10 Merk Mixer Audio Terbaik, Berkualits, Bagus & Murah

Posted on

Anda mungkin masih merasa bingung untuk menentukan merk mixer audio terbaik ketika hendak memilikinya. Hal itu karena terdapat beberapa poin yang perlu diperhatikan ketika memilihnya, misalnya seperti mixer audio diperuntukkan membuat musik.

Sound effect dan efek tone hasil dari mixer audio tersebut memang perlu diperhatikan, karena ketika membuat musik Anda akan membutuhkan hasil suara yang terasa sempurna pada saat didengarkan. Hal itu adalah salah satu alasan Anda perlu berhati-hati supaya tidak salah dalam memilih.

Tips Menentukan Mixer Audio Terbaik

1. Pengaplikasiannya

Pengaplikasiannya

Anda perlu menentukan pengaplikasian mixer audio terlebih dahulu, yaitu untuk bermain secara langsung, kebutuhan merekam, atau bahkan kedua hal tersebut. Proses Rekaman sendiri akan membutuhkan keterampilan dan kualitas preamp mic sebagai penghubung dengan prosesor eksternal.

Sedangkan pada live sound, Anda harus memastikan bahwa mixer sound sesuai dengan sistem suara. Hal itu diperlukan agar pemrosesan suaranya baik serta memperoleh hasil yang memuaskan.

2. Input atau Output beserta Salurannya

Input-atau-Output-beserta-Salurannya

Anda perlu mempertimbangkan jumlah mikrofon yang hendak disambungkan nanti. Apabila Anda hendak menggunakan mic kondensor, maka input mic untuk memasok daya bantu akan diperlukan. Belum lagi ketika Anda memasang keyboard stereo serta instrumen music lainnya.

Saluran stereonya pun harus mampu mengakomodasi jenis instrumen musik tersebut. Bahkan ketika Anda hendak menghubungkan bass atau gitar secara langsung ke mixer, input yang dibutuhkan bisa dikatakan cukup besar.

3. Kemampuan EQ

Kemampuan-EQ

Anda sebaiknya mengetahui kebutuhan EQ yang diperlukan. Rekaman studio pada umumnya,  membutuhkan penyesuaian suara lebih halus untuk membuat kemampuan mixer lebih manis/ mempermanisnya.

Equalizer parametric multiband sendiri bisa jadi Anda butuhkan, yaitu untuk dapat menjangkau suara dengan tingkat kualitas sesuai keinginan. Sementara itu, kontrol simple atas mid, frekuensi tinggi, dan bass juga akan diperlukan sebagai mixing live sound yang lebih simpel.

4. Perutean dan Jalur Sinyal

Perutean-dan-Jalur-Sinyal

Rute dan jalur sinyal sendiri bisa dikatakan lebih utama di dalam masalah perekaman. Apabila Anda memakainya untuk berbagai campuran yang bertujuan khusus, maka jalur sinyal dan efek fleksibilitasnya pun lebih banyak. Misalnya seperti umpan ke monitor, perangkat, gabungan efek eksternal, dan handphone.

5. Pemrosesan dan Efek Suara yang Lain

Pemrosesan-dan-Efek-Suara-yang-Lain

Prosesor suara dan efek mixer internal tidak cukup kritis, apabila Anda mengandalkan pedal efek, preamp mic eksternal, serta perangkat pengaturan nada lainnya. Sementara itu, mixer berefek on board dan prosesor suara menciptakan setting paling portable saat Anda bermain langsung.

Rekomendasi Merk Mixer Audio Terbaik

1. Mackie ProFX12

Mackie-ProFX12

Mixer audio bermerk Mackie ProFX12 ini adalah mixer profesional dengan channel sebanyak 12 serta berprosesor RMVX 32-bit. Sehingga mixer satu ini cocok dipakai di studio rumah, band yang tampil di atas panggung, serta tempat-tempat kecil lainnya.

Kelebihan:

  • Output dan input USB memungkinkan Anda untuk rekaman digital, streaming music.
  • Tracktion 3 musik perangkat lunak produksi yang dapat dipakai pada PC maupun Mac.

2. Behringer EURORACK UB1202FX

Behringer-EURORACK-UB1202FX

Behringer EURORACK UB1202FX adalah mixer yang mempunyai input sebanyak 12, 24-bit FX Processor dengan chorus, 100 reverb, delay, serta pitch pergeseran efek untuk preset. Tiga-band pemerataan dan promes ultra rendah memungkinkan untuk kontrol secara penuh pada tiap channel.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa merk mixer audio satu ini mempunyai kelebihan serbaguna, karena bisa untuk kinerja aplikasi dan merekam.

3. Peavey XR 8600D

Peavey-XR-8600D

Peavey XR 8600D merupakan merk mixer yang menggabungkan 2 amplifier berdaya 600 watt, serta didukung peak dengan total 1.400 watt. Mixer ini pun mempunyai 8 preamps bersuara rendah, 10 input line, dan setiap saluran mempunyai 3-band pemerataan. Dengan begitu, mixer ini cocok untuk live band maupun DJ.

4. Allen & Heath ZED-10FX

Allen-Heath-ZED-10FX

Apabila Anda mencari mixer yang cocok untuk rekaman dan pertunjukan langsung, maka memilih Allen & Heath ZED-10FX bisa menjadi pilihan tepat. Mixer ini pun hadir dengan 2 input stereo, yaitu untuk CD player dan MP3, serta termasuk software AmpliTube X-GEAR dari IK Multimedia .

AmpliTube tersebut memiliki kompatibilitas USB, sehingga memberikan kemudahan transfer dari dan ke media social. Hal itu tentunya dapat menjadi nilai positif atau kelebihan yang dimiliki Allen & Heath ZED-10FX, karena kehadiran mixer itu dibuat untuk DJ dan musisi karena bersifat portable.

5. XENYX 802

XENYX-802

Behringer ternyata mempunyai mixer premium yang profesional, yaitu XENYX 802. Mixer ini sendiri memiliki 24-input dengan prosesor 24-bit yang multi-FX memakai slot USB. Selain itu, mixer XENYX 802 memberikan preset untuk chorus, reverb, serta efek yang lain.

Kelebihan mixer ini pun yaitu berupa termasuk software editing dan rekaman audionya mampu menampilkan efek instrument sebanyak 150 jenis. Selain itu, juga menawarkan invasi pemerataan suara yang klasik untuk menghasilkan suara terang dan rinci.

6. Yamaha EMX5014C

Yamaha-EMX5014C

Mixer keluaran dari Yamaha ini berjenis built-in berefek digital, sual-amp 500 watt, serta mixer 14-input. Yamaha EMX5014C ini pun terdiri atas, power amplifier, mixer, equalizer grafis, serta efek digital ke dalam  unit. Kelebihan mixer ini mudah dipakai, mudah untuk set-up, cocok dipakai  DJ & manggung.

7. Soundcraft Spirit M8

Soundcraft-Spirit-M8

Mixer ini dilengkapi 100 fader mm yang bisa dipakai untuk control finish, serta channel sebanyak 16. Soundcraft Spirit M8 pun mengedepankan tata letaknya, yaitu dengan preamps yang high-end. Perlu diketahui juga bahwa mixer ini dilengkapi saluran masukan stereo sebanyak 4 & 8 saluran input mono.

Dari hal-hal yang sudah disebutkan, mixer ini sangat cocok dipakai oleh sound engineering, insinyur audio, dan calon musisi.

8. Midas VeniceF

Midas-VeniceF

Mixer dengan merk Midas ini merupakan jenis mixer untuk integritas secara lengkap. Sehingga cocok dipakai untuk kebutuhan pertunjukan live music, studio mixing, serta mixer audio ataupun kegiatan yang mendukung kedua input audio, baik digital maupun analog.

9. Presonus StudioLive 16.0.2

Presonus-StudioLive-16.0.2

Presonus StudioLive 16.0.2 adalah mixer yang cocok dipilih jika Anda mencari merk mixer audio yang berkualitas profesional. Hal itu karena mixer ini sangat ringan serta didesain portable untuk gigs di luar. Channel pada mixer ini yaitu sebanyak 16.

Adapun yang menjadi kelebihan dari mixer ini yaitu dapat dipakai untuk perangkat yang terintegrasi terhadap laptop berjarak jauh dari aplikasi iPhone atau iPad. Selain itu, Presonus StudioLive 16.0.2 juga telah dilengkapi rekaman Studio One serta produksi perangkat lunak.

10.  Seismic Audio Backbone10

Seismic-Audio-Backbone10

Mixer merk Seismic Audio Backbone10 bisa dijadikan pilihan tepat bagi startup kebanyakan, karena sudah ada 10 saluran terjangkau dengan 2 saluran stereo. Saluran tersebut berupa recording dan saluran RCA stereo yang terpisah. Mixer ini pun menawarkan fitur menarik lainnya.

Anda memang perlu lebih teliti untuk memilih merk mixer audio terbaik agar kualitasnya sesuai yang diharapkan.  Jangan lupa juga untuk memperhatikan ketebalan mixer. Ketahuilah bahwa mixer audio yang tebal mampu mengeluarkan suara yang keras dalam durasi waktu lama.

 

Lihat Juga :

  1. 10 Merk Subwoofer Audio Mobil Terbaik dan Awet
  2. 10 Merk Home Theater Speaker Paling Bagus Suaranya
  3. Rekomendasi Merk Speaker Aktif Terbaik dan Berkualitas
  4. TOP 7 Merk Earphone yang Bagus dan Berkualitas
  5. 5 Merk Lampu LED Mobil Terbaik yang Bagus dan Hemat Aki
  6. 8 Merk Mesin Pompa Air yang Bagus dan Awet
Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan