrik MOT-600

Nama TokoHargaKeterangan
TokopediaRp 396.000
BlibliRp 373.350
BukalapakRp 400.000
LazadaRp 535.500
Shopee IndonesiaRp 410.000

3. Electrolux EOT 2805K

3. Electrolux EOT 2805K

Oven listrik Electrolux EOT 2805K hadir dengan desain hitam yang futuristik dan mengkilat yang bisa mengubah dapur menjadi lebih stylish dan kekinian. Material oven sudah pasti terbuat dari bahan aluminum untuk bodinya dan material kaca mika tahan panas pada bagian kaca penutup.

Oven ini mampu mencapai panas maksimal sebesar 2500C sehingga makanan dan kue yang dipanggang bisa cepat matang. Selain itu, Electrolux EOT 2805K juga menawarkan garansi cukup panjang yaitu selama 2 tahun penuh .

Kelebihan Electrolux EOT 2805K

  • Material pintu terbuat dari mika plastik tahan panas
  • Temperatur oven mampu dari 100 sampai 2500C
  • Bahan material utama terbuat dari stainless steel
  • Garansi resmi selama 2 tahun
  • Bisa untuk memanggang berbagai jenis bahan makanan

Kekurangan Electrolux EOT 2805K

  • Daya yang dibutuhkan cukup besar yaitu 800 watt
  • Kapasitas kecil hanya 9 L

Harga Electrolux EOT 2805K

Nama TokoHargaKeterangan
TokopediaRp 584.500
BlibliRp 607.000
BukalapakRp 584.000
LazadaRp 599.900
Shopee IndonesiaRp 583.500

4. Cosmos CO 9919

4. Cosmos CO 9919

Cosmos CO 9919 dilengkapi dengan pemanggang daging di bagian  atas, sehingga jika ingin mengkonsumsi daging panggang tidak perlu membeli. Alat pemanggang juga bisa berputar sehingga daging akan matang dengan sempurna pada semua bagian dan tidak perlu khawatir daging akan gosong atau tidak matang di bagian dalamnya.

Kapasitas Cosmos CO 9919 cukup besar yaitu 19 liter dan dibuat dari bahan material aluminum yang pasti bagus dan dijamin awet. Timer yang tersedia bisa digunakan mulai dari 10 menit hingga 60 menit. Harga Cosmos CO 9919 juga cukup murah karena masih dibawah 500 ribu.

Kelebihan Cosmos CO 9919

  • Kapasitas cukup besar hingga 19 L
  • Desain yang minimalis namun tetap stylish dan modern
  • Hemat daya mulai dari 400 watt
  • Disertai dengan timer otomatis mulai dari 10 sampai 60 menit
  • Dilengkapi dengan pemanggang ayam yang bisa berputar
  • Suhu maksimal bias mencapai 2500C

Kekurangan Kirin KBO 190LW

  • Hanya dibekali dengan 2 tray
  • Merupakan salah satu merk ternama yang kadang harganya bisa melonjak

Harga Cosmos CO 9919

Nama TokoHargaKeterangan
TokopediaRp 479.999
BlibliRp 477.900
BukalapakRp 490.000
LazadaRp 490.000
Shopee IndonesiaRp 485.000

5. Oxone Oven OX 858 OX-858

5. Oxone Oven OX 858 OX-858

Oven listrik Oxone Oven OX 858 OX-858 hadir dengan kapasitas cukup besar yaitu 18 Liter dengan 2 rak bawaan asli. Jumlah rak ini  masih bias ditambah menjadi 3 rak karena masih ada 1 slot tersisa yang bisa ditambahkan dengan 1 rak lagi.

Material oven menggunakan bahan aluminum berkualitas tinggi yang bagus dan awet, selain itu Oxone Oven OX 858 OX-858 hadir dengan 2 pilihan warna putih dan hitam. Terdapat 3 tombol pengatur dans udah dilengkapid egan timer otomatis yang bisa digunakan mulai rentang 10 menit hingga 60 menit.

Kelebihan Oxone Oven OX 858 OX-858

  • kapasitas yang cukup besar
  • Garansi 1 tahun
  • Mampu memanaskan hingga 250 derajat celcius
  • Terdapat 2 pilihan warna
  • Sudah dilengkapi dengan timer dan api atas bawah

Kekurangan Oxone Oven OX 858 OX-858

  • Harganya cukup mahal
  • Tidak banyak dipajang oleh toko-toko kecil

Harga Oxone Oven OX 858 OX-858

Nama TokoHargaKeterangan
TokopediaRp 700.000
BlibliRp 629.500
BukalapakRp 640.000
LazadaRp 799.000
Shopee IndonesiaRp 709.000

6. Mito MO-999

6. Mito MO-999

Mito MO-999 hadir dengan kapasitas yang sejauh ini paling besar diantara yang lain yaitu 25 Liter, dengan bodi berbentuk persegi. Selain menawarkan kapasitas yang besar, Mito MO-999 juga termasuk hemat daya karena hanya membutuhkan daya 400 watt saja.

Bentuk dan desain nya ergonomis dan diperhatikan betul detailnya, bahkan pada kaca depan juga diberi desain unik yang mengelilingi seluruh sudut kaca. Untuk material bahan, Mito MO-999 sudah menggunakan material aluminum berkualitas tinggi yang berkualitas tinggi.

Kelebihan Mito MO-999

  • Pengatur timer otomatis yang dilengkapi bell pengingat
  • Kapasitas besar hingga 25 liter
  • Pemakaian listrik yang lebih hemat
  • Bisa digunakan untuk memanggang ayam
  • Api atas bawah

Kekurangan Mito MO-999

  • Harganya cukup mahal
  • Masih merupakan merk yang sulit ditemui

Harga Mito MO-999

Nama TokoHargaKeterangan
TokopediaRp 575.000
BlibliRp 629.000
BukalapakRp 610.000
LazadaRp 599.000
Shopee IndonesiaRp 595.000

7. Panasonic NN-GF574M TTE

7. Panasonic NN-GF574M TTE

Oven listrik Panasonic NN-GF574M TTE merupakan salah satu oven listrik terbaik yang hadir dengan berbagai kelebihan yang menarik dan bermanfaat. Desainnya futuristik, modern namun tetap sederhana dan sudah dilengkapi dengan layar digital yang canggih.

Kapasitas oven listrik sendiri sangat besar yaitu 27 liter, sehingga bisa muat 4 rak sekaligus dan jika ingin memanggang yang besar seperti bolu, tidak perlu memanggangnya 2 kali. Selain sudah digital, terdapat pula lampu LED yang berfungsi sebagai indikator penanda.

Kelebihan Panasonic NN-GF574M TTE

  • Dilengkapi dengan teknologi new inverter
  • Terdapat lampu LED penunjuk
  • Ada 23 mode memasak otomatis
  • Kapasitasnya cukup besar yaitu 27 Liter
  • Desain stylist dan modern

Kekurangan Panasonic NN-GF574M TTE

  • Harganya cukup mahal
  • Tidak semua toko menyediakannya

Harga Panasonic NN-GF574M TTE

Nama TokoHargaKeterangan
TokopediaRp 4.416.000
BlibliRp 5.040.000
BukalapakRp 4.074.000
LazadaRp 4.850.000
Shopee IndonesiaRp 4.448.000

8. Sharp EO-28LP K

8. Sharp EO-28LP K

Sharp EO-28LP K hadir dengan kapasitas 28 liter yang besar namun masih dibanderol dengan harga dibawah 700 ribu sehingga sangat murah dan terjangkau. Oven ini menggunakan material glass turntable dan aluminum berkualitas untuk bahan bodinya.

Oven dibekali dengan 2 rak utama, namun masih bisa ditambahkan satu slot rak lagi jadi bias menggunakan 3 rak sekaligus dalam satu kali pemanggangan. Timer untuk memasak juga sudah tersedia dan ada 3 mode pemanasan yang bisa digunakan.

Kelebihan Sharp EO-28LP K

  • Material glass turntable
  • bahan body terbuat dari aluminium berkualitas
  • Timer mudah digunakan
  • Terdapat 3 slot rak
  • Kapasitas besar

Kekurangan Sharp EO-28LP K

  • Handle kurang besar
  • Oven cukup berat

Harga Sharp EO-28LP K

Nama TokoHargaKeterangan
TokopediaRp 699.000
BlibliRp 680.000
BukalapakRp 699.000
LazadaRp 673.000
Shopee IndonesiaRp 740.000

9. Sekai OV 090

9. Sekai OV 090

Merk Sekai OV 090 memang masih cukup asing dibandingkan merk-merk yang ada di atas, namun bukan berarti merk ini ketinggalan. Sekai OV 090 bisa menjadi alternatif bagi mereka yang membutuhkan oven listrik dengan kapasitas kecil.

Daya yang dibutuhkan oven juga rendah, hanya 400 watt saja, selain itu oven sudah di garansi resmi selama 1 tahun. Desain oven yang minimalis menambah kesan modern yang ada pada Sekai OV 090.

Kelebihan Sekai OV 090

  • Daya kecil
  • Pemanasan api atas bawah yang merata
  • Oven mudah dibersihkan
  • Material oven terbuat dari aluminum anti karat
  • Oven ringan dan mudah dipindah
  • Harganya bersahabat

Kekurangan Sekai OV 090

  • Hanya tersedia satu warna saja
  • Tidak bisa diberi tambahan rak
  • Merupakan merk yang kurang terkenal

Harga Sekai OV 090

Nama TokoHargaKeterangan
TokopediaRp 285.000
BlibliRp 260.000
BukalapakRp 239.500
LazadaRp 239.500
Shopee IndonesiaRp 245.000

10. Bolde Super Oven Listrik

10. Bolde Super Oven Listrik

Bolde Super Oven listrik memiliki kelebihan yang unik, yaitu bisa memanggang daging ayam dalam ukuran yang besar dan full tanpa dipotong. Teknologi pemanasan yang digunakan sudah canggih, dan 2 api sehingga ayam bisa panas dan matang merata tanpa gosong.

Garansi yang diberikan untuk Bolde Super Oven Listrik juga selama 1 tahun penuh meliputi mesin oven. Bagian bodinya menggunakan teknologi sleek durability casings sehingga akan tampak selalu baru.

Kelebihan Bolde Super Oven Listrik

  • Menggunakan teknologi diamond heating
  • Bagian bodi menggunakan teknologi sleek durable casing
  • Harga yang ditawarkan terjangkau
  • Oven ringan
  • Bahan body terbuat dari aluminum

Kekurangan Bolde Super Oven Listrik

  • Kebanyakan masih dijual dalam online shop
  • Hanya dilengkapi 2 rak saja

Harga Bolde Super Oven Listrik

Nama TokoHargaKeterangan
TokopediaRp 485.000
BlibliRp 492.500
BukalapakRp 492.000
LazadaRp 484.900
Shopee IndonesiaRp 475.000

Rekomendasi Merk Oven Listrik Terbaik

Oven listrik terbaik 2019 sesuai dengan merk yang sudah direkomendasikan di atas adalah Cosmos CO 9919. Dengan harga yang masih dibilang cukupo murah dan masih dibawah 500 ribuan, Cosmos CO 9919  sudah memberikan banyak kelebihan menarik.

Oven Cosmos CO 9919  sudah dilengkapi dengan pemanggang daging yang bias memutar dan membuat matang daging merata sampai ke bagian dalamnya tanpa menyebabkan gosong. Selain itu material Cosmos CO 9919  juga dari baha terbaik sehingga bagus dan awet saat digunakan untuk memasan dan pemanggangan di dapur.

Baca juga: 10 Merk Panci Presto Terbaik yang Bagus dan Awet

Kesimpulan

Dengan mempertimbangkan beberapa hal, kita bisa mendapatkan merk oven listrik murah namun tidak murahan dan sesuai dengan harapan yang diinginkan. Untuk mendapatkan merek yang terbaik dan murah, harga bukanlah patokan utama namun kelebihan yang ditawarkan oleh oven lah yang patut di tonjolkan.

Rasanya informasi kali ini seputar rekomendasi oven listrik yang bagus dan bagaimana cara memilih oven listrik yang murah sudah cukup lengkap. Apabila masih ada informasi yang perlu ditambahkan atau ada yang ingin dimasukan kedalam rekomendasi di tas, bisa ditulis lewat kolom komentar ya.