10 Merk Minyak Wijen Terbaik

Posted on

Minyak wijen atau sesame oil banyak digunakan untuk mempernikmat berbagai jenis sajian makanan. Tidak hanya digunakan sebagai bahan pelengkap makanan, berbagai merk minyak wijen juga digunakan untuk kecantikan.

Selain wangi, minyak wijen juga memiliki beragam manfaat, salah satunya sebagai sumber lemak baik bagi tubuh. Kandungan gizi di dalam minyak wijen murni juga dapat menjauhkan kemungkinan terjangkitnya osteoporosis di usia dini.

Tips Memilih Minyak Wijen

Minyak wijen juga memiliki beberapa jenis berdasarkan cara pembuatannya. Tidak sedikit yang memanfaatkan jenis minyak wijen tertentu untuk kecantikan. Namun, banyak yang tidak mengetahui perbedaannya mengalami salah penggunaan. Berikut tips memilih minyak wijen:

1. Cermati Jenis Minyak Wijen

Cermati-Jenis-Minyak-Wijen

Minyak wijen sedikitnya terdiri dari 3 jenis yang berbeda beda. Perbedaan ini didasarkan oleh pengolahan biji wijen menjadi minyak. Jenis minyak wijen juga bisa disesuaikan dengan penggunaannya.

Contoh untuk minyak wijen dengan proses pemanggangan suhu tinggi cocok untuk bahan masak atau penggorengan. Sementara suhu rendah, baik digunakan untuk kesehatan tulang dan kecantikan tubuh.

2. Lihat Komposisi Minyak

Lihat-Komposisi-Minyak

Tidak semua produk minyak wijen dijual dengan komposisi asli 100% minyak wijen. Beberapa di antaranya mengalami pencampuran dengan zat tertentu guna menciptakan rasa atau wangi yang lebih kuat.

Karenanya, ada baiknya bagi Anda untuk melihat terlebih dulu komposisi minyak sebelum membelinya. Sesuaikan dengan kebutuhan seperti pada pemilihan minyak wijen yang 100% murni, untuk menekankan pada pemakaian minyak yang sehat.

3. Cium Bau Minyak

Cium-Bau-Minyak

Tips terakhir, Anda bisa mencium bau minyak. Minyak wijen memiliki wangi yang khas yang hanya bisa ditemukan dalam minyak jenis ini saja. Akan sangat mudah untuk membedakan mana minyak yang asli dan mana minyak yang palsu.

Mencium bau minyak juga bisa digunakan untuk mencari indikator apakah minyak masih layak digunakan atau tidak. Minyak dengan bau khas apek atau bercampur bau lainnya menandakan bahwa minyak tidak layak konsumsi.

Rekomendasi Merk Minyak Wijen

Merk minyak wijen yang banyak tersebar tidak jarang membuat bingung konsumennya untuk memilih merk mana yang paling baik. Merk lokal sampai internasional banyak tersebar bebas di pasar Indonesia. Jangan bingung, berikut rekomendasi merk minyak terbaik yang bisa dipilih:

1. Radiant Organic Toasted Sesame Oil

Radiant-Organic-Toasted-Sesame-Oil

Anda yang mencari minyak wijen untuk bahan masakan dengan wangi yang cukup kuat bisa memilih Radiant Organic Toasted Sesame Oil. Wangi yang cukup kuat didapatkan karena proses pemanggangan dengan temperatur tertentu.

Tidak ditambah dengan bahan apapun, minyak dari produsen Radiant ini sangat banyak direkomendasikan bagi Anda yang menyukai wangi minyak yang kuat. Tidak hanya dijadikan toping, minyak merk ini juga banyak dijadikan steering oil dalam proses masak.

2. Clearspring Organic Toasted Sesame Oil

Clearspring-Organic-Toasted-Sesame-Oil

Merk Clearspring memberikan Anda produk minyak wijen alami yang sudah sejak lama banyak digunakan. Bahkan pihak restoran tidak sedikit yang menggunakannya. Tidak heran bila minyak merk ini ditempatkan pada rekomendasi kedua.

Clearspring juga memiliki aroma yang kuat namun tidak pahit. Karenanya minyak ini banyak digunakan untuk dressing salad sayur juga sebagai pemanis untuk sentuhan akhir di hidangan jenis panggang.

3. Kadoya Sesame Oil (buat digoreng)

Kadoya-Sesame-Oil-buat-digoreng

Merk asal Jepang ini banyak digunakan bahkan untuk menggoreng. Tekstur yang lebih cair dengan warna yang tidak pekat menjadi beberapa keunggulannya sebagai minyak goreng.

Sentuhan akhir yang akan didapatkan makanan akan lebih wangi, gurih, dan tahan lama. Sangat jarang minyak wijen yang dijadikan minyak untuk menggoreng. Anda bisa memilih merk ini untuk keperluan yang sama.

4. Organic Supply Co. Sesame Oil

Organic-Supply-Co.-Sesame-Oil

Minyak wijen organik dari Organic Supply Co. ini banyak digunakan tidak hanya pada proses pengolahan makan, tapi juga dalam dunia kecantikan. Pasalnya, minyak wijen merk ini diproduksi dengan teknik penganggangan rendah.

Minyak wijen bisa dicampurkan pada formula bahan kecantikan atau langsung diaplikasikan pada bagian tubuh tertentu. Minyak wijen bekerja untuk menghidrasi kulit secara alami dan menjaga kelembabannya.

5. Ottogi Sesame Oil

Ottogi-Sesame-Oil

Umumnya minyak wijen memiliki rasa cenderung hambar dengan after taste sedikit gurih di lidah. Berbeda dengan Ottogi Sesame Oil yang diproses lewat teknologi mutakhir dan 3x penyaringan.

Proses tersebut menimbulkan rasa minyak yang lebih gurih sekaligus manis khas. Minyak ini banyak dijadikan cocolan untuk makanan tertentu atau digunakan sebagai perasa manis gurih, sekaligus penghidup wangi masakan.

6. Chee Seng Pure White Sesame Oil

Chee-Seng-Pure-White-Sesame-Oil

Chee Seng telah lama dikenal sebagai minyak wijen asli Tionghoa, dengan cita rasa khas yang hanya dimiliki merk ini. Cita rasa yang khas timbul dari proses pengolahan tradisional ala masyarakat China yang masih diterapkan hingga kini.

Chee Seng juga dijual dengan ukuran beragam, namun umumnya banyak ditemukan dalam ukuran besar. Anda yang berniat untuk membuat stok barang, bisa memilih minyak wijen Chee Seng Pure White sebagai stok utama.

7. NOW Food Organic Sesame Oil Seed

NOW-Food-Organic-Sesame-Oil-Seed

Merk minyak wijen dengan dikantongi sertifikat dari luar negeri ini banyak digunakan sebagai bahan penyedap makanan. Tidak heran bila minyak wijen NOW Food Organic dihargai cukup tinggi per botolnya.

Dengan mengantongi sertifikasi minyak wijen yang baik, tentu saja nilai jualnya akan lebih tinggi. Namun jangan khawatir, Anda akan mendapatkan hasil yang sama memuaskannya bahkan banyak yang berpendapat jauh lebih baik.

8. Green Tosca Sesame Oil

Green-Tosca-Sesame-Oil

Green Tosca menyajikan minyak biji wijen yang diproses perlahan dengan temperatur rendah. Sehingga banyak yang merekomendasikan merk ini sebagai merk minyak biji wijen khusus untuk keperluan kesehatan.

Merk Green Tosca terbilang merk premium yang banyak digunakan untuk penangkal penyakit osteoporosis. Namun, tidak sedikit juga yang menggunakannya sebagai bahan pelengkap dan bahan penyedap berbagai jenis makanan.

9. Lee Kum Kee Sesame Oil

Lee-Kum-Kee-Sesame-Oil

Lee Kum Kee merupakan merk minyak wijen yang berasal dari Negeri Gingseng Korea. Dibuat langsung dari negeri seberang, tidak membuat harga beli minyak wijen merk ini melambung tinggi.

Anda tetap bisa membeli dan menggunakan minyak wijen kualitas baik, dengan harga yang cukup ekonomis untuk satu botolnya. Anda bisa dengan mudah menemukan minyak wijen merk ini di toko swalayan terdekat.

10. Double Pagoda Sesame Oil

Double-Pagoda-Sesame-Oil

Terakhir, ada minyak wijen Double Pagoda yang paling banyak digunakan karena harganya yang murah. Walaupun harganya tergolong paling murah dibanding merk lainnya, rasa dan wangi tidak kalah kuat.

Double pagoda dengan teksturnya yang lebih cair lebih direkomendasikan sebagai minyak tambahan di akhir proses masak. Minyak wijen bisa juga digunakan sebagai minyak tumisan, namun jangan terlalu banyak.

Minyak wijen pada dasarnya bisa digunakan layaknya minyak sayur untuk menggoreng. Namun, tentu saja akan membutuhkan jumlah minyak yang banyak dengan harga yang cukup mahal. Gunakanlah minyak wijen secukupnya karena rasa dan wanginya yang kuat.

 

Lihat Juga :

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan